
Brief history of Mini
Mungkin agan juga tau, sejarah Mini itu udah panjang banget dari lahirnya Mk1 di tahun 1959 sampai Mk7 terakhir yang diproduksi Oktober 2000. Bisa abis 2 hari 2 malem kalo ngebahas satu per satu

Total selama 41 tahun ada 5.3 juta Mini diproduksi oleh beberapa pabrikan di antaranya BMC, British Leyland, Rover, Innocenti, International, Authi, dan Facorca. Dengan sejarah produksi yg panjang ga berlebihan kalau Mini dinobatkan sebagai European Car of The Century dan Runner Up Car of The Century (Di bawah Ford Model T, nenek moyangnya mobil gan tapi di atas Citroen DS, VW Beetle, dan Porsche 911). Ane ngarep.com aja suatu hari bisa punya Citroen DS and Porsche 911

Selain itu Mini dinobatkan juga sebagai Car of the Century oleh Autocar magazine 1995 dan Numero Uno Classic Car of All Time dari majalah Classic and Sports Car. Mini lewat Mini Cooper S juga jawara Monte Carlo Rally, ga tanggung-tanggung bisa 4 kali berturut-turut finish pertama

Dengan reputasi kayak gini gimana ga bangga yang punya Mini

Tokoh di balik lahirnya Mini adalah om Sir Alec Issigonis, orang Inggris keturunan Yunani yg punya visi luar biasa menyelamatkan industri otomotif Inggris dari krisis minyak Suez waktu itu. Caranya dengan menciptakan mobil murah yang hemat. Hemat ga cuma dari biaya operasional atau perawatan tapi dari ukuran juga. Harusnya sekarang LCGC jg dibuat dengan mindset yg sama biar lebih hemat ruang di jalan

Pertama kali diproduksi oleh BMC tahun 1959 sebagai Mk1 dan merupakan salah satu mobil FWD pertama di dunia. Awalnya julukan Mini belum melekat di Mk1, adanya Mini Minor buat Morris dan Se7en buat Austin (jadi BMC emang bikin 2 merk...ga tau juga kenapa alasannya

Tahun 1969 - 1996: Mk3 sampai Mk7 keluar secara bergantian menyesuaikan dengan persyaratan performance, keamanan dan lingkungan yang semakin ketat. Kapasitas mesin juga naik dari 850cc ke
1000cc dan akhirnya 1300cc. Karburator diganti injection dan dilengkapi disc brake sebagai standard keamanan.Kalau mau tau detailnya bisa ditanya ke mbah Google dan pakde Wiki

Mulai tahun 2001 muncul Mini dengan tampilan baru setelah dimiliki oleh BMW. Terlepas dari bagus tidaknya design Mini baru, banyak orang yg bilang the real mini is Alec Issigonis's Mini
Variasi penting Mini lainnya:
1. Mini Cooper S dengan ciri 2 tanki bensin di kanan kiri,
2. Mini Countryman/ Traveller yang panjang kayak ambulan
3. Mini Clubman dengan tampilan muka yang lebih mengkotak
4. Mini Pick Up. Hmmmm…kira-kira buat angkut apa yah?

General Specs
Mobil ane udah beberapa kali operasi bypass jantung untuk meningkatkan performance. Kebetulan tema yang dipake old school road racing.
1. Mesin : 997cc double SU carburetors.
2. Transmisi : 4 Speed, quick shift gear lever by KAD
3. Cam : Performance
4. Radiator : 4 core for better cooling system (Jakarta panas bener gan

5. Front Brake : 7.25’’ ventilated disc brake
6. Rear Brake : Alloy super fin brake drums
7. Max Speed : 155km/h (tested)
The Review
Karena mobilnya udah masuk kategori classic jadi review agak berbeda dikit angle-nya. Sekali lagi penilaian dari sisi ane sebagai pemilik mobil yang mungkin bisa bias

1. Uniqueness
Ane ga tau pasti berapa jumlah Classic Mini yang masih aktif jalan di Indonesia, tapi perkiraan ane sekitar seratusan. Di Jakarta aja udah semakin jarang liat Mini mondar mandir di jalan. Kecuali pas lagi kumpul Mini ane jarang banget ketemu Mini lain. Umumnya orang suka bentuk Mini yang unyu-unyu jadi kalau naik Mini pasti jadi perhatian.
• Di lampu merah suka diajak ngobrol orang sebelah, dari peseda motor sampai abang bajaj

• Pas lewat SD suka diteriakin mobil mister Bean

• Di tempat cuci mobil sering jadi bahan selfie mas-mas cuci mobil

• Lewat stasiun busway sering disenyumin sama mbak-mbak kantoran

• Pernah juga mobil di depan ane orangnya keluar setengah badan lewat jendela buat foto mobil ane hahaha...keren.
Banyak kejadian unik yang ga didapatkan dari mobil ane lain walaupun mobil ane yang lain lumayan ngedongkrak indeks kegantengan ane

2. Eksterior
Menurut ane design exterior classic mini termasuk one of the cutest designs ever (ane juga sering senyum-senyum sendiri kalo liat si Mini). Penempatan lampu bulat di ujung kanan dan kiri depan bikin semakin keliatan unyu karena jadinya kayak punya “naughty eyes”. Sebagai Mk1, punya grill depan dengan kumis lengkap. Dipasang juga 2 lampu tambahan buat cari lubang di jalan (bukan lubang yang jalan hehehe), secara mobil kecil jadi kalo kena lubang sedikit berasa gempa di dalem gan

Buka kap mesin keliatanlah mesin 1000cc yang ane cat kuning beserta double SU Carburetor. Secara umum kompartemen mesin cukup penuh terisi apalagi ada kompresor AC buat ngelawan udara panas ibukota. Mimpi ane bisa pasang supercharger / turbocharger tapi sejauh ini belum pede apa ada bengkel yang bisa handle

Velg model Stargmag order dari Mini Sport pas harga Pounds masih kebeli. Exhaust system pake Sportex pake model yang cabang dua biar kelihatan racing

3. Interior
Di sini salah satu bukti kejeniusan design om Alex. Mini sebenar-benarnya dirancang sebagai mobil 4 seater biarpun ukurannya kecil. Ruang yang ada benar dimanfaatkan secara maksimal, everything’s kept simple and neat. Memang terasa cukup lapang kalau sudah duduk di dalam. Ane dengan tinggi badan 176 secara ruang gerak cukup nyaman duduk di depan dan belakang. Lain halnya kalau akses keluar masuk yah, buat yang tinggi akan sedikit ada perjuangan hehehe. Lebar mobil bisa dihemat karena FWD tidak perlu ada jalur transmisi di lantai. Ruang penyimpanan barang ada di mana-mana. Dengan design 2 kompartemen (mesin dan penumpang) tanpa kompartemen bagasi membuat panjang mobil juga bisa dibatasi.
Di bagian kanan kiri dashboard (speedo ada di tengah) dan di pintu kanan kiri ada tempat barang yang konsekuensinya kaca dibuat jadi sistem geser bukannya naik turun, dan buka pintu juga mesti sistem tarik tali

Setir ane pake MotoLita kayu biar lebih keliatan klasik. Jok depan Speedwell. Seatbelt warna merah keluaran Securon. Ignition juga model racing. Pretty cool.
4. Ride
Setir lumayan berat karena steering powered by nasi uduk belum power steering. Paling ribet kalo pas masuk dan keluar parkir. Kalo udah jalan setir terasa sangat direct terhadap situasi jalan, mungkin hampir sama dengan nyetir gokart

Kalo mau mundur tongkat kopling mesti mentok kanan terus ditarik ke belakang sambil diangkat sedikit, sempet kagok juga pas awal-awal (pengalaman diklaksonin orang sekelurahan karena ga bisa parkir mundur

Kemampuan melahap tikungan ane bilang cukup ok karena mobil ground clearance rendah ditambah pakai velg lebar (10 x 6”). Sekarang juga udah ga terlalu melayang karena agak berat dengan adanya roll bar dan ban cadangan di bagasi. Tadinya sempat keder juga mobil ngayun ke kanan kiri pas di Tol. Tapi awas, jangan sampe kena genangan air...mobil bisa muter gan hahaha. Jadi kudu super hati2 kalo pas ujan. Yang paling fun kalau bisa ngasepin mobil 1300cc keluaran baru. Masuk Tol, matiin ac, geser kaca and here we goooooo... Starlet, Soluna, Vios, Jazz, Yaris, Xenia, Avanza where are you??? hahaha
Ban ukuran 10 memang bikin lebih ngacir tapi bener-bener sensitif sama lubang. Setiap kena lubang ane sampai terlompat dari kursi. Ga keitung berapa kali ane nambah dosa gara2 nyumpah2 tiap kali kena lubang di jalan hehehe. Kapan yah Jakarta aspalnya mulus lagi kayak tahun 80an...
5. Maintenance
Pastinya merawat mobil klasik harus lebih sabar karena spare part pastinya lebih terbatas dan tingkat ketahanan dari onderdil terpasang tidak sekuat onderdil baru. Ane harus extra gentle memperlakukan Mini ane. Setahun pakai mobil ini yang ane rasakan cukup rentan di sektor kaki-kaki karena kondisi jalan Jakarta yang tidak bersahabat buat mobil dengan velg 10 inch. Selebihnya cukup rawatan berkala di bengkel. Sparepart sih ada-ada aja tapi kadang harus cukup sabar menunggu barangnya ada. Kalau ga sabar bisa pesen langsung ke Mini Spares or Mini Sport UK tapi jatuhnya mahal banget…damn you Pounds! Oh ya, buat mobil klasik penting punya montir yang bisa diandelin 24/7 just in case mobil bermasalah di jalan. Pernah suatu waktu di tengah-tengah Sudirman pentil ban lepas, mana waktu itu ga ada ban serep. Terpaksa mesti telpon montir buat minta bawaiin ban serep.
6. Resale Value
Harga jual classic mini lebih tergantung dari kerelaan pemilik buat melepas mobil kesayangannya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Demikian review ane. Mohon koreksinya kalau ada yang kurang tepat. Buat yang punya Mini juga monggo sharing review / pengalamannya yah.