Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by ricz »

Gw pribadi sih lebi suka kunci model biasa krn tetap ada didalam mbl en ga kececer kemana"...

Pernah sekali kunci CRV keselip di tas nyokap, begitu pas gw mau jalanin mbl, ndilalah itu speedo bunyi trus tampil tulisan "NO KEY", untung si nyokap baru jalan keluar mbl jadi bisa minta kuncinya ke dia... :mky_01:

Just another opinion dari nubietol jadul bin geblek... :mky_01:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by WongZo »

ricz wrote:Gw pribadi sih lebi suka kunci model biasa krn tetap ada didalam mbl en ga kececer kemana"...

Pernah sekali kunci CRV keselip di tas nyokap, begitu pas gw mau jalanin mbl, ndilalah itu speedo bunyi trus tampil tulisan "NO KEY", untung si nyokap baru jalan keluar mbl jadi bisa minta kuncinya ke dia... :mky_01:

Just another opinion dari nubietol jadul bin geblek... :mky_01:
Stuju tuh, apalagi klw misalnya lgi ga hoki tiba" error, tr gabisa starter atau gabisa lock atau unlock. Pernah pengalaman tmen pke yasir S limited, batrenya tiba" abis, trus gabisa distarter sama sekali, jdi keliling mall cari batre akhirnya ke bengkel toyota yg jaraknya 200m dri mall bwt beli dlu batre :frm_bang_head:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by ChZ »

ricz wrote:Gw pribadi sih lebi suka kunci model biasa krn tetap ada didalam mbl en ga kececer kemana"...

Pernah sekali kunci CRV keselip di tas nyokap, begitu pas gw mau jalanin mbl, ndilalah itu speedo bunyi trus tampil tulisan "NO KEY", untung si nyokap baru jalan keluar mbl jadi bisa minta kuncinya ke dia... :mky_01:

Just another opinion dari nubietol jadul bin geblek... :mky_01:
jadi inget kejadian sekitar 3-4th yang lalu.....

kasus #1
ceritanya ane belom lancar nyetir, masih piyik.... ke tempat les-lesan pake T31, didampingin nyokap. krn ane cuma didrop, otomatis enjin ga dimatiin, nyokap langsung jalan. begitu smp rumah bingung kok kuncinya kagak ada, ane ditelpon, beneran keselip di kantong :big_slap:

kasus #2
di mobil yang sama (X-Trail T31), nyokap habis mindahin mobil. krn modelnya knop puter dan sangat-sangat ringan (seriously), sehingga sulit mbedain OFF dan ACC. lah mungkin nyokap lagi buru-buru, ternyata posisi knop masih di ACC, dan baru sadar h+2.... tekor dah tuh aki.... :big_slap:

dan kasus-kasus berikutnya.... di GV bokap sering banget lupa nurunin kunci.... kebiasaan kunci ditaruh di konsol tengah. menyebabkan ane terkadang bingung cari kunci GV kalo habis dipake bokap.... :big_slap:

lbih demen konvensional sih.... more simple i guess.... resiko lupa nurunin kunci/kunci keselip sangat minim... kalo matiin mobil kunci sudah otomatis berada di tangan, udah autopilot kalo habis cabut langsung masukin kantong :ungg: atau ane yang gaptek nggak cocok sama perkembangan teknologi :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by pilotgaruda »

AD74YA wrote:
VanzMatic wrote:
AD74YA wrote: - cut -



Di bentley udah ada sih pakai voice gitu..
Sedap beneeer koleksi nya om helm putih....Macam B bersayap yang ada di film 2012....

andai aja kayak om helm putih ya, tinggal Hatchiing gitu aja, logo B bersayap udah bertengger siap di TD...

.............................. :ngacir: :ngacir:
Buseettt... yang dateng biasanya odong-odong sih kerumah... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
hosea wrote:Thanks bgt infonya...terutama ACC masih bisa difungsikan.
Satu hal lagi apakah kalau mobil lagi jalan (posisi tuas selain N), tombol tsb jika tdk sengajka ditekan misalnya oleh anak2, apakah mobil akan berhenti mendadak? Kalau di impreza letak tombol ini di sebelah kana setir jadi lebih aman dr jangkauan anak2.
Betul berhenti, tapi tidak mendadak diatas kecepatan 20 kpj. Biasanya ada sistem failsafe, mesin mobil akan mati, tapi mobil akan terus jalan.. Tapi untuk starter lagi harus posisi diam.

CMIIW
Oom..nambain dikit
tombol kudu dipencet berkali2 baru mesin mati..kalo cuma sekali ga akan mati..
(at least di CX5, Serena, Subaru, CRV ga mati kl cm pencet sekali, ane tes langsung pas lg tes drive)...
pas test serena lagi jalan, ane pencet sekali ga mati..trus pas ane pencet berkali2 baru mesin mati..tp masi meluncur, cm ga bisa distart...kudu berenti dulu...

kalo soal batre abis, biasana ada tips n trickna buat idupin mesin, misal cx5, tempelin ke tombol start stop kl ga sala, baru pencet on..(perna liat tutorialna di utube) cmiiw...

kl ane mau beli mobil baru, ni fitur kudu ada. jd ga perlu repot2 cari2 kunci di tas (ane taro kunci mobil di tas, bukan di kantong soale)
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by imingwahyudi »

Bermanfaat bagi clumsies like me :mky_01:

Suka ketinggalan kunci mobil mulu soalnya :wkkk:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by madcat015 »

Bermanfaat, asal mobil bisa menjerit saat kunci tidak berada dalam range radionya... :mky_03:

*sering kelupaan matiin mesin kapal, sampe carport, buka pintu lgs ngloyor ke dalam, keyless kapal yang tipis parkir di dompet beserta segala macam kartu...* :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ardhixputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Aug 10, 2016 1:19

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by ardhixputra »

VanzMatic wrote:Enakan kalo mau nyalain mesin tinggal bilang..

"Engine Start!"


kabur ah................. :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire: :ngacir: :ngacir:


Sudah ada bos cara menyalakan mesin dengan Voice kontrol (kontrol suara)
mobil apapun bisa dipasangi modul ini,

cek video nya disini :
https://www.youtube.com/watch?v=5DNHzt7 ... e=youtu.be

softwarenya dapat didownload di play store : Start stop Engine
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by newrubble »

start stop button selalu ingatkan.sy pd dua mobil kuno meski kunci hrs tancap dulu di tempat nya

benz ponton LHD .... s.s.button ada di kanan tdk jauh dr steering column .... warna merah n menyala warna merah terang bgitu kunci terpasang n di putar sampai bunyi 'click' (steering wheel lock released)

gaz69 (military version bukan yg ex state dept agriculture) aslinya tdk ada kunci .... buka pintu .... duduk (LHD) n cari big silver object right side of gas pedal ..... engine ignition on di situ ..... engine cut off yg mirip kunci terpasang permanent ada tdk jauh dr meter cluster
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4385
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by ginting »

jadi inget jaman kijang super pakai kunci ding dong...
kadang ada orang ngunci pintu dengan cara : tekan tombol dalam, di doortrim...lalu handle pintu luar ditarik ke atas lalu sambil di banting....uuppsss..lupa kunci masih nggaantung di kolom stiir...cari penggaris besi solusinya...#congkel..
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by ransyah1234 »

Saya ga suka start stop engine
Mbulet rasanya..untuk hal sederhana yg ga perlu dibuat kompleks
Ya walaupun ga mempengaruhi jadi atau tidaknya milih mobil kalau ada atau tidak ada fitur ini

Yg menurut saya keren..kuncinya w204..tetep colok puter tapi gak bare metal gitu
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by geofreyap »

# Pros (menurut oe) :
1. Tidak ada suara kunci berisik kalau lagi jalan rusak. ( i hate rattles )

2. Mengurangi resiko flywheel somplak karena cukup 1x tekan ( tidak perlu di tahan) mesin akan menyala.
Di mobil jadul, kalo mesin udh nyala trus kunci kita arahin ke START, dinamo starter masih kerja. Itu yg bikin resiko kerusakan.

3. Ringkas. Ukuran relatif kecil.

# Cons ( menurut oe ) :
1. Apa ya.. Hmmm...

# Grey area ( menurut oe ) :
1. Kunci cukup di kantong.
Kadang menguntungkan.. Terutama kalau banyak bawaan di tangan.
Tapi kalo taruh di kantong celana saat driving, biasanya kunci merosot keluar sendiri trus jatoh, trus masuk kolong kursi.. Malah nyusahin..

2. Proses ignite & kill engine yg terlalu mudah.
Kalau ada bocah kecil, harus waspada..
Tapi buat kita yg sudah ngerti, jadi memudahkan kita..

#Tambahan :
1. ACC = push the button 1x tanpa injak rem
ON = push the button 2x tanpa injak rem
START = push the button 1x sambil injak rem
Di mazda sih bgitu.
Jadi elektronik bisa nyala tanpa harus start engine.

2. Batre habis / signal terganggu ?
Pakai kunci manual yg di tanam tersembunyi di kuncinya utk buka pintu.
Kalau mau start engine, tekan button nya pakai kuncinya, biar sensor ke detect. ( di mazda sih bgitu )

Lain halnya kalau aki mobil yg habis.. Bohwat dah... Hehehe... :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
narji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sat Mar 15, 2014 9:36

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by narji »

Sangat bermanfaat sekali.. misal sedang dikejar-kejar penjahat.. karena gugup kalau pake kunci biasanya susah masukin ke lubang kunci.. kalau pake start stop engine tinggal teken tombol, tancap gas kabur.. :mky_01:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by egibaio »

Buat saya sih ini fitur bermanfaat, terutama keyless entry. Kalau lari2 lagi hujan tinggal tarik handle lgsg masuk mobil. No need to fumble for key first
User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by B3M0 »

egibaio wrote:Buat saya sih ini fitur bermanfaat, terutama keyless entry. Kalau lari2 lagi hujan tinggal tarik handle lgsg masuk mobil. No need to fumble for key first

Setuju sama agan ini


Sent from ladies room
sent from ladies room :e-whistle:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by b8099ok »

geofreyap wrote:# Pros (menurut oe) :
1. Tidak ada suara kunci berisik kalau lagi jalan rusak. ( i hate rattles )

2. Mengurangi resiko flywheel somplak karena cukup 1x tekan ( tidak perlu di tahan) mesin akan menyala.
Di mobil jadul, kalo mesin udh nyala trus kunci kita arahin ke START, dinamo starter masih kerja. Itu yg bikin resiko kerusakan.

3. Ringkas. Ukuran relatif kecil.

# Cons ( menurut oe ) :
1. Apa ya.. Hmmm...

# Grey area ( menurut oe ) :
1. Kunci cukup di kantong.
Kadang menguntungkan.. Terutama kalau banyak bawaan di tangan.
Tapi kalo taruh di kantong celana saat driving, biasanya kunci merosot keluar sendiri trus jatoh, trus masuk kolong kursi.. Malah nyusahin..

2. Proses ignite & kill engine yg terlalu mudah.
Kalau ada bocah kecil, harus waspada..
Tapi buat kita yg sudah ngerti, jadi memudahkan kita..

#Tambahan :
1. ACC = push the button 1x tanpa injak rem
ON = push the button 2x tanpa injak rem
START = push the button 1x sambil injak rem
Di mazda sih bgitu.
Jadi elektronik bisa nyala tanpa harus start engine.

2. Batre habis / signal terganggu ?
Pakai kunci manual yg di tanam tersembunyi di kuncinya utk buka pintu.
Kalau mau start engine, tekan button nya pakai kuncinya, biar sensor ke detect. ( di mazda sih bgitu )

Lain halnya kalau aki mobil yg habis.. Bohwat dah... Hehehe... :D
Flywheel somplak?
Mobil skr, yg dah pake multiplek system atau canbus, itu konci switch cm murni sebagai signal switch. Yg command starter motor tetep si body control module. Coba cek aja miras yg pake konci ala gembok. Flick the key as fast as you can. It wont start.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Image
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by martinnn »

another gimmick :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:
:big_biglaugh:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by geofreyap »

b8099ok wrote:
geofreyap wrote:# Pros (menurut oe) :
1. Tidak ada suara kunci berisik kalau lagi jalan rusak. ( i hate rattles )

2. Mengurangi resiko flywheel somplak karena cukup 1x tekan ( tidak perlu di tahan) mesin akan menyala.
Di mobil jadul, kalo mesin udh nyala trus kunci kita arahin ke START, dinamo starter masih kerja. Itu yg bikin resiko kerusakan.

3. Ringkas. Ukuran relatif kecil.

# Cons ( menurut oe ) :
1. Apa ya.. Hmmm...

# Grey area ( menurut oe ) :
1. Kunci cukup di kantong.
Kadang menguntungkan.. Terutama kalau banyak bawaan di tangan.
Tapi kalo taruh di kantong celana saat driving, biasanya kunci merosot keluar sendiri trus jatoh, trus masuk kolong kursi.. Malah nyusahin..

2. Proses ignite & kill engine yg terlalu mudah.
Kalau ada bocah kecil, harus waspada..
Tapi buat kita yg sudah ngerti, jadi memudahkan kita..

#Tambahan :
1. ACC = push the button 1x tanpa injak rem
ON = push the button 2x tanpa injak rem
START = push the button 1x sambil injak rem
Di mazda sih bgitu.
Jadi elektronik bisa nyala tanpa harus start engine.

2. Batre habis / signal terganggu ?
Pakai kunci manual yg di tanam tersembunyi di kuncinya utk buka pintu.
Kalau mau start engine, tekan button nya pakai kuncinya, biar sensor ke detect. ( di mazda sih bgitu )

Lain halnya kalau aki mobil yg habis.. Bohwat dah... Hehehe... :D
Flywheel somplak?
Mobil skr, yg dah pake multiplek system atau canbus, itu konci switch cm murni sebagai signal switch. Yg command starter motor tetep si body control module. Coba cek aja miras yg pake konci ala gembok. Flick the key as fast as you can. It wont start.
Oiya ya om? Oe kurang paham sih mecanism nya..
Tp dulu jaman pake papanja kalo engine udh nyala trus kita orang iseng puter itu kunci ke start, motor starter nya masih ngangkat.. Jadi suara sreeekkk sreekkk.. Bgitu...
Anw, thx for enlightened us.. :)
martinnn wrote:another gimmick :big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:
Post ini refer ke topic atau ke post seseorang ?
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?

Post by pitbull »

hosea wrote:Dear all SM fellow,

mohon pendapat dari teman2 terutama yg sdh pake/punya mobil dgn fitur tombol start stop engine (contoh di mazda CX5, honda civic 2.0, focus 2.0, dll). Apakah fitu ini lebih banyak manfaatnya dalam keseharian ato malah banyak merepotkan?

Bbrp hal yg saya pikirkan (sorry kalau keliru tlg dikoreksi) :
1. Manfaat : tdk ada kunci kontak yg menggantung saat mobil jalan, tidak perlu mengeluarkan kunci dari saku kalau mau menyalakan mobil
2. Repotnya : kalau kena medan magnet yg cukup besar dan X-ray, signal bisa error dan harus di reset di beres, kalau baterai habis ga bisa dipakai (mesti sedia baterai cadangan di mobil), kalau mau pakai power window atau menyalakan radio/peralatan elektronik lainnya, harus menyalakan mesin (kalau di model biasa, tinggal putar kunci ke posisi "acc" tanpa start mesin). Padahal kita kadang lupa menutup window saat mesin sdh telajur dimatikan dan kita ga mau membuat kebisingan yg mengganggu terutama kalau sdh malam hari.

Dari kedua hal diatas kok saya merasa fitur ini lbh banyak repotnya dr manfaatnya< maaf kalau terlalu dini ambil kesimpulan>.
karena itu mohon rekan2 memberi masukan/pengalaman....

thanks for reading
baru denger kunci ada kasus error harus reset di beres? kira2 mobil apa yang pernah kejadian?

batre habis, tinggal masukin kunci ke slot darurat ataupun cara tiap mobil bisa nyalakan mobil dengan batre remote habis.

mau nyalain power window dll bisa seperti kunci manual gak harus nyalain mesin cuma aktifkan ke posisi stand by. biasanya caranya tekan tombol start tanpa injak rem.

gw cuma sering kejadian drop bini, kuncinya kebawa doi, untungnya pas keluar tutup pintu langsung bunyi biipp biippp

untuk anak kecil, dari sejak umur hari 1 sudah saya wajibkan gak boleh duduk di depan.

mobil saya pasang headunit android DIY, sebelum keluar mobil saya dengerkan dulu suara cewe bilang Car power off. see you again mr bond. baru deh keluar mobil.