Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

ricz wrote:
VanzMatic wrote:Innova basisnya dari Hi-Lux. Absolute tough light truck. Very robust, tahan siksa medan ganas.
Ngga heran, kalau innova yang turunan kedua dari Hilux sama sama tangguh dan jos gandos.
Dan ane sih percaya aja kalau 80.000 km masih jos shocknya. Apalagi didukung chassis ladder / tangga, menjadikannya jauuh lebih nyaman menghajar jalan jelek dibanding unibody nya apanjah apalagi monokok nya jeng Livi.

Sebetulnya 80.000 km untuk umur segitu, masih terbilang kecil KM nya dibanding dengan kebanyakan orang pakai inopah, sudah ratus ribu km.

Shock apanjah 2 tahun k.o? Kok di ane ngga yah?
3 taun jadi garage queen, baru 40.000km, tapi sekali keluar garasi, jatahnya paling deket ke jalan hancur ciledug, atau jalan remuk pedalaman indramayu, atau babak belurnya jalur selatan.
Dan isinya, minimal 4 orang plus barang barang bawaan segambreng.

Nggapapa tuh...
:big_grin:
Py gue 9 taon ga ganti sokbreker tuh... :ungg:

Ipah 80 ribu sedikit? Klo ipah gue yg 60 ribu? :ungg:
Ipah ente itu kalo pakean Jakarta, termasuk garage queen lho :big_comfort:
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

Centrino wrote:
newrubble wrote:Proton spema tuh head unit nya blaupunkt
Eh suprima maksutnya

Sy beli chevy volt dulu ahir 2010 tdk ada head unit n tdk ada aircond n tdk ada central lock. Cuma ada gps n heater n 6 airbags
Itulah knp tyt di indo dijual dgn safety feature lbh dikit drpd di tempat lain sedangkan head unit nya bagus tampilannya

Inilah hasil penelitian mass psychology toyota thd karakter org indo pd umumnya
Yg lbh suka kesenangan drpd ketenangan dlm driving
Cruise control juga tdk ada krn mmg org indo jarang gunakan itu
om dubz mode on:

Ente ngejudge karakter indonesia lebih banyak suka kesenangan daripada ketenangan???

Memangnya pertimbangan semua orang hanya kesenangan? Kan bisa lain lain. Contohnya airbag- banyak org yg gak masalah ga ada airbag, dengan catatan dapet krom2an di bemper...brand lumayan. Ente ngotot harus airbag. Jangan merasa hanya pilihan dewe yg bener....begitu saja.

Gak perlu menjudge orang lain - kalau selera orang indo begitu bukan berarti itu jelek, seleranya hanya beda dengan anda. Berbeda selera dan kebutuhan itu wajar, kok anda repot sendiri...memangnya uang anda yg keluar? Apa ada paksaan buat anda untuk beli Toyota? Kan menurut anda Toyota pelit, ya tinggal beli yg lain, sama sekali gak sulit. Gak perlu mencemooh "hasil penelitian mass psychology toyota thd karakter org indo pd umumnya".

peace :big_peace:
baru aja register di seraya dan nemuin topik yg menarik ini eeh ada yg marah2 kayaknya. Wajar aja kok klo ada org yg kasih komentar dan blm tentu nyenengin kita. Memang itu pilihan kita semua utk beli sesuatu tapi sah2 aja klo ada yg ngerasa kekurangan si merk AV itu hrsnya bisa diminimalisir dgn harga yg dibelinya dibandingin ke kompetitor. Yg komentar jg yg punya si AV jd dia tau persis apa yg kurang, tdk sekedar cuma tau dari baca2 atau dengar2 aja. Tdk ada yg sempurna semua produk2 itu pasti ada aja yg kurang. Bagus ada yg komentar oom, jadi kita tau jg apa kekurangan2nya.. sukur2 oom2 di TAM jg baca hal2 itu so bisa lebih improve lg ke depannya. Oom dubz kasih aja komentar positif utk counter yg dirasa oom dubz gak suka, itu juga kata2nya bukan kata2 yg bersifat SARA, namanya jg diskusi. Itu sih masih belum apa2 oom, masih normal2 aja kalo menurut gw.

:big_peace: peace juga
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

Saya kasi counter yg positif...kritik mobilnya...jangan main pukul rata org indonesia begini begitu. Baca komentar saya dengan benar...dimana saya setuju toyota itu pelit dari segi fitur.
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Godwill »

dubz wrote:Saya kasi counter yg positif...kritik mobilnya...jangan main pukul rata org indonesia begini begitu. Baca komentar saya dengan benar...dimana saya setuju toyota itu pelit dari segi fitur.
Biarin aja gan, namanya jg pendapat. gak usah di perdebatkan.
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Tomiko_Van »

:e-boohoo: :e-boohoo: :e-boohoo:
Memantau calon HT nih :big_blushing:

Cuma mau komeng dikit aja, dengan kondisi (jalan & kebutuhan) di Indonesia seperti ini, yg paling cucok ya mobil2 seperti Avanza-Innova itu. Pesaing2nya yg menerapkan resep "station wagon" mungkin bisa memikan konsumen di perkotaan, tapi untuk level nasional masih keok dibanding 2 contoh itu.. case closed..
アイドリング!!!
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

Tomiko_Van wrote::e-boohoo: :e-boohoo: :e-boohoo:
Memantau calon HT nih :big_blushing:

Cuma mau komeng dikit aja, dengan kondisi (jalan & kebutuhan) di Indonesia seperti ini, yg paling cucok ya mobil2 seperti Avanza-Innova itu. Pesaing2nya yg menerapkan resep "station wagon" mungkin bisa memikan konsumen di perkotaan, tapi untuk level nasional masih keok dibanding 2 contoh itu.. case closed..
ooo ada alesan teknisnya toh...kirain 'tipikal org indonesia cepat puas'
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Tomiko_Van »

^^ Menurut ane sih begitu alasan "teknis"nya om.. Faktor Kebutuhan yg memang cocoknya dgn 2-contoh tsb. Kalau faktor lain2 (ASS, spare part, RV, harga, dll..) bisajuga jadi pendukung dominasi..
アイドリング!!!
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by M90 »

Betul Mod Vanz,

Ane pernah punya Innova Bensin M/T thn 2005 dan tahun 2009, di jual stlh pake 3 thn km 70 rebu dan shock breakernya belum pernah ganti dan masih layak pakai.

Kalo kita pake Ipah rental di Sumatra dan Sulawesi, jarak tempuh Ipah > 100 rb km udah biasa.

I missed my Ipah, sayank Ipah sekarang tampangnya Dono... :big_grin: ttp ternyata sekarang masih banyak juga yg beli.... :big_exellent:

VanzMatic wrote:Innova basisnya dari Hi-Lux. Absolute tough light truck. Very robust, tahan siksa medan ganas.
Ngga heran, kalau innova yang turunan kedua dari Hilux sama sama tangguh dan jos gandos.
Dan ane sih percaya aja kalau 80.000 km masih jos shocknya. Apalagi didukung chassis ladder / tangga, menjadikannya jauuh lebih nyaman menghajar jalan jelek dibanding unibody nya apanjah apalagi monokok nya jeng Livi.

Sebetulnya 80.000 km untuk umur segitu, masih terbilang kecil KM nya dibanding dengan kebanyakan orang pakai inopah, sudah ratus ribu km.

Shock apanjah 2 tahun k.o? Kok di ane ngga yah?
3 taun jadi garage queen, baru 40.000km, tapi sekali keluar garasi, jatahnya paling deket ke jalan hancur ciledug, atau jalan remuk pedalaman indramayu, atau babak belurnya jalur selatan.
Dan isinya, minimal 4 orang plus barang barang bawaan segambreng.

Nggapapa tuh...
:big_grin:
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Godwill »

dubz wrote:
Tomiko_Van wrote::e-boohoo: :e-boohoo: :e-boohoo:
Memantau calon HT nih :big_blushing:

Cuma mau komeng dikit aja, dengan kondisi (jalan & kebutuhan) di Indonesia seperti ini, yg paling cucok ya mobil2 seperti Avanza-Innova itu. Pesaing2nya yg menerapkan resep "station wagon" mungkin bisa memikan konsumen di perkotaan, tapi untuk level nasional masih keok dibanding 2 contoh itu.. case closed..
ooo ada alesan teknisnya toh...kirain 'tipikal org indonesia cepat puas'
Agan dubz, yang dipertanyain tuh knp apanjah minim fitur bukan masalah paling laris atau lainnya.. kalau mslh ketangguhan mah gak usah ditanya lagi, scr struktur desain apanjah mah emang lbh kuat dr yang semi sedan buat ngadepin jln2 ajrut2an..kali aja ada agan2 lain yang tau apa alasan TAM mengenai fitur minim itu, gitu loo gan
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4634
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Profith83 »

Godwill wrote:
Profith83 wrote:Yang pasti Gue pernah punya Innova diesel manual thn 2008, dijual thn 2012. Pada waktu itu KM 80,0000
Selama itu tidak pernah ganti shock dan tidak pernah ganti rem.
Padahal yang pakai istri hajar lobang terus.

Pernah dicheck salah pasang propeler shaft Toyota Hi Ace, digantigratis gak bayar 3 jt
Pernah pintu bagasai belakang gak otomatis naik sendiri waktu dibuka juga diganti gratis, harusnya bayar 2 jt an
Pernah problem kelistrikan putus sekering bolak balik, juga dicari dan ketemu, dan semua sekering yang putus diganti
semua itu FREEE


GL dipakai gak sampai 2 thn shock beker sudah tewas dan tidak garansi lagi, alasan tidak ikut servis berkala biarpun servis rutin tiap 5.000 KM ganti olie dan filter olie di BeRes.
Kasihan bagaimana dengan pemakai GL di daerah yah, apa tidak di garansi semua ?

Itulah beda T dan N
1. yang T kuat dan tahan banting, gak takut besok kantong jebol ...
2. yang T kalau ada cacat produk berani garansi biarpun tidak ikut servis berkala ... mereka pikirin user di daerah jugaan.

Gak tahu yang lain misal ganti ini rackend 5 jt, ganti evaporator AC 3 jt, ganti shock 4 biji 2 jt. ganti joint steer 1.5 jt
Siap siap saja tuh
Innova beda gan kelas & kualitasnya dgn GL, jgn disamain .. Innova punya quality tersendiri yg jauh lbh baik dari ertiga. Harganya pun jauh banget bedanya, skr hrg Innova udh > 220jt malah ada yg sampai 300jtaan, kualitasnya pasti jauh lebih baiklahhh.. Jujur aja ane gak ngebayang 10 thn lalu harga kijang bakal nyampe di 300jutaan, bkn masalah inflasi sih ini tp memang penyempurnaan kualitas dan upgrade kelas.... Avanza ane juga shockbreakernya gak sampai 2 thn pas jg udh kudu diganti ... GL udh KM brp gan 2 thn shocknya udh tewas? terus jlnnya di jalan kayak apa? setau ane klo shockbreaker di KM tertentu memang udh gak di garansi krn sering kerusakannya memang krn pemakaian, kecuali msh di 5000 km ya itu mgkn cacat produksi.. Lagipula memang scr teori shock Innova lbh kuat dari ertiga krn disain mobil Innova hrs punya suspensi yg kuat, klo kagak mah gampang kebalik or brojol... Bandingin Innova dgn yg sekelas spt CR-V, Outlander & Mazda 5 . Harga mobil gak bohong, makin mahal hrgnya apalagi kelas yg sdh bermain di > 250jt teorinya kualitasnya makin baik, ane jg gak terima klo beli mobil di hrg 300jt tp kualitasnya sama dgn hrg < 200jt.. Tp ane kurang percaya klo di KM 80ribuan shockbreaker msh bagus dari sejak beli, di cek bener2 gak goyangannya ketika ditekan pake tangan atau pas lewat polisi tidur? Canvass rem jg gak pernah ganti dlm 80ribuan km? klo tinggal di jkt yg super macet jg rada kurang percaya ane..
Maksudnya Kalau berani pasang garansi 3 tahun, yah harus ditulis jelas mana yang tidak dicover.
Contoh yang pasti tidak tercover : Accu dan Ban kalau tidak salah lewat 6 buln.

Yang paling penting kalau memang produk sering orang complain dan memang sering rusak, harusnya jangan dipersulit. Kalau perlu di recall.
Nah ini gak sampe 2 thn rusak dan tidak diganti.
Lagi bayangin saja bagaimana kalau dipakai lewat dari 3 tahun, makin banyak yang rusak
rack end 5 jt, joint steer 1.5 jt, shockbeker 4 biji 2 jt an, AC 3-5 jt an NGERI BOOOO ..... belum yang lain yang tidak ketahuan....

Yah at the end itu pilihan masing masing kok, ada yang kejar kenyamanan walaupun besok banyak keluar duit
Ada yang kenyamanan dikorbankan dikit tetapi besoknya tidak takut dihantui banyak keluar uang jutaan atau belasan juta kalau mobil dah berumur 5 thn lebih

ITULAH yang bedain T dengan merk lain

BUKAN SALES T :big_grin: harusnya gue dibayarin sama T nih :big_biglaugh:
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

yah pokoknya utk saat ini Avanza masih the best lah dgn terbukti penjualan terlarisnya di Indonesia selama bertahun2 terlepas ada kekurangan2.. sdh terlalu subjektif menurut gw klo melihat mana yg lbh baik, org2 beli mobil merk2 tertentu itu krn alasan2 misalnya ada yg beli krn utk keperluan kerja atau krn daerah rmhnya hancur2an jlnnya atau krn suka dgn bentuknya atau krn merknya atau krn bengkelnya ada dimana2 atau krn lbh nyaman atau krn fiturnya atau krn hrg jualnya dsb dsb... Saingan avanza yg bener2 sama chasisnya itu kebykan dari grupnya jg seperti Granmax atau Xenia, kompetitor mungkin spt APV. Mrk mobil2 yg tangguh utk diajak ke jln hancur2an ayo aja.. Menurut gw kalau di compare apple by apple avanza dgn livina, ertiga, spin atau mobilio malah gak relevan krn berbeda spesifikasi.. Ertiga, livina, spin atau mobilio dibawa ke hutan atau jln hancur2an ya bakal hancur dlm waktu tdk lama krn memang tdk didisain utk medan seperti itu....Apalagi memang daerah2 di Indonesia lbh dominan dgn jln yg hancur2an, hutan serta pegunungan memang Avanza lah yg paling tepat utk saat ini dan kompetitor yg benar2 sejenis dari sisi chasisnya relatif gak ada yg mampu menyamainya. Sulitlah meruntuhkan dominasi avanza dan brand Toyota memang sdh cukup kuat positioningnya di Indonesia dan dunia serta didukung juga dgn bengkel2 Toyota yg ada dimana2. Selain itu jg jaringan distribusi spare partnya Toyota memang sdh cukup mengakar di segala penjuru di Indonesia. Jadi krn keadaan2 tsb maka kekurangan2 spt minim fitur yg ada di avanza itu tdk diperhatikan oleh mayoritas konsumen yg membeli memang krn keadaan & kebutuhan serta faktor2 eksternal lain yg blm mampu diikuti oleh kompetitor. Contoh deh, minuman soda misalnya, mayoritas konsumen soda di Indonesia akan membeli coca-cola walaupun ada brand2 lain spt pepsi. Krn udh kuat positioningnya dan coca-cola emang lbh gampang ditemuin di manapun di Indonesia sampai ke warung2 pelosok, pepsi mah susah paling adanya di kota2 dan supermarket2 doang.

Klo nambah fitur berarti nambah cost, kalo cost naik hrg tdk dinaikin nanti profitnya berkurang nah kalau gw sbg direksi TAM merasa tdk perlu lah menambah fitur2 yg dimaksud walaupun merk2 semi sedan sdh melengkapinya krn memang tdk menjadi masalah buat mayoritas pembelinya. Dgn minim fitur saja sdh cukup membuat Avanza terlaris di Indonesia selama bertahn2, jadi ya nanti2 aja dipikirin soal fitur2 itu. Ini sih pendapat pribadi gw aja.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

Godwill wrote:
dubz wrote:
Tomiko_Van wrote::e-boohoo: :e-boohoo: :e-boohoo:
Memantau calon HT nih :big_blushing:

Cuma mau komeng dikit aja, dengan kondisi (jalan & kebutuhan) di Indonesia seperti ini, yg paling cucok ya mobil2 seperti Avanza-Innova itu. Pesaing2nya yg menerapkan resep "station wagon" mungkin bisa memikan konsumen di perkotaan, tapi untuk level nasional masih keok dibanding 2 contoh itu.. case closed..
ooo ada alesan teknisnya toh...kirain 'tipikal org indonesia cepat puas'
Agan dubz, yang dipertanyain tuh knp apanjah minim fitur bukan masalah paling laris atau lainnya.. kalau mslh ketangguhan mah gak usah ditanya lagi, scr struktur desain apanjah mah emang lbh kuat dr yang semi sedan buat ngadepin jln2 ajrut2an..kali aja ada agan2 lain yang tau apa alasan TAM mengenai fitur minim itu, gitu loo gan
Saya gak pertanyakan fiturnya pelit...setuju memang pelit. Saya pertanyakan orang mengolok2 "tipikal orang indonesia". Anda setuju Avanza kuat? Paling cocok buat Indonesia? Kalo gitu apakah salah pasar Indonesia menerima kekurangan Avanza yg minim fitur? Apakah itu mengartikan cacat karakter org Indonesia yg "cepat puas"?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

Centrino wrote:
Ente ngejudge ...

Ente ngotot ...

...kalau selera orang indo begitu bukan berarti ...kok anda repot sendiri...memangnya uang anda yg keluar? ....Apa ada paksaan buat anda .... Kan menurut anda Toyota pelit ...Gak perlu mencemooh "hasil penelitian mass psychology toyota thd karakter org indo pd umumnya"...:
Hello ...
Sy bukan judge n sy tdk peduli judgement
Sy tdk ngotot
Sy tdk bilang selera org
Sy tdk repot
Yansy kluar uang sendiri
Sy ga pernah bilang siapapun pelit
Sy tdk cemooh
Hasil penelitian mmg ada di sy. Apa perlu sy share ... Bunyinya mmg bgt . Intinya mmg bgt
Maaf ya
Salam perkenalan
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ricz »

amfibi wrote:
Ipah ente itu kalo pakean Jakarta, termasuk garage queen lho :big_comfort:
Pdhl tiap ari dipake & udh sering libas jalinsum lho... :ungg:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DDR »

Setuju dengan bro IndoMild, TAM kaya nya ngga bakal seroyal merek laen deh dalam hal kasih kasih fitur... Krn kan bagian dari profit mereka juga harus dialihkan ke peningkatan aftersales service mereka (distribusi spareparts, jumlah bengkel, kualitas SDM bengkel), itu semua ngga murah lho. Toyota tau bahwa kualitas aftersales mereka harus terus ditingkatkan tiap tahun kalau ngga mau kesalip sama pesaing, karena toh pesaing juga ngga tinggal diam (biarpun ane ngerasa peningkatan kualitas Ass nya pesaing ngga cepet perkembangan nya).

Kenapa akhir akhir ini TAM mulai nambah in fitur fitur yg sebelumnya ngga pernah ada?? Ya terpaksa sih (sambil ngorbanin margin), soalnya kan jujur aja bahwa sebagian konsumen kita masih sering tergiur dengan fitur (me included). Ane ambil R3 dibanding Avanza kan memang krn fitur, padahal ane tau bahwa kualitas aftersales nya Suzuki itu dibawah Toyota tapi tetep aja ane ngga bergeming. Coba kalau toyota berdiam diri dengan keukeuh ngga nambah fitur keamanan dan kenyamanan di Avanza nya, wuaaaaahhh bisa makin tergerogoti tuh marketshare nya Avanza. Mungkin harus ada survey kali yah untuk masyarakat Indonesia itu kalau mau beli mobil prioritas nya apa... Kalau ternyata sebagian besar jawabnya adalah kualitas Aftersales service sih mungkin Toyota bisa narik napas sedikit, tapi kalau ternyata hasil survey menunjukkan bahwa preferensi masyarakat Indonesia pilih mobil itu karena tampilan dan fitur... Then Toyota is in trouble... They have to change... Fast... Karena banyak contoh perusahaan yang sebelumnya besar menjadi collapse karena terlambat mengantisipasi keinginan konsumen dan lambat melakukan perubahan arah bisnis nya...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by madcat015 »

Toyota... salah satu yg bikin begitu kuat di Indonesia adalah Toyota tumbuh bersama masyarakat Indonesia...

Puluhan tahun... jd seakan2 ada rasa kekeluargaan rasa memiliki dan rasa nyaman dengan Toyota.

Dan sedikit banyak, sudah terbukti bahwa Toyota setidaknya jadi bagian keluarga Indonesia...


Image

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DDR »

Bro MadCat, 1 atau 2 tahun lagi ane mau coba ah jadi bagian keluarga Honda... Hehe... Blm pernah euy punya Honda pribadi... Kalau bokap sih dulu punya Civic sama Accord...
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dubz »

Nah saya setuju ini sama mas DDR. Seperti saya bilang dari awal perusahaan cari untung maksimal...dimanapun. Maklum lah - semua yg punya usaha juga begitu. Makanya saya senang ada banyak saingan2 baru. It takes time buat ngalahin jagoan pasar Indonesia...tapi bukan tidak mungkin. Liat saja Xenia udah kalah sama Ertiga. Bukan tidak mungkin di generasi berikutnya Toyota kalah kalo gak bener bikin generasi penerusnya. Kita enjoy aja kancah persaingannya gimana...banyak pilihan kita yg untung.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by madcat015 »

DDR wrote:Bro MadCat, 1 atau 2 tahun lagi ane mau coba ah jadi bagian keluarga Honda... Hehe... Blm pernah euy punya Honda pribadi... Kalau bokap sih dulu punya Civic sama Accord...
Silahkan om DDR... pilih Honda yg sesuai keinginan dan dpt membahagiakan keluarga om DDR... :mky_02:



Sekedar sharing...


Ane pernah punya Honda... sementara bokap belum pernah bungkus Honda.

Dulu bokap punyanya Kijang Doyok buat jd angkot... ya, bokap ane dulu narik angkot...

Trus kakek ane punya Hilux dan Datsun pickup jebot... dan tambah Chevy Luv jebot.

Paman ane punya Mazda 323 yg uda digital speedonya.

Skr masih ada sebuah Toyota menemani keluarga ane, Apanja G MT 2010... km 14rb an... :mrgreen:

Bokap bilang "Mazda dan Toyota, dua mobil yg saya hormati... dua mobil yg spesial bagi saya".


Maaf jd curcol... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Godwill »

dubz wrote: Saya gak pertanyakan fiturnya pelit...setuju memang pelit. Saya pertanyakan orang mengolok2 "tipikal orang indonesia". Anda setuju Avanza kuat? Paling cocok buat Indonesia? Kalo gitu apakah salah pasar Indonesia menerima kekurangan Avanza yg minim fitur? Apakah itu mengartikan cacat karakter org Indonesia yg "cepat puas"?
udh gan, kan orgnya sdh tulis maaf tadi dan udh gak nulis lagi, knp masih diterusin? relax aja, klo masih gak puas, di PM aja gan orgnya..kita disini buat diskusi. gak usah di sebut2 lagi masalah "tipikal" tsb....
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by HouseOfDetailing »

Itu om Rubble yang profesinya lawyer kan?
BradPitt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Feb 24, 2014 15:12

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by BradPitt »

lho knp agan dubz masih masalahin tulisan saya tadi? kan saya sudah tulis maaf tadi dan sy sdh tdk komentar apa2 lagi kok, apa perlu saya tulis maaf lagi sekarang? ok sy minta maaf klo ternyata tulisan sy ada yg tidak berkenan di anda, sy tdk ada maksud mau ngolok2 atau apapun. silakan message sy pribadi bila ternyata anda masih mau lanjutin hal tsb, tdk perlu diumbar di forum ini, thanks
IndoMild
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Feb 26, 2014 9:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by IndoMild »

Bro bradpitt, sdh cuekin aja, yang penting bro udh gentle mau minta maaf.. kalo si bro lain itu masih jg nyindir2 ya cuekin aja..namanya jg di forum ada aja hal2 kayak gini mah
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by VanzMatic »

Stay calm, bro.... Woles aja napeh...?
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Centrino
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Tue Apr 30, 2013 6:37

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Centrino »

newrubble wrote:
Centrino wrote:
Ente ngejudge ...

Ente ngotot ...

...kalau selera orang indo begitu bukan berarti ...kok anda repot sendiri...memangnya uang anda yg keluar? ....Apa ada paksaan buat anda .... Kan menurut anda Toyota pelit ...Gak perlu mencemooh "hasil penelitian mass psychology toyota thd karakter org indo pd umumnya"...:
Hello ...
Sy bukan judge n sy tdk peduli judgement
Sy tdk ngotot
Sy tdk bilang selera org
Sy tdk repot
Yansy kluar uang sendiri
Sy ga pernah bilang siapapun pelit
Sy tdk cemooh
Hasil penelitian mmg ada di sy. Apa perlu sy share ... Bunyinya mmg bgt . Intinya mmg bgt
Maaf ya
Salam perkenalan
Silahkan dishare om, hehe, sori jadi salah sangka, saya sih emang nyindir gaya berforumnya om dubz yg senga2 gt, ternyata emang gampang banget ya nyari musuh dengan gaya gini..that's why saya heran seneng banget om dubz gaya bgini dari dulu..

anyway salam perkenalan juga :big_grin: