Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
mengatasi tentunya lebih susah dari pada mencegah
seperti biasa di Indo selalu telat..... karena pada mikir perut nya doank tu politisi n pejabat2.. paling banter mikirin partainya
sekarang pertumbuhan mobil motor kan kalau dilihat penyebabnya ya :
1. masyarakat berduit makin banyak ( bagus donk masa mau jadi bangsa kere terus)
2. public trasnport busuk dan ga layak di pakai
3. keamanan di public transport
4. rute public transport yang ga jelas
5. MRT monorail terlambat di eksekusi
tapi menurut gw ga sepantasnya pemerintah menyalahkan masyarakat pakai kendaraan pribadi (mobil / motor) untuk kemacetan ini karena root causenya ya gara2 pemerintah yang oon malah msyarkaat yang kena imbas ke GOBLOKAN pemerintah dengan pajak mobil yang makin tinggi untuk mengatasi macet... masyarakat kelas menegah juga yang makin kecekek karena maksain beli mobil karena public transport ga nyaman..
negara makin berkembang, pertumbuhan ekonomi naik otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor makin banyak.. pertanyaanya:
1. berapa banyak pertumbuhan jalan ? jakarta, surabaya, bandung ? jakarta malah berkurang karena busway
2. tidak ada desentralisasi jadi semua ke kota besar n jakarta jadi tujuan utama.. eh kota kecil juga mulai macet denk karena ga ada pertumbuhan jalan yang signifikan...
3. semua kota di indo public transport ga jelas...
klo diliat secara nasional harusnya jumlah mobil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia masih sedikit menurut gw... jadi ya ga aneh pemilik mobil makin bertambah.... tapi akhir2 ini emang cuma jakarta aja yg jadi patokan..
selama ibukota di Jkt, gw yakin kedepannya kebijakan pemerintah bakal berpatokan di jakarta semata... kasihan kota lain kena imbas nya...
ada lagi yang bikin jakarta macet :
rumah di jakarta mahal jadi pada tinggal di sub urban dan kerja di jakarta dengan naik mobil pribadi.. bisa ditengok lagi gimana itu pagi arus dari bekasi - cibubur ke semanggi dan arus dari serpong tangerang ke semanggi
perusahaan cenderign kasih mobil buat spv atau manager nya... padahal jika 1 gedung kantor ada 10 perusahaan. 1 perusahaan katakan ada 5 manager dan 5 spv yang di kasih mobil.. nah satu gedung aja 100 mobil.. kalu udah dikasi mobil sama perusahaan ya pastinya dipake dah...
btw ada yang tau jumlah mobil di Jakarta yang terdaftar atas nama perusahaan ??? klo perusahaan beli mobil itu kena pajak progresif juga ga ?
solusi:
1. perbaiki public transport di semua kota dan secepatnya...
2. cabut subsidi bbm tapi kasi subsidi yang besar di public transport..
3. tambah jalan nya jgn jalan tol doank yang tambah..
4. pindahin ibukota..
5. turunin harga rumah di jakarta..
6. persulit investasi pabrik2 baru di jakarta and sekitarnya.. suruh invest di kota lain aja..
7. kasi pajak gede buat perusahaan yang beli mobil buat karyawannya..
seperti biasa di Indo selalu telat..... karena pada mikir perut nya doank tu politisi n pejabat2.. paling banter mikirin partainya
sekarang pertumbuhan mobil motor kan kalau dilihat penyebabnya ya :
1. masyarakat berduit makin banyak ( bagus donk masa mau jadi bangsa kere terus)
2. public trasnport busuk dan ga layak di pakai
3. keamanan di public transport
4. rute public transport yang ga jelas
5. MRT monorail terlambat di eksekusi
tapi menurut gw ga sepantasnya pemerintah menyalahkan masyarakat pakai kendaraan pribadi (mobil / motor) untuk kemacetan ini karena root causenya ya gara2 pemerintah yang oon malah msyarkaat yang kena imbas ke GOBLOKAN pemerintah dengan pajak mobil yang makin tinggi untuk mengatasi macet... masyarakat kelas menegah juga yang makin kecekek karena maksain beli mobil karena public transport ga nyaman..
negara makin berkembang, pertumbuhan ekonomi naik otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor makin banyak.. pertanyaanya:
1. berapa banyak pertumbuhan jalan ? jakarta, surabaya, bandung ? jakarta malah berkurang karena busway
2. tidak ada desentralisasi jadi semua ke kota besar n jakarta jadi tujuan utama.. eh kota kecil juga mulai macet denk karena ga ada pertumbuhan jalan yang signifikan...
3. semua kota di indo public transport ga jelas...
klo diliat secara nasional harusnya jumlah mobil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia masih sedikit menurut gw... jadi ya ga aneh pemilik mobil makin bertambah.... tapi akhir2 ini emang cuma jakarta aja yg jadi patokan..
selama ibukota di Jkt, gw yakin kedepannya kebijakan pemerintah bakal berpatokan di jakarta semata... kasihan kota lain kena imbas nya...
ada lagi yang bikin jakarta macet :
rumah di jakarta mahal jadi pada tinggal di sub urban dan kerja di jakarta dengan naik mobil pribadi.. bisa ditengok lagi gimana itu pagi arus dari bekasi - cibubur ke semanggi dan arus dari serpong tangerang ke semanggi
perusahaan cenderign kasih mobil buat spv atau manager nya... padahal jika 1 gedung kantor ada 10 perusahaan. 1 perusahaan katakan ada 5 manager dan 5 spv yang di kasih mobil.. nah satu gedung aja 100 mobil.. kalu udah dikasi mobil sama perusahaan ya pastinya dipake dah...
btw ada yang tau jumlah mobil di Jakarta yang terdaftar atas nama perusahaan ??? klo perusahaan beli mobil itu kena pajak progresif juga ga ?
solusi:
1. perbaiki public transport di semua kota dan secepatnya...
2. cabut subsidi bbm tapi kasi subsidi yang besar di public transport..
3. tambah jalan nya jgn jalan tol doank yang tambah..
4. pindahin ibukota..
5. turunin harga rumah di jakarta..
6. persulit investasi pabrik2 baru di jakarta and sekitarnya.. suruh invest di kota lain aja..
7. kasi pajak gede buat perusahaan yang beli mobil buat karyawannya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Tergantung rute dan jenis kendaraan pribadi Om. Saya pakai motor om seminggu cuma dua kali isi bensin 2x15000= 30.000.B1335AM wrote:Apa nggak kebalik? Coba hitung:Salah satu alasan saya pakai kendaraan pribadi karena jauh lebih irit daripada naik angkutan umum
(berapa harga biasa antum beli BBM X pembeian BBM tiap sepekan)
VS
(berapa total biasanya antum naik kendaraan umum X 5 hari)
Kalau naik angkutan umum mesti naik ojek dulu 10.000 buat nyampe halte busway
Total pp seminggu= (2x (10.000+3.500) x 5) = 135.000
Mobil saya belum nyampe om nanti coba liat irit mana.
Lain halnya kalau rumah dekat dengan angkutan umum dan rute yg dilalui sangat jauh pasti angkutan umum lebih murah.
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Mantap analisanya....yaseinotulip wrote:mengatasi tentunya lebih susah dari pada mencegah
seperti biasa di Indo selalu telat..... karena pada mikir perut nya doank tu politisi n pejabat2.. paling banter mikirin partainya
sekarang pertumbuhan mobil motor kan kalau dilihat penyebabnya ya :
1. masyarakat berduit makin banyak ( bagus donk masa mau jadi bangsa kere terus)
2. public trasnport busuk dan ga layak di pakai
3. keamanan di public transport
4. rute public transport yang ga jelas
5. MRT monorail terlambat di eksekusi
tapi menurut gw ga sepantasnya pemerintah menyalahkan masyarakat pakai kendaraan pribadi (mobil / motor) untuk kemacetan ini karena root causenya ya gara2 pemerintah yang oon malah msyarkaat yang kena imbas ke GOBLOKAN pemerintah dengan pajak mobil yang makin tinggi untuk mengatasi macet... masyarakat kelas menegah juga yang makin kecekek karena maksain beli mobil karena public transport ga nyaman..
negara makin berkembang, pertumbuhan ekonomi naik otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor makin banyak.. pertanyaanya:
1. berapa banyak pertumbuhan jalan ? jakarta, surabaya, bandung ? jakarta malah berkurang karena busway
2. tidak ada desentralisasi jadi semua ke kota besar n jakarta jadi tujuan utama.. eh kota kecil juga mulai macet denk karena ga ada pertumbuhan jalan yang signifikan...
3. semua kota di indo public transport ga jelas...
klo diliat secara nasional harusnya jumlah mobil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia masih sedikit menurut gw... jadi ya ga aneh pemilik mobil makin bertambah.... tapi akhir2 ini emang cuma jakarta aja yg jadi patokan..
selama ibukota di Jkt, gw yakin kedepannya kebijakan pemerintah bakal berpatokan di jakarta semata... kasihan kota lain kena imbas nya...
ada lagi yang bikin jakarta macet :
rumah di jakarta mahal jadi pada tinggal di sub urban dan kerja di jakarta dengan naik mobil pribadi.. bisa ditengok lagi gimana itu pagi arus dari bekasi - cibubur ke semanggi dan arus dari serpong tangerang ke semanggi
perusahaan cenderign kasih mobil buat spv atau manager nya... padahal jika 1 gedung kantor ada 10 perusahaan. 1 perusahaan katakan ada 5 manager dan 5 spv yang di kasih mobil.. nah satu gedung aja 100 mobil.. kalu udah dikasi mobil sama perusahaan ya pastinya dipake dah...
btw ada yang tau jumlah mobil di Jakarta yang terdaftar atas nama perusahaan ??? klo perusahaan beli mobil itu kena pajak progresif juga ga ?
solusi:
1. perbaiki public transport di semua kota dan secepatnya...
2. cabut subsidi bbm tapi kasi subsidi yang besar di public transport..
3. tambah jalan nya jgn jalan tol doank yang tambah..
4. pindahin ibukota..
5. turunin harga rumah di jakarta..
6. persulit investasi pabrik2 baru di jakarta and sekitarnya.. suruh invest di kota lain aja..
7. kasi pajak gede buat perusahaan yang beli mobil buat karyawannya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Ibu kota pindahin dulu deh. Pusat ekonomi jangan digabung dgn pusat pemerintahan. Jelas awut2an. Liat aja parkiran gedung2 kantor pemerintah. Padat bgt bahkan sampe luber2. Kalau dipindahin bisa lmyn byk yg berkurang. Dan juga jangan disatukan lagi. Misal kementrian ini di kota apa, kementrian lainnya di kota lain. Jgn numpuk di satu kota. Jadinya pembangunan berjalan, ga kyk sekarang di Jakarta melulu.
Kalau pemerintah ga mau pindah ya, pindahin pusat ekonominya. naikin umr sampe 5jt/bulan. dijamin pd kabur dr jakarta. tp pasti byk protes besar2an. tinggal berani pa nggak?
Jgn lupa stop pembangunan gedung, ruko dan perumahan di jakarta. Jgn ada tanah kosong dibangun lagi. udah cukup sumpek nih. Gedung baru, berarti parkiran baru, berarti kendaraan masuk situ lagi. sama aja menambah masalah. kalau ada pembangunan ya hrs zero growth. klu mw bangun ya harus rubuhin yg sebelumnya. lalu tetapkan tinggi minimum. jd biar space horizontalnya lega, diganti dgn space vertikal.
Transportasi massal jelaslah. Udah berapa puluh taun jalan di tempat. Ga jelas gubernur2 yg dulu. Bukan cuma pak kumis, tp sebelum2nya ngapain aja sih. Namanya metromini dari ane skolah sampe skrg bentuknya masih gitu2 aja. Bisnya jg yg dulu2 jg. Bahkan kalu ga salah ada yg sampe 30 taun.
Cara paling cepat memang pajak, parkir atau subsidi bbm. Tapi orang sini pinter adaptasi utk hal2 demikian. Jadi efeknya ga bertahan lama.
Kalau pemerintah ga mau pindah ya, pindahin pusat ekonominya. naikin umr sampe 5jt/bulan. dijamin pd kabur dr jakarta. tp pasti byk protes besar2an. tinggal berani pa nggak?
Jgn lupa stop pembangunan gedung, ruko dan perumahan di jakarta. Jgn ada tanah kosong dibangun lagi. udah cukup sumpek nih. Gedung baru, berarti parkiran baru, berarti kendaraan masuk situ lagi. sama aja menambah masalah. kalau ada pembangunan ya hrs zero growth. klu mw bangun ya harus rubuhin yg sebelumnya. lalu tetapkan tinggi minimum. jd biar space horizontalnya lega, diganti dgn space vertikal.
Transportasi massal jelaslah. Udah berapa puluh taun jalan di tempat. Ga jelas gubernur2 yg dulu. Bukan cuma pak kumis, tp sebelum2nya ngapain aja sih. Namanya metromini dari ane skolah sampe skrg bentuknya masih gitu2 aja. Bisnya jg yg dulu2 jg. Bahkan kalu ga salah ada yg sampe 30 taun.
Cara paling cepat memang pajak, parkir atau subsidi bbm. Tapi orang sini pinter adaptasi utk hal2 demikian. Jadi efeknya ga bertahan lama.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Karena angkutan umum jalurnya berbagi sama kendaraan pribadi, dan gak dikasih prioritas. Ada busway punya jalur sendiri, tapi sering diserobot juga.jekael wrote:
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
Angkutan umum juga sekarang penumpang nya sedikit, dan jumlah rit nya banyak berkurang karena macet. Makanya angkot itu hobinya ngetem sampe penuh baru jalan deh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Ini solusi utk Jakarta aja atau utk kemacetan secara umum, ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Klo ditilik scara mikro, yg membuat angkot ngetem adlh krn sistem setoran. Ngetem, rebutan penumpang, sengaja ngeblok jalan biar gak dibalap, ngatur selah dst.ilhami wrote:Cutjekael wrote:
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
Angkutan umum juga sekarang penumpang nya sedikit, dan jumlah rit nya banyak berkurang karena macet. Makanya angkot itu hobinya ngetem sampe penuh baru jalan deh.
Sistem setoran adlh pemicu utama kekacauan itu.
Selain itu, hari gini angkot mmg tdk relevan lg beroprasi menyentuh jalan raya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
@ anjasrana: Bener juga Om, pabrikan mobil udah banyak melakukan perubahan, tapi sistem transportasi dan angkutan umum masih begitu2 aja.
@ ilhami: jalur busway sering terlihat kosong sehingga jadi celah kendaraan pribadi lewat. Frekuensi busway masih sangat minim sehingga orang jadi segan naik busway karena alasan waktu
@an15wn: solusi kemacetan untuk umum. Tapi memang jakarta jadi parameternya
@andy: sebenernya angkot itu adalah angkutan umum yang bisa menjangkau jauh sampai ke dalam, tapi sayang banget ketepatan waktunya tidal bisa diandalkan karena sering mgetemnya itu.
@ ilhami: jalur busway sering terlihat kosong sehingga jadi celah kendaraan pribadi lewat. Frekuensi busway masih sangat minim sehingga orang jadi segan naik busway karena alasan waktu
@an15wn: solusi kemacetan untuk umum. Tapi memang jakarta jadi parameternya
@andy: sebenernya angkot itu adalah angkutan umum yang bisa menjangkau jauh sampai ke dalam, tapi sayang banget ketepatan waktunya tidal bisa diandalkan karena sering mgetemnya itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
^ yup, angkot utk menjangkau ke dalam. rute jalan lingkungan.
Jd trayeknya dia itu jgn sampai menyentuh/merayapi jalan raya.
Jd trayeknya dia itu jgn sampai menyentuh/merayapi jalan raya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Tue Nov 19, 2013 14:32
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
angkot, busway, bus sekolah, wajib double decker
biar hemat tempat.. sekali jalan bawanya banyak..
biar hemat tempat.. sekali jalan bawanya banyak..
Clonengan juga manusia loh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Kalau ada cara yg paling efektif, pasti sdh tidak macet lg jakarta. Menurut saya upaya secara simultan program2 mengatasi kemacetan yg dilakukan secara konsisten dgn komitmen yg kuat dr pemerintah dan penegakan aturan yg ketat, nanti masyarakat jg otomatis makin tertib. Naluri alamiah setiap orang kan mau enaknya sendiri, semuanya hanya dr kacamata pribadi, tdk peduli drmanapun asalnya. Org singapura yg konon begitu tertib di negaranya bgt sampe di indonesia jg ada yg ngasal langgar aturan kok, sebaliknya org kita di negara yg tertib ada juga yg jd tertib. Sptnya sistemlah yg bisa mengendalikan itu semua, termasuk kemacetan, jgn banyak toleransi utk setiap pelanggaran yg menyebabkan kemacetan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Ɓƹ†űĹº°˚Ɓƹ†űĹº°˚ sekali
Cm, memang itu lgkah jangka panjang sekali.
Mgkin yg dimaksud TS adlh langkah jangka pendek apa yg bs dilakukan kali ya?
Jd maksudnya, klo langkah jgka pendek, apapun idenya ga akan ada yg signifikan ngaruhnya. Begitu kan maksudnya ya?
Cm, memang itu lgkah jangka panjang sekali.
Mgkin yg dimaksud TS adlh langkah jangka pendek apa yg bs dilakukan kali ya?
Jd maksudnya, klo langkah jgka pendek, apapun idenya ga akan ada yg signifikan ngaruhnya. Begitu kan maksudnya ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Jangka pendek dan jangka panjang om. Jangka pendek yang bisa dilakukan pemerintah dalam waktu dekat meski nggak begitu besar dampaknya dan jangka panjang yang dampaknya besar hanya saja butuh waktu untuk realisasinya.
Saya setuju banget sama om bapakne satya tentang sistem yang mengatur orang agar tertib. Sistem itu harus kuat, tegas, dan tidak boleh terlalu banyak kompromi.
Saya setuju banget sama om bapakne satya tentang sistem yang mengatur orang agar tertib. Sistem itu harus kuat, tegas, dan tidak boleh terlalu banyak kompromi.
Last edited by jekael on Thu Nov 21, 2013 12:41, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Opsi yg ada banyak yg jangka panjang om, mass transport, ERP, jln tol baru.kalau mau ya langsung pasang tarif parkir sejam 25rb, pemasukkan buat biaya ngatasin kemacetan. Lumayan tuh, 10 jam 250rb, pasti banyak yg berpikir bawa mobil sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Ic.
Klo menduga2/perkiraan aja nih ya, klo di waktu skrg, parkir dimahalin segitu, kira2 apa yg akan terjadi ya om? Maksudnya, pada protes tentunya ya...protesnya pada gmana caranya? Demo kah? ...dan protesnya itu akan berkepanjangan ga? Atau cm sebentar sja kah, lalu mau gak mau pada terima? lalu pada umumnya akan berpindah ke moda transportasi apa?
Klo menduga2/perkiraan aja nih ya, klo di waktu skrg, parkir dimahalin segitu, kira2 apa yg akan terjadi ya om? Maksudnya, pada protes tentunya ya...protesnya pada gmana caranya? Demo kah? ...dan protesnya itu akan berkepanjangan ga? Atau cm sebentar sja kah, lalu mau gak mau pada terima? lalu pada umumnya akan berpindah ke moda transportasi apa?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
IMO tarif parkir dimahalin paling protes sebentar trus tetap saja dibayar. Kalaupun ada yang memilih untuk tidak pakai mobil pribadi gara2 parkir mahal secara persentase tidak terlalu signifikan. Justru nanti pedagang di Mal2 akan protes bila pengunjung sepi gara2 parkir dimahalin.
Bus sekolah sebenarnya dapat dijadikan salah satu solusi mengurangi kemacetan dengan catatan pihak sekolah dapat menerapkan aturan main secara disiplin dan benar:
1. Semua murid dilarang diantar-jemput di sekolah menggunakan kendaraan pribadi,
2. Antar-jemput kendaraan pribadi hanya diperbolehkan di pick point/ drop point bus sekolah,
Selain mengurangi kemacetan bus sekolah menghilangkan ajang pamer kendaraan pribadi yang dipergunakan untuk antar-jemput di sekolah.
Yang paling penting bus sekolah membiasakan murid sekolah untuk menggunakan transportasi bersama.
CMIIW
Bus sekolah sebenarnya dapat dijadikan salah satu solusi mengurangi kemacetan dengan catatan pihak sekolah dapat menerapkan aturan main secara disiplin dan benar:
1. Semua murid dilarang diantar-jemput di sekolah menggunakan kendaraan pribadi,
2. Antar-jemput kendaraan pribadi hanya diperbolehkan di pick point/ drop point bus sekolah,
Selain mengurangi kemacetan bus sekolah menghilangkan ajang pamer kendaraan pribadi yang dipergunakan untuk antar-jemput di sekolah.
Yang paling penting bus sekolah membiasakan murid sekolah untuk menggunakan transportasi bersama.
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Kalau ada sistem erp, parkir mahal, dsb ujung ujungnya kenyamanan hanya bisa dirasakan oleh orang yang mampu. Langkah pemerintah untuk menunda sistem tersebut sampai tercipta transportasi massal yang bagus sudah tepat sehingga kenyamanan bisa dirasakan oleh semua golongan.
Saya setuju tentang bus sekolah, karena itu mengajarkan anak sejak dini untuk memakai angkutan umum karena macet memang sering terjadi di titik2 dimana lokasi dekat sekolah. Selain mengurangi kemacetan, juga mengajarkan anak bersosialisasi dan mandiri.
Saya setuju tentang bus sekolah, karena itu mengajarkan anak sejak dini untuk memakai angkutan umum karena macet memang sering terjadi di titik2 dimana lokasi dekat sekolah. Selain mengurangi kemacetan, juga mengajarkan anak bersosialisasi dan mandiri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Negara kita menganut angkutan umum perkotaan yg liberal, semua orang bisa jadi juragan angkot yg kepentingan utamanya adalah setoran, bukan public service. Mungkin secara bertahap pemerintah harus mengambil alih dgn kompensasi yg cukup, misal dgn diganti share saham atau apa kek, lalu manajemen seluruh angkot dikelola pemerintah melalui badan usaha yg ditunjuk dgn misi utama public service, disubsidi. Standar layanan minimal ditetapkan, nggak akan ada lg angkot ngetem sama kejar2an rebutan penumpang. Ga ada lg cerita trayek gemuk trayek kurus apalagi sweeping angkot rebutan jalur. Sopir2 pun tenang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Bis sekolah juga masih terlalu lama nunggunya. Kalo dianter motor dah nyampe lebih dulu. Waktu tempuh yg lebih singkat, memberi banyak waktu pada anak2 utk bersiap2 berangkat sekolah dgn lebih santai.
Belum lagi jalur bus sekolah juga sangat terbatas kalo dibanding dgn banyaknya lokasi sekolah.
Emang serba salah...
Belum lagi jalur bus sekolah juga sangat terbatas kalo dibanding dgn banyaknya lokasi sekolah.
Emang serba salah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Yang saya maksudkan dengan bus sekolah bukanlah bus sekolah seperti saat ini, melainkan tiap sekolah mempunyai bus sekolah masing2 yang disesuaikan dengan jumlah murid dan daerah tempat tinggal para murid. Semacam shuttle bus yang dikelola oleh pihak sekolah dan tidak harus sampai ke rumah masing2 namun hanya sampai ke titik2 yang ditentukan.an15wn wrote:Bis sekolah juga masih terlalu lama nunggunya. Kalo dianter motor dah nyampe lebih dulu. Waktu tempuh yg lebih singkat, memberi banyak waktu pada anak2 utk bersiap2 berangkat sekolah dgn lebih santai.
Belum lagi jalur bus sekolah juga sangat terbatas kalo dibanding dgn banyaknya lokasi sekolah.
Emang serba salah...
Sistem ini bertujuan supaya tidak ada lagi kendaraan pribadi yang berjubel di sekolah untuk antar dan jemput. Jadi bus sekolah bersifat mengurai titik antar/jemput yang semula hanya satu titik yaitu di sekolah menjadi banyak titik yang jalurnya disesuaikan dengan tempat tinggal para murid.
Seandainya ada murid yang rumahnya agak jauh dari yang lain maka hanya boleh diantar ke titik penjemputan yang terdekat.
Just my two cents. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Betul juga ini. Sampai kapan pun tidak akan tertib kalo masih pake sistem setoran.bapakne_satya wrote:Negara kita menganut angkutan umum perkotaan yg liberal, semua orang bisa jadi juragan angkot yg kepentingan utamanya adalah setoran, bukan public service. Mungkin secara bertahap pemerintah harus mengambil alih dgn kompensasi yg cukup, misal dgn diganti share saham atau apa kek, lalu manajemen seluruh angkot dikelola pemerintah melalui badan usaha yg ditunjuk dgn misi utama public service, disubsidi. Standar layanan minimal ditetapkan, nggak akan ada lg angkot ngetem sama kejar2an rebutan penumpang. Ga ada lg cerita trayek gemuk trayek kurus apalagi sweeping angkot rebutan jalur. Sopir2 pun tenang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Sistem setoran harus dihapus, ganti dengan sejenis transjkarta, interval 10 menit misalnya. dan jalurnya harus diprioritaskan. kalo anda gemes dengan jalur transjakarta yang sepi, kenapa gak sekalian mobil anda masukin jalur kereta api, lepas aja ban nya pake pelek doang...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Sudah 2 jam terjebak kemacetan di gerbang tol cawang.. Apa boleh buat hrs tugas ke jkt senin pagi begini.
Dalam termenung mengarungi kemacetan, Menemukan solusi utk mengatasinya..
"Jalankan peraturan agar mobil avanza dilarang keluar rumah"
Dalam termenung mengarungi kemacetan, Menemukan solusi utk mengatasinya..
"Jalankan peraturan agar mobil avanza dilarang keluar rumah"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?
Yang tepatnya... "semua mbl toyota tdk boleh keluar"hitutbaw wrote:Sudah 2 jam terjebak kemacetan di gerbang tol cawang.. Apa boleh buat hrs tugas ke jkt senin pagi begini.
Dalam termenung mengarungi kemacetan, Menemukan solusi utk mengatasinya..
"Jalankan peraturan agar mobil avanza dilarang keluar rumah"
*tapi mbl gw juga ga bole keluar donk...
2021 Fortuner VRZ