Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ak4ng »

ga sekalian genti turbo?? semprot wmi??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

relisar wrote: Wuih ... langsung diposting loh, mentang2 abis ngasepin GNF dan Livina :e-snooty:

Next target Captiva donk, ane penasaran nih ...
Kayaknya kalo ada yg masukkin barang di bawah bisa ada yg beli juga nih...... :ngacir:

Image
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

@ om htannis & om Turboman,

terima kasih atas response yang cepat.

Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.

Kondisi mobil saya sekarang :

- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ? :shrug:

Apakah ada saran lain ?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

kaos_oblong wrote:@ om htannis & om Turboman,

terima kasih atas response yang cepat.

Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.

Kondisi mobil saya sekarang :

- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ? :shrug:

Apakah ada saran lain ?
Topspeed gak bakalan nambah, mentok di 200kmh tuh soalnya ada limiternya. Untuk tutup egr di beres memang pipa gak dicabut, hanya dibuntuin pake packing, katanya sih packingnya bs jebol. Soalnya kan tekanan tinggi dan ktnya kl jebol, asep akan langsung item banget. Untuk meningkatkan respon awal, paling harus dengan throttle controller supaya gas lebih responsif
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: Apakah ada saran lain ?
Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5

Teknik mengemudi dgn mainkan transmisi +/-

Btw mesin sudah lewat 5000 Km belom ?

Utk air filter bukannya air filter exceed atau Dakar sama aja yah ? Soalnya ngeliat box-nya sama. CMIIW

Kalo air filternya sama maka kalau mau coba bisa test dulu pakai JFC (yg paling murah).

Kalo Throtle Modul / Trotel Control saya pribadi no comment, sebab sebetulnya TM / TC ini "memaksakan" mesin bekerja sesuai gerakan kaki kita yg mungkin sudah "terprogram" mengemudikan mesin bensin.

Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Turboman wrote:
Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.
Uhmmm.. Sepertinya gak berlaku buat dakar, soalnya torsinya linear sekali, mau ngebut, injek pol aja :mrgreen:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

htannis wrote:
kaos_oblong wrote:@ om htannis & om Turboman,

terima kasih atas response yang cepat.

Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.

Kondisi mobil saya sekarang :

- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ? :shrug:

Apakah ada saran lain ?
Topspeed gak bakalan nambah, mentok di 200kmh tuh soalnya ada limiternya. Untuk tutup egr di beres memang pipa gak dicabut, hanya dibuntuin pake packing, katanya sih packingnya bs jebol. Soalnya kan tekanan tinggi dan ktnya kl jebol, asep akan langsung item banget. Untuk meningkatkan respon awal, paling harus dengan throttle controller supaya gas lebih responsif
saya baca postingan om htannis sebelumnya, penutup EGR yang om pasang berbentuk apa ? Plat besi ? Atau lembaran aluminum tipis ? Punya om pipa penghubung EGR nya masih terpasang atau dilepas ?
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: Apakah ada saran lain ?
Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5

Teknik mengemudi dgn mainkan transmisi +/-

Btw mesin sudah lewat 5000 Km belom ?

Utk air filter bukannya air filter exceed atau Dakar sama aja yah ? Soalnya ngeliat box-nya sama. CMIIW

Kalo air filternya sama maka kalau mau coba bisa test dulu pakai JFC (yg paling murah).

Kalo Throtle Modul / Trotel Control saya pribadi no comment, sebab sebetulnya TM / TC ini "memaksakan" mesin bekerja sesuai gerakan kaki kita yg mungkin sudah "terprogram" mengemudikan mesin bensin.

Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.
km sekarang masih 3700-an.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: km sekarang masih 3700-an.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
oo oke

tunggu selepas 5000 KM en sesudah pakai oli yg bagusan, nanti review lagi kinerja-nya en baru dianalisa kurangnya dimana.

Dalam modifikasi yang paling penting itu yg pertama adalah mobil kita harus optimal dulu, baik dari segi masa break in, penggunaan pelumas dan BBM, agar hasilnya lebih objektif, krn modifikasi adalah sesuai kebutuhan saja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote: km sekarang masih 3700-an.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
oo oke

tunggu selepas 5000 KM en sesudah pakai oli yg bagusan, nanti review lagi kinerja-nya en baru dianalisa kurangnya dimana.

Dalam modifikasi yang paling penting itu yg pertama adalah mobil kita harus optimal dulu, baik dari segi masa break in, penggunaan pelumas dan BBM, agar hasilnya lebih objektif, krn modifikasi adalah sesuai kebutuhan saja.
ok om Turbo,

untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote: untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.
perbaiki tarikan awal paling mudah ya dengan Trotel Cont, kalo saya pribadi sih ga suka sistem "memaksakan" dgn modul spt TC ini, tapi ya terserah anda sii

Perbaiki tarikan awal dengan setting Piggyback juga tentu akan improve, kalo utk Piggyback sy pribadi kasih score paling tinggi hingga saat ini ya masih Dastek lah, dari segi kualitas barang / fitur / opsi2 / Profesionalisme installer-nya, krn Tune Dastek di atas Dyno dgn bantuan wideband lambda dan EGT reader.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

kaos_oblong wrote: untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.
Ya iya lah dah cukup kok tenaga std dakar, kenceng2 mau lari kemana brow, tenaga std juga 190kmh masuk kok. Remember safety driving bro :big_peace:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Bignic
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu May 03, 2012 13:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Bignic »

Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Bignic wrote:Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
Bisa ke REV, dgn pak Teddy

Bilang aja tahu dr forum mesin-diesel.dinogroups, minta diskon
* Bukan ajakan Beli *
Bignic
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu May 03, 2012 13:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Bignic »

Turboman wrote:
Bignic wrote:Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
Bisa ke REV, dgn pak Teddy

Bilang aja tahu dr forum mesin-diesel.dinogroups, minta diskon
Thanks yah bro turboman...soalnya baca2 klo di beres nutupnya kurang maximal yah sampe bisa jebol lama2...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by solar_kerosen »

ak4ng wrote:ga sekalian genti turbo?? semprot wmi??
setuju kang, biar tekanan lebih besar kalau perlu pake yg punya chevrolet Duramax diesel 6000 Cc biar jebol sekalian :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

Duramax 6,6l :p
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by zweifellos »

Yang dimaksud om kaos_bolong itu tarikan awal gigi 1? Keknya dulu ada yang pernah bahas, kenapa gigi 1 PS kurang responsif buat narik bodi PS, ga seperti gigi 2 misalnya, kalo ga salah ingat, karena karakteristik gigi 1 nya yang emang begitu (emang begitunya ini awak kurang paham menjelaskannya :mrgreen: )

Btw tutup EGR itu manfaatnya apa ya om? Ada kerugiannya kah? Terus kalo yang diluar Jawa (seperti Medan) bisa pasang di mana? Apakah ga masalah ntar kalo bawa ke beres sehubungan dengan garansi.

Tadi baru nyobain pertama kali mobil PS bos dipakein redline85, kerasa juga peningkatan kehalusan mesinnya ya (apakah cuman sugesti aja ya? :mrgreen: ).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by zweifellos »

Turboman wrote:Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5
om, kalo di beres itu apakah oli mesinnya sudah seperti yang om tulis di atas?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

zweifellos wrote:1. Yang dimaksud om kaos_bolong itu tarikan awal gigi 1? Keknya dulu ada yang pernah bahas, kenapa gigi 1 PS kurang responsif buat narik bodi PS, ga seperti gigi 2 misalnya, kalo ga salah ingat, karena karakteristik gigi 1 nya yang emang begitu (emang begitunya ini awak kurang paham menjelaskannya :mrgreen: )

2. Btw tutup EGR itu manfaatnya apa ya om? Ada kerugiannya kah? Terus kalo yang diluar Jawa (seperti Medan) bisa pasang di mana? Apakah ga masalah ntar kalo bawa ke beres sehubungan dengan garansi.
1. Kalo yg 4 sp krn gigi 1 nya panjang, tarikan awal jadi berat. Solusinya = ganti Final Gear ke 4.3 - 4.4:1 (jika ada)

2. EGR = Exhs gas Recirc, utk nurunin emisi NOx, tapi krn solar kita sulphur tinggi jadi bikin intake berlumpur dan usia oli lebih pendek. EGR sendiri juga sebetulnya sedikit nurunin efisiensi thermal mesin.

Jadi yah gitu d

Tutup EGR bisa pesan di REV, bilang aja member forum mesin-diesel.dinogroups (minta diskon), tus nanti minta gbr petunjuk pemasangan en pasang sendiri mudah sekali, siapkan sealant aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?

Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)

eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

zweifellos wrote:
Turboman wrote:Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5
om, kalo di beres itu apakah oli mesinnya sudah seperti yang om tulis di atas?
tentu saja tidak :mrgreen: ......hanya pakai mineral 15W-40 kalo gak salah, either Pertamina atau Conoco, tapi biasanya tiap BeRes beda2.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?

Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)

eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor.
ktnya gak di tambahin boks/rumah filter :e-think:, cuman dibuka/bolongin dan dipasangi filter.
berarti sudah ada rumah filternya ya ? Cuman saya ga tau lokasinya, ada yang tau ? Boleh di share (lebih baik lagi kalo ada gambar/fotonya.
Bignic
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu May 03, 2012 13:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Bignic »

kaos_oblong wrote:
Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?

Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)

eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor.
ktnya gak di tambahin boks/rumah filter :e-think:, cuman dibuka/bolongin dan dipasangi filter.
berarti sudah ada rumah filternya ya ? Cuman saya ga tau lokasinya, ada yang tau ? Boleh di share (lebih baik lagi kalo ada gambar/fotonya.
Bukan setau saya klo dakar udah ada filter ac yah?di iklan2 / brosur kan ada tuh...setau saya udah ada filter ac nya,yang exceed yang belom ada filter ac nya klo ga salah....mohon maaf klo salah trims...