Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10473
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
ga sekalian genti turbo?? semprot wmi??
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kayaknya kalo ada yg masukkin barang di bawah bisa ada yg beli juga nih......relisar wrote: Wuih ... langsung diposting loh, mentang2 abis ngasepin GNF dan Livina![]()
Next target Captiva donk, ane penasaran nih ...


* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
@ om htannis & om Turboman,
terima kasih atas response yang cepat.
Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.
Kondisi mobil saya sekarang :
- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ?
Apakah ada saran lain ?
terima kasih atas response yang cepat.
Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.
Kondisi mobil saya sekarang :
- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ?

Apakah ada saran lain ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Topspeed gak bakalan nambah, mentok di 200kmh tuh soalnya ada limiternya. Untuk tutup egr di beres memang pipa gak dicabut, hanya dibuntuin pake packing, katanya sih packingnya bs jebol. Soalnya kan tekanan tinggi dan ktnya kl jebol, asep akan langsung item banget. Untuk meningkatkan respon awal, paling harus dengan throttle controller supaya gas lebih responsifkaos_oblong wrote:@ om htannis & om Turboman,
terima kasih atas response yang cepat.
Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.
Kondisi mobil saya sekarang :
- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ?![]()
Apakah ada saran lain ?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5kaos_oblong wrote: Apakah ada saran lain ?
Teknik mengemudi dgn mainkan transmisi +/-
Btw mesin sudah lewat 5000 Km belom ?
Utk air filter bukannya air filter exceed atau Dakar sama aja yah ? Soalnya ngeliat box-nya sama. CMIIW
Kalo air filternya sama maka kalau mau coba bisa test dulu pakai JFC (yg paling murah).
Kalo Throtle Modul / Trotel Control saya pribadi no comment, sebab sebetulnya TM / TC ini "memaksakan" mesin bekerja sesuai gerakan kaki kita yg mungkin sudah "terprogram" mengemudikan mesin bensin.
Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Uhmmm.. Sepertinya gak berlaku buat dakar, soalnya torsinya linear sekali, mau ngebut, injek pol ajaTurboman wrote:
Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
saya baca postingan om htannis sebelumnya, penutup EGR yang om pasang berbentuk apa ? Plat besi ? Atau lembaran aluminum tipis ? Punya om pipa penghubung EGR nya masih terpasang atau dilepas ?htannis wrote:Topspeed gak bakalan nambah, mentok di 200kmh tuh soalnya ada limiternya. Untuk tutup egr di beres memang pipa gak dicabut, hanya dibuntuin pake packing, katanya sih packingnya bs jebol. Soalnya kan tekanan tinggi dan ktnya kl jebol, asep akan langsung item banget. Untuk meningkatkan respon awal, paling harus dengan throttle controller supaya gas lebih responsifkaos_oblong wrote:@ om htannis & om Turboman,
terima kasih atas response yang cepat.
Saya hanya bermaksud untuk mendapatkan tarikan awal yang lebih spontan, tidak bermaksud meningkatkan top speed.
Kondisi mobil saya sekarang :
- sudah dipasang ground cable tambahan.
- EGR sdh ditutup (minta bantuan beres), tapi di pipa penghubung ke EGR saya tidak melihat adanya perubahan, gak tahu nutupnya pake apa ?![]()
Apakah ada saran lain ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
km sekarang masih 3700-an.Turboman wrote:Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5kaos_oblong wrote: Apakah ada saran lain ?
Teknik mengemudi dgn mainkan transmisi +/-
Btw mesin sudah lewat 5000 Km belom ?
Utk air filter bukannya air filter exceed atau Dakar sama aja yah ? Soalnya ngeliat box-nya sama. CMIIW
Kalo air filternya sama maka kalau mau coba bisa test dulu pakai JFC (yg paling murah).
Kalo Throtle Modul / Trotel Control saya pribadi no comment, sebab sebetulnya TM / TC ini "memaksakan" mesin bekerja sesuai gerakan kaki kita yg mungkin sudah "terprogram" mengemudikan mesin bensin.
Padahal sebetulnya teknik mengemudi Diesel dgn Gasoline beda, kalo Diesel pedal gas sebaiknya diurut, maka kita akan mendapat akselerasi optimal.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
oo okekaos_oblong wrote: km sekarang masih 3700-an.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
tunggu selepas 5000 KM en sesudah pakai oli yg bagusan, nanti review lagi kinerja-nya en baru dianalisa kurangnya dimana.
Dalam modifikasi yang paling penting itu yg pertama adalah mobil kita harus optimal dulu, baik dari segi masa break in, penggunaan pelumas dan BBM, agar hasilnya lebih objektif, krn modifikasi adalah sesuai kebutuhan saja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
ok om Turbo,Turboman wrote:oo okekaos_oblong wrote: km sekarang masih 3700-an.
oli masi pake yang mineral base (sesuai rekomen om Turbo) untuk masa inreyen sampe 5000 km.
tunggu selepas 5000 KM en sesudah pakai oli yg bagusan, nanti review lagi kinerja-nya en baru dianalisa kurangnya dimana.
Dalam modifikasi yang paling penting itu yg pertama adalah mobil kita harus optimal dulu, baik dari segi masa break in, penggunaan pelumas dan BBM, agar hasilnya lebih objektif, krn modifikasi adalah sesuai kebutuhan saja.
untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
perbaiki tarikan awal paling mudah ya dengan Trotel Cont, kalo saya pribadi sih ga suka sistem "memaksakan" dgn modul spt TC ini, tapi ya terserah anda siikaos_oblong wrote: untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.
Perbaiki tarikan awal dengan setting Piggyback juga tentu akan improve, kalo utk Piggyback sy pribadi kasih score paling tinggi hingga saat ini ya masih Dastek lah, dari segi kualitas barang / fitur / opsi2 / Profesionalisme installer-nya, krn Tune Dastek di atas Dyno dgn bantuan wideband lambda dan EGT reader.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ya iya lah dah cukup kok tenaga std dakar, kenceng2 mau lari kemana brow, tenaga std juga 190kmh masuk kok. Remember safety driving brokaos_oblong wrote: untuk tenaga nya saya tidak ada keluhan, apalagi setelah turbonya aktif (2000rpm).
cuman perbaiki tarikan awal saja.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu May 03, 2012 13:35
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Bisa ke REV, dgn pak TeddyBignic wrote:Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
Bilang aja tahu dr forum mesin-diesel.dinogroups, minta diskon
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu May 03, 2012 13:35
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Thanks yah bro turboman...soalnya baca2 klo di beres nutupnya kurang maximal yah sampe bisa jebol lama2...Turboman wrote:Bisa ke REV, dgn pak TeddyBignic wrote:Agan2 sekalian ada rekomen tempat buat tutup EGR ? Thanks a lot....
Bilang aja tahu dr forum mesin-diesel.dinogroups, minta diskon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
setuju kang, biar tekanan lebih besar kalau perlu pake yg punya chevrolet Duramax diesel 6000 Cc biar jebol sekalianak4ng wrote:ga sekalian genti turbo?? semprot wmi??



Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Duramax 6,6l :p
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Yang dimaksud om kaos_bolong itu tarikan awal gigi 1? Keknya dulu ada yang pernah bahas, kenapa gigi 1 PS kurang responsif buat narik bodi PS, ga seperti gigi 2 misalnya, kalo ga salah ingat, karena karakteristik gigi 1 nya yang emang begitu (emang begitunya ini awak kurang paham menjelaskannya
)
Btw tutup EGR itu manfaatnya apa ya om? Ada kerugiannya kah? Terus kalo yang diluar Jawa (seperti Medan) bisa pasang di mana? Apakah ga masalah ntar kalo bawa ke beres sehubungan dengan garansi.
Tadi baru nyobain pertama kali mobil PS bos dipakein redline85, kerasa juga peningkatan kehalusan mesinnya ya (apakah cuman sugesti aja ya?
).

Btw tutup EGR itu manfaatnya apa ya om? Ada kerugiannya kah? Terus kalo yang diluar Jawa (seperti Medan) bisa pasang di mana? Apakah ga masalah ntar kalo bawa ke beres sehubungan dengan garansi.
Tadi baru nyobain pertama kali mobil PS bos dipakein redline85, kerasa juga peningkatan kehalusan mesinnya ya (apakah cuman sugesti aja ya?

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
om, kalo di beres itu apakah oli mesinnya sudah seperti yang om tulis di atas?Turboman wrote:Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
1. Kalo yg 4 sp krn gigi 1 nya panjang, tarikan awal jadi berat. Solusinya = ganti Final Gear ke 4.3 - 4.4:1 (jika ada)zweifellos wrote:1. Yang dimaksud om kaos_bolong itu tarikan awal gigi 1? Keknya dulu ada yang pernah bahas, kenapa gigi 1 PS kurang responsif buat narik bodi PS, ga seperti gigi 2 misalnya, kalo ga salah ingat, karena karakteristik gigi 1 nya yang emang begitu (emang begitunya ini awak kurang paham menjelaskannya)
2. Btw tutup EGR itu manfaatnya apa ya om? Ada kerugiannya kah? Terus kalo yang diluar Jawa (seperti Medan) bisa pasang di mana? Apakah ga masalah ntar kalo bawa ke beres sehubungan dengan garansi.
2. EGR = Exhs gas Recirc, utk nurunin emisi NOx, tapi krn solar kita sulphur tinggi jadi bikin intake berlumpur dan usia oli lebih pendek. EGR sendiri juga sebetulnya sedikit nurunin efisiensi thermal mesin.
Jadi yah gitu d
Tutup EGR bisa pesan di REV, bilang aja member forum mesin-diesel.dinogroups (minta diskon), tus nanti minta gbr petunjuk pemasangan en pasang sendiri mudah sekali, siapkan sealant aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)
eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
tentu saja tidakzweifellos wrote:om, kalo di beres itu apakah oli mesinnya sudah seperti yang om tulis di atas?Turboman wrote:Oli mesin Full Synth 5W40 / 5w30 yg khusus Diesel atau comply ke MB 229.5

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
ktnya gak di tambahin boks/rumah filterTurboman wrote:kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)
eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor.

berarti sudah ada rumah filternya ya ? Cuman saya ga tau lokasinya, ada yang tau ? Boleh di share (lebih baik lagi kalo ada gambar/fotonya.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu May 03, 2012 13:35
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Bukan setau saya klo dakar udah ada filter ac yah?di iklan2 / brosur kan ada tuh...setau saya udah ada filter ac nya,yang exceed yang belom ada filter ac nya klo ga salah....mohon maaf klo salah trims...kaos_oblong wrote:ktnya gak di tambahin boks/rumah filterTurboman wrote:kalo 700 rebuan mungkin sekalian dipasang rumah filternya yah ?kaos_oblong wrote:nanya ke mitsu, ac Dakar belom ada filter dari sononya, kalau mo pasang harganya sekitar 700 ribuan.
Apakah filter ac ini dapat beli diluaran dan kita pasang sendiri ?
Kala ada harganya berapa dan lokasi pemasangan filternya dimana ya ?
Kalo filter AC sendiri nggak mahal, Sakura bikin rata2 cuman 75 rebuan, kalo merek Sonic sekitar 110 - 150 rb. (berbagai mobil)
eniwei filter AC sgt disarankan, utk menjaga supaya evaporator AC nggak cepat kotor., cuman dibuka/bolongin dan dipasangi filter.
berarti sudah ada rumah filternya ya ? Cuman saya ga tau lokasinya, ada yang tau ? Boleh di share (lebih baik lagi kalo ada gambar/fotonya.