evolution21 wrote:Hmm kalo menurut ane, turbo lag itu jeda sampai turbo nyala, biasanya mobil berturbo, sebelum turbo nyala, terasa lemot, dan mendadak tenaga besar saat turbo nyala
Kalo dr reviewer luar negri banyak mengeluhkan turbo lag karena tidak nyaman perpindahan lemot lalu mendadak kencang
Kayanya forester ini nyala turbonya di kisaran 3000an ya, tp emang nampol bgt sih, sadis bener dah ni mesin
Buat perbandingan turbo lag yg lebih minim ada di captiva diesel fl, lebih minim lg ada pada golf tsi
klw hentakan di rpm atas, bukanya mbl bensin dgn valve variable N.A juga gtu yah? malah lebih atas lagi di banding turbo
mitsu mirage 1.2 ltr baru galak di atas 4000rpm, bmw e46 N42 gw dulu juga di atas 4000 an baru galak, di bawah itu kosong....
apalagi generasi engine vtec B-series yg vtec baru kick-in d 5800rpm dan puncak powernya d 8400. torsi puncak di 7000rpm haha

d bawah itu kosong,di atas liar itu mesin N.A non turbo
yg g ada bedanya atas bawah sih grandcherokee V8 hehehe
golf TSi kan supercharge + Turbo wkwkw

atas bawah harusnya galak.
penasaran nyoba d trek yg lebih panjang tu forester..kemarin gigi 1 aja g tamat.. parah...
mr-saga wrote:@om fetherlite
menurut nubie, turbo lag itu semacam ada jeda reaksi antara injakan pedal gas dg respon kenaikan rpm mesin.
dinamakan sbg turbo lag karna pasokan udara dari hembusan turbo kurang pas(cenderung minim debit).
CMIIW
yuupp

saat gas di angkat, pasokan ekshaust yg muterin turbin pasti berkurang drastis, alhasil putaran turbo melambat.... bgtu di gas lagi, ya turbo harus muter lagi.. jadi ada jeda sblm sampai boost optimal.
turbo g bisa jalan di rpm bawah-menengah ya lag juga sih... cuma lag yg berbeda...

yg ini di lawan dgn penggunaan VGT atw bi turbo..
turbo makin besar energi bwat muterin turbin makin besar, jadi butuh waktu lebih lama untuk mulai ngeboost. tp debit udara makin besar juga.. alhasil, anggapan orng singkatnya turbo besar lebih maknyus d rpm atas tp ngelag baik saat gas di angkat n teken lg, dan butuh rpm lebih tinggi untuk muterin...
turbo kecil y sebaliknya aja.. jadi deh ada yg bi-turbo kya bmw bwat nanganin rpm atas n bawah...
klw lag saat gas di angkat, rasanya d turbo kecil juga masih ada meski minim, dan saat kick in di rpm atas system vgt/biturbo juga di ukuran turbin besar yg laggy...
jadi ada ALS,anti lag system... saat gas diangkat, fuel malah di semprotin di bikin misfire alhasil muncul tembakan api yg khas di mbl rally, fungsinya biar tu energi api tetep muterin turbo saat gas di angkat dan throttle body nutup... jadi waktu di bejek lagi, turbo uda siap ngehajar g melambat dulu.
kec sistem golf tsi yg pke supercharge ya.. beda lagi,supercharge sih muter terus mau di bejek atw tidak.
cmiiw
