BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

limasembilan
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Apr 25, 2012 10:23

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by limasembilan »

Turboman wrote: izin sedikit urun rembug

1. Bawa ke bengkel spesialis per daun, kasih teflon di bilah per-nya atau pasang kancing plastik yg baru. Di fatmawaty dulu ada namanya Cahaya kl ga salah. Kalo ganti bushing anting per sih gak mahal.

2. Cek celah katup, bearing2 daerah puli

3. Buat kelistrikan ada ahli kelistrikan mobil yg jago, kerjanya perfeksionis dan alat lengkap, di Puri Agung cengkareng, namanya Hengky (A Chien) call aja di 0819 05686669

kebetulan beliau juga pernah beberapa kali menangani kelistrikan Opel Blazer.

4. Cek sikring dan relay utk EFP, juga filter bensinnya. Nah buat cek kondisi sikring en relay ke jalur EFP boleh call si A Chien, dia alat ukur lengkap, Tang AVO meter ada, bisa di trace.

Thanks banget Om, agak lama jg nungguin petuah, sambil liat2 gambar trailblazer diatas.. :roll:

Oleh sang bengkel di bilangan fatmawati, divonis valve adjuster, dituker2 dan sebagian diganti, namun masih pincang.. akhirnya klep diskuur, beberapa komponen diganti, dan pincangnya hilang.. tinggal bunyi krecek2 yang katanya dari valve adjuster.
Mobil dibawa pulang dulu. Kelamaan opname ntar biaya membengkak. Lagipula besoknya dibawa ke Bandung.

Kalau bearing2 itu nyumbang getaran juga ngga Om? Karena mesin sepertinya masih getar walaupun udah stel klep.
Sepertinya di sektor bearing2 blm dicek dengan seksama.

Kalau masalah fuelpump sih setelah diganti motornya langsung sembuh, lancar.

Masalah lain ya radiator, sempat nyembur waktu di tol pas pulang dari Bandung karena selangnya ada yg bocor.. Tapi sembuh dengan lem epoxy. Nah air masih ada netes dari selang radiator juga,tapi letaknya di belakang mesin, yg lewat bawah injektor. agak susah menjangkaunya, kalo gampang dah saya lem juga tuh hehe .. :e-wall:

Untuk kelistrikan akan dicarikan waktu dan dana untuk mengunjungi mekanik rekomendasi di atas, termasuk rapiin kabel2. Kira kira mahal ngga ya?

Overall naik ni mobil enak jg, empuk, bawanya jg manteb, ga "pating glodak" gt..apa ya basa indonesianya. Semoga dikit2 bisa dibenahi, biar awett.. sapa tahu bisa cepet beranak (jiaahhh !)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by Turboman »

limasembilan wrote: Thanks banget Om, agak lama jg nungguin petuah, sambil liat2 gambar trailblazer diatas.. :roll:

Oleh sang bengkel di bilangan fatmawati, divonis valve adjuster, dituker2 dan sebagian diganti, namun masih pincang.. akhirnya klep diskuur, beberapa komponen diganti, dan pincangnya hilang.. tinggal bunyi krecek2 yang katanya dari valve adjuster.
Mobil dibawa pulang dulu. Kelamaan opname ntar biaya membengkak. Lagipula besoknya dibawa ke Bandung.

Kalau bearing2 itu nyumbang getaran juga ngga Om? Karena mesin sepertinya masih getar walaupun udah stel klep.
Sepertinya di sektor bearing2 blm dicek dengan seksama.

Masalah lain ya radiator, sempat nyembur waktu di tol pas pulang dari Bandung karena selangnya ada yg bocor.. Tapi sembuh dengan lem epoxy. Nah air masih ada netes dari selang radiator juga,tapi letaknya di belakang mesin, yg lewat bawah injektor. agak susah menjangkaunya, kalo gampang dah saya lem juga tuh hehe .. :e-wall:
Well sebenarnya saya gak paham Opel Blazer scr spesifik, krn gak pernah punya, walau zaman dulu pernah ada niatan mau beli (baru), tapi berhubung gak ada versi Diesel-nya gak jadi deh

Sedangkan all new Chevy TrailBlazer ini memang mobil yg sangat menarik bagi saya.

Btw soal getaran di mesin coba cek kondisi engine mounting dan transmission mounting, kalo dah jelek ganti saja.

Mesin Blazer pakai HLA yah ? well, kalo sudah berumur memang HLA perlu dicuci / dibilas krn biasanya ada endapan sludge yg bisa menganggu kerja HLA, biasanya HLA yg gak sehat jadi ada bunyi tek tek tek

Kalo bearing bermasalah biasanya ada bunyi, atau coba saja V belt dilepas dan cek satu satu dgn diputar2, masih lancar gak.

Utk mesin cek juga bagaimana pengabutan injector, masih bagus gak, juga selang2 vakum yg ada di sekitar intake / trotel body, mekanisme idle up dibersihkan, dll.

Kalo selang radiator dah mulai rembes mending ganti baru segera.

Memang sih kalo kita menebus mobil yg usianya sudah di atas 10 tahun harus siapkan dana extra utk memperbaiki hal-hal yg tidak terduga.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by Dino_lowrider »

yang perlu diperhatikan untuk mobil blazer adalah :

1. cooling system. Biasanya kebocoran terjadi pada cover plastik radiator sisi samping , gantilah dengan tembaga.

dan juga tabung reservoir coolant akibat tekanan tinggi. Buat aja kedua kipas menyala saat ac di onkan.

2.Mengenai HLA yang rusak , biasanya diakibatkan pemakaian oli yang terlalu kental. misal 20w50. Pakai 10w40. Gunakan semi synth minimal api SL , karena detergentnya lebih bagus dibandingkan klasifikasi oli dibawahnya.

3.Getaran di mesin, biasa terjadi untuk mesin yang sudah pernah mengalami kerusakan kompresi , misal valve yang rontok dan bertumburan dengan piston.
Kebocoran sedikit kompresi mengakibatkan getaran mesin sedikit tidak rata.

4. getaran di body , akibat kerusakan cross joint. CJ asli blazer tidak memiliki jalur untuk invet grease. tapi jauh lebih awet daripada yang imitasi. Ane pernah memakai imitasi , tetapi ternyata sedikit tidak presisi dan masih mengakibatkan sedikit getaran.

Biasanya untuk mengakalinya melobangi cross joint asli dan memasang nipple untuk grease.

5. Hati2 dengan arm2 bagian depan Blazer , karena harrganya lumayan mahal dan bebannya berat. sering2 di invet. Tiap ganti oli.( 5000km sekali ). kerusakan menyebabkan suara gluduk2 dan mengurangi kepresisian steering.

6. Fuel pump blazer memang perlu mendapatkan perhatian lebih. Kalau tangki bensin sering kosong , katanya memperpendek usia fuel pump.

7. lumasi engsel pintu terutama pintu depan. karena bebannya berat dan sering aus.

8. jangan sekali2 menggunakan air murni , tanpa coolant. Atau turun mesin. Karena system tekanan tinggi dan tertutup pada cooling syetm / radiatornya.

9. kerusakan pada semprotan air wiper dan wiper nggak bisa jalan. Disebabkan rangkaian di kotak wiper depan ( di engine bay / dalam kap mesin ) , jalur2nya retak. cukup disolder ulang.

10. Blower AC menggunakan system vacum. jadi kalau ada kebocoran ( dijalur2 selang sarang tawon depan - berwarna hitam ) ,, biasanya hembusan blower berkurang.

11. kerusakan CKP sensor. cirinya mesin ndut2an di atas 4000 rpm. ganti aja. murah 300 ribuan aja.

12. kerusakan spion retak.

13. apa ya yg udah pernah ane alamin dgn blazer ane dulu...sik mikir dulu ya...heheheh
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by frandika »

JESKONENG wrote:hari ini baru tau, om Mizi kapan itu jatoh pas naik motor, kakinya patah... moga diberi speedy recovery...

(moga bukan karna power motornya makin ganas setelah pake aditif minyak urut)...
iya betul tuh om, bro mizi kena musibah semoga cpt sembuh.. btw, semingguan lg saya blk jkt pengen ikutan tes minyak urut buat pug gembel sy hehe..
-------#BIC-701#--------
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by frandika »

poeticmind wrote:
mzrch wrote:Kok sepi banget nih? :mky_06:
Ramein aaah, ini foto si blesi sama white jadoel pas acara rafting di Bogor bulan kemarin (udah basi :mky_01: )
Image

Berhubung si mbro Frandika lagi macul di sumatera, jadi ga nongol2 foto bleser barunya.. Mending ane tongolin foto si white jadul aaah:
Image
wah serius keren ini... good job! :big_peace:
hehe sayangnya dah hampir sebulan itu kebo ndak diangon om.. pengangonnya nyariin rumput ke lukot dulu
:big_peace:
-------#BIC-701#--------
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by ak4ng »

eh masbroo... blazer tu pake mesin apa sih aslinya?? ada berapa varian?? kl sama chevy tahoe sama gak??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by teunget »

ak4ng wrote:eh masbroo... blazer tu pake mesin apa sih aslinya?? ada berapa varian?? kl sama chevy tahoe sama gak??
maksud "mesin asli" itu yg gmn om? mesin blazer yg amrik ya?
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
Lie
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jun 13, 2012 7:25
Location: Tuban, Jawa Timur

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by Lie »

Thanks banyak bro frandika.. Barusan adsa trouble juga nich kebo saya. waktu saya bawa ke malang, di Pintu tol Porong tiba2 RPM anjlok.. Berhenti 5 menit, starter nyala. Sampai purwodadi mati lagi. berhenti 1 jam, starternyala, saya bawa sampai Malang langsung balik mke Tuban nggak masalah. eh, 3 hari kemudian saya bawa Surabaya juga macet. Akhirnya saya masukkan ke bengkel pak nasikin di jalan Demak, ganti Fuel Pump merk Falcom, lancar, nyampe Gresik Check engine nyala dan mesin mati. Berhenti 5 menit, starter langsung nyala. KAyaknya sensor CKF agak trouble nich (apa benar ya), belum sempat ganti. Hehehehe..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by ak4ng »

teunget wrote:
ak4ng wrote:eh masbroo... blazer tu pake mesin apa sih aslinya?? ada berapa varian?? kl sama chevy tahoe sama gak??
maksud "mesin asli" itu yg gmn om? mesin blazer yg amrik ya?
bukan,. yg versi indonesia,. mesin apa aja yg masuk resmi,.
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by frandika »

ak4ng wrote:
teunget wrote:
ak4ng wrote:eh masbroo... blazer tu pake mesin apa sih aslinya?? ada berapa varian?? kl sama chevy tahoe sama gak??
maksud "mesin asli" itu yg gmn om? mesin blazer yg amrik ya?
bukan,. yg versi indonesia,. mesin apa aja yg masuk resmi,.
setau saya: mesin 4.3L Vortec (4x4 CBU), mesin DOHC 2.2L, mesin SOHC 2.2L semuanya bengsin ndak ada yg diesel :mrgreen:
penjelasan masing2 mesin tsb maap saya ndak seberapa paham
:big_peace:
-------#BIC-701#--------
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by micogilbert »

haloooo semua...
selamat malam... nubie numpang mejeng disini y... xixixixi.... :mky_02:
mohon pencerahannya y... jangan diajarin sesat... :e-dance:
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by frandika »

micogilbert wrote:haloooo semua...
selamat malam... nubie numpang mejeng disini y... xixixixi.... :mky_02:
mohon pencerahannya y... jangan diajarin sesat... :e-dance:
halooo juga bro.. selamat malam (beda hari tapi ya?) :mrgreen:
mau mejengin kebo baru nya ya? monggo silahken diposting, sekalian biar dikasih pencerahan ntar by om teunget jamin ga pake sesat deh...
:big_peace:
-------#BIC-701#--------
budi143
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jul 23, 2012 23:42

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by budi143 »

halo smuanya... salam kenal.. saya newbie neh.... udah 3 hari 3 malam gk tidur ... baca2 neh.. dari part 1-4, :mky_02:

w mau beli mobil tapi masih bingung maw pilih yg mana.... :frm_bang_head:
setelah w liat2 blazer jg mantap tuh...
tapi pertanyaanya... w masih mahasiswa akhir... kira2 mobil tu cocok gk ya ama w untuk ank kuliah gitu.. n untuk make sendiri..., tolong plish yakinin w donk...
ada banyak pilihan sih...
1.sedan mitsubishi lancer evo
2.sedan nisan puslar
3.feroza
4.BLAZER
5.taft
atau agan2 punya pendapat lain gituh...
q anak jambi.. kuliah di padang..

karakteria yg w pengen... gagah, mantap.,mewah, enak di bawak..
pokoknya gagah n gaul lah,,,...
tolong bantu ya om-om abg-abg bapak-bapak n smuanya.... :ungg:
budi143
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jul 23, 2012 23:42

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by budi143 »

mohon pencerahanya..
ini mobil di liat dari depan.. tapi anehnya lambangnya kok beda ya ama blazer yg lain..
yeha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 28, 2009 16:05

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by yeha »

wah udah sejauh ini ternyata
selamat berpuasa sodara2 sekalian



:off_sleep: ... lanjutin lg ahhhhh
yeha bic986 ae
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

budi143 wrote:halo smuanya... salam kenal.. saya newbie neh.... udah 3 hari 3 malam gk tidur ... baca2 neh.. dari part 1-4, :mky_02:

w mau beli mobil tapi masih bingung maw pilih yg mana.... :frm_bang_head:
setelah w liat2 blazer jg mantap tuh...
tapi pertanyaanya... w masih mahasiswa akhir... kira2 mobil tu cocok gk ya ama w untuk ank kuliah gitu.. n untuk make sendiri..., tolong plish yakinin w donk...
ada banyak pilihan sih...
1.sedan mitsubishi lancer evo
2.sedan nisan puslar
3.feroza
4.BLAZER
5.taft
atau agan2 punya pendapat lain gituh...
q anak jambi.. kuliah di padang..

karakteria yg w pengen... gagah, mantap.,mewah, enak di bawak..
pokoknya gagah n gaul lah,,,...
tolong bantu ya om-om abg-abg bapak-bapak n smuanya.... :ungg:
Halo bro salam kenal juga sesama newbie..
Liat pilihan2 mobil yg mau dibeli sepertinya beda kelas semua ya bro..

Ane ga tau kondisi jalan di kota Padang sekarang gimana.. Kalau masih kyak dulu (+- 5 tahun yg lalu) lewat pake mitsu kuda di dalam kota Padang trus lanjut ke Medan sih jalannya bagus2 dan belok2.. Mitsu lancer bisa jadi pilihan..
Pulsar ane ga tau, di jkt aja juga jarang ngeliat..

Untuk feroza mungkin kurang cocok sama kriteria yg enak di bawa, dudukan ane ga cocok nyetir feroza, ga tau klu buat org lain..
IMO mungkin sama juga kyak taft, enaknya buat dipake main tanah (ngelirik bro @micogilbert) :big_peace:

Kalau memang mau blazer, bisa liat tips di part2 sebelumnya untuk meminang blazer yg sehat.. Blazer cocok buat siapa aja kok, ane juga waktu kuliah tingkat akhir sering pake ke kampus dan jadi rebutan mahasiswi kalau udah jam pulang pada mau nebeng :big_slap:
Kriterianya masuk semua tuh, gagah, mantap, mewah, enak di bawa, and gaul.. :mrgreen:
Ditambah mobil ini cocok buat diajak manuver Jambi-Padang, kalau ada jalan2 rusak masih tenang, aman, asal kaki2 si blazer sehat lho ya..
Itu menurut ane yg newbie, sambil nunggu racun yg lain dari master2 disini..
budi143 wrote:mohon pencerahanya..
ini mobil di liat dari depan.. tapi anehnya lambangnya kok beda ya ama blazer yg lain.
Maksudnya gimana bro? Blazer type yg mana yg lambangnya aneh..
Blazer 96-02 masih pake nama Opel, lambangnya flash kyak petir, stelah itu 03-06 ganti nama Chevrolet, lambang bow tie.. CMIIW
Logo Opel :
Image
Logo Chevy :
Image
Semoga membantu.. :mky_01:
| BIC # 714 |
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

yeha wrote:wah udah sejauh ini ternyata
selamat berpuasa sodara2 sekalian



:off_sleep: ... lanjutin lg ahhhhh
Selamat berpuasa juga om yeha :mky_02:
| BIC # 714 |
kurni4
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:43

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by kurni4 »

AsKum,
izin gabung nubi sy nubi baru angon kebo 3 mingguan kl distnk kebonya pembuatan 1996 dohc lt. tp kalo pemakaian january 1998,jadi bingung sy kl ditanya blazer tahn brp, :mky_01: heheh oh iya sya tinggal dikaltim tepatnya dibalikpapn,

para dukun kebo saya dpt masalah setelah kebo abis ganti timing belt ama baikini kebocoran exhaust manifold di bengkel resmi chevrolet,temperature mesin kl ac dimatikan extra fan running di sekitar 115an derajat celius mendekati garis merah, trus fan berhenti di temperatur 100. tapi kalo ac dijalankan temperatue stabil di angka 80an,

pertanyaan saya
1.saya pernah baca kl temperature switch itu sangat jarang rusak,dimana kah kemungkinan kabelnya kendor, soalnya yang ngerjain di bengkel nya keknya kesannya msh coba2 potongannya kek anak sekolah masih pkl :off_no: jadi illfill saya sama bengkel resmi.soalnya sebelum masuk bengkel extrafan running di 102 dan off di sekitar 80an. Ac saya juga jadi ga bisa dingin setelah keluar dari bengkel.padahal br 3 minggu diservice. klaimnya bengkel sy disuruh ke tukang acnya karena masih garansi,tp setelah pulang kerumah saya chek2, ternyata kabelnya yang ke kompressor ac ada yang lepas parah dah tuh, jadi illfill ama bengkel resmi.

mohon petunjuknya para sesepuh dukun kebo supaya temperature stabil, tanpa harus nambah resistor(modifikasi di ecu) soalnya sebelumnya fine2 aja,

Terimakasih,
Wassalam
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by maskopat »

salam hormat untuk blazerian... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by baybhut »

Bro-Bro Sekalian....
Aku mau nanya... kenapa blazer-ku (SLI-97) kalo distarter lampu engine di dashboard menyala dan mesin-nya mbrebet.. tapi lama kelamaan normal sendiri.

Mohon pencerahannya ya...
nixchen
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Feb 25, 2011 8:43

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by nixchen »

buat sepuh blazer,
mohon pencerahan, sy punya badak th 97. Saya bilang badak karena pernah ditabrak belakang sama mobil jepang tapi mobil jepangnya hancur dan gak bisa jalan lagi sementara bemper belakang badak cuma baret secuil dan penumpang belakang yang lagi tidur aman, cuma terbangun karena ada goncangan.Ceritanya pas hujan di depan rem mendadak ups sy remnya mantap, namun yang belakang apes. Terakhir dicium bis pariwisata dari samping belakang bodi cuma goyang dikit dan ada baret tapi pintu belakang tetap bisa dibuka, safety banget yah. Cuma ada sedikit penasaran karena waktu beli 8 bulan lalu petunjuk voltase kalau lampu dan ac nyala selalu di jarum 14 kurang dikit. Tapi sekarang terkadang jarum di 12 dan lebih sering di bawah 13.Apa yang perlu diservis alternatornya atau ada kabel yang korslet ke body? Sama air radiator sebulan sekali pasti nambah seliter. saya dah beli no leak(sealer cairan yg dituang ke dalam air radiator) tapi masih ragu untuk menggunakannya takut macet water pump dan pengaruh ke mesin. Mobil ini sangat dirawat betul karena udah ngrasain safety dan nyamannya lebih dari mobil manapun yang pernah dijalanin. Blazer safetynya jempol 4 dah. Makasih untuk pencerahannya.
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

kurni4 wrote:AsKum,
izin gabung nubi sy nubi baru angon kebo 3 mingguan kl distnk kebonya pembuatan 1996 dohc lt. tp kalo pemakaian january 1998,jadi bingung sy kl ditanya blazer tahn brp, :mky_01: heheh oh iya sya tinggal dikaltim tepatnya dibalikpapn,

para dukun kebo saya dpt masalah setelah kebo abis ganti timing belt ama baikini kebocoran exhaust manifold di bengkel resmi chevrolet,temperature mesin kl ac dimatikan extra fan running di sekitar 115an derajat celius mendekati garis merah, trus fan berhenti di temperatur 100. tapi kalo ac dijalankan temperatue stabil di angka 80an,

pertanyaan saya
1.saya pernah baca kl temperature switch itu sangat jarang rusak,dimana kah kemungkinan kabelnya kendor, soalnya yang ngerjain di bengkel nya keknya kesannya msh coba2 potongannya kek anak sekolah masih pkl :off_no: jadi illfill saya sama bengkel resmi.soalnya sebelum masuk bengkel extrafan running di 102 dan off di sekitar 80an. Ac saya juga jadi ga bisa dingin setelah keluar dari bengkel.padahal br 3 minggu diservice. klaimnya bengkel sy disuruh ke tukang acnya karena masih garansi,tp setelah pulang kerumah saya chek2, ternyata kabelnya yang ke kompressor ac ada yang lepas parah dah tuh, jadi illfill ama bengkel resmi.

mohon petunjuknya para sesepuh dukun kebo supaya temperature stabil, tanpa harus nambah resistor(modifikasi di ecu) soalnya sebelumnya fine2 aja,

Terimakasih,
Wassalam
Wss wr wb, om..
Di pulau Kalimantan juga ada blazer penghuni sini lho, sebutan beken-nya black jadoel reborn, info lebih lengkap bisa hub bro @frandika.. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ane juga newbie om tp coba bantu2 dikit boleh y :mky_01:
Kalau di bleser ane yg standart pabrik untuk pendinginan mesin, itu normal kyaknya om.. Bleser ane juga kalau lg jalan/berhenti tapi AC dimatikan, temperatur bakalan cepat naik sampe ke 100 lebih (mungkin sekitar 105/110-an derajat celcius), tapi extra fan langsung hidup jadi temperatur bisa stabil di 100 kurang sedikit (mungkin sekitar 98-an derajat celcius).. Kalau AC nyala, jarum temperatur anteng kok disekitar 80-90an derajat celcius, malah kadang di tol kondisi lancar banget bisa miring ke kiri tuh jarum di 60an derajat celcius.. :mky_08:
Biar temperatur stabil di bleser ane resepnya cuma pastiin jalur2, selang2 radiator dan reservoir ga ada yg bocor sama sekali, rajin kuras sama pake radiator coolent.. Udah gitu doang.. Hehehe! :mky_01:
| BIC # 714 |
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

maskopat wrote:salam hormat untuk blazerian... :frm_salut:
Salam hormat juga untuk om Kopat.. Seneng ane om mampir2 kesini.. :mky_02:
| BIC # 714 |
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

baybhut wrote:Bro-Bro Sekalian....
Aku mau nanya... kenapa blazer-ku (SLI-97) kalo distarter lampu engine di dashboard menyala dan mesin-nya mbrebet.. tapi lama kelamaan normal sendiri.

Mohon pencerahannya ya...
Waduh maaf bro, ane ga ngerti yg begini, sabar y nunggu om Panembahan sama master yg lain aja y buat kasi petromaks.. Mungkin coba tune up dulu bro, bersih2 busi sama air filter, kira2 ngaruh ga y? (Lha kok malah nanya balik?! :drinking: )
| BIC # 714 |
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by mzrch »

nixchen wrote:buat sepuh blazer,
mohon pencerahan, sy punya badak th 97. Saya bilang badak karena pernah ditabrak belakang sama mobil jepang tapi mobil jepangnya hancur dan gak bisa jalan lagi sementara bemper belakang badak cuma baret secuil dan penumpang belakang yang lagi tidur aman, cuma terbangun karena ada goncangan.Ceritanya pas hujan di depan rem mendadak ups sy remnya mantap, namun yang belakang apes. Terakhir dicium bis pariwisata dari samping belakang bodi cuma goyang dikit dan ada baret tapi pintu belakang tetap bisa dibuka, safety banget yah. Cuma ada sedikit penasaran karena waktu beli 8 bulan lalu petunjuk voltase kalau lampu dan ac nyala selalu di jarum 14 kurang dikit. Tapi sekarang terkadang jarum di 12 dan lebih sering di bawah 13.Apa yang perlu diservis alternatornya atau ada kabel yang korslet ke body? Sama air radiator sebulan sekali pasti nambah seliter. saya dah beli no leak(sealer cairan yg dituang ke dalam air radiator) tapi masih ragu untuk menggunakannya takut macet water pump dan pengaruh ke mesin. Mobil ini sangat dirawat betul karena udah ngrasain safety dan nyamannya lebih dari mobil manapun yang pernah dijalanin. Blazer safetynya jempol 4 dah. Makasih untuk pencerahannya.
Wah pengalaman sering dicium dari belakang y om? Salut buat blesernya om :frm_salut:
Kalau liat indikator voltase di bleser ane dia malah nunjuk 12 lebih sedikit melulu.. Kondisi accu gmn om? Ane umur accu udah hampir 2 tahun, September 2010 belinya.. Kyaknya masih normal om, tapi ga ada salahnya juga check dibengkel langganan untuk alternator dan kabel2nya..Hehehe!
Wah baru baca atasnya "buat sepuh blazer," , ane kan belum sepuh, berarti ga jawab ga apa2 :big_slap:
Radiator pasti ada yg bocor tuh om, atau airnya menguap, di service aja takut kalau lupa nambah air mesin jd panas.. Btw ane sih lebih rekomen pake radiator coolant om daripada air biasa, mencegah korosi/karat.. Maap kalau kurang membantu :mky_01: :big_peace:
| BIC # 714 |