Halo semua...
Saya belum lama menikah, dan sekarang istri saya sedang mengandung. Kami berdua berminat untuk mengambil sebuah mobil dengan perkiraan budget sekitar 100-200jt. Diatas itu sy ambil via kredit.
Karena istri baru mengandung anak pertama, otomatis mobil tidak perlu yang besar. Pertimbangan saya, konsumsi bensin harus reasonable, price reasonable, dan fitur/kenyamanan reasonable.
Sempat TestDrive BMW 320i executive, hasilnya jauh dari yg saya harapkan. Ternyata mobil seharga 5xx juta rasanya ya segitu2 aja. Tidak ada yang menarik dari 320i untuk saya beli. Tapi yg cukup menggiurkan adalah potongan 80juta untuk 320i rakitan tahun 2008 (BRAND NEW).
Tapi karena saya kurang sreg sm mobilnya ya tidak jadi ambil.
Nah kemarin sabtu (23/10/10), saya iseng berkunjung ke Main Dealer Hyundai di kota Solo (Depan Solo Square). Seminggu sebelumnya saya sudah test drive hyundai i10 AT punya temen, dan saya sangat puas dengan mobil kecil itu. Kedatangan kali ini saya tertarik untuk mencoba Hyundai i20.
Langsung saja saya lihat bentuk mobilnya, dan berikut komentar saya :
Exterior :
Lumayan keren, sekilas mirip Yaris.
Bodi ukurannya pas, tidak kecil seperti i10.
Fog lamp.
3 Point Parking Sensor (aneh kok ganjil gini...)
Electric Sun/Moonroof tipe glass/hitam bening. (bisa tilt, bisa buka full, bisa buka separuh)
Electric Folding Mirror (sma kaya Aerio sy dulu)
Velg sudah 16", dgn ban tapak lebar. (Tidak perlu ganti velg lagi)
Interior
Ada curtain untuk Moonroof (dari beludru, bahan sama kaya plafon)
Telescopic & Tilt Steering (stir bisa disetel naek turun/maju mundur)
Laci depan sudah dilengkapi Pendingin. (Kaya kulkas mini)
Sudah ada MID (tercatat Fuel Consumption 10,2liter/100km, trip meter, Realtime Efficiency = kaya Honda CRV, dll)
Ada ipod connector dan Line In.
Interior terbuat dari plastik keras berwarna coklat tua.
Steering Wheel mirip seperti Honda Civic. (sudah ada remote u/ HU dan MID)
Bagasi lumayan luas (sdkt lbh luas dari yaris)
Speedometer nuansa mobil Eropa. (Bensin 1/0,5/0, Temp 80/90/100)
Audio 2din single disc (menyatu dengan dashboard)
Kunci menyatu dgn remote (remote bisa u/ membuka bagasi belakang)
Airbag
Others
ABS&EBD di cakram dpn blkng (di brosur diameter cakram 44nya adlh 14")
Safety power window (anti kejepit)
Adaptive Electric Power Steering (kalo parkir stir enteng sekali, begitu jalan >50kph stir jadi berat, mantap u/ kec tinggi)
Kekurangan
Bahan pembungkus jok agak aneh.
Jok agak keras.
Suspensi agak keras (faktor ban tapak lebar) masih lebih empuk Dhtsu Luxio.
Mesin kurang galak (rodo melempem menurut saya)
AC kurang dingin (atau krn srg buka tutup sunroof ya?)
Tuas perseneling posisi R nya di kiri atas (di perseneling ada tombol u/ rubah gigi ke R)
Tuas perseneling gerakannya kurang halus (Mitsu Lancer Evo3 ane lebih halus, ato krn i20nya msih baru ya? so msh agk seret persenelingnya)
Posisi tombol klakson ada di tgh stir (so g nyampe dipencet pake jempol, mesti di teken pake tangan)
Roda kemudi terbuat dari bahan plastik bukan dari karet/kulit.
Kualitas plastik sedikit di bawah rata-rata
Tanpa Rear Spoiler
Spion gak ada lampu sen nya
Diskon cuma 5juta padahal ini akhir tahun loh (Suzuki aja diskon gede2an 17jt-50jt, Luxio 12jt hyundai yg plg kcl disc nya)
Paket kredit UMnya pling kecil >50jt (pdhal Luxio dp cuma 9jt, Yaris 12jt, Jazz 14jt)
Kabel gas nyangkut
(Abis testdrive muter2 kota solo pas pgn pulang ke dealer, di lampu merah Kerten posisi ane paling depan sendiri, karena jalan agak sepi, pas lampu ijo nyala ane lgs bejek abis gasnya. Pas wktunya ganti gigi 2, ane pencet kopling tau2 mesin ngaung2 di red line, ane udah lepas tuh pedal gas, pedal juga udah balik ke posisi semula. Tapi mesin tetep ngaung2 di redline. Ane coba untuk gak panik, ane netralin giginya trus ane matiin mesinnya. So mobil pelan2 ane tepiin ke pinggir. Sialnya Cadangan Tenaga Rem abis, mobil jalan cuma 30kph tapi remnya keras banget dipencetnya

(setau ane semua mobil punya cadangan tenaga rem sampe 2x pencet kalo mesin mati. tapi ini baru bejek rem sekali langsung keras tuh remnya.). Mobil berhenti tepat di depan Solo Square, dealer hyundai sekitar 200 meter lagi. Ane liat SPGnya juga udah panik, mobil2 laen jg pd klakson karena ane berhenti pas di depan entrance Solo Square. So ane nyalain tuh mesin, begitu nyala lgs ngaung2 lg di redline. Ane lgs masukin ke gigi 2, trus ane lepas kopling pelan2. setelah mobil jalan, ane netralin trus matiin mesinnya lagi. Ane meluncur pelan2 di jalan, begitu sampe depan dealer Hyundai. Ane tepiin nih mobil ke jalur motor/lambat, SIALNYA LAGI2 PEDAL REM JADI KERAS. Pdhal dari saat maju tadi ane blm neken rem sekalipun.

Setelah mobil berhasil berhenti di sebrang Dealer Hyundai, ane sm si SPG keluar dari mobil. Gila gan, si SPG mukanya lgs pucet bgt loh. Trus ane minta maaf ke SPGnya karena udah burn kopling i20 dia. Ane balikin kunci i20 ke dia, trus ane balik ke dealer buat ngambil motor ane. Si cwe SPG itu mukanya masih pucet, trus ane tepuk2 pundaknya supaya gak gugup. Dia lalu bilang ke salah satu temennya supaya suruh montir ngecek mobil i20nya yg tadi. Ane gak pake acara lama, ane langsung pamitan sma SPGnya. Dia nganterin ane sampe ke parkiran motor, pas ane liat mukanya masih pucet gan. Ane pulang naek motor, dia masih aja ngeliatin ane. Kasian amat tuh cwek... Pasti spot jantung dia.)
Asli jujur demi Tuhan, ane suka banget sama nih mobil. Ane niat ambil satu, tapi gimana nasib bini ane kalo pake nih mobil trus kejadian itu terulang lagi. Bini ane juga pasti gak bakal setuju ambil nih mobil, kalo ane ceritain kejadian itu. Setelah omong2an sma bini, kita rencana mau testdrive i20 lagi hri sabtu/minggu depan. Mudah2an problem di atas udah ketemu pemecahannya.
Ane gak bermaksud menjatuhkan siapapun, ane cuma sharing pengalaman. Kalo agan2 gak percaya, silahkan agan kontak SPG Hyundai tersebut. Namanya Mbak Miati. Mudah2an kalo besok ane dateng lagi, ane bisa dapet diskon gede buat i20nya. ane dpt harga OTR i20 SG M/T Rp.186jt plus diskon 5jt. Semoga besok gw dapet diskon 20jt. Who knows...
