Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Merusak Komponen Power Steering dan Lainnya ?

Poll ended at Wed Feb 05, 2014 22:13

Merusak Power Steering / Komponen lainnya
5
36%
Tidak Merusak kok, gw sering begitu
9
64%
 
Total votes: 14

Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Leonhart »

Sesuai Judul Ada Sebagian orang yang memiliki Kebiasaan memutar setir dulu, baru memajukan / menundurkan mobilnya, Biasanya dilakukan saat parkir..
Bagaimana pendapat anda ?

Apakah kebiasaan tsb merusak

karena saya barusan browsing2 katanya merusak mbl yg menggunakan Liquid Power steering (yg PS jadul gan) :big_think:
kalo EPS katanya gak merusak :big_childish:
ada jg yg bilang mau EPS ato PS jadul ttp gak rusak :big_think:

ada juga orang yg bilang mau EPS mau PS jadul, ya tetap rusak :mky_04:

kalo pendapat agan2 , senior, master, sesepuh, sampe newbie SM gimana ?
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Leonhart »

tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap

"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"

jd bingung gw gara2 ucapan dia :big_think:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by y_anjasrana »

Setau ane mobil teknik jalan dulu baru putar setir kalu mobilnya ga pakai power steering, soalnya berat banget. justru itulah gunanya power steering.

Kalau yg merusak itu bila parkir dlm jangka waktu lama dgn posisi ban tidak diluruskan, itu pun hanya power steering yg pakai fluid. karena pada posisi miring tekanan oli pada seal tidak merata. Kalau pd eps ya ga papa. Imaly
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by POS VETT »

Gw kalau parkir ban depan jarang dilurusin, gak pernah ada masalah dengan rumah setir dan pompa power steering. Memang pernah diukur tekanan di dalam rumah setir ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by marmut »

Leonhart wrote:tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap

"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"

jd bingung gw gara2 ucapan dia :big_think:
minta tolong ditanyakan ke kenalan yang berpendapat seperti itu, yang ancur bagian mananya? karena saya lagi belajar.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by artoodetoo »

Saya bingung mau vote apa.
Soalnya jujur gak tau merusak apa gak tapi ane hampir gak pernah putar setir dalam keadaan diam, selalu udah bergerak baru putar setir
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by outlaw »

Saat berhenti diputar Kemungkinanya yg cepat rusak terod/oblak dan steering rak/aus...karena menanggung berat gesekan roda...justimon :big_peace:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by y_anjasrana »

POS VETT wrote:Gw kalau parkir ban depan jarang dilurusin, gak pernah ada masalah dengan rumah setir dan pompa power steering. Memang pernah diukur tekanan di dalam rumah setir ?
klu ga salah yg ngomong tukang power steering.... :big_think:

klu ga pernah ada problem ya berarti salah ya.... :big_childish:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Hansen »

Yg pasti benar adanya itu beban kerja PS/EPS lebih berat saat setir diputar di mobil stasioner daripada saat bergerak kan? Kecuali bannya di atas keramik basah licin, ya gak ngaruh.
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by doq »

kata nya......kata nya and kata nya.........
Buat sy sih ga pernah ada masalah soal ini, mungkin emang bener kerja mekanikal nya jd lbh berat krn ban diputar saat kendaraan diam, but then emang kondisi nya mengharuskan kaya gitu trus mau gimana lg? Dlm setaun brp kali sih servis komponen power steering? Paling sering juga setaun sekali......itupun utk ganti oli nya aja kalo memang jam terbang nya super tinggi imho cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by VanzMatic »

Setau ane sih ngga ngerusak ya.
Kijang Grand, Kuda diesel, Habanja.
Seringnya saat berenti udah kudu puter setir karena lokasi rumah yang sempit macam gang kelinci gitu.

Alhamdulillah ngga pernah ada kerusakan power steering sampai saat ini.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by y_anjasrana »

Btw kalu pendapat yg bilang klu mutar stir jangan sampai mentok cuma mitos juga ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by ilhami »

Nggak terlalu mikirin sih, karena sstem power steering 90% kan idle. sekali2 kerja berat pas parkir ga masalah
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by arton »

ane kalo parkir selalu putar setir sampe mentok tok..Alhamdlh gak pernah ada masalah om..mobil usia dah 13 tahun..

Menurut kesotoyan ane sih, design beban power steering saat diputar sampe mentok pun ane rasa masih dibawah 100% maksimum loadnya..(tapi ane gak ngerti juga sih maksimum loadnya berapa..)

Btw ane kurang demen EPS, feedbacnya menurut ane terlalu lembut,,
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Felixz_Yaris »

Leonhart wrote:tadi gw ke rumah kenalan yg agak perfeksionis
dia ngomentarin cara gw memarkirkan mbl di halaman rumahnya yg super duper sempit dan gelap

"eh mbl lu matic kan ? lain kali jangan puter setir kalo mobil stop, ancur mobil lo, tunggu jalan baru puter setir"

jd bingung gw gara2 ucapan dia :big_think:
Nah, apa temen ente punya pengalaman dan mengerti soal PS?
Ane pas mobil dinyalain EPS jalan, trs puter setir dlm kondisi idle, sampe sekarang gak ada masalah... Mungkin bisa dijelaskan maksud kata "ancur mobil lo" itu apa..
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by Suryaputra »

outlaw wrote:Saat berhenti diputar Kemungkinanya yg cepat rusak terod/oblak dan steering rak/aus...karena menanggung berat gesekan roda...justimon :big_peace:
Nah ini alasan yg paling make sense... bnr juga sih klo dipikir2 :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by kompresorz »

klo rusak ya rusak aja..semua sudah di perhitungkan..saya kuat2 aja putar setir diam hidung menukik kebawah garasi...ada yg udah 113ribuan n 80ribuan eps...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by VanzMatic »

y_anjasrana wrote:Btw kalu pendapat yg bilang klu mutar stir jangan sampai mentok cuma mitos juga ya?
Yang penting jangan keseringan mentok nya ampe kayak mental gitu di setirnya di dalam kabin.
Kejadiannya di truk Elf, supir2 sering muter stir ampe mentok tok gitu.
Jebol P/S nya.

Entah akurat atau tidak analisisnya... Tapi ane rada parno juga kalo muter setir mentok, jangan sampe setir di kitanya kepentok ampe mental gitu.. IMHO.. CMIIW..

:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
yarinten
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Thu Dec 19, 2013 2:24
Location: jakarta pinggiran aka cakung

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by yarinten »

mohon maaf, nubie mau sok tau dikit kalau salah mohon ditabok biar engga banyak bicara lagi

1. Pasal 1
logikanya adalah ketika mobil diam maka gaya gesek roda dengan tanah/aspal lebih tinggi dan gaya gesek diam dibanding gelinding lebih besar diam
so power steering bakal mengalami tekanan lebih besar ketimbang ketika mobil jalan
tapi kembali lagi ke manufaktur, dan nubie kerja di tempat alat2 yang idupnya itu dari hidrolik, pasti akan memberikan range lebih untuk kekuatan parts dalam menerima tekanan hidrolis (kalo power steering elektrik entah sama apa engga) dan semua ada masa dan kekuatannya

mungkin ketika jamannya steering by power memang akan lebih cepat merusak tulang-tulang tangan sehingga tercipta info sedemikian rupa lebih baik belok pas gerak

2. Pasal 2
untuk ban yang sering g lurus pas parkir, logika hamba yang masih nubie ini kembali ke teori hidrolik yaitu ketika sistem hidrolik digunakan maka ada tekanan lebih yang berarti suatu bagian akan mendapat stress lebih yang berujung cepet modar
tapi hamba tidak tau apa2 jadi kemungkinan besar salah :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by ak4ng »

yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by amfibi »

ak4ng wrote:yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
Mustahil buat parkir/muter balik tanpa setir mentok di kia carnival...
Itu mobil paling susah kalo disuruh muter balik... :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by ricz »

Klo di uturn sambil drift bs ga? :ungg:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by JESKONENG »

sudah pernah dibahas kapan itu, peraturan di US, jika parkir jalan menurun, setir harus dibelokkan ke arah trotoar. Jika di jalan menanjak, setir harus dibelokkan menjauhi trotoar...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
anizu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
Location: Yogyakarta

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by anizu »

JESKONENG wrote:sudah pernah dibahas kapan itu, peraturan di US, jika parkir jalan menurun, setir harus dibelokkan ke arah trotoar. Jika di jalan menanjak, setir harus dibelokkan menjauhi trotoar...
karena disana ga ada yang namanya ganjel mengganjel :mky_01:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Memutar Setir Dalam Keadaan Mobil Berhenti (Mesin Nyala)

Post by VanzMatic »

amfibi wrote:
ak4ng wrote:yg ane inget and ane tangkap, ane mikirnya ya kembali lagi ke desain manufakturnya, karena duluuuu carnival ane pecah gatau lupa bagian apanya di PS nya,. diagnosis karna sering belok mentok baik dalam brenti ato uda gerak, ya mobil segede gitu harus muter di parkiran sempit ya repot kalo ga di belokin mentok,. ternyata ga cuma ane yg gitu,. banyak yg mampus PS nya karna sering di mentokin sampe abis,. itu mobil keluarga ane satu2nya dari dulu hingga hari ini yg jebol PS nya,. uwkwkkwk,. apa salah masang gt ntu pabrikan?? sampe sgitu nya
Mustahil buat parkir/muter balik tanpa setir mentok di kia carnival...
Itu mobil paling susah kalo disuruh muter balik... :ngacir:
Betul. Carnival tu turning radiusnya hulaarrr bizazaaa lebarnya..! Kalo mau u turn kudu dari ujung kiri sampenya ke kiri di sebrang juga.

Nah memang kudu mentok, tapi mungkin karena pas muternya begitu cepat, sehingga setirnya saat mentok, ampe bunyi duk gitu? Mungkin maksudnya kalau udah 2 putaran, muternya dipelanin, biar mentoknya ga kasar?

CMIIW...
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "