Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by jekael »

ANSdream wrote:
DDR wrote:
Kalau tadi sih pas TD sebetulnya ane nggak ngerasa pindah gigi nya berat koq bro, cuman suaranya aja yang kenceng, malah relatif ringan koq... kopling juga ringan banget... masalah dibandingkan dengan mobil yg kelas lebih tinggi ya untung2an juga sih, kalau ane disuruh milih antara nyetir Terios ane yg tahun 2007 sama Ayla yg tadi ane TD, kae nya pilih Ayla deh...
Ttg kenyamanan... setuju... ane sendiri sih tadi ngerasa nyaman nyaman aja koq pake Ayla, cm kan ada beberapa kritikus Ayla yg sering terlalu hiperbola mengkritisi mobil ini... (coba deh tengok forum Kuskus hehe)... nah untuk mereka mereka kalau toh merasa kurang nyaman kan bisa diakali...
Mereka kritik Ayla krn ekspektasi mereka terlalu tinggi untuk sebuah mobil under 100jt Bro
:mky_03:
Sadar diri lah, mobil dengan harga segitu ya jangan banyak berharap
Yang penting gak basah klo ujan dan bisa ngacir sama keluarga dah lebih dari cukup lah
Namanya mobil baru beli sih menurut ane tetap ada rasa nyaman dan bangga pakenya :off_good:
Setuju banget Om ANS
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by ANSdream »

ricz wrote:Bener om ANS...

Kek dulu bokap gw beli apanja, harapan dia kan spy bs py mbl, ga berharap kenyamanannya spt Alphie toh...
Ah.. Nice
:mky_08:
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
enpeea
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Tue Jan 07, 2014 12:50

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by enpeea »

selamat ya om jekael mobil barunya, saya baca dlu om jekael ini demen bgt ama satya gt ya..trus tertarik sama ayla tipe M kalo nda salah..hehehe..

klo boleh tau om kok g jadi ambil yg tipe M knapa om,,apa nanggung apa gimana secara saya butuh pandangan juga neh om masi nabung smbil banding2 lcgc lain juga.. :big_smile]

kalo dlm pngamatan saya ayla sdh menarik cuma 1 yang masih agak ganjel gara2 tdk adanya fitur immobilizer yang kompetitor pada pake smua..kalo soal peredam jok tipis dsb sih tdk tll terpikir bgt buat nubie cuma immobilizer kan keamanan yah jadi agak gimana gitu, maklum om calon mobil pertama :big_blushing: kalo soal plat body yg dikata tipis tuh sebenernya cara bandingnya gimana ya, :ungg: apa ada standar ukuran ketebalan ato bgm? soalnya sering denger agya ayla body nya tipis dsb gtu..

sekian dlu curhat dr nubie om mhn pandangan senior2 dsini..tks
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by jekael »

enpeea wrote:selamat ya om jekael mobil barunya, saya baca dlu om jekael ini demen bgt ama satya gt ya..trus tertarik sama ayla tipe M kalo nda salah..hehehe..

klo boleh tau om kok g jadi ambil yg tipe M knapa om,,apa nanggung apa gimana secara saya butuh pandangan juga neh om masi nabung smbil banding2 lcgc lain juga.. :big_smile]

kalo dlm pngamatan saya ayla sdh menarik cuma 1 yang masih agak ganjel gara2 tdk adanya fitur immobilizer yang kompetitor pada pake smua..kalo soal peredam jok tipis dsb sih tdk tll terpikir bgt buat nubie cuma immobilizer kan keamanan yah jadi agak gimana gitu, maklum om calon mobil pertama :big_blushing: kalo soal plat body yg dikata tipis tuh sebenernya cara bandingnya gimana ya, :ungg: apa ada standar ukuran ketebalan ato bgm? soalnya sering denger agya ayla body nya tipis dsb gtu..

sekian dlu curhat dr nubie om mhn pandangan senior2 dsini..tks

Thanks om/miss enpeea. Emang bener saya dulu sempat spk satya, menurut saya satya itu mobil lcgc terbaik yang bahkan kelasnya setara dengan mobil 1200 cc lainnya yg non lcgc. Jadi berasa untung beli mobil kelas 1200 cc tapi dengan harga mobil lcgc. Tapi ya itu Om, bukan jodohnya kali hehehe, mungkin kalo ada uang cash, satya udah nongkrong di garasi. Dulu salah satu pertimbangan beli mobil juga karena fitur immobilizer om, makanya dulu lebih condong ke satya karena versi terendahnya saja sudah ada immobilizer.

Dulu memang sempat tertarik dengan ayla matic tipe M, tapi ya itu namanya di IIMS ada banyak mobil mejeng malah jadi kepincut satya padahal versi manual. Saran saya pokoknya kalo mau beli Ayla jangan pernah tengok satya dech hehehe...
Nah setelah beli satya gagal, kembali ke ayla dengan dua pilihan di harga yg hampir sama yaitu tipe m matic atau tipe x manual, akhirnya saya dan istri putuskan untuk ambil tipe x manual dengan pertimbangan matic 1000 cc pasti akan boros bbm secara logika dan ternyata didukung oleh review user ayla agya matic.

Masalah plat bodi tipis ya memang tipis tapi sampe sekarang saya nggak tau apakah ada standard global tentang ketebalan plat mobil, yang jelas yang lebih berperan menahan atau meredam benturan itu adalah rangkanya. Memang dulu pas beli Ayla rada khawatir dengan fitur safetynya yang minim banget, tapi hikmahnya ya saya jadi lebih berhati2 dalam mengemudi dan tidak terpancing untuk membawa mobil dengan kecepatan tinggi :-)
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by SilverK610i »

jekael wrote:
enpeea wrote:selamat ya om jekael mobil barunya, saya baca dlu om jekael ini demen bgt ama satya gt ya..trus tertarik sama ayla tipe M kalo nda salah..hehehe..

klo boleh tau om kok g jadi ambil yg tipe M knapa om,,apa nanggung apa gimana secara saya butuh pandangan juga neh om masi nabung smbil banding2 lcgc lain juga.. :big_smile]

kalo dlm pngamatan saya ayla sdh menarik cuma 1 yang masih agak ganjel gara2 tdk adanya fitur immobilizer yang kompetitor pada pake smua..kalo soal peredam jok tipis dsb sih tdk tll terpikir bgt buat nubie cuma immobilizer kan keamanan yah jadi agak gimana gitu, maklum om calon mobil pertama :big_blushing: kalo soal plat body yg dikata tipis tuh sebenernya cara bandingnya gimana ya, :ungg: apa ada standar ukuran ketebalan ato bgm? soalnya sering denger agya ayla body nya tipis dsb gtu..

sekian dlu curhat dr nubie om mhn pandangan senior2 dsini..tks

Thanks om/miss enpeea. Emang bener saya dulu sempat spk satya, menurut saya satya itu mobil lcgc terbaik yang bahkan kelasnya setara dengan mobil 1200 cc lainnya yg non lcgc. Jadi berasa untung beli mobil kelas 1200 cc tapi dengan harga mobil lcgc. Tapi ya itu Om, bukan jodohnya kali hehehe, mungkin kalo ada uang cash, satya udah nongkrong di garasi. Dulu salah satu pertimbangan beli mobil juga karena fitur immobilizer om, makanya dulu lebih condong ke satya karena versi terendahnya saja sudah ada immobilizer.

Dulu memang sempat tertarik dengan ayla matic tipe M, tapi ya itu namanya di IIMS ada banyak mobil mejeng malah jadi kepincut satya padahal versi manual. Saran saya pokoknya kalo mau beli Ayla jangan pernah tengok satya dech hehehe...
Nah setelah beli satya gagal, kembali ke ayla dengan dua pilihan di harga yg hampir sama yaitu tipe m matic atau tipe x manual, akhirnya saya dan istri putuskan untuk ambil tipe x manual dengan pertimbangan matic 1000 cc pasti akan boros bbm secara logika dan ternyata didukung oleh review user ayla agya matic.

Masalah plat bodi tipis ya memang tipis tapi sampe sekarang saya nggak tau apakah ada standard global tentang ketebalan plat mobil, yang jelas yang lebih berperan menahan atau meredam benturan itu adalah rangkanya. Memang dulu pas beli Ayla rada khawatir dengan fitur safetynya yang minim banget, tapi hikmahnya ya saya jadi lebih berhati2 dalam mengemudi dan tidak terpancing untuk membawa mobil dengan kecepatan tinggi :-)
Demen banget ane ama kalimat terakhir nya, kekurangan musti nya memang membuat user lebih smart dan bijak.

Nice om jekael
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by hitutbaw »

Sy blum pernah TD..tp kl duduk di kabin doang imho kyknya lebih nyaman ayla dibanding brio satya ya? Lebih lapang dan rileks..
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by axala »

hitutbaw wrote:Sy blum pernah TD..tp kl duduk di kabin doang imho kyknya lebih nyaman ayla dibanding brio satya ya? Lebih lapang dan rileks..
Entah kenapa dan dari penglihatan ane aja .....brio emg sempit :mky_04: :mky_04: ....
Pursuit of Perfection
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by artoodetoo »

axala wrote:
hitutbaw wrote:Sy blum pernah TD..tp kl duduk di kabin doang imho kyknya lebih nyaman ayla dibanding brio satya ya? Lebih lapang dan rileks..
Entah kenapa dan dari penglihatan ane aja .....brio emg sempit :mky_04: :mky_04: ....

Baris kedua lapang Agya/Ayla dibanding Brio. Saya pernah njajal baris keduanya soalnya pas pameran :upss:
Bagasinya juga sepertinya lebih lebar Agya/Ayla.

Note: ini fakta lho ya, bukan maksud menjatuhkan Brio

:ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by ricz »

Kalo baris ke2 dan bagasi nyata Alay yg menang...

Pernah nyobain Agay ama Brio matic, baris ke2nya Agay luas, hampir mendekati Yasir.. Ampe gw kaget koq mbl kecil gini ruang kakinya luas...

Bagasi, lebi panjang Agay... Tp Brio bagasinya menjorok ke dalam...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by amfibi »

Biarpun brio sempit, tetep lebih lega dibandingkan citycar era '2000an macem atoz/karimun/spark dsb :upss:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by artoodetoo »

amfibi wrote:Biarpun brio sempit, tetep lebih lega dibandingkan citycar era '2000an macem atoz/karimun/spark dsb :upss:
Apalagi dibandingkan ini ya :upss: :upss: :upss:

Image


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
Location: DCI Djakarta

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by sepatupuma »

ricz wrote:Kalo baris ke2 dan bagasi nyata Alay yg menang...

Pernah nyobain Agay ama Brio matic, baris ke2nya Agay luas, hampir mendekati Yasir.. Ampe gw kaget koq mbl kecil gini ruang kakinya luas...

Bagasi, lebi panjang Agay... Tp Brio bagasinya menjorok ke dalam...

Konsep kabin
Untuk mendapatkan kabin yang lega, Mark mendorong bagian bawah dasbor di depan penumpang dan pengemudi ke arah depan. Alhasil, ruang kaki lega. Hal yang sama juga dilakukannya dengan menekuk bagian bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Ruang kaki untuk penumpang belakang pun lega.

"Saya berusaha membuat shoulder di bawah kaca. Biasanya mobil yang dirancang di Jepang lurus saja. Dengan konsep saya, kabin jadi lega. Pengemudi dan penumpang bisa menaruh tangan di sandaran pintu,” urai Mark.


http://otomotif.kompas.com/read/2012/09 ... tsu.Ayla.2.

:mky_02:
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by DDR »

Makin naksir nih ane sama Ayla... terutama karena sang pesaing udah naekin harganya hehehe...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by ricz »

sepatupuma wrote:
ricz wrote:Kalo baris ke2 dan bagasi nyata Alay yg menang...

Pernah nyobain Agay ama Brio matic, baris ke2nya Agay luas, hampir mendekati Yasir.. Ampe gw kaget koq mbl kecil gini ruang kakinya luas...

Bagasi, lebi panjang Agay... Tp Brio bagasinya menjorok ke dalam...

Konsep kabin
Untuk mendapatkan kabin yang lega, Mark mendorong bagian bawah dasbor di depan penumpang dan pengemudi ke arah depan. Alhasil, ruang kaki lega. Hal yang sama juga dilakukannya dengan menekuk bagian bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Ruang kaki untuk penumpang belakang pun lega.

"Saya berusaha membuat shoulder di bawah kaca. Biasanya mobil yang dirancang di Jepang lurus saja. Dengan konsep saya, kabin jadi lega. Pengemudi dan penumpang bisa menaruh tangan di sandaran pintu,” urai Mark.


http://otomotif.kompas.com/read/2012/09 ... tsu.Ayla.2.

:mky_02:
Sesuai dgn taglinenya yaitu "Sahabat Baru Keluarga" :mky_02:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by VanzMatic »

Sekedar mengingatkan...

Mobil dengan fitur keselamatan berjibun pun, batas kemampuannya adalah sebatas kecepatan saat diuji tabrak, yang mana bervariatif antarnegara, antara 50-65 km/jam saja.

Jadi, kalau ada yang punya kendaraan dengan fitur keselamatan dengan lengkap, bijaksanalah dalam mengemudi. Fitur keselamatan akan menurun drastis kemampuannya melindungi kabin dan penumpang, seiring dengan naiknya kecepatan.

Jangan pernah menganggap, peranti keselamatan melindungi Anda dalam kecepatan berapapun Anda mau. Tidak demikian.Peranti keselamatan hanya maksimal bekerja pada kecepatan 65km/jam.

Keep safe driving. Max speed 80, ya stay on 80 ajalah.
Peranti keselamatan bukanlah asuransi yang bisa mengembalikan kembali nyawa Anda.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by ricz »

Ad peranti keselamatan om di CRV bokap...

Yaitu CC yg bau gosong klo kecepatan diatas 120... :big_slap:



:ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by VanzMatic »

ricz wrote:Ad peranti keselamatan om di CRV bokap...

Yaitu CC yg bau gosong klo kecepatan diatas 120... :big_slap:



:ngacir:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by Tomiko_Van »

ricz wrote:Ad peranti keselamatan om di CRV bokap...

Yaitu CC yg bau gosong klo kecepatan diatas 120... :big_slap:



:ngacir:
Kelihatannya ini berlaku di mobil honda secara umum, bau gosong waktu digeber diatas 120 (atau waktu di-gas poll). solusinya, kalau mau ngebut matiin a/c :mky_01:
アイドリング!!!
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by jekael »

Yup benar, baris kedua ayla dan bagasinya sangat lega, di review sudah saya tulis itu adalah kelebihan Ayla.
Tentang masalah bau gosong, itu sudah dibahas di trit sebelah dan merupakan gejala umum di hampir semua mobil dengan berbagai brand yang berasal dari catalyc converter. Jadi saya nggak bisa simpulkan itu terjadi hanya di mobil honda atau toyota atau daihatsu, dll. Monggo mampir ke trit sebelah karena saya kurang paham masalah itu. Di Ayla saya tidak menemui gejala itu, karena maksimum kecepatan yang pernah saya coba hanya 80 km/jam.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by VanzMatic »

jekael wrote:Yup benar, baris kedua ayla dan bagasinya sangat lega, di review sudah saya tulis itu adalah kelebihan Ayla.
Tentang masalah bau gosong, itu sudah dibahas di trit sebelah dan merupakan gejala umum di hampir semua mobil dengan berbagai brand yang berasal dari catalyc converter. Jadi saya nggak bisa simpulkan itu terjadi hanya di mobil honda atau toyota atau daihatsu, dll. Monggo mampir ke trit sebelah karena saya kurang paham masalah itu. Di Ayla saya tidak menemui gejala itu, karena maksimum kecepatan yang pernah saya coba hanya 80 km/jam.
Bagasi dan utamanya legroom agya ayla memang ane akuin berlimpah benerrr....
Ditunggu long trip reviewnya ya om...
:big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by jekael »

Ide bagus, selama ini di SM kayaknya lebih banyak first impression review dan jarang bahkan saya belum pernah lihat long trip reviewnya. Untuk saat ini saya masih belum bisa review seperti itu, karena pemakaian masih sekitar dalam kota, belum pernah dibawa ke luar kota, itupun hanya dipakai saat satu, minggu, atau hari libur doang. Mungkin nanti kalau ada waktu bawa Ayla keluar kota akan dibuatkan reviewnya.
Btw kayaknya Om Sepatupuma bisa buatkan long trip review-nya :-)
B33CH
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Oct 25, 2013 3:57
Location: Bandung

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by B33CH »

Leg room ayla dibanding satya gedean ayla, seinget ane lebar jok baris kedua ayla pendek banget, makanya tambah luas ke legroomnya. Klo pantat room nya gedean mana ya ? :D
Makin minim fitur safety makin minim tingkat kecelakaannya, coba aja agan2 mobilnya ga dipasang rem, pasti jalannyapada ngerangkak... walhasil biarpun nubruk ga kan sampe cidera parah, hihihi...
Last edited by B33CH on Wed Jan 08, 2014 12:12, edited 1 time in total.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by DDR »

Bro Jekael, usulin kopdar SM di tempat agak jauh spy sekalian long trip review. Hehehe. Sari Ater Subang via Bandung. Long trip dapet, test tanjakan dapet, test bumpy road dapet, test jalan rusak dapet juga. Wkwkwkw.
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by jekael »

ide bagus Om DDR.
Setau saya sih sebelum ngeluncurin produk tiap pabrikan udah punya test tersendiri ke jalan raya dan udah cobain produknya lewat tanjakan, jalanan rusak, jalanan banjir, mancet, dsb jadi kita nggak usah terlalu khawatir sama mobilnya.
enpeea
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Tue Jan 07, 2014 12:50

Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X

Post by enpeea »

artoodetoo wrote:
axala wrote:
hitutbaw wrote:Sy blum pernah TD..tp kl duduk di kabin doang imho kyknya lebih nyaman ayla dibanding brio satya ya? Lebih lapang dan rileks..
Entah kenapa dan dari penglihatan ane aja .....brio emg sempit :mky_04: :mky_04: ....

Baris kedua lapang Agya/Ayla dibanding Brio. Saya pernah njajal baris keduanya soalnya pas pameran :upss:
Bagasinya juga sepertinya lebih lebar Agya/Ayla.

Note: ini fakta lho ya, bukan maksud menjatuhkan Brio

:ngacir:
salam om artoodetoo, gimana udah jadi njajal wagon r vs ayla belum neh? ditunggu juga lho reviewnya.. :big_exellent:

oya om jekael skalian diulas dong fitur2nya kayaknya ada pengunci otomatis yang aktif berdasarkan kecepatan gitu :ungg: apa sih namanya itu fitur gimana om, :ungg: trus soal alarm nya juga kan ayla g ada immobilizernya tuh, nah brarti alarm jd penting krna jd perlindungan satu2nya sensitivitasnya gimana? hmm..apa lagi ya hehehe..maaf ya om klo byk nanya.. :glodak: