Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by imingwahyudi »

Zebra dulu 3 silinder? :big_chicken:

Suzuki dan Mitsubishi ada kerjasama dg BL? :big_chicken:


Never mind if you are going out of topic, I'll be so glad for this kind of OOT thingy. Go om rubble go :mky_02: . Give us more :mky_02:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Beli tehnologi ...bukan kerja bareng ...ha ha ha ...saat itu british leyland under bankrupcy receivership ...smua yg masih dianggap berharga dijual strip off u bayar utang utang overdue
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by imingwahyudi »

Eh iya beli teknologi, my bad om :mky_01:

Berarti yang bikin BL rusak itu apa dong om? :big_think: secara teknologi sepertinya ga ketinggalan, Rover SD juga cukup well prepared on paper at least. Banyak baca dan lihat, BL jatoh karena labor demonstration, "communism in BL"...bingung jadinya :ungg: padahal dulu sempet pegang beberapa notable British manufactures, kaya Jag dan LR... :ungg:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by hitutbaw »

Saya mah dukung quote of the year om rubble yg ini:

"However tbey both agree kijang n avanza remain indo market gimmick ...with(out) specific car(s) designed for that local market"

Tp, imho sy cm sorotin utk avanza aja yg lebih clear justifikasinya: avanza laku karena "indo market gimmick"

Liat aja...
Avanza = xenia, mobil yg sammmaaaa..
Tapi avanza laku 3 kali lipat dari xenia, pdhal mobil yg sammmaaa...jelas "indo market gimmick"...

Alesan ass? Aaah emang susah nyari beres daihatsu??

Fleet, operasional kantor, rental.. Ya hsl "indo market gimmick"...kok gak beli aja xenia?

Kl keluarga, udah pintar semua, mulai gak laku "indo market gimmick"...haha, ambilnya livina, r3, simonyong..kecuali di pelosok yg gak ada beres..

Begitu pun utk innova... Kyknya kijang adalah innova udah gak mempan lagi tuh..

Top markotop quote: avanza adalah "indo market gimmick"...
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by campoeran »

ChZ wrote:ane urun berembug....

IMHO... kasus avanza ini mengingatkan ane akan kasus CR-V RD4 yang sukses digerus pasarnya oleh X-Trail T30 di 2003... (dan mungkin akan terulang lagi tahun ini kalo X-Trail T32 keluar, menggerus CR-V RM bersama CX-5) :ngacir:

avanza 2nd gen launch di akhir 2011... ertiga launch 2012.... avanza product improvement di 2013... ertelu keluar matik di 2013... dan monyong muncul di 2014... seakan tidak memberi ruang buat avanza untuk memberikan improvement lagi... tidak heran skrg pasar avanza tergerus oleh monyong....

dan tidak lupa kenyataan bahwa pasar skrg sudah jenuh oleh avanza... yang dari gen.1 ke gen.2 hanya ganti casing tanpa improvement apa-apa... meskipun volume penjualan masih tinggi, tapi keliatan banget marketing sudah ketar-ketir dalam menghadapi persaingan ini...

dosa TAM adalah : selalu berusaha bertahan dengan teknologi lawas... gimana orang nggak bosen? beli mobil baru, feel nyetir sama... ganti suasana interior doang... sisanya sama plek.... andaikan ANAvanza diluncurkan dengan teknologi dual vvt-i dan CVT, mungkin ceritanya akan berbeda

kita masih inget awal Pajero sport keluar, Fortuner penjualannya tergerus.... hampir ga pernah liat fortuner plat baru di jalanan. Begitu Fortuner FL dengan teknologi VNT, volume penjualannya tinggi lagi, PS pun carut-marut.... masyarakat kita sudah terbuka soal teknologi...

dan kesalahan sama mereka ulangi di Yasir 2014 lagi.... hasilnya? euforia yasir 2014 nggak terlalu heboh... bisa dibilang, publik lebih tertarik dengan merek sebelah yang menawarkan teknologi bertajuk Ekobus....

gimanapun, masyarakat butuh yg namanya "technology improvement", bukan sekedar tambahan gimmick dan fitur :big_chicken:
Dan plus Altis baru yang menurut ane gak bgitu signifikan juga, masih minus VSC :( . Mesin masih sama spt yg FL gen10 . Trus Camry juga serasa paling jadul dibandingkan ama 6 dan accord. Dimana honda dan mazda udah melakukan inovasi2 , toyota masih aja gitu2 aja . Pdhal ane tmsk yg demen ama "feel" dan desainnya toyota loh :big_blushing: .

Eh tp yaris gak laku sunguhan ta bos Chz ? lah di brita sampai indennya bejibun konon ya. Apakah hanya hype aja ?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Krn pd dasarnya org org indo adalah proud nation ...proudness sering kalahkan logic n terbukti dlm bgt byk hal ...maaf buat para chauvinist ..ini bukan wake up call u kalian ..jgn terbangun n marah

naturally org org indo tdk suka sub-brand n saat SRI lakukan customer survey th 2005 .setahun ssdh avanza n its twin exist ...bgtlah market acceptance yg membentuk resale value preowned avanza n its another half

Hanya pendidikan n perintah n pengaruh kuat sekitar n self confident yg bisa singkirkan mindset diatas
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ilhami »

Ane rasa Toyota punya portofolio produk yang sangat banyak untuk FWD. Jadi sebenarnya bukan masalah besar. Hanya momen tepat untuk memindahkan basis produksi ke indonesia. Jadi kartu toyota masih banyak lah.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by artoodetoo »

campoeran wrote:
Dan plus Altis baru yang menurut ane gak bgitu signifikan juga, masih minus VSC :( . Mesin masih sama spt yg FL gen10 . Trus Camry juga serasa paling jadul dibandingkan ama 6 dan accord. Dimana honda dan mazda udah melakukan inovasi2 , toyota masih aja gitu2 aja . Pdhal ane tmsk yg demen ama "feel" dan desainnya toyota loh :big_blushing: .

Eh tp yaris gak laku sunguhan ta bos Chz ? lah di brita sampai indennya bejibun konon ya. Apakah hanya hype aja ?
Waaah, sodara seperguruan ane nih :mky_02:

Tapi ya gitu deh ... faktanya mobil saya Mirage sekarang Image
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Sy ingat kijang qq tyt BUV qq tyt kf10 adalah product tdk laku antara 1977-79 TAM hrs bunuh hilux rn20 utk jadikan dia terjual 26,000 units ++ time span 1977-81 ..wkt yg sgt cukup u membentuk public mindset bhw kijang adalah entry level freight carrier n utk jadikan model ini laku 73,000 units ++ selama 1981-1985 tyt perlu bunuh hiace h20/30 petrol meski diesel version tertap dijual sampai 1987(th82 alm william proposed principal u buat kf20 diesel tapi ditolak krn product quota hiace h20/30 indo market blm dihabiskan TAM)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

indonesianist prof jeffrey winters (dia sering baca sites dlm indonesian trmsk ini)pernah bilang dlm satu obrolan sambil lalu "...org indo umumnya berfikir pakai hati / perasaan ...jadi u jualan laku di indo ...jgn lupa letakkan soul yg tepat di tiap product"

dan alm william (bukan TAM n bukan TMC) melakukan soul insertion ini dg baik di kijang (hingga kf60,70,80 series)...bgt juga dg johny di avanza mk.1 n current models dan kijang skrg mnrt sy hanya sekedar emblem-set ditangan para penyembah matahari terbit
Last edited by newrubble on Mon Apr 07, 2014 2:33, edited 1 time in total.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by campoeran »

artoodetoo wrote:
campoeran wrote:
Dan plus Altis baru yang menurut ane gak bgitu signifikan juga, masih minus VSC :( . Mesin masih sama spt yg FL gen10 . Trus Camry juga serasa paling jadul dibandingkan ama 6 dan accord. Dimana honda dan mazda udah melakukan inovasi2 , toyota masih aja gitu2 aja . Pdhal ane tmsk yg demen ama "feel" dan desainnya toyota loh :big_blushing: .

Eh tp yaris gak laku sunguhan ta bos Chz ? lah di brita sampai indennya bejibun konon ya. Apakah hanya hype aja ?
Waaah, sodara seperguruan ane nih :mky_02:

Tapi ya gitu deh ... faktanya mobil saya Mirage sekarang Image
IMO miras bahasa desainnya masih spt toyota , mbosenin , plain haha. Wa somehow demen ama desain spt itu . Makanya demen juga ama desain ala VW yg simple dan plain . Terus Mazda juga . Kl model sing aneh2 spt honda , ford kok gak demen . Ya mgkn personal aja sih hehe.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

newrubble wrote:Krn pd dasarnya org org indo adalah proud nation ...proudness sering kalahkan logic n terbukti dlm bgt byk hal ...maaf buat para chauvinist ..ini bukan wake up call u kalian ..jgn terbangun n marah

naturally org org indo tdk suka sub-brand n saat SRI lakukan customer survey th 2005 .setahun ssdh avanza n its twin exist ...bgtlah market acceptance yg membentuk resale value preowned avanza n its another half

Hanya pendidikan n perintah n pengaruh kuat sekitar n self confident yg bisa singkirkan mindset diatas
Betul om rubble... outrageous logic, not using real and calculated logic...

Makanya sering di bicarakan di forum ini, Kijang adalah bagian dari sejarah Indonesia. Suka ga suka, demikian adanya... dan postingan om rubble benar2 membuat ane berpikir...

"Dua sudut pandang beda dlm satu kandang trhadap yg namanya naming title ...sebut sj saat ini kijang n avanxa

TAM (indo): they r products n part of proud n pride
TMC (principal) : tbey r not more than just names or portfolios ...anything can be kijang (as proven as sub name of innova) or avanza

However tbey both agree kijang n avanza remain indo market gimmick ...with(out) specific car(s) designed for that local market"


Postingan ini benar2 mencerahkan... such a divine opinion if i must say...

Kijang bagi TAM adalah sejarah, bagian tidak terpisahkan dari Indonesia dan TAM... tetapi bagi TMC, Kijang hanya nama produk lokal.

Sekarang bijimane dengan Apanja setelah TAM mungkin sadar, mereka mulai kehilangan foothold di divisi personal and private use seperti post om hitut...

RWD vs FWD battles? Terdengar konyol hingga nanti TAM mengeluarkan MPV FWD murah... pernyataan2 mereka akan menjadi senjata makan tuan.

newrubble wrote:Ada apa pagi ini pagi ini pak johny bfast dgn bang memet? Jauh bgt makan bubur aja di pulau kecil. Pdhl bubur hostess di jakarta kota kan lbh deket. Mana sanggup warung kecil bayar overthrown king?

Tq for madcat on quote n agree on my comment ...
Tentunya suzi r3 jgn sampe hilang momentum spt saat euphoria pt garuda makmur dg opel blazer nya jaman dulu yg pelan tapi.pasti hrg nya naik dari level 70jt an n market expansion nya dilakukan hanya dgn releasing specdown (blazer sli) n sub specdown (montera)

RWD vs FWD "war" skrg itu ingatkan sy saat 3cyl vs 4cyl war on dai zebra vs suzi carry th94-95 ...bgt byk 3cyl fanatism tanpa mrk sendiri sadar bhw saat itu dai sdg habiskan sisa quota dr principal u selanjutnya jualan 4cyl 16v ...tanpa byk yg sadar bhw suzi bareng mitsi saat itu baru beli partial patent right dr british leyland land rover division u silent shaft technology (silent shaft adalah tradename milik mitsi) yg byk terpasang pd land rover s3 petrol

Wah sy jadi omong far beyond topic. Maaf ya
Gpp om rubble, beyond topic wajar sekali di SM, asal jangan beyond forum... :mky_03:

Ane tadi pagi sedikit tercengang baca pernyataan om rubble, "Pak Johny Darmawan = Overthrown King"...

Setuju sekali om! Sedikit banyak mungkin publik ada yg berpikir demikian.
Saat berita resign nya beliau, grup WASeM uda berdiskusi, apakah Pak Johny korban dari policy nya? Hero turned Zero?


Pun, isu2 mengenai TAM dan Pak Johny sudah ane dengar bulan November kemaren saat meeting dengan salah satu anak perusahaan ASII yang cukup besar. Hanya saja ane ga ngeh hingga the king was dethroned lately.

Mr. X: "madcat, semua lini perusahaan akan berubah. Ada perubahan besar hingga tampuk pimpinan, dan ente pasti tau, this is about Japan not Indonesia".

Ane bingung dengan kalimat itu... dan nama seorang Takeo Fukui rings a bell di otak ane minggu lalu.



Apanja itu suatu hal yang sangat brilliant... tetapi ada beberapa noda dalam karir pak Johny seperti Etios dan Nav-1 yang gagal, juga MarkX yang kalah tender... something goes wrong since that day. Belum lagi benturan Apanja dengan R3 dan terakhir, Monyong. Seakan2 TAM kecele, HPM got TAM asses off guard dengan tiba2 nyebur ke LCGC.

Bukan Brio Sotoy yang jadi senjata HPM, nope, itu hanya decoy. HPM aims for Apanja. Makanya Sotoy di hype gede2an dgn JKT48 sbg brand ambassador, sementara Monyong disiapkan. Sijuki? malah terbalik, R3 dibuat tes pasar, lalu WagonR masuk under LCGC...

Kita lihat saja nanti bijimane gerakan TAM under Fukui-sama... looks like, nothing's the same anymore...

Terima kasih kembali om rubble, postingan om rubble benar2 suatu hal yang ane dan member lain tunggu... such a great opinion. :mky_02:

Cmiiiiauw... <<-*thanks to om shirahngelu...* :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by HouseOfDetailing »

Serius om Modcat?ex kaisar Honda Motor co akan mimpin TAM?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by newrubble »

Mark x itu bukan kalah tender tapi tax factor turned trouble n disini johny punya dua rapor merah

pertama ...saat dia ajukan model ini ke bluebird ...sdh dg harga on road yv tentu sj dg hitung cermat ...dia belajar dr crown comfort
Ini masalah presedence atau kebiasaan di masalalu
tapi pd saat model ini didaftarkan u masuk indo sbg mobil komersil dg tunjukkan work n task order dr bb group ...hanya diberikan pajak sedan reguler
padahal mintanya fasilitas penundaan bea masuk spt dulunya crown comfort (sy tdk bilang cedric 32-33 series krn itu bkn domain TAM)

Kalo fasilitas penundaan bea masuk itu sama sama untung ...bb maupun TAM ...saat tax payment due yaitu phase out period sbg taci fleet ...depreciation by accounting calculation akan masuk sbg tax discount factor. Principal complained krn yg hadap pajak-1 bukan dia sendiri tapi a2k-1 ...knp order besar bisa terbang ...

Ahirnya dg harga onroad yg beda dgn awal perjanjian ...bb tdk jadi order n "bayaran muka" yg sdh di TAM ahirnya jadi 175 units UK/oz spec camry. Pdhl mark x taxi hrsnya jadi pesta besar di toyota city ...Bukan krn quantity order nyq yg cuma 175 confirmed plus 150 option tapi ...petrol JDM surplus u pertama x jadi taxi jauh di sana n mrk fikir ini akan bisa jadi presedence u any next discontinued overstocks JDM sedans ...jual k indo s taxi fleet.

Rapor merah dia yg lain adalah overstock tyt LCGC selama bbrp bln saat tggu govt political product sedangkan ¥ investment sdh brubah jadi LCGC assembly lines yg sempat shutdown bbrp bln krn overstock itu. Saat aturan blm kluar kluar

Customers indo mahfum ...mana pernah indo govt tepat wkt tepat janji tepat action? Tapi principal mana mau tau. Someone must be laid to blame on ...n that person is/was ..... ........
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ChZ »

campoeran wrote:
Dan plus Altis baru yang menurut ane gak bgitu signifikan juga, masih minus VSC :( . Mesin masih sama spt yg FL gen10 . Trus Camry juga serasa paling jadul dibandingkan ama 6 dan accord. Dimana honda dan mazda udah melakukan inovasi2 , toyota masih aja gitu2 aja . Pdhal ane tmsk yg demen ama "feel" dan desainnya toyota loh :big_blushing: .

Eh tp yaris gak laku sunguhan ta bos Chz ? lah di brita sampai indennya bejibun konon ya. Apakah hanya hype aja ?
bukan nggak laku secara unit bro... mungkin lebih tepatnya udah nggak se-populer dulu lagi... ANYasir nggak banyak jadi bahan pembicaraan orang skrg... bahkan ane hampir lupa Yasir udah ganti generasi :big_slap:

ya ane bilang merek-merek underqod skrg wajib diwaspadai sih... masyarakat skrg udah ga liat brand lagi kalo beli mobil.. merek-merek mainstream traffic penjualannya nggak segila dulu :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Turboman »

Kok jadi Blunder ?

Dimana2 sebuah produk / layanan jasa yg trend di pasar / diterima baik oleh pasar, cepat atau lambat pasti akan selalu mengundang pemain lain utk ikut "mencicipi" manisnya kue market tsb

Jadi tentu hal2 spt ini sudah diantisipasi oleh management si "Firstcomer"

IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Apanja itu suatu hal yang sangat brilliant... tetapi ada beberapa noda dalam karir pak Johny seperti Etios dan Nav-1 yang gagal, juga MarkX yang kalah tender... something goes wrong since that day. Belum lagi benturan Apanja dengan R3 dan terakhir, Monyong. Seakan2 TAM kecele, HPM got TAM asses off guard dengan tiba2 nyebur ke LCGC.

Bukan Brio Sotoy yang jadi senjata HPM, nope, itu hanya decoy. HPM aims for Apanja. Makanya Sotoy di hype gede2an dgn JKT48 sbg brand ambassador, sementara Monyong disiapkan. Sijuki? malah terbalik, R3 dibuat tes pasar, lalu WagonR masuk under LCGC...

Kita lihat saja nanti bijimane gerakan TAM under Fukui-sama... looks like, nothing's the same anymore...

Terima kasih kembali om rubble, postingan om rubble benar2 suatu hal yang ane dan member lain tunggu... such a great opinion. :mky_02:

Cmiiiiauw... <<-*thanks to om shirahngelu...* :cupss:
JKT48 :cupss:

jadi sebenernya LCGC justru dimanfaatin Ahond untuk nyerang apanja yak... bukan Agay.... dengan manfaatin Sotoy yang kena skema LCGC, Monyong diluncurkan dengan harga murah... brilliant war strategy on market.... senjata makan tuan bagi TAM ujungnya.... :big_slap:

ditambah publik udah terlanjur bosen dengan apanja yang gitu-gitu aja dari dulu.... :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Xous »

Ane baru tahu om jon uda resign, ketinggalan brita neh hehe. Klo feeling ane opsi TMC berlaku deh sptnya buat si avz, "tbey r not more than just names or portfolios". *g sabar ,menanti avz gen 3 or FL besar2an haha.
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Jerome »

10 thn jd pemimpin pasar & msh smpe skrg udh prestasi yg luar biasa
pasar avanza tergerus sih wajar, namanya jg roda berputar-market bergerak terus, dinamis

apalg pesaing2 nya itu new model semua, caranya hrs dilawan dgn new model jg, gk bs terus ngandelin old model, even itu udh facelift, model change

skrg mobilio mlh udh tembus 10,000 unit di maret
http://www.otosia.com/berita/maret-2014 ... -unit.html

plg nggk utk saat ini TAM udh punya penerus 'eforia' AvXen di Agya-Ayla, yg bakal jd andelan stlh era AvXen
tp gk tau kalo Go+ udh meluncur, klo liat dr komen2 kyknya sales nya bakal bgs, apa duo A msh bs bertahan di papan atas

apakah penggantian si kumis ada hub dgn strategi TAM ke depan ? mis. TMC khawatir dgn posisi TAM skrg
konon tdnya yg mau gantiin di si kumis adalh VP TAM Suparno Djasmin tp tiba2 di "salip" si Fukui
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

HouseOfDetailing wrote:Serius om Modcat?ex kaisar Honda Motor co akan mimpin TAM?
False alarm om... Hiroyuki Fukui ternyata... :big_slap:

Me bad, memory dumping now... :ngacir:



@om rubble: nah, itu juga yang ane coba tebak. Apa gegara MarkX dan LCGC sesuai penjelasan om rubble sehingga pak Johny Darmawan harus bite the dust?

LCGC kesannya jadi proyek TAM gegara pihak TAM benar2 maju terus..., padahal pemerintah maju mundur kanan kiri atas bawah ga jelas seperti biasa... *dan yes, gegara stok ribuan unit dan production facilities terbengkalai. Nilai kerugian pastilah amat sangat besar...*

Apapun itu, Avanza sebagai brain child nya dia, benar2 jadi fenomena selama 10 tahun... Membuat TAM benar2 sangat powerful...
Entah kemana pak Johny Darmawan akan berlabuh lagi.... :ungg:


Wish him all the best... :frm_salut:



Turboman wrote:Kok jadi Blunder ?

Dimana2 sebuah produk / layanan jasa yg trend di pasar / diterima baik oleh pasar, cepat atau lambat pasti akan selalu mengundang pemain lain utk ikut "mencicipi" manisnya kue market tsb

Jadi tentu hal2 spt ini sudah diantisipasi oleh management si "Firstcomer"

IMO & CMIIW
Mungkin maksud blunder maksudnya, Avanza menjadi sebuah inconvenience setelah digempur dan nyaris tidak ada hal yang bisa dilakukan. Pun, Avanza seakan2 menjadi zona nyaman sehingga mungkin, divisi penjualan TAM agak lengah...

bro Chz benar, barusan new casing di 2011, facelift ringan di 2013 gegara R3, dan skr harus menghadapi Monyong. Facelift di 2014? terlalu dekat, new model di 2015? siapa yang tau... :ungg:


ChZ wrote:
madcat015 wrote: Apanja itu suatu hal yang sangat brilliant... tetapi ada beberapa noda dalam karir pak Johny seperti Etios dan Nav-1 yang gagal, juga MarkX yang kalah tender... something goes wrong since that day. Belum lagi benturan Apanja dengan R3 dan terakhir, Monyong. Seakan2 TAM kecele, HPM got TAM asses off guard dengan tiba2 nyebur ke LCGC.

Bukan Brio Sotoy yang jadi senjata HPM, nope, itu hanya decoy. HPM aims for Apanja. Makanya Sotoy di hype gede2an dgn JKT48 sbg brand ambassador, sementara Monyong disiapkan. Sijuki? malah terbalik, R3 dibuat tes pasar, lalu WagonR masuk under LCGC...

Kita lihat saja nanti bijimane gerakan TAM under Fukui-sama... looks like, nothing's the same anymore...

Terima kasih kembali om rubble, postingan om rubble benar2 suatu hal yang ane dan member lain tunggu... such a great opinion. :mky_02:

Cmiiiiauw... <<-*thanks to om shirahngelu...* :cupss:
JKT48 :cupss:

jadi sebenernya LCGC justru dimanfaatin Ahond untuk nyerang apanja yak... bukan Agay.... dengan manfaatin Sotoy yang kena skema LCGC, Monyong diluncurkan dengan harga murah... brilliant war strategy on market.... senjata makan tuan bagi TAM ujungnya.... :big_slap:

ditambah publik udah terlanjur bosen dengan apanja yang gitu-gitu aja dari dulu.... :ungg:
Ane lebih pilih AKB48... :cupss:

BTT... :big_smoking:

Yes... lihat persentasi penjualan Brio Sotoy vs Agay dan Monyong vs Apanja... 1/3 vs 2/3 (roughly and ngawur calculation yak...)

Keliatan sekali, ace in the hole nya HPM adalah Monyong. Sotoy hanya umpan, hanya pembuka jalan... Sementara HPM melihat *ente benar*, mulai jenuh nya pasar MPV <200jeteng dan menggempur dengan Monyong. HPM benar2 brilliant, volume maker di Monyong... dan ane salut dengan strategi kucing2an HPM... Biarkan musuh menyerang ke daerah yang lebih lemah, korbankan daerah tersebut, give a little fight there, tapi kekuatan utama di putar ke samping atau belakang, dan menghajar wilayah terpenting musuh...

Enemy goes kaput.



Ane ga bisa bayangkan seandainya Monyong benar2 menggunakan interior City dan headlamp trapesium RB/FB... Comot aja enjin L13 dan CVT, rubah gear ratio dan karakter enjin menjadi low rev torque... Benar2 bakalan jadi deus ex machina HPM...
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Turboman »

semakin banyak kompetitor akan menguntungkan customer

Saatnya Apansah dibenahi dgn ABS di semua variant / konstruksi safety lebih baik / disain suspensi belakang lebih baik

Yang ane dan teman2 pengguna Ipah tunggu : Pesaing Ipah dr merek lain yg sama2 berkonstruksi ladder frame dan mesin Diesel CRD serta pintu belakang buka ke atas

Biar si Ipah ada perubahan dan enggak gitu2 aja

Dah....itu aja dari sisi kacamata konsumen.....krn ane bukan kerja di ATPM / supplier ke ATPM, jadi pasar makin gempur2-an ane makin seneng.....hayuh dah biar saling hajar2-an sampe bonyok dan kemudian muncul inovasi2 / fitur2 yg menguntungkan konsumen
:mky_02:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by madcat015 »

Turboman wrote:semakin banyak kompetitor akan menguntungkan customer

Saatnya Apansah dibenahi dgn ABS di semua variant / konstruksi safety lebih baik / disain suspensi belakang lebih baik

Yang ane dan teman2 pengguna Ipah tunggu : Pesaing Ipah dr merek lain yg sama2 berkonstruksi ladder frame dan mesin Diesel CRD serta pintu belakang buka ke atas

Biar si Ipah ada perubahan dan enggak gitu2 aja

Dah....itu aja dari sisi kacamata konsumen.....krn ane bukan kerja di ATPM / supplier ke ATPM, jadi pasar makin gempur2-an ane makin seneng.....hayuh dah biar saling hajar2-an sampe bonyok dan kemudian muncul inovasi2 / fitur2 yg menguntungkan konsumen
:mky_02:

Jadi ingat Tata Aria... :ungg:

Good engine, heavy steering, lousy built quality, reliabilitas masih dipertanyakan. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Tomiko_Van »

Seru juga baca ulasan para master disini.. Ada beberapa point yg menggelitik ane di diskusi ini.

1. Avanza menjadi blunder TAM??
Kalau dilihat secara jualan/volume penjualan, sebenarnya tidak juga. Karena Avanza sukses jualan diatas 4-digit unit setiap bulannya, walaupun dgn suksesnya pesaing2 mereka.

Ane setuju juga bahwa paling tidak untuk saat ini (dan mungkin 5-tahunan ke depan), para pembeli "konservatif" masih akan mendominasi di Indonesia (kita bicara nasional, bukan di kota besar seperti JKT, atau SBY).

Tapi nantinya dgn kemajuan informasi & pengetahuan bisajadi mobil keluarga yg di-idamkan adalah FWD, dgn tampilan seperti pesaing2nya sekarang ini. Paling tidak TAM harus melek mata bahwa persaingan ke depan akan semakin berat.

2. JD Mundur dari TAM (welcome Fukui-san)
Bisajadi bahwa Org Jepang yg memegang pucuk pimpinan TAM (apalagi beliau ada experience di Toyota US), agar Toyota di Indonesia bisa menjadi lebih "Global" sudut pandangnya. Global disini maksudnya pandangan bahwa jualan mobil di Indonesia harus mobil yg "selera Indonesia" (RWD, dll) bisa digantikan dgn mobil yg spec-nya global & mendunia.

Dan pastinya beliau mempunyai pandangan berbeda tentang arah perkembangan Toyota Indonesia ke depannya. Contohnya seperti Toyota memiliki segudang type MPV dan mayoritas adalah FWD, mengapa Toyota tidak bermain di area tsb (walaupun harus menelan ludah sendiri -strategy Era JD- bahwa mereka pro-RWD MPV)


Dan akhirnya ane sebagai konsumen & pengamat cuma berharap pergantian ini bisa berdampak buat Toyota Indonesia lebih baik.
アイドリング!!!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by Turboman »

Tomiko_Van wrote:Global disini maksudnya pandangan bahwa jualan mobil di Indonesia harus mobil yg "selera Indonesia" (RWD, dll) bisa digantikan dgn mobil yg spec-nya global & mendunia.
Kualitas Jalanan di kita spec-nya udah spt jalanan negara maju belom oom ?????
:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3215
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Toyota Avanza, dari anak emas menjadi blunder TAM?

Post by walid_007 »

Wait...

Jika mobilio bisa murah krn ada brio yg masuk lcgc, berarti konsumen salah pilih barang dong, masa mobilio yang bermodal lcgc, tp dijual seharga avanza yang memang levelnya diatas lcgc?

Masa pembeli mobilio gak sadar , klo jok, dan dashboardnya sama dengan mobil 100juta
engine roaring!