agathos wrote:hmm, bisa jadi bukan sih om, saya waktu itu cuma lihat di bengkel 2JZ-GTE pake CT26 lagi mau diangkat taro ke BMW E36 buat race, bisa jadi itu custom yah. CT26 apa punya-nya 1HD yah, jadi penasaran, tak coba browsing ah hehehe.
1HD-T CT26 turbo gede soalnya itu om..

mungkin aja di upgred..
usul juga om, sebelum belanja parts coba buka toyodiy.com dia ada parts diagram, number dan estimated price dari toyota, bantu banyak banget sebelum belanja.
oo bagus banget om kalau 80rb, saya di Prado 90 dl uda 130rb Km-nya hehehe. Turbo sih kayaknya masalah umum 1KZ-TE yah, Prado yang saya pegang dl juga sama pemilik sebelumnya turbo-nya di ganti karena masalah juga, pas di saya sih clean.
hmm 1KZ-TE saya dl pas di KM140rb mesti turun mesin karena ada 2 piston yang bolong (lupa nomor berapa), dl service-nya di simprug mobil dan sampe sekarang gak ketahuan penyebabnya apa. Parts (gasket2 dan metal) sih gak terlalu mahal sih pas OH, cm yang agak mahal emang beli halfcut-nya aja kena sekitar 12.5jt di alammotor. Setelah di service tempratur-nya suka naik kalau load mesin terlalu berat, pas di telusurin ada retak di cylinder head-nya. Terus radiator sempet bocor sehabis di service, ganti radiator asli sekitar 7jt-an asli. Setelah itu sih uda gak ada masalah lagi om, terus di jual deh ganti ke 105 dan dimulai petualangan baru
wew kok bisa bolong yah... klw cyclder head g ada yg jual sampe beli halfcut? wkwk taun brp tuh halfcutnya murah bener, skrng pasaranya 40jtan. atw ambil headnya aja?
skrng gw lg nyambungin RPMnya klw diesel beda kan ama bensin di kawinin ke wrangler blm bisa nih... meteran solar juga blm pas, orang2 yg swap ke 1kz-te biasanya main hajar aja dashboard 1kzte di pasang d mblnya biar gampang.... gw g mw gtu, kabin musti wrangler ori... jd ngawin2in panelnya seru.. haha
radiator gw malah di kecilin dikit, biar g mentok steering house, well di coba nanjak g pernah overheating sih..... yg panas transmisinya. aslinya toyota g pke transcooler yah... klw AW4 aslinya pke... blm di pasang transcoolernya.
kayaknya kalau 1KZ-TE karena electronic injection dia gak bisa di kalibarsi kaya diesel konvensional, kalibrasi dia secara elektronis kayaknya, makanya pakai piggyback om.
Hmm, bukanya ada yang hybrid ballbearing yah om yang udah di customize supaya spool-nya gak terlalu lama, saya kemaren lihat beberapa di bengkel buat di pake di 3S-GTE juga kalau gak salah buat balap retro. Hehehe iya agak mahal soh IHI RHF4, tapi puas banget kalau denger2 testi yang pake di ipah dan fortuner.
ball bearing yg intinya biar loncer aja turbinenya...

ukuran A/R ration tetep pengaruh, sesuai kapasitas mesin, juga rentang rpmnya.... turbo lebih besar blm tentu lebih baik hehe

apalagi bwat diesel yg mentok 4000rpm.. ball bearing bisa aja di pke klw ada duit sih .. haha

ipah di kasih piggy +intercooler uda dpt 190hp lebih uda enak bngt om.... jarang d set maksimal juga.. rasanya g perlu deh sampe upgred turbo... kec klw ntar jebol yg skrng ya mending upgred hehe
Sebenernya kalau parts sih gak usah takut om, belanja di luar dan di indo 1KZ-TE kayaknya lumayan banyak pilihan. Saya kemaren ganti piston dan conrod 1FZ-FE sampe custom order di CP US gara2 di mana2 kagak ada yang jual piston yang aluminium forged, tapi puas banget sih.
subtitusi 1kz pke apasih? dgn keluarga kd hilux/ipah ada yg sama g sih?
1KZ-TE setelah piggyback naiknya lumayan tinggi, yang jelas waktu saya pake driving feel-nya langit sama bumi beda-nya. memang sih yang commonrail bisa lebih gede lagi naiknya. Saya dl pasang dan dyno di rev engineering, jalan panjang jakarta barat, jaman itu tuning diesel belum populer dan mereka satu-satunya yang paling bagus yang saya tau.
ayo2 dipasang om di 1KZ-TE, saya jamin beda-nya banyak banget, tapi sebelum di piggyback mending pasang Intercooler dl sih saran saya supaya tunningnya bisa maksimal.
kena brp om di dynonya? hehe
iyah ipah gw juga d rev kemarin..... wkwkw

peer gw intercooler transcooler, bikin DP ekshaust, bru piggy terakhir deh... hmmm skrng juga lagi nunggu surat nih blm kelar aja bensin ke diesel lama bener..... barangkali ada kenalan om, bisa ngurus surat swap engine gini?
btw dulu prado90 nya dpt brp FCnya om? gw lagi nyetel meteran solar nih... sblmnya ada 3/4 tank waktu di turunin tangkinya,uda seminggu wira wiri turun dikit,meteranya gw kira masih ngaco... trus di isi eh 70rb penuh... hmmm tangkinya 80ltr padahal.
exhaust kayaknya coba 2.5" yah kalau boost gak gede karena mesin kan hanya 4 silinder, harusnya masih cukup, saya di 1FZ-FE supercharged (twin screw), mesin 6 silinder pakai 2.75" free flow boost di 0.8PSI, mantep banget bunyi dan tarikan. Kalau di jakarta sih saya bikin di budi kenalpot, tapi beberapa yang di recomend kencana dan kota mas knalpot (dua duanya di jakarta) bagus katanya, kalau bandung saya jujur kurang tau.
wkwk superchargenya custom atw kit om? brp duit tuh.... hehe

gw ngoprek2 d taft yg satunya pke s/c rootblower juga blm dpt setelan pasnya nih ukuran pulley...
klw DP yg suka dpke di ipah/fortuner biasanya 3" tp gtw ke blkngnya klw yg full set tetep 3" atw mengecil lagi....
skrng sih pke 2.5" uda freeflow...
whehehe kalau narik 33" mah selama torsi di atas 300nm bukannya cukup yah om? wah kalau perhitungan final gear jujur saya buta dan masih belajar nih heheheh, bedanya yang tinggi dan rendah gimana om? LC105 saya setelah pakai 33" power drop, ada yang recommend ganti final gear tapi kehilangan top speed, kalau saya sih lebih pilih tambah power lagi wahehehee

haha narik sih narik om... tp kerasa jd beban

itunganya karna pke ratio 3.5, jadi kaya pke ban 35" wkwk
haha klw ngedrop bisa naikin power... bwat harian sih enak, d tol enak, nanjak enak,
tp klw oprut.... giliran di suruh ngerayap pasti susah.. engine brake kurang, manjat batu jadi musti di geber terus, ga bisa nanjak secara gentle... gw yg rugger gtu dulu pke ban 33" ratio std naikin aja tenaganya pke rugger, main sampai medium gpp, uda nyengir2 g perlu ganti FG ketemu nanjak lumpur nikmat tenaga berlimpah, karna ngadepin nya memang mending d geber,
tp bgtu di kasih yg tricky batu2an,maunya lari terus tu mbl, g bisa di suruh ngerayap pelan2 wkwk

apalagi waktu turun terjal dan panjang nanlicin... hehe g bisa ngerayap turun engine brake nya kurang hehe

meluncur bebas deh... hahah

skrng transfercase ganti, fg ganti..
langsung beda nikmat lebih tenang n nyantai rasanya.... nanjak extrme juga g perlu d gas, langsung angkat kopling jalan wkwk

mw ngembat juga bisa2 aja.. karna transfercasenya yg d ganti topspeed tetep di atas stock. d HInya lebih tinggi di LO lebih low.
aplgi klw om mw pke locker, bahaya klw g bisa ngerayap.
top speed sih engga berkurang yah, tp kembali ke kondisi saat pke ban std... tergantung itungannya...
