Classic Morris Mini Cooper Mk1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10
Classic Morris Mini Cooper Mk1
Perkenankan ane bikin review pertama ane di SM. Udah lama pengin bikin review tapi keduluan terus sama member yang lain hehehe. Mobil yg mau ane review termasuk mobil klasik, Morris Mini Cooper Mk1 tahun 1968, jauh lebih tua dari ane yg masih kategori eksmud
Brief history of Mini
Mungkin agan juga tau, sejarah Mini itu udah panjang banget dari lahirnya Mk1 di tahun 1959 sampai Mk7 terakhir yang diproduksi Oktober 2000. Bisa abis 2 hari 2 malem kalo ngebahas satu per satu , jadi di review ini ane munculin sebagai background aja.
Total selama 41 tahun ada 5.3 juta Mini diproduksi oleh beberapa pabrikan di antaranya BMC, British Leyland, Rover, Innocenti, International, Authi, dan Facorca. Dengan sejarah produksi yg panjang ga berlebihan kalau Mini dinobatkan sebagai European Car of The Century dan Runner Up Car of The Century (Di bawah Ford Model T, nenek moyangnya mobil gan tapi di atas Citroen DS, VW Beetle, dan Porsche 911). Ane ngarep.com aja suatu hari bisa punya Citroen DS and Porsche 911
Selain itu Mini dinobatkan juga sebagai Car of the Century oleh Autocar magazine 1995 dan Numero Uno Classic Car of All Time dari majalah Classic and Sports Car. Mini lewat Mini Cooper S juga jawara Monte Carlo Rally, ga tanggung-tanggung bisa 4 kali berturut-turut finish pertama
Dengan reputasi kayak gini gimana ga bangga yang punya Mini hehehe...
Tokoh di balik lahirnya Mini adalah om Sir Alec Issigonis, orang Inggris keturunan Yunani yg punya visi luar biasa menyelamatkan industri otomotif Inggris dari krisis minyak Suez waktu itu. Caranya dengan menciptakan mobil murah yang hemat. Hemat ga cuma dari biaya operasional atau perawatan tapi dari ukuran juga. Harusnya sekarang LCGC jg dibuat dengan mindset yg sama biar lebih hemat ruang di jalan
Pertama kali diproduksi oleh BMC tahun 1959 sebagai Mk1 dan merupakan salah satu mobil FWD pertama di dunia. Awalnya julukan Mini belum melekat di Mk1, adanya Mini Minor buat Morris dan Se7en buat Austin (jadi BMC emang bikin 2 merk...ga tau juga kenapa alasannya ). Lama kelamaan Mini-Minor yg lebih familar dari Se7en sehingga keterusan diambil “Mini”-nya sampai sekarang. Tahun 1967, Mk2 keluar sebagai penyempurnaan dari Mk1 dengan grill depan berbeda dan kaca belakang yg lebih besar. Kesamaan Mk1 dan Mk2 secara kasat mata adalah kaca geser dan engsel pintu yg keliatan dari luar. Mk1/Mk2 juga dipakai di film original Italian Job (very cool movie indeed)
Tahun 1969 - 1996: Mk3 sampai Mk7 keluar secara bergantian menyesuaikan dengan persyaratan performance, keamanan dan lingkungan yang semakin ketat. Kapasitas mesin juga naik dari 850cc ke
1000cc dan akhirnya 1300cc. Karburator diganti injection dan dilengkapi disc brake sebagai standard keamanan.Kalau mau tau detailnya bisa ditanya ke mbah Google dan pakde Wiki
Mulai tahun 2001 muncul Mini dengan tampilan baru setelah dimiliki oleh BMW. Terlepas dari bagus tidaknya design Mini baru, banyak orang yg bilang the real mini is Alec Issigonis's Mini
Variasi penting Mini lainnya:
1. Mini Cooper S dengan ciri 2 tanki bensin di kanan kiri,
2. Mini Countryman/ Traveller yang panjang kayak ambulan
3. Mini Clubman dengan tampilan muka yang lebih mengkotak
4. Mini Pick Up. Hmmmm…kira-kira buat angkut apa yah?
General Specs
Mobil ane udah beberapa kali operasi bypass jantung untuk meningkatkan performance. Kebetulan tema yang dipake old school road racing.
1. Mesin : 997cc double SU carburetors.
2. Transmisi : 4 Speed, quick shift gear lever by KAD
3. Cam : Performance
4. Radiator : 4 core for better cooling system (Jakarta panas bener gan )
5. Front Brake : 7.25’’ ventilated disc brake
6. Rear Brake : Alloy super fin brake drums
7. Max Speed : 155km/h (tested)
The Review
Karena mobilnya udah masuk kategori classic jadi review agak berbeda dikit angle-nya. Sekali lagi penilaian dari sisi ane sebagai pemilik mobil yang mungkin bisa bias
1. Uniqueness
Ane ga tau pasti berapa jumlah Classic Mini yang masih aktif jalan di Indonesia, tapi perkiraan ane sekitar seratusan. Di Jakarta aja udah semakin jarang liat Mini mondar mandir di jalan. Kecuali pas lagi kumpul Mini ane jarang banget ketemu Mini lain. Umumnya orang suka bentuk Mini yang unyu-unyu jadi kalau naik Mini pasti jadi perhatian.
• Di lampu merah suka diajak ngobrol orang sebelah, dari peseda motor sampai abang bajaj
• Pas lewat SD suka diteriakin mobil mister Bean
• Di tempat cuci mobil sering jadi bahan selfie mas-mas cuci mobil
• Lewat stasiun busway sering disenyumin sama mbak-mbak kantoran
• Pernah juga mobil di depan ane orangnya keluar setengah badan lewat jendela buat foto mobil ane hahaha...keren.
Banyak kejadian unik yang ga didapatkan dari mobil ane lain walaupun mobil ane yang lain lumayan ngedongkrak indeks kegantengan ane
2. Eksterior
Menurut ane design exterior classic mini termasuk one of the cutest designs ever (ane juga sering senyum-senyum sendiri kalo liat si Mini). Penempatan lampu bulat di ujung kanan dan kiri depan bikin semakin keliatan unyu karena jadinya kayak punya “naughty eyes”. Sebagai Mk1, punya grill depan dengan kumis lengkap. Dipasang juga 2 lampu tambahan buat cari lubang di jalan (bukan lubang yang jalan hehehe), secara mobil kecil jadi kalo kena lubang sedikit berasa gempa di dalem gan . Justru karena tarikan garisnya ga neko-neko bikin design-nya jadi timeless
Buka kap mesin keliatanlah mesin 1000cc yang ane cat kuning beserta double SU Carburetor. Secara umum kompartemen mesin cukup penuh terisi apalagi ada kompresor AC buat ngelawan udara panas ibukota. Mimpi ane bisa pasang supercharger / turbocharger tapi sejauh ini belum pede apa ada bengkel yang bisa handle
Velg model Stargmag order dari Mini Sport pas harga Pounds masih kebeli. Exhaust system pake Sportex pake model yang cabang dua biar kelihatan racing
3. Interior
Di sini salah satu bukti kejeniusan design om Alex. Mini sebenar-benarnya dirancang sebagai mobil 4 seater biarpun ukurannya kecil. Ruang yang ada benar dimanfaatkan secara maksimal, everything’s kept simple and neat. Memang terasa cukup lapang kalau sudah duduk di dalam. Ane dengan tinggi badan 176 secara ruang gerak cukup nyaman duduk di depan dan belakang. Lain halnya kalau akses keluar masuk yah, buat yang tinggi akan sedikit ada perjuangan hehehe. Lebar mobil bisa dihemat karena FWD tidak perlu ada jalur transmisi di lantai. Ruang penyimpanan barang ada di mana-mana. Dengan design 2 kompartemen (mesin dan penumpang) tanpa kompartemen bagasi membuat panjang mobil juga bisa dibatasi.
Di bagian kanan kiri dashboard (speedo ada di tengah) dan di pintu kanan kiri ada tempat barang yang konsekuensinya kaca dibuat jadi sistem geser bukannya naik turun, dan buka pintu juga mesti sistem tarik tali Di bagian belakang juga ada tempat barang di kanan kiri penumpang. Hal ini sedikit banyak compensate ruang bagasi yang terbatas. Yes, ruang bagasi udah cukup penuh dengan diisi ban serep sama tangki bensin.
Setir ane pake MotoLita kayu biar lebih keliatan klasik. Jok depan Speedwell. Seatbelt warna merah keluaran Securon. Ignition juga model racing. Pretty cool.
4. Ride
Setir lumayan berat karena steering powered by nasi uduk belum power steering. Paling ribet kalo pas masuk dan keluar parkir. Kalo udah jalan setir terasa sangat direct terhadap situasi jalan, mungkin hampir sama dengan nyetir gokart Selap selip di jalan cukup mudah dilakukan, apalagi ukuran yang kecil sering bisa nyelip di antara 2 mobil dan bikin kaget orang lain. Gearboxnya manual 4 speed maju dengan kopling yang bisa bikin kaki kiri kram kalau macet. Tapi kalau udah jalan enak banget buat accelerate and deaccelerate, apalagi pake quick shift. Mesin 1000cc dengan double karburator membantu untuk lari.
Kalo mau mundur tongkat kopling mesti mentok kanan terus ditarik ke belakang sambil diangkat sedikit, sempet kagok juga pas awal-awal (pengalaman diklaksonin orang sekelurahan karena ga bisa parkir mundur )
Kemampuan melahap tikungan ane bilang cukup ok karena mobil ground clearance rendah ditambah pakai velg lebar (10 x 6”). Sekarang juga udah ga terlalu melayang karena agak berat dengan adanya roll bar dan ban cadangan di bagasi. Tadinya sempat keder juga mobil ngayun ke kanan kiri pas di Tol. Tapi awas, jangan sampe kena genangan air...mobil bisa muter gan hahaha. Jadi kudu super hati2 kalo pas ujan. Yang paling fun kalau bisa ngasepin mobil 1300cc keluaran baru. Masuk Tol, matiin ac, geser kaca and here we goooooo... Starlet, Soluna, Vios, Jazz, Yaris, Xenia, Avanza where are you??? hahaha
Ban ukuran 10 memang bikin lebih ngacir tapi bener-bener sensitif sama lubang. Setiap kena lubang ane sampai terlompat dari kursi. Ga keitung berapa kali ane nambah dosa gara2 nyumpah2 tiap kali kena lubang di jalan hehehe. Kapan yah Jakarta aspalnya mulus lagi kayak tahun 80an...
5. Maintenance
Pastinya merawat mobil klasik harus lebih sabar karena spare part pastinya lebih terbatas dan tingkat ketahanan dari onderdil terpasang tidak sekuat onderdil baru. Ane harus extra gentle memperlakukan Mini ane. Setahun pakai mobil ini yang ane rasakan cukup rentan di sektor kaki-kaki karena kondisi jalan Jakarta yang tidak bersahabat buat mobil dengan velg 10 inch. Selebihnya cukup rawatan berkala di bengkel. Sparepart sih ada-ada aja tapi kadang harus cukup sabar menunggu barangnya ada. Kalau ga sabar bisa pesen langsung ke Mini Spares or Mini Sport UK tapi jatuhnya mahal banget…damn you Pounds! Oh ya, buat mobil klasik penting punya montir yang bisa diandelin 24/7 just in case mobil bermasalah di jalan. Pernah suatu waktu di tengah-tengah Sudirman pentil ban lepas, mana waktu itu ga ada ban serep. Terpaksa mesti telpon montir buat minta bawaiin ban serep.
6. Resale Value
Harga jual classic mini lebih tergantung dari kerelaan pemilik buat melepas mobil kesayangannya . Harga Mini bahan dengan surat bisa sampai 70juta. Rentang harga yang layak jalan sekarang sekitar 125 sampai 250 juta tergantung dari tahun dan tingkat orisinal-nya. Kedepannya harga diperkirakan akan semakin naik seiring berkurangnya populasi dan semakin mahal biaya (dan lamanya) buat ngebangun Mini. So my guess, 5 tahun lagi harga Mini ane akan lebih mahal dari Mini Cooper keluaran tahun 2002/3.
Demikian review ane. Mohon koreksinya kalau ada yang kurang tepat. Buat yang punya Mini juga monggo sharing review / pengalamannya yah.
Brief history of Mini
Mungkin agan juga tau, sejarah Mini itu udah panjang banget dari lahirnya Mk1 di tahun 1959 sampai Mk7 terakhir yang diproduksi Oktober 2000. Bisa abis 2 hari 2 malem kalo ngebahas satu per satu , jadi di review ini ane munculin sebagai background aja.
Total selama 41 tahun ada 5.3 juta Mini diproduksi oleh beberapa pabrikan di antaranya BMC, British Leyland, Rover, Innocenti, International, Authi, dan Facorca. Dengan sejarah produksi yg panjang ga berlebihan kalau Mini dinobatkan sebagai European Car of The Century dan Runner Up Car of The Century (Di bawah Ford Model T, nenek moyangnya mobil gan tapi di atas Citroen DS, VW Beetle, dan Porsche 911). Ane ngarep.com aja suatu hari bisa punya Citroen DS and Porsche 911
Selain itu Mini dinobatkan juga sebagai Car of the Century oleh Autocar magazine 1995 dan Numero Uno Classic Car of All Time dari majalah Classic and Sports Car. Mini lewat Mini Cooper S juga jawara Monte Carlo Rally, ga tanggung-tanggung bisa 4 kali berturut-turut finish pertama
Dengan reputasi kayak gini gimana ga bangga yang punya Mini hehehe...
Tokoh di balik lahirnya Mini adalah om Sir Alec Issigonis, orang Inggris keturunan Yunani yg punya visi luar biasa menyelamatkan industri otomotif Inggris dari krisis minyak Suez waktu itu. Caranya dengan menciptakan mobil murah yang hemat. Hemat ga cuma dari biaya operasional atau perawatan tapi dari ukuran juga. Harusnya sekarang LCGC jg dibuat dengan mindset yg sama biar lebih hemat ruang di jalan
Pertama kali diproduksi oleh BMC tahun 1959 sebagai Mk1 dan merupakan salah satu mobil FWD pertama di dunia. Awalnya julukan Mini belum melekat di Mk1, adanya Mini Minor buat Morris dan Se7en buat Austin (jadi BMC emang bikin 2 merk...ga tau juga kenapa alasannya ). Lama kelamaan Mini-Minor yg lebih familar dari Se7en sehingga keterusan diambil “Mini”-nya sampai sekarang. Tahun 1967, Mk2 keluar sebagai penyempurnaan dari Mk1 dengan grill depan berbeda dan kaca belakang yg lebih besar. Kesamaan Mk1 dan Mk2 secara kasat mata adalah kaca geser dan engsel pintu yg keliatan dari luar. Mk1/Mk2 juga dipakai di film original Italian Job (very cool movie indeed)
Tahun 1969 - 1996: Mk3 sampai Mk7 keluar secara bergantian menyesuaikan dengan persyaratan performance, keamanan dan lingkungan yang semakin ketat. Kapasitas mesin juga naik dari 850cc ke
1000cc dan akhirnya 1300cc. Karburator diganti injection dan dilengkapi disc brake sebagai standard keamanan.Kalau mau tau detailnya bisa ditanya ke mbah Google dan pakde Wiki
Mulai tahun 2001 muncul Mini dengan tampilan baru setelah dimiliki oleh BMW. Terlepas dari bagus tidaknya design Mini baru, banyak orang yg bilang the real mini is Alec Issigonis's Mini
Variasi penting Mini lainnya:
1. Mini Cooper S dengan ciri 2 tanki bensin di kanan kiri,
2. Mini Countryman/ Traveller yang panjang kayak ambulan
3. Mini Clubman dengan tampilan muka yang lebih mengkotak
4. Mini Pick Up. Hmmmm…kira-kira buat angkut apa yah?
General Specs
Mobil ane udah beberapa kali operasi bypass jantung untuk meningkatkan performance. Kebetulan tema yang dipake old school road racing.
1. Mesin : 997cc double SU carburetors.
2. Transmisi : 4 Speed, quick shift gear lever by KAD
3. Cam : Performance
4. Radiator : 4 core for better cooling system (Jakarta panas bener gan )
5. Front Brake : 7.25’’ ventilated disc brake
6. Rear Brake : Alloy super fin brake drums
7. Max Speed : 155km/h (tested)
The Review
Karena mobilnya udah masuk kategori classic jadi review agak berbeda dikit angle-nya. Sekali lagi penilaian dari sisi ane sebagai pemilik mobil yang mungkin bisa bias
1. Uniqueness
Ane ga tau pasti berapa jumlah Classic Mini yang masih aktif jalan di Indonesia, tapi perkiraan ane sekitar seratusan. Di Jakarta aja udah semakin jarang liat Mini mondar mandir di jalan. Kecuali pas lagi kumpul Mini ane jarang banget ketemu Mini lain. Umumnya orang suka bentuk Mini yang unyu-unyu jadi kalau naik Mini pasti jadi perhatian.
• Di lampu merah suka diajak ngobrol orang sebelah, dari peseda motor sampai abang bajaj
• Pas lewat SD suka diteriakin mobil mister Bean
• Di tempat cuci mobil sering jadi bahan selfie mas-mas cuci mobil
• Lewat stasiun busway sering disenyumin sama mbak-mbak kantoran
• Pernah juga mobil di depan ane orangnya keluar setengah badan lewat jendela buat foto mobil ane hahaha...keren.
Banyak kejadian unik yang ga didapatkan dari mobil ane lain walaupun mobil ane yang lain lumayan ngedongkrak indeks kegantengan ane
2. Eksterior
Menurut ane design exterior classic mini termasuk one of the cutest designs ever (ane juga sering senyum-senyum sendiri kalo liat si Mini). Penempatan lampu bulat di ujung kanan dan kiri depan bikin semakin keliatan unyu karena jadinya kayak punya “naughty eyes”. Sebagai Mk1, punya grill depan dengan kumis lengkap. Dipasang juga 2 lampu tambahan buat cari lubang di jalan (bukan lubang yang jalan hehehe), secara mobil kecil jadi kalo kena lubang sedikit berasa gempa di dalem gan . Justru karena tarikan garisnya ga neko-neko bikin design-nya jadi timeless
Buka kap mesin keliatanlah mesin 1000cc yang ane cat kuning beserta double SU Carburetor. Secara umum kompartemen mesin cukup penuh terisi apalagi ada kompresor AC buat ngelawan udara panas ibukota. Mimpi ane bisa pasang supercharger / turbocharger tapi sejauh ini belum pede apa ada bengkel yang bisa handle
Velg model Stargmag order dari Mini Sport pas harga Pounds masih kebeli. Exhaust system pake Sportex pake model yang cabang dua biar kelihatan racing
3. Interior
Di sini salah satu bukti kejeniusan design om Alex. Mini sebenar-benarnya dirancang sebagai mobil 4 seater biarpun ukurannya kecil. Ruang yang ada benar dimanfaatkan secara maksimal, everything’s kept simple and neat. Memang terasa cukup lapang kalau sudah duduk di dalam. Ane dengan tinggi badan 176 secara ruang gerak cukup nyaman duduk di depan dan belakang. Lain halnya kalau akses keluar masuk yah, buat yang tinggi akan sedikit ada perjuangan hehehe. Lebar mobil bisa dihemat karena FWD tidak perlu ada jalur transmisi di lantai. Ruang penyimpanan barang ada di mana-mana. Dengan design 2 kompartemen (mesin dan penumpang) tanpa kompartemen bagasi membuat panjang mobil juga bisa dibatasi.
Di bagian kanan kiri dashboard (speedo ada di tengah) dan di pintu kanan kiri ada tempat barang yang konsekuensinya kaca dibuat jadi sistem geser bukannya naik turun, dan buka pintu juga mesti sistem tarik tali Di bagian belakang juga ada tempat barang di kanan kiri penumpang. Hal ini sedikit banyak compensate ruang bagasi yang terbatas. Yes, ruang bagasi udah cukup penuh dengan diisi ban serep sama tangki bensin.
Setir ane pake MotoLita kayu biar lebih keliatan klasik. Jok depan Speedwell. Seatbelt warna merah keluaran Securon. Ignition juga model racing. Pretty cool.
4. Ride
Setir lumayan berat karena steering powered by nasi uduk belum power steering. Paling ribet kalo pas masuk dan keluar parkir. Kalo udah jalan setir terasa sangat direct terhadap situasi jalan, mungkin hampir sama dengan nyetir gokart Selap selip di jalan cukup mudah dilakukan, apalagi ukuran yang kecil sering bisa nyelip di antara 2 mobil dan bikin kaget orang lain. Gearboxnya manual 4 speed maju dengan kopling yang bisa bikin kaki kiri kram kalau macet. Tapi kalau udah jalan enak banget buat accelerate and deaccelerate, apalagi pake quick shift. Mesin 1000cc dengan double karburator membantu untuk lari.
Kalo mau mundur tongkat kopling mesti mentok kanan terus ditarik ke belakang sambil diangkat sedikit, sempet kagok juga pas awal-awal (pengalaman diklaksonin orang sekelurahan karena ga bisa parkir mundur )
Kemampuan melahap tikungan ane bilang cukup ok karena mobil ground clearance rendah ditambah pakai velg lebar (10 x 6”). Sekarang juga udah ga terlalu melayang karena agak berat dengan adanya roll bar dan ban cadangan di bagasi. Tadinya sempat keder juga mobil ngayun ke kanan kiri pas di Tol. Tapi awas, jangan sampe kena genangan air...mobil bisa muter gan hahaha. Jadi kudu super hati2 kalo pas ujan. Yang paling fun kalau bisa ngasepin mobil 1300cc keluaran baru. Masuk Tol, matiin ac, geser kaca and here we goooooo... Starlet, Soluna, Vios, Jazz, Yaris, Xenia, Avanza where are you??? hahaha
Ban ukuran 10 memang bikin lebih ngacir tapi bener-bener sensitif sama lubang. Setiap kena lubang ane sampai terlompat dari kursi. Ga keitung berapa kali ane nambah dosa gara2 nyumpah2 tiap kali kena lubang di jalan hehehe. Kapan yah Jakarta aspalnya mulus lagi kayak tahun 80an...
5. Maintenance
Pastinya merawat mobil klasik harus lebih sabar karena spare part pastinya lebih terbatas dan tingkat ketahanan dari onderdil terpasang tidak sekuat onderdil baru. Ane harus extra gentle memperlakukan Mini ane. Setahun pakai mobil ini yang ane rasakan cukup rentan di sektor kaki-kaki karena kondisi jalan Jakarta yang tidak bersahabat buat mobil dengan velg 10 inch. Selebihnya cukup rawatan berkala di bengkel. Sparepart sih ada-ada aja tapi kadang harus cukup sabar menunggu barangnya ada. Kalau ga sabar bisa pesen langsung ke Mini Spares or Mini Sport UK tapi jatuhnya mahal banget…damn you Pounds! Oh ya, buat mobil klasik penting punya montir yang bisa diandelin 24/7 just in case mobil bermasalah di jalan. Pernah suatu waktu di tengah-tengah Sudirman pentil ban lepas, mana waktu itu ga ada ban serep. Terpaksa mesti telpon montir buat minta bawaiin ban serep.
6. Resale Value
Harga jual classic mini lebih tergantung dari kerelaan pemilik buat melepas mobil kesayangannya . Harga Mini bahan dengan surat bisa sampai 70juta. Rentang harga yang layak jalan sekarang sekitar 125 sampai 250 juta tergantung dari tahun dan tingkat orisinal-nya. Kedepannya harga diperkirakan akan semakin naik seiring berkurangnya populasi dan semakin mahal biaya (dan lamanya) buat ngebangun Mini. So my guess, 5 tahun lagi harga Mini ane akan lebih mahal dari Mini Cooper keluaran tahun 2002/3.
Demikian review ane. Mohon koreksinya kalau ada yang kurang tepat. Buat yang punya Mini juga monggo sharing review / pengalamannya yah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Pertamex dulu.....
Baca2 nya belakangan heehehe
Edited abis baca:
Wow bener2 nice review dan nice car juga tentunya.
Baca2 nya belakangan heehehe
Edited abis baca:
Wow bener2 nice review dan nice car juga tentunya.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Cihuuuyyyy...
Akhirnya ada classic car review... and a very nice one...
Komplit SM dah...
O iya om, pada dasarnya, Mini ini yg harus diwaspadai di sektor kaki2 dan pendinginan mesin ya?
Di Sby ada sebiji warna kuning persis kayak punya om. Di daerah ketabang kali. Plat Bandung.
Dan ga pernah keluar...
Akhirnya ada classic car review... and a very nice one...
Komplit SM dah...
O iya om, pada dasarnya, Mini ini yg harus diwaspadai di sektor kaki2 dan pendinginan mesin ya?
Di Sby ada sebiji warna kuning persis kayak punya om. Di daerah ketabang kali. Plat Bandung.
Dan ga pernah keluar...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Wooo.... dobel karburator....... pantes kenceng......
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Bravooo om, canteeeekkk sekaleee
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Keren om, hebat tenan
soal mobil mister bean, ada baiknya ane sarankan mobilnya dicat/sticker wrap warna ijo n item
just my two cent
soal mobil mister bean, ada baiknya ane sarankan mobilnya dicat/sticker wrap warna ijo n item
just my two cent
Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Wiw... Nice review om
Pernah suatu hari, ane liat morris mini gini melintas di pulo gadung...
Busyet, itu mobil goyang2 sendiri macem gerobak gitu, padahal mobil lain anteng semua...
Pertahankan terus om, jangan dijual...
Pernah suatu hari, ane liat morris mini gini melintas di pulo gadung...
Busyet, itu mobil goyang2 sendiri macem gerobak gitu, padahal mobil lain anteng semua...
Pertahankan terus om, jangan dijual...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Nice review, Om
Mobil yg melekat erat dengan karakter Mr. Bean
Mobil yg melekat erat dengan karakter Mr. Bean
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
aahhh Mini....btw itu radiatornya masih estede bawaan ya om? ati ati kalo udah pasang AC...suka overheat kalo kelamaan ngendong
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
1) WOW.
2) Rapi benerrrr.. retro racing theme with Motolita steering jd killer combo banget.. salute bro.. SU twin carb di Mini jd menu wajib persis Weber di vintage Fiat ya?
3) Imho aja, populasi Mini vintage di Indo nubi rasa lebih dr seratus(an), 200 aja tembus keknya.. masih banyak yg njogrok sebagai bahan.
Pernah iseng sensus Mustang vintage (64-73) di Indo, via penampakan foto aja udah trkumpul lebih 50 Mustang dan keep counting sampe akirnya ane hentikan sensus hehe.. Sedangkan mustang jauh lbih jarang kliatan di jalan Indo ketimbang Mini.
4) ane msh bingung sampe skarang bro ama sistem suspensi Mini. Itu bener yah cm pake gelembung karet gitu? Sumpah penasaran heehehehe bs dijelasin?
5) Car of the Century, Mini selalu berebut podium tertinggi vs VW Beetle, via pemilihan yg dilakukan banyak institusi/board of [cencored]/majalah ternama selama beberapa puluh taun terakir ini. Ke 2 nya, Mini dan Beetle, juga Ford T in some cases, melambangkan mobil2 populis dan working class choices pd masanya.
Mini becomes fashionista dan racing status dan berjaya di Eropa, Beetle becomes young gen status jg racing status dan berjaya di Amerika.
Dr Eropa dan Amerika lalu menjajah dunia.
6) Kl punya Mini pengen ane apgred ke versi Mini Cooper 1275 double tank hehehe..
2) Rapi benerrrr.. retro racing theme with Motolita steering jd killer combo banget.. salute bro.. SU twin carb di Mini jd menu wajib persis Weber di vintage Fiat ya?
3) Imho aja, populasi Mini vintage di Indo nubi rasa lebih dr seratus(an), 200 aja tembus keknya.. masih banyak yg njogrok sebagai bahan.
Pernah iseng sensus Mustang vintage (64-73) di Indo, via penampakan foto aja udah trkumpul lebih 50 Mustang dan keep counting sampe akirnya ane hentikan sensus hehe.. Sedangkan mustang jauh lbih jarang kliatan di jalan Indo ketimbang Mini.
4) ane msh bingung sampe skarang bro ama sistem suspensi Mini. Itu bener yah cm pake gelembung karet gitu? Sumpah penasaran heehehehe bs dijelasin?
5) Car of the Century, Mini selalu berebut podium tertinggi vs VW Beetle, via pemilihan yg dilakukan banyak institusi/board of [cencored]/majalah ternama selama beberapa puluh taun terakir ini. Ke 2 nya, Mini dan Beetle, juga Ford T in some cases, melambangkan mobil2 populis dan working class choices pd masanya.
Mini becomes fashionista dan racing status dan berjaya di Eropa, Beetle becomes young gen status jg racing status dan berjaya di Amerika.
Dr Eropa dan Amerika lalu menjajah dunia.
6) Kl punya Mini pengen ane apgred ke versi Mini Cooper 1275 double tank hehehe..
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Tengkyu agan
Banyak orang bilang sistem pendingin mesin dan AC suka bermasalah tapi kalo di mini ane, Alhamdulillah, ga ada problem. Mungkin karena radiator udah ganti yg 4 core jd pendinginan lebih baik. Kalo standard yg ane dengar emang suka overheat.
@amphibi: rumah ane emang di sktr kayu putih. Kalo lewat pemuda yg banyak lubang suka mental2 hahaha.
@nightster: iya, mungkin kalo ditambah yg bahan sekitar 200an. Banyak juga ya mustang. Pengin punya tapi harganya seremmmmm. Kayaknya nyampe 800an yg rapi ya?
Rubber cone digunakan dalam hydrolastic suspension system, inovasi dari Dr. Moulton, salah satu designer Mini. Bentuknya kyk gelembung karet biasanya terbuat dari karet solid. Di depan dipasang vertikal sedangkan di belakang dipasangnya horisontal demi hemat tempat. Yang ane tau lumayan durable, bisa sampe 5 tahun baru diganti.
Cara kerjanya kalo ga salah antara suspensi depan dan belakang terhubung selang yg berisi cairan sebagai pengatur tingkat kekerasan antara rubber depan dan belakang. Jadi kalo ban depan kena guncangan maka cairan akan kedorong ke belakang untuk menyesuaikan begitu pula sebaliknya. Sehingga efek guncangan bisa diminimalkan. Sistem ini dipakai untuk menyiasati terbatasnya space yg ada.
Banyak orang bilang sistem pendingin mesin dan AC suka bermasalah tapi kalo di mini ane, Alhamdulillah, ga ada problem. Mungkin karena radiator udah ganti yg 4 core jd pendinginan lebih baik. Kalo standard yg ane dengar emang suka overheat.
@amphibi: rumah ane emang di sktr kayu putih. Kalo lewat pemuda yg banyak lubang suka mental2 hahaha.
@nightster: iya, mungkin kalo ditambah yg bahan sekitar 200an. Banyak juga ya mustang. Pengin punya tapi harganya seremmmmm. Kayaknya nyampe 800an yg rapi ya?
Rubber cone digunakan dalam hydrolastic suspension system, inovasi dari Dr. Moulton, salah satu designer Mini. Bentuknya kyk gelembung karet biasanya terbuat dari karet solid. Di depan dipasang vertikal sedangkan di belakang dipasangnya horisontal demi hemat tempat. Yang ane tau lumayan durable, bisa sampe 5 tahun baru diganti.
Cara kerjanya kalo ga salah antara suspensi depan dan belakang terhubung selang yg berisi cairan sebagai pengatur tingkat kekerasan antara rubber depan dan belakang. Jadi kalo ban depan kena guncangan maka cairan akan kedorong ke belakang untuk menyesuaikan begitu pula sebaliknya. Sehingga efek guncangan bisa diminimalkan. Sistem ini dipakai untuk menyiasati terbatasnya space yg ada.
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Pertahankan bro. Udah cakep begini. Kaleng is the best. Biar aja ada bunga karat, gak usah ditutup dempul kalau bisa.
Radiator dan kipasnya bagus tuh, boleh ditiru.
Radiator dan kipasnya bagus tuh, boleh ditiru.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
pernah liat mini lg konvoi 2 taun lalu di sekitar hardrock
lucu sekali, n ane liat membernya banyak yg udah senior banget ya
asik liatnya kakek2 pada ikut konvoi gitu hehehe
lucu sekali, n ane liat membernya banyak yg udah senior banget ya
asik liatnya kakek2 pada ikut konvoi gitu hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Nice review om...
Btw, itu velg 10" dimane carinya?
Btw, itu velg 10" dimane carinya?
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Velg 10 bisa pesen ambil dari Malaysia or pesen di ebay om
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
-
- SM Specialist
- Posts: 15587
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
nais repiu bro
mini klasik ini mobilnya unyu banget... size nya kecil di tempat parkir sering ga keliatan ngalah2in smart fortwo aja
temen kampus ane ada yg punya 1... om ane juga punya 1.... secara populasi ane masih agak banyak dibanding classic cars lain
denger2 kenceng banget ini mini lawas, ktnya hando jazz aja lewat
mini klasik ini mobilnya unyu banget... size nya kecil di tempat parkir sering ga keliatan ngalah2in smart fortwo aja
temen kampus ane ada yg punya 1... om ane juga punya 1.... secara populasi ane masih agak banyak dibanding classic cars lain
denger2 kenceng banget ini mini lawas, ktnya hando jazz aja lewat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Lhawong double karbu...
Sama seperti sedan setan satu ini...
Sama seperti sedan setan satu ini...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Keren reviewnya.... jarang2 di SM ada review mobil klasik kayak gini...
-
- SM Specialist
- Posts: 21997
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Mantap........di keep aja mobilnya, jangan dijual
Terakhir ane liat Mini dari dekat ya Mini antik yg milik putra-nya om Hawke, Mini nya lengkap dengan boneka beruang coklat spt Mr Bean punya
Terakhir ane liat Mini dari dekat ya Mini antik yg milik putra-nya om Hawke, Mini nya lengkap dengan boneka beruang coklat spt Mr Bean punya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Iya om, penginnya disimpan terus tapi mentri keuangan udah ultimatum ga boleh nambah mobil kecuali ada yg dibarter . Masa mesti off balance sheet nih
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Nah khan ........
Itu Polda gak usah didenger. Bedakan dong mobil klasik ama mobil harian. Sebetulnya gampang kalau Polda ngomel gitu. Lebih baik pulang bau oli daripada pulang bau parfum.
Itu Polda gak usah didenger. Bedakan dong mobil klasik ama mobil harian. Sebetulnya gampang kalau Polda ngomel gitu. Lebih baik pulang bau oli daripada pulang bau parfum.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Mobil ente udah kebanyakan kali...asunu wrote:Iya om, penginnya disimpan terus tapi mentri keuangan udah ultimatum ga boleh nambah mobil kecuali ada yg dibarter . Masa mesti off balance sheet nih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Ane pernah pk alasan sama persis, om Dar.. jaman 2 taun-setaun lalu msh hobi motoran, kasih alasan tsb ke calon menkeu.
Tetep aja bubargrakk, dgn slh 1 poin pertimbangan, ane terlalu bau oli dia blg, tiap dihenpon jrg angkat lg di jln 2 tangan di setang..
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Classic Morris Mini Cooper Mk1
Harusnya paling bahagia wanita yg suaminya hobi motor. Gak usah sulit2 ngecek, dilihat aja bawa helmserep gak
Ready to Race