Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Sesuai Judul Ada Sebagian orang yang memiliki Kebiasaan memutar setir dulu, baru memajukan / menundurkan mobilnya, Biasanya dilakukan saat parkir..
Bagaimana pendapat anda ?
Apakah kebiasaan tsb merusak
karena saya barusan browsing2 katanya merusak mbl yg menggunakan Liquid Power steering (yg PS jadul gan)
kalo EPS katanya gak merusak
ada jg yg bilang mau EPS ato PS jadul ttp gak rusak
ada juga orang yg bilang mau EPS mau PS jadul, ya tetap rusak
kalo pendapat agan2 , senior, master, sesepuh, sampe newbie SM gimana ?
Bagaimana pendapat anda ?
Apakah kebiasaan tsb merusak
karena saya barusan browsing2 katanya merusak mbl yg menggunakan Liquid Power steering (yg PS jadul gan)
kalo EPS katanya gak merusak
ada jg yg bilang mau EPS ato PS jadul ttp gak rusak
ada juga orang yg bilang mau EPS mau PS jadul, ya tetap rusak
kalo pendapat agan2 , senior, master, sesepuh, sampe newbie SM gimana ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap
"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"
jd bingung gw gara2 ucapan dia
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap
"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"
jd bingung gw gara2 ucapan dia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Setau ane mobil teknik jalan dulu baru putar setir kalu mobilnya ga pakai power steering, soalnya berat banget. justru itulah gunanya power steering.
Kalau yg merusak itu bila parkir dlm jangka waktu lama dgn posisi ban tidak diluruskan, itu pun hanya power steering yg pakai fluid. karena pada posisi miring tekanan oli pada seal tidak merata. Kalau pd eps ya ga papa. Imaly
Kalau yg merusak itu bila parkir dlm jangka waktu lama dgn posisi ban tidak diluruskan, itu pun hanya power steering yg pakai fluid. karena pada posisi miring tekanan oli pada seal tidak merata. Kalau pd eps ya ga papa. Imaly
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Gw kalau parkir ban depan jarang dilurusin, gak pernah ada masalah dengan rumah setir dan pompa power steering. Memang pernah diukur tekanan di dalam rumah setir ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11052
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
minta tolong ditanyakan ke kenalan yang berpendapat seperti itu, yang ancur bagian mananya? karena saya lagi belajar.Leonhart wrote:tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap
"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"
jd bingung gw gara2 ucapan dia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Saya bingung mau vote apa.
Soalnya jujur gak tau merusak apa gak tapi ane hampir gak pernah putar setir dalam keadaan diam, selalu udah bergerak baru putar setir
Soalnya jujur gak tau merusak apa gak tapi ane hampir gak pernah putar setir dalam keadaan diam, selalu udah bergerak baru putar setir
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Saat berhenti diputar Kemungkinanya yg cepat rusak terod/oblak dan steering rak/aus...karena menanggung berat gesekan roda...justimon
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
klu ga salah yg ngomong tukang power steering....POS VETT wrote:Gw kalau parkir ban depan jarang dilurusin, gak pernah ada masalah dengan rumah setir dan pompa power steering. Memang pernah diukur tekanan di dalam rumah setir ?
klu ga pernah ada problem ya berarti salah ya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Yg pasti benar adanya itu beban kerja PS/EPS lebih berat saat setir diputar di mobil stasioner daripada saat bergerak kan? Kecuali bannya di atas keramik basah licin, ya gak ngaruh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
kata nya......kata nya and kata nya.........
Buat sy sih ga pernah ada masalah soal ini, mungkin emang bener kerja mekanikal nya jd lbh berat krn ban diputar saat kendaraan diam, but then emang kondisi nya mengharuskan kaya gitu trus mau gimana lg? Dlm setaun brp kali sih servis komponen power steering? Paling sering juga setaun sekali......itupun utk ganti oli nya aja kalo memang jam terbang nya super tinggi imho cmiiw
Buat sy sih ga pernah ada masalah soal ini, mungkin emang bener kerja mekanikal nya jd lbh berat krn ban diputar saat kendaraan diam, but then emang kondisi nya mengharuskan kaya gitu trus mau gimana lg? Dlm setaun brp kali sih servis komponen power steering? Paling sering juga setaun sekali......itupun utk ganti oli nya aja kalo memang jam terbang nya super tinggi imho cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Setau ane sih ngga ngerusak ya.
Kijang Grand, Kuda diesel, Habanja.
Seringnya saat berenti udah kudu puter setir karena lokasi rumah yang sempit macam gang kelinci gitu.
Alhamdulillah ngga pernah ada kerusakan power steering sampai saat ini.
Kijang Grand, Kuda diesel, Habanja.
Seringnya saat berenti udah kudu puter setir karena lokasi rumah yang sempit macam gang kelinci gitu.
Alhamdulillah ngga pernah ada kerusakan power steering sampai saat ini.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Btw kalu pendapat yg bilang klu mutar stir jangan sampai mentok cuma mitos juga ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Nggak terlalu mikirin sih, karena sstem power steering 90% kan idle. sekali2 kerja berat pas parkir ga masalah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
ane kalo parkir selalu putar setir sampe mentok tok..Alhamdlh gak pernah ada masalah om..mobil usia dah 13 tahun..
Menurut kesotoyan ane sih, design beban power steering saat diputar sampe mentok pun ane rasa masih dibawah 100% maksimum loadnya..(tapi ane gak ngerti juga sih maksimum loadnya berapa..)
Btw ane kurang demen EPS, feedbacnya menurut ane terlalu lembut,,
Menurut kesotoyan ane sih, design beban power steering saat diputar sampe mentok pun ane rasa masih dibawah 100% maksimum loadnya..(tapi ane gak ngerti juga sih maksimum loadnya berapa..)
Btw ane kurang demen EPS, feedbacnya menurut ane terlalu lembut,,
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Nah, apa temen ente punya pengalaman dan mengerti soal PS?Leonhart wrote:tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap
"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"
jd bingung gw gara2 ucapan dia
Ane pas mobil dinyalain EPS jalan, trs puter setir dlm kondisi idle, sampe sekarang gak ada masalah... Mungkin bisa dijelaskan maksud kata "ancur mobil lo" itu apa..
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9746
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Nah ini alasan yg paling make sense... bnr juga sih klo dipikir2outlaw wrote:Saat berhenti diputar Kemungkinanya yg cepat rusak terod/oblak dan steering rak/aus...karena menanggung berat gesekan roda...justimon
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
klo rusak ya rusak aja..semua sudah di perhitungkan..saya kuat2 aja putar setir diam hidung menukik kebawah garasi...ada yg udah 113ribuan n 80ribuan eps...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Yang penting jangan keseringan mentok nya ampe kayak mental gitu di setirnya di dalam kabin.y_anjasrana wrote:Btw kalu pendapat yg bilang klu mutar stir jangan sampai mentok cuma mitos juga ya?
Kejadiannya di truk Elf, supir2 sering muter stir ampe mentok tok gitu.
Jebol P/S nya.
Entah akurat atau tidak analisisnya... Tapi ane rada parno juga kalo muter setir mentok, jangan sampe setir di kitanya kepentok ampe mental gitu.. IMHO.. CMIIW..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Thu Dec 19, 2013 2:24
- Location: jakarta pinggiran aka cakung
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
mohon maaf, nubie mau sok tau dikit kalau salah mohon ditabok biar engga banyak bicara lagi
1. Pasal 1
logikanya adalah ketika mobil diam maka gaya gesek roda dengan tanah/aspal lebih tinggi dan gaya gesek diam dibanding gelinding lebih besar diam
so power steering bakal mengalami tekanan lebih besar ketimbang ketika mobil jalan
tapi kembali lagi ke manufaktur, dan nubie kerja di tempat alat2 yang idupnya itu dari hidrolik, pasti akan memberikan range lebih untuk kekuatan parts dalam menerima tekanan hidrolis (kalo power steering elektrik entah sama apa engga) dan semua ada masa dan kekuatannya
mungkin ketika jamannya steering by power memang akan lebih cepat merusak tulang-tulang tangan sehingga tercipta info sedemikian rupa lebih baik belok pas gerak
2. Pasal 2
untuk ban yang sering g lurus pas parkir, logika hamba yang masih nubie ini kembali ke teori hidrolik yaitu ketika sistem hidrolik digunakan maka ada tekanan lebih yang berarti suatu bagian akan mendapat stress lebih yang berujung cepet modar
tapi hamba tidak tau apa2 jadi kemungkinan besar salah
1. Pasal 1
logikanya adalah ketika mobil diam maka gaya gesek roda dengan tanah/aspal lebih tinggi dan gaya gesek diam dibanding gelinding lebih besar diam
so power steering bakal mengalami tekanan lebih besar ketimbang ketika mobil jalan
tapi kembali lagi ke manufaktur, dan nubie kerja di tempat alat2 yang idupnya itu dari hidrolik, pasti akan memberikan range lebih untuk kekuatan parts dalam menerima tekanan hidrolis (kalo power steering elektrik entah sama apa engga) dan semua ada masa dan kekuatannya
mungkin ketika jamannya steering by power memang akan lebih cepat merusak tulang-tulang tangan sehingga tercipta info sedemikian rupa lebih baik belok pas gerak
2. Pasal 2
untuk ban yang sering g lurus pas parkir, logika hamba yang masih nubie ini kembali ke teori hidrolik yaitu ketika sistem hidrolik digunakan maka ada tekanan lebih yang berarti suatu bagian akan mendapat stress lebih yang berujung cepet modar
tapi hamba tidak tau apa2 jadi kemungkinan besar salah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Mustahil buat parkir/muter balik tanpa setir mentok di kia carnival...ak4ng wrote:yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
Itu mobil paling susah kalo disuruh muter balik...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Klo di uturn sambil drift bs ga?
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
sudah pernah dibahas kapan itu, peraturan di US, jika parkir jalan menurun, setir harus dibelokkan ke arah trotoar. Jika di jalan menanjak, setir harus dibelokkan menjauhi trotoar...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
karena disana ga ada yang namanya ganjel mengganjelJESKONENG wrote:sudah pernah dibahas kapan itu, peraturan di US, jika parkir jalan menurun, setir harus dibelokkan ke arah trotoar. Jika di jalan menanjak, setir harus dibelokkan menjauhi trotoar...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)
Betul. Carnival tu turning radiusnya hulaarrr bizazaaa lebarnya..! Kalo mau u turn kudu dari ujung kiri sampenya ke kiri di sebrang juga.amfibi wrote:Mustahil buat parkir/muter balik tanpa setir mentok di kia carnival...ak4ng wrote:yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
Itu mobil paling susah kalo disuruh muter balik...
Nah memang kudu mentok, tapi mungkin karena pas muternya begitu cepat, sehingga setirnya saat mentok, ampe bunyi duk gitu? Mungkin maksudnya kalau udah 2 putaran, muternya dipelanin, biar mentoknya ga kasar?
CMIIW...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "