Turboman wrote:
Tergantung type mesinnya
kalo mesin2 bensin buatan pra 2004 yg mostly tanpa roller rocker arm dan Katalik yah oke aja pakai oli Diesel demi mengejar zat ZDDP yg cukup utk melumasi rocker arm.
Tapi kalo mesin2 bensin yg pakai 3 way katalik converter lebih baik mengikuti spec API service / ACEA yg ada di buku manual
thanks buat penjelasannya....
om nanya lagi yah....kali ini tentang rocker arm, ama roller rocker arm....
setauku kalo di mesin sohc misal kek motor bebek

kan lobe-nya di camshaft neken rocker arm dulu baru rocker armnya nekan klep....
nah awalnya kek sliding aja camshaft pas nekan rocker arm, baru2 ini aja motor2 bebek nerapkan roller di rocker armnya biar jadi berputar bukan slide....
contoh gambar rocker arm tanpa roller :
http://ybadrianto.files.wordpress.com/2 ... er-arm.jpg
contoh gambar rocker arm pakai roller :
http://img5.imageshack.us/img5/2904/20110608152338.jpg
Kira2 seperti itu kan ya yang om Turboman maksud dengan roller rocker arm ?
sedangkan di mesin dohc (ga semua keknya yak, mangap terbatas pengetahuan) lobe nya langsung nekan shim-nya klep. jadi lama2 bisa aus juga soalnya sistim "sliding"
contoh aerio :
Nah apa mesin baru2 sekarang ada "roller" nya dan pakai rocker arm lagi ?
soalnya ada temen yang shim aerionya diganti gara2 udah aus
nah kalo kasus aerio berarti kan blom "roller" ya ? untuk kasus ini apa oli diesel cocok ?
ato karena rekomen pabrik 10w-40 maka mendingan pilih oli bensin API SL ?
saat ini sih seringnya pake oli 10w-40 tapi kebanyakan SM

baru ini aja gara2 ada oli gratis jadi dicemplungin SGO 5w-30

keknya sih normal2 aja ga berkurang olinya....
tapi takutnya aus juga nih kalo perlindungan kurang....maklum aerionya dah taon 2003
o ya nambahin, aerio ga pakai catalyc......
thanks in advance.
regards,
singachu