Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote:
singachu wrote: kadang ada bengkel/orang yang nyaranin meditran sx 15w-40 buat mesin bensin seperti karimun, aerio dsb

gimana analisa/pendapat om Turboman tentang pendapat ini ?
Tujuannya buat apa dulu ?

Nyari kadar ZDDP nya / manfaatin detergent-nya buat flusing atau faktor SAE-nya ?

Kalo mesin2 bensin tahun lama ya enakan 10W-40, kecuali kalo kondisi jeroannya dah pada aus / banyak nguap ya pake oli kentelan dah.
ga dijelasin gamblang, cuman bilang ke "keawetan" mesin dan "enak rasanya" selain "murah" harganya.
dipakai untuk oli pengganti bukan untuk flushing sebelum ganti oli

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

DOHC wrote:om turbo, mobil2 bensin kalo ga salah jg pake EGR kan yahh ??? nahh itu kalo di copot atau ditutup apa fungsi nya jg bisa bkin oli lebi awet ?? cmiiw

btw, ipah ane odo nya uda ampir 120 rebu... dipakein oli 10w-40, 10W-30, bahkan ampe 5W-30 jg tetep sama aja penguapan nya... kalo ditotal per 5000 km pasti musti nambah 300-400 cc oli....

lipina ane jg sama ama si ipah, per 5000 km kira2 ditotal nambah 300an cc oli.. malah dulu di GL ane lebi gila lagi... per 2000an km musti nambah ampe sprempat botol oli... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

yg plg irit oli malah si panty pick up ane... mau pake oli 15W-40 ampe 10W-40... tetep ga berkurang oli nya... padahal tiap ari rute nya jalan tol terus2an...
kalo botol oli nya 1 literan, sprempat nya kan 250cc.....lebih dikit dari yang nambah 300cc dong :big_peace:


regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

jahh.... tapi tetep aja om... stiap 2000an km musti nambah oli... itu jg sprempat kira2 doank kan...
singachu wrote:
DOHC wrote:om turbo, mobil2 bensin kalo ga salah jg pake EGR kan yahh ??? nahh itu kalo di copot atau ditutup apa fungsi nya jg bisa bkin oli lebi awet ?? cmiiw

btw, ipah ane odo nya uda ampir 120 rebu... dipakein oli 10w-40, 10W-30, bahkan ampe 5W-30 jg tetep sama aja penguapan nya... kalo ditotal per 5000 km pasti musti nambah 300-400 cc oli....

lipina ane jg sama ama si ipah, per 5000 km kira2 ditotal nambah 300an cc oli.. malah dulu di GL ane lebi gila lagi... per 2000an km musti nambah ampe sprempat botol oli... :frm_bang_head: :frm_bang_head:

yg plg irit oli malah si panty pick up ane... mau pake oli 15W-40 ampe 10W-40... tetep ga berkurang oli nya... padahal tiap ari rute nya jalan tol terus2an...
kalo botol oli nya 1 literan, sprempat nya kan 250cc.....lebih dikit dari yang nambah 300cc dong :big_peace:


regards,
singachu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:om turbo, mobil2 bensin kalo ga salah jg pake EGR kan yahh ??? nahh itu kalo di copot atau ditutup apa fungsi nya jg bisa bkin oli lebi awet ?? cmiiw
Kalo bensin yg ane pernah baca malah EGR menguntungkan mesin krn mengurangi pumping loss akibat trotel.

Lagian kalo RON 92 / 95 gitu kan sulphurnya dah rendah sekitar 200 ppm atau kurang, beda dengan Diesel fuel yg sulphurnya masih banyak yg di atas 1000 ppm (kecuali DEX)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

singachu wrote: ga dijelasin gamblang, cuman bilang ke "keawetan" mesin dan "enak rasanya" selain "murah" harganya.
dipakai untuk oli pengganti bukan untuk flushing sebelum ganti oli

regards,
singachu
Kalo dari 20W50 ke 15W40 pasti akan lebih enak rasanya.

Trus oli Diesel API CI-4 kan ZDDP nya tinggi, baik utk mesin non roller rocker arm. Juga detergent-nya banyak (SAPS) jadi kalo buat mesin2 berumur ini bagus utk membersihkan internal jeroan mesin.

Kalo mau enak yah pake Fastron Diesel 15W40 atau lebih enak lagi oli Diesel semi synth 10W40 spt HX7 Diesel, dll.
* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote:
singachu wrote: ga dijelasin gamblang, cuman bilang ke "keawetan" mesin dan "enak rasanya" selain "murah" harganya.
dipakai untuk oli pengganti bukan untuk flushing sebelum ganti oli

regards,
singachu
Kalo dari 20W50 ke 15W40 pasti akan lebih enak rasanya.

Trus oli Diesel API CI-4 kan ZDDP nya tinggi, baik utk mesin non roller rocker arm. Juga detergent-nya banyak (SAPS) jadi kalo buat mesin2 berumur ini bagus utk membersihkan internal jeroan mesin.

Kalo mau enak yah pake Fastron Diesel 15W40 atau lebih enak lagi oli Diesel semi synth 10W40 spt HX7 Diesel, dll.
jadi kalo melulu untuk keawetan mesin gpp ya pakai oli2 diesel buat mesin bensin ?

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

DOHC wrote:jahh.... tapi tetep aja om... stiap 2000an km musti nambah oli... itu jg sprempat kira2 doank kan...
o iya ding satunya tiap 5rb km yak..... mangap om :big_peace:

regards,
singachu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

singachu wrote: jadi kalo melulu untuk keawetan mesin gpp ya pakai oli2 diesel buat mesin bensin ?
Tergantung type mesinnya

kalo mesin2 bensin buatan pra 2004 yg mostly tanpa roller rocker arm dan Katalik yah oke aja pakai oli Diesel demi mengejar zat ZDDP yg cukup utk melumasi rocker arm.

Tapi kalo mesin2 bensin yg pakai 3 way katalik converter lebih baik mengikuti spec API service / ACEA yg ada di buku manual
* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote: Tergantung type mesinnya

kalo mesin2 bensin buatan pra 2004 yg mostly tanpa roller rocker arm dan Katalik yah oke aja pakai oli Diesel demi mengejar zat ZDDP yg cukup utk melumasi rocker arm.

Tapi kalo mesin2 bensin yg pakai 3 way katalik converter lebih baik mengikuti spec API service / ACEA yg ada di buku manual
thanks buat penjelasannya....

om nanya lagi yah....kali ini tentang rocker arm, ama roller rocker arm....
setauku kalo di mesin sohc misal kek motor bebek :big_slap: kan lobe-nya di camshaft neken rocker arm dulu baru rocker armnya nekan klep....
nah awalnya kek sliding aja camshaft pas nekan rocker arm, baru2 ini aja motor2 bebek nerapkan roller di rocker armnya biar jadi berputar bukan slide....
contoh gambar rocker arm tanpa roller : http://ybadrianto.files.wordpress.com/2 ... er-arm.jpg
contoh gambar rocker arm pakai roller : http://img5.imageshack.us/img5/2904/20110608152338.jpg

Kira2 seperti itu kan ya yang om Turboman maksud dengan roller rocker arm ?

sedangkan di mesin dohc (ga semua keknya yak, mangap terbatas pengetahuan) lobe nya langsung nekan shim-nya klep. jadi lama2 bisa aus juga soalnya sistim "sliding"
contoh aerio :
Image
Image

Nah apa mesin baru2 sekarang ada "roller" nya dan pakai rocker arm lagi ?

soalnya ada temen yang shim aerionya diganti gara2 udah aus :big_slap:

nah kalo kasus aerio berarti kan blom "roller" ya ? untuk kasus ini apa oli diesel cocok ?
ato karena rekomen pabrik 10w-40 maka mendingan pilih oli bensin API SL ?

saat ini sih seringnya pake oli 10w-40 tapi kebanyakan SM :big_slap: baru ini aja gara2 ada oli gratis jadi dicemplungin SGO 5w-30 :mky_08: keknya sih normal2 aja ga berkurang olinya....

tapi takutnya aus juga nih kalo perlindungan kurang....maklum aerionya dah taon 2003

o ya nambahin, aerio ga pakai catalyc...... :D


thanks in advance.

regards,
singachu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Mesin mesin buatan 2004 ke sini rata2 sistem penekan katup-nya ada bearing-nya, ini utk mengkompensasi diturunkannya kadar ZDDP pada API SM.

ZDDP API SM = 600 - 800 ppm

API SL = 850 - 1182 (kebanyakan 1000 - 1100 ppm)

API CI-4 = 1300 - 1370 ppm

Jadi utk mesin dengan valve train dgn penekan katup tanpa bearing sebaiknya gunakan API SL / SJ atau oli Diesel API CF - CI-4 atau oli yg meet ACEA B4 / MB 229.1

Ini sudah dibahas lengkap di APG (Automotive Guide for BB)
* Bukan ajakan Beli *
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote:Mesin mesin buatan 2004 ke sini rata2 sistem penekan katup-nya ada bearing-nya, ini utk mengkompensasi diturunkannya kadar ZDDP pada API SM.

ZDDP API SM = 600 - 800 ppm

API SL = 850 - 1182 (kebanyakan 1000 - 1100 ppm)

API CI-4 = 1300 - 1370 ppm

Jadi utk mesin dengan valve train dgn penekan katup tanpa bearing sebaiknya gunakan API SL / SJ atau oli Diesel API CF - CI-4 atau oli yg meet ACEA B4 / MB 229.1

Ini sudah dibahas lengkap di APG (Automotive Guide for BB)
cara baca APG gimana ya ? join BB Group ato gmn ? :ungg:

regards,
singachu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

singachu wrote: cara baca APG gimana ya ? join BB Group ato gmn ? :ungg:
APG itu apps

Donlod via browser BB di : APG.VEELABS.com
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

kalo abis baca postingan om turbo... kayanya ane skrg yakin kalo mesin2 lipina itu uda pake roller rocker... scara catalyc nya aja uda yg three way... mustinya sehhh uda pake roller rocker... cuman aneh nya knapa oli NGO masi api SL yahh :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1627
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by singachu »

Turboman wrote:
singachu wrote: cara baca APG gimana ya ? join BB Group ato gmn ? :ungg:
APG itu apps

Donlod via browser BB di : APG.VEELABS.com
wow mantep.... lagi proses download nih :off_good:
DOHC wrote:kalo abis baca postingan om turbo... kayanya ane skrg yakin kalo mesin2 lipina itu uda pake roller rocker... scara catalyc nya aja uda yg three way... mustinya sehhh uda pake roller rocker... cuman aneh nya knapa oli NGO masi api SL yahh :ungg: :ungg:
ada yang punya gambar livina yang kliatan roller rockernya ga ?

regards,
singachu
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Mau nanya suhu sekalian kalau new rush sebaiknya pakai 10W30 atau 5W30 tq
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

kayaknya enakan yg 5w30 ya bro, cuman kalo sering full load mending pakai 5w40 atau 0w40 ya bro.
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

juanaxel wrote:kayaknya enakan yg 5w30 ya bro, cuman kalo sering full load mending pakai 5w40 atau 0w40 ya bro.
New rush AT saya Sering kena macet sih bro dan jarang full load ini skrg mau ganti yg pertama..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote:Mau nanya suhu sekalian kalau new rush sebaiknya pakai 10W30 atau 5W30 tq
kalo masih antara 1000 - 5000 Km boleh pakai 10-30 mineral

kalo selepas 5000 Km sih terserah, kalo sering light load pakai 5W30 Full Synth boleh.
* Bukan ajakan Beli *
FortunerMan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by FortunerMan »

Om Turbo kalo mobil tua bangka (1996 - 179000 km), jarang jalan hari biasa...tapi wiken hampir selalu naik turun gunung....bagusnya W30 atau W40?
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Turboman wrote:
MI16 wrote:Mau nanya suhu sekalian kalau new rush sebaiknya pakai 10W30 atau 5W30 tq
kalo masih antara 1000 - 5000 Km boleh pakai 10-30 mineral

kalo selepas 5000 Km sih terserah, kalo sering light load pakai 5W30 Full Synth boleh.
Skrg sdh 6 bulan posisi odometer 5000 rencana pakai fastron 5W30 cocok apa nggak om turbo..tq.atau ada saran om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote: Skrg sdh 6 bulan posisi odometer 5000 rencana pakai fastron 5W30 cocok apa nggak om turbo..tq.atau ada saran om?
Boleh dan oli itu sih harusnya bagus yah.

pakai macam Motul H-tech 5W30 juga dah oke kok.
* Bukan ajakan Beli *
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by growbuckme »

Turboman wrote:
MI16 wrote:Mau nanya suhu sekalian kalau new rush sebaiknya pakai 10W30 atau 5W30 tq
kalo masih antara 1000 - 5000 Km boleh pakai 10-30 mineral

kalo selepas 5000 Km sih terserah, kalo sering light load pakai 5W30 Full Synth boleh.
Kalo gitu, walaupun di buku manual minta 5w-30 tp kalo mobilnya lebih sering full load sebaiknya dikasih olie yg 5w-40 atau 10w-40 gitu ya om Turboman?
DOHC wrote:kalo abis baca postingan om turbo... kayanya ane skrg yakin kalo mesin2 lipina itu uda pake roller rocker... scara catalyc nya aja uda yg three way... mustinya sehhh uda pake roller rocker... cuman aneh nya knapa oli NGO masi api SL yahh :ungg: :ungg:
report om camshaft, so far udh jalan hampir 400km pake motul hi tech 5w-30, dari awal ngisi emg rasanya lebih halus dikit suara livina pake olie ini. setelah jalan 100an km kyknya tarikkan jg sedikit lbh baik. Mudah2an cocok d, rencana mo dipakein jg ke yaris yg tadinya sempet nyoba petronas 10-30. dipakein olie petronas ntuh kok kyknya suara mesin yaris agak kasar suaranya.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by bivanos88 »

antara redline 5w40 dan mobil1 0w40, lebih bagus mana ya spec nya untuk jalan 10rb km di mesin bensin?

Mobil 1 0W-40 Value
Viscosity, cSt (ASTM D445)
@ 40º C 75
@ 100º C 13.5
Viscosity Index 185
MRV at -40ºC, cP (ASTM D4684) 31,000
HTHS Viscosity, mPa•s @ 150ºC, (ASTM D4683) 3.8
Total Base Number (ASTM D2896) 11.8
Sulfated Ash, wt% (ASTM D874) 1.3
Phosphorous, wt% (ASTM D4981) 0.1
Flash Point, ºC (ASTM D92) 230
Density @15.6 ºC, g/ml (ASTM D4052) 0.85

RedLine 5w40 Value
API Service Class SN/SM/SG/CF/CJ-4/CI-4
Viscosity Grade SAE 5W40
Vis @ 100°C, cSt 15.1
Vis @ 40°C, cSt 94
Viscosity Index 170
CCS Viscosity, Poise, @*C 55@-30
Pour Point, °C -45
Pour Point, °F -49
Flash Point, °C 250
Flash Point, °F 480
NOACK Evaporation Loss,1hr @ 482°F (250°C), % 6
HTHS Vis, cP @150°C, ASTM D4741 4.6
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

@ growbuckme : di lipina ane jg skrg uda dicekokin oli 5W-30... so far uda jalan 1388 km... tarikan masi so far so good... ckup enteng... FC ga beda jauh waktu masi make oli semi syn 10W-30... yg bkin beda adalah suara mesin, baik saat start up pagi2 atau pas lagi idle... kerasa jauhh alus... cuman kalo lagi cruising, yah suara mesin tetep aja sama...

petronas yg 10W-30 malah ane coba diantara oli2 semi syn pasaran yg ane perna coba, ini not bad lohh...

rencana utk next ganti oli, ane mo coba Q8 yg 5W-30...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

growbuckme wrote: Kalo gitu, walaupun di buku manual minta 5w-30 tp kalo mobilnya lebih sering full load sebaiknya dikasih olie yg 5w-40 atau 10w-40 gitu ya om Turboman?
Kalo sering angkut beban bisa pakai yg 5W40 (any) atau 5W30 Full Synth yg comply ke MB 229.5 / 229.3 / BMW LL-01

sebab std std MB 229.5 / .3 serta LL-01 minta HTHS minimal 3.5
jadi 5W30 nya itu kekentalannya mendekati 5W40

Kalo 5W30 umum kan HTHS nya sekitar 3.1 - 3.2 an

5W40 HTHS nya sekitar 3.5 atau lebih dikit

HTHS = High temp High Shear
* Bukan ajakan Beli *