Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:tapi kalau terjadi kerusakan, denger2 mesin diesel lebih mahal ya ketimbang bensin? apa lagi diesel moderen yang haluss gitu :)
Tergantung merek & type-nya juga laahhh

Kalo mesin gasoline-nya :
- BMW GDI Turbo (Twin Power T)
- MB CGI
- Audi TFSI
- VW TSI

Coba aja di cek tuh harga parts jeroannya.........kalo yg cap Kuda jingkrak / Kerbau / Tameng mah ga usah ditanya dah.........xixixixixixixixii
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:kalau untuk hyundai sonata gitu belum termasuk diesel yang minim getaran ya?
maksud saya sonata itu bukannya termasuk line up atas dari saloon hyundai ya?
Semua tergantung perawatan & perlakuan......

Saya punya Panther LS-AT dulu suaranya saat idle sudah hampir mendekati Ipah D4 D rata2........heheheheheheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by htannis »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote:kalau untuk hyundai sonata gitu belum termasuk diesel yang minim getaran ya?
maksud saya sonata itu bukannya termasuk line up atas dari saloon hyundai ya?
Semua tergantung perawatan & perlakuan......

Saya punya Panther LS-AT dulu suaranya saat idle sudah hampir mendekati Ipah D4 D rata2........heheheheheheh
rata2 std apa rata2 300HP :mky_06:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Deasegara »

Gold Pocket wrote:wow.. mumpung ada thread bagus gini.. sekalian nanya :

untuk mesin merci
Diesel 2.2 liter CDI (dipasang di ML250 2014 dan New E-Class facelift 2014 E250 CDI), ini torsinya 500Nm :)
vs
Bensin 3000cc V6 (333HP) dipasang di New E-Class Facelift E400 AMG

Pertanyaan :
mana yang lebih enak untuk perjalanan jauh dan mendahului kendaraan?
mana yang lebih nyaman? (scara katanya mesin diesel agak kasar ya getarannya ke interior?)

kapan hari pernah naik hyundai sonata diesel di singapore. memang halus sih, tapi tetap aja ketahuan jelas kalau itu adalah saloon dengan mesin diesel.
awalnya sih gak perhatikan kalau itu adalah diesel, pas jalan lah kok rasanya gini ya? trus tanya driver.. nah bener diesel rupanya.

tapi apakah hal demikian juga terjadi pada mesin diesel Merci di atas?
Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
farhan shidiq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by farhan shidiq »

Untung thread ini belum OOT :mky_08:

Kalo saya pilih diesel commonrail yang udh turbo variabel tapi masih bisa minum solar biasa dan mesinnya badak : Ford everest, Fortuner VNT (Hilux lebih tepatnya), Trailblazer VGT (Kode mesin duramax berarti durabilitynya maximal :mky_02: )

Tapi kalo diesel jadulnya LC80 turbo lumayan tuh, tenaga segitu bbm masih irit, padahal tanpa intercooler. rahasianya apa ya.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Gold Pocket »

ooo gitu ya om..
jadi kalu uda mesin canggih mau diesel atau bensin sama aja menguras kantong ya :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:ooo gitu ya om..
jadi kalu uda mesin canggih mau diesel atau bensin sama aja menguras kantong ya :)
ya semua tergantung :
- Policy pembuat & ATPM
- Populasi mobil tsb

Kalo mobilnya jarang ya biasanya parts-nya jadi mahal

Jadi soal komparasi suatu jenis mobil / mesin itu gak bisa maen pukul rata, krn kondisinya sgt spesifik.
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by ricz »

Gold Pocket wrote:kalau untuk hyundai sonata gitu belum termasuk diesel yang minim getaran ya?
maksud saya sonata itu bukannya termasuk line up atas dari saloon hyundai ya?
Sonata itu setingkat ama Optima, di atas Sonata masi ada Azera, Genesis & Equus...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Rakean »

VanzMatic wrote:
Turboman wrote:
ilhami wrote:Sering perhatiin innova diesel. suaranya kasar. mirip suara permainan roda impian gitu deh. nothing spesial
Embeerrr.....hahahahahah.....namanya juga KomenRel jadul.......juga kompresi mesin yg 18,5:1 pengaruh thd suara mesin juga, tapi justru krn komenrel jadul & kompresi tinggi ini D4 D bisa minum solar jelek

Kompresi mesin Diesel makin rendah = butuh angka CN lebih tinggi, walau memang suara mesin lebih haluss :frm_tumbright:
Berarti, kompresi diesel sekarang makin rendah tho? Nda kayak 4D56 yang 21:1..?
Kalau 4D56 dikasi solar+racun untuk naikin CN, apakah akan mubazir? Karena sepengalaman ane, tarikan emang lebih ganas, plus jadi ketauan kalo kopling udah mulai selip.

Suara 4D56, mostly bilang kasar, tapi buat ane, ini merdu sekali untuk sebuah mesin Diesel.
Justru yang Innova Diesel, buat ane, aneh.....karena suaranya seperti kucing tidur sedang mendengkur....kayak nda berasa dieselnya...
:mky_01:

Oia, kenapa yaa 4D56 malah TIDAK lebih kasar dibanding 4JA1? Menurut ane, 4JA1 malah kasar banget, apalagi yang mesinnya masih 2.300cc itu.. CMIIW..
:mky_01:
yg 2300cc itu C223 um bukan 4JA :mky_01:

Kenapa mesin panther (C223, dan 4JA1) kasar? karena pake timing gear um, 4D56 pake timing belt

CMIIW
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by imsus2c »

maskopat wrote:btw kenapa sih mesin diesel lebih berisik dan lebih bergetar? :e-think:
Karena rasio kompresi-nya? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by y_anjasrana »

syg hatchback diesel langka ya... disini cuma ada i20, itu jg udah diskontinyu.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Turboman »

imsus2c wrote:
maskopat wrote:btw kenapa sih mesin diesel lebih berisik dan lebih bergetar? :e-think:
Karena rasio kompresi-nya? :e-think:
1. Mekanisme pembakaran (Comp Ign)
2. Rasio Kompresi
3. Pompa injeksi

nah skg coba dengar saja mesin2 GDI, khan juga ada suara "cz cz cz cz cz cz cz" kalo lagi idle.....krn dia juga pakai High Pressure mekanikal pump

Diesel terasa lebih berisik & getar saat idle / low speed, tapi begitu lari 100 ke atas maka cerita akan berbeda since dia cukup muter di RPM rendah :mrgreen:

Kalo yg saya rasakan sih saat nanjak di Cipularang pakai R20A jadi terasa lebih berisik since dia hrs maen RPM tinggi, sedang D4 D nyantai aza.....heheheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by VanzMatic »

Rakean wrote:
VanzMatic wrote: Berarti, kompresi diesel sekarang makin rendah tho? Nda kayak 4D56 yang 21:1..?
Kalau 4D56 dikasi solar+racun untuk naikin CN, apakah akan mubazir? Karena sepengalaman ane, tarikan emang lebih ganas, plus jadi ketauan kalo kopling udah mulai selip.

Suara 4D56, mostly bilang kasar, tapi buat ane, ini merdu sekali untuk sebuah mesin Diesel.
Justru yang Innova Diesel, buat ane, aneh.....karena suaranya seperti kucing tidur sedang mendengkur....kayak nda berasa dieselnya...
:mky_01:

Oia, kenapa yaa 4D56 malah TIDAK lebih kasar dibanding 4JA1? Menurut ane, 4JA1 malah kasar banget, apalagi yang mesinnya masih 2.300cc itu.. CMIIW..
:mky_01:
yg 2300cc itu C223 um bukan 4JA :mky_01:

Kenapa mesin panther (C223, dan 4JA1) kasar? karena pake timing gear um, 4D56 pake timing belt

CMIIW
Ah, trims koreksinya om... Sorry, my bad... :mky_01:

:thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by ilhami »

Chevrolet spin diesel belum ketahuan kelas nya ya?
farhan shidiq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by farhan shidiq »

Deasegara wrote:
Gold Pocket wrote:wow.. mumpung ada thread bagus gini.. sekalian nanya :

untuk mesin merci
Diesel 2.2 liter CDI (dipasang di ML250 2014 dan New E-Class facelift 2014 E250 CDI), ini torsinya 500Nm :)
vs
Bensin 3000cc V6 (333HP) dipasang di New E-Class Facelift E400 AMG

Pertanyaan :
mana yang lebih enak untuk perjalanan jauh dan mendahului kendaraan?
mana yang lebih nyaman? (scara katanya mesin diesel agak kasar ya getarannya ke interior?)

kapan hari pernah naik hyundai sonata diesel di singapore. memang halus sih, tapi tetap aja ketahuan jelas kalau itu adalah saloon dengan mesin diesel.
awalnya sih gak perhatikan kalau itu adalah diesel, pas jalan lah kok rasanya gini ya? trus tanya driver.. nah bener diesel rupanya.

tapi apakah hal demikian juga terjadi pada mesin diesel Merci di atas?
Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
santa fe tahan tuh biosolar?
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by AB1050 »

farhan shidiq wrote:
Deasegara wrote: Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
santa fe tahan tuh biosolar?
Ane pernah ngobrol sama salesnya hyundai, untuk CRDi nya santa fe diharuskan pake pertadex / yang setara..kalo si user ngeyel pake biosolar, trus ada kerusakan mesin yg disebabkan karena kualitas bahan bakar buruk, otomatis garansi hangus..lain lagi sama CRDi nya H1, masih boleh konsumsi biosolar..
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Deasegara »

farhan shidiq wrote:
Deasegara wrote:
Gold Pocket wrote:wow.. mumpung ada thread bagus gini.. sekalian nanya :

untuk mesin merci
Diesel 2.2 liter CDI (dipasang di ML250 2014 dan New E-Class facelift 2014 E250 CDI), ini torsinya 500Nm :)
vs
Bensin 3000cc V6 (333HP) dipasang di New E-Class Facelift E400 AMG

Pertanyaan :
mana yang lebih enak untuk perjalanan jauh dan mendahului kendaraan?
mana yang lebih nyaman? (scara katanya mesin diesel agak kasar ya getarannya ke interior?)

kapan hari pernah naik hyundai sonata diesel di singapore. memang halus sih, tapi tetap aja ketahuan jelas kalau itu adalah saloon dengan mesin diesel.
awalnya sih gak perhatikan kalau itu adalah diesel, pas jalan lah kok rasanya gini ya? trus tanya driver.. nah bener diesel rupanya.

tapi apakah hal demikian juga terjadi pada mesin diesel Merci di atas?
Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
santa fe tahan tuh biosolar?
Kalo ditanya tahan/gak ya semua CRDI pasti was-was. Tapi pengalaman gue dan banyak lagi pengguna solar rakyat gak ada masalah asalkan solar rakyatnya di "Reformulate" pake apa ? additive. Kebetulan gue juga pake daewoo diesel yg teknologinya mirip Santi. Sudah 1 setengah tahun (30 ribu km) selalu pake solar rakyat, sampai saat ini power dan torsi masih jreng. Gue reformulate solar rakyat pake minyak atsiri. Torsinya masih mampu buat berdecit ngagetin pak polisi di lampu merah :mky_07:
farhan shidiq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by farhan shidiq »

AB1050 wrote:
farhan shidiq wrote:
Deasegara wrote: Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
santa fe tahan tuh biosolar?
Ane pernah ngobrol sama salesnya hyundai, untuk CRDi nya santa fe diharuskan pake pertadex / yang setara..kalo si user ngeyel pake biosolar, trus ada kerusakan mesin yg disebabkan karena kualitas bahan bakar buruk, otomatis garansi hangus..lain lagi sama CRDi nya H1, masih boleh konsumsi biosolar..

Harusnya santi disini juga make mesinnya h1 :mky_04:
farhan shidiq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by farhan shidiq »

Deasagara wrote:
farhan shidiq wrote:
Deasegara wrote:
Coba aja bandingin mobil dengan volume cylinder yg sekelas. Ajak Teman suruh bawa all new CRV 2.4 liter gen 4 diisi full pertamax+, dan anda bawa new Santi 2.2 liter diisi full biosolar. Isi kedua mobil dengan beban buat mesin yg sama (berat keseluruhan). Test di Cipularang tengah malam yg sepi, suruh CRV 10 meter didepan anda. Bawa spl meter didalam mobil masing-masing untuk record spl mesin waktu digeber.

Hasilnya gue yakin si Santi akan nyampe duluan di Bandung meskipun cylinder lebih kecil, Peak SPL CRV pasti lebih tinggi dari si Santi. Bensin dengan teknologi konvensional akan ngegerung kalo digeber apalagi jalan menanjak.
Setelah itu anda akan rasakan betapa gaharnya CRDI dibanding petrol konvensional. Ini buat yg suka geber mesin sih.
:big_peace: BRAVO CRDI !
santa fe tahan tuh biosolar?
Kalo ditanya tahan/gak ya semua CRDI pasti was-was. Tapi pengalaman gue dan banyak lagi pengguna solar rakyat gak ada masalah asalkan solar rakyatnya di "Reformulate" pake apa ? additive. Kebetulan gue juga pake daewoo diesel yg teknologinya mirip Santi. Sudah 1 setengah tahun (30 ribu km) selalu pake solar rakyat, sampai saat ini power dan torsi masih jreng. Gue reformulate solar rakyat pake minyak atsiri. Torsinya masih mampu buat berdecit ngagetin pak polisi di lampu merah :mky_07:
campur minyak astiri? beneran tuh? :mky_01: Atau maksudnya additive?
Oh ya emg agan make mobil daewoo apa? atau jgn2 maksudnya captiva diesel :mky_04:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by DOHC »

Rakean wrote: yg 2300cc itu C223 um bukan 4JA :mky_01:

Kenapa mesin panther (C223, dan 4JA1) kasar? karena pake timing gear um, 4D56 pake timing belt

CMIIW
timing gear suaranya kasar jg biasanya diakibatkan kesalahan pemakaian user nya sehh... oli telat ganti mulu, filter oli jg pelitttt bangett diganti... atau pake nya oli ga jlas... kekentalan ngawur... kbiasaan maen rpm tinggi ala nyetir mobil bensin... dan satu lagi kbiasaan supir2, blayer2 gas sblom matiin... nahh kalo ntuh ritual diatas dijalanin yahhh ga heran suara panther nya garing super brisik...


*pengalaman satu unit panther operasional kantor yg suara nya ancur banget gara2 diabuse kaya ritual2 diatas oleh supir kantor..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by Rakean »

DOHC wrote:
Rakean wrote: yg 2300cc itu C223 um bukan 4JA :mky_01:

Kenapa mesin panther (C223, dan 4JA1) kasar? karena pake timing gear um, 4D56 pake timing belt

CMIIW
timing gear suaranya kasar jg biasanya diakibatkan kesalahan pemakaian user nya sehh... oli telat ganti mulu, filter oli jg pelitttt bangett diganti... atau pake nya oli ga jlas... kekentalan ngawur... kbiasaan maen rpm tinggi ala nyetir mobil bensin... dan satu lagi kbiasaan supir2, blayer2 gas sblom matiin... nahh kalo ntuh ritual diatas dijalanin yahhh ga heran suara panther nya garing super brisik...


*pengalaman satu unit panther operasional kantor yg suara nya ancur banget gara2 diabuse kaya ritual2 diatas oleh supir kantor..
wkwkwkwkwk, bener banget um, oli juga ngaruh banget ke bunyi suara mesin, wah blayer2 gas sebelum matiin, kasian tuh ntr turbo nya (kalo panther turbo)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by ricz »

DOHC wrote:
Rakean wrote: yg 2300cc itu C223 um bukan 4JA :mky_01:

Kenapa mesin panther (C223, dan 4JA1) kasar? karena pake timing gear um, 4D56 pake timing belt

CMIIW
timing gear suaranya kasar jg biasanya diakibatkan kesalahan pemakaian user nya sehh... oli telat ganti mulu, filter oli jg pelitttt bangett diganti... atau pake nya oli ga jlas... kekentalan ngawur... kbiasaan maen rpm tinggi ala nyetir mobil bensin... dan satu lagi kbiasaan supir2, blayer2 gas sblom matiin... nahh kalo ntuh ritual diatas dijalanin yahhh ga heran suara panther nya garing super brisik...


*pengalaman satu unit panther operasional kantor yg suara nya ancur banget gara2 diabuse kaya ritual2 diatas oleh supir kantor..
Anjr*t...bukannya didiamin malah diblayer... Jebol tuh lama2 turbony..

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by imsus2c »

farhan shidiq wrote:
Deasagara wrote:
farhan shidiq wrote:
santa fe tahan tuh biosolar?
Kalo ditanya tahan/gak ya semua CRDI pasti was-was. Tapi pengalaman gue dan banyak lagi pengguna solar rakyat gak ada masalah asalkan solar rakyatnya di "Reformulate" pake apa ? additive. Kebetulan gue juga pake daewoo diesel yg teknologinya mirip Santi. Sudah 1 setengah tahun (30 ribu km) selalu pake solar rakyat, sampai saat ini power dan torsi masih jreng. Gue reformulate solar rakyat pake minyak atsiri. Torsinya masih mampu buat berdecit ngagetin pak polisi di lampu merah :mky_07:
campur minyak astiri? beneran tuh? :mky_01: Atau maksudnya additive?
Oh ya emg agan make mobil daewoo apa? atau jgn2 maksudnya captiva diesel :mky_04:
Mesinnya dari VM-Motori :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by imsus2c »

farhan shidiq wrote: Harusnya santi disini juga make mesinnya h1 :mky_04:
Beda segmen dan peruntukan, Commercial Vehicle (Mobil Niaga) vs. Passenger Vehicle (Mobil Penumpang)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Post by y_anjasrana »

jd H1 masuk kategori mobil niaga?
Accurate V5 Accounting System Consultant