Terserah om aja... Payah kali ngomong sama om ini [/quote]amfibi wrote:
ngelantur sih kagak..
kan bahas masalah fitur..
jgn terlalu kaku gitu dong om..segi pandang dari yg luas kan buat kita bisa liat jelas, maksud produsen itu maunya apa
Review Mazda6 2014
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Jan 18, 2014 9:14
Re: Review Mazda6 2014
ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.
hal simpel begini dibikin ribet
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
nah kan, ga perlu aki khususbennybin wrote:ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.
hal simpel begini dibikin ribet
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Mazda6 2014
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.bennybin wrote:ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.
hal simpel begini dibikin ribet
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 94#p731694
lha tuh sampeyan tanya sendiri di thread itu, dijawab sama bro Ola yang pengguna CX-5....
Hal spt ini saya sih lebih percaya mekanik ya.... mending konsul ke mekanik BeRes langsung... nanya spesifikasi accu.... jawaban admin twitter Mazda Indo itu agak rancu sih... kurang teknis... maksudnya bijimane yak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
susah dah..wong yg ngejual mobilnya ada dilawan..padahal pernyataan resmi
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Mazda6 2014
sewot amet namanya juga CMIIW : Correct Me If I'm Wrong.montirangin wrote:susah dah..wong yg ngejual mobilnya ada dilawan..padahal pernyataan resmi
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
CMIIW itu dipakai kalo belom jelas jawabannya.ChZ wrote:sewot amet namanya juga CMIIW : Correct Me If I'm Wrong.montirangin wrote:susah dah..wong yg ngejual mobilnya ada dilawan..padahal pernyataan resmi
tapi kl udah ada jawaban dari Mazda resminya, masih CMIIW artinya apa?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: Review Mazda6 2014
Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Mazda6 2014
Sabar om... rada2 emg si montirangin ini...campoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Mazda6 2014
tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
dibilangin pake aki khusus ga percaya
ntar kalo diganti aki biasa terjadi electrical fault, maki-maki ATPM...
kasian bener ATPM
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Sat Jan 18, 2014 9:14
Re: Review Mazda6 2014
ane jg masih cari infonya mana yang bener. mungkin ada yg udah pengalaman ganti. logikanya kalau udah pake cap bank kenapa harus aki khusus. gitu broChZ wrote:
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 94#p731694
lha tuh sampeyan tanya sendiri di thread itu, dijawab sama bro Ola yang pengguna CX-5....
Hal spt ini saya sih lebih percaya mekanik ya.... mending konsul ke mekanik BeRes langsung... nanya spesifikasi accu.... jawaban admin twitter Mazda Indo itu agak rancu sih... kurang teknis... maksudnya bijimane yak...
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Mazda6 2014
dari pengguna CX-5 sih pada bilang aki khusus....bennybin wrote:ane jg masih cari infonya mana yang bener. mungkin ada yg udah pengalaman ganti. logikanya kalau udah pake cap bank kenapa harus aki khusus. gitu broChZ wrote:
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 94#p731694
lha tuh sampeyan tanya sendiri di thread itu, dijawab sama bro Ola yang pengguna CX-5....
Hal spt ini saya sih lebih percaya mekanik ya.... mending konsul ke mekanik BeRes langsung... nanya spesifikasi accu.... jawaban admin twitter Mazda Indo itu agak rancu sih... kurang teknis... maksudnya bijimane yak...
ga tau kalo Biante yak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1172
- Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03
Re: Review Mazda6 2014
Sebelumnya sorryChZ wrote:tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
dibilangin pake aki khusus ga percaya
ntar kalo diganti aki biasa terjadi electrical fault, maki-maki ATPM...
kasian bener ATPM
Ga memihak k siapa2 ogut
Tapi bener kata bro Chris, kalo cx-5 pke aki khusus utk i-stopnya
Dlu d Lippo Karawaci ane ada obrolan sama sales pas ngliat CX-5 GT
P : Ini mobilnya kopling ?
S : Bukan pak matic ini
P : (ogut liat k dalem dan trnyata bener .. ada tombol shiftlock spt d fortie ipah)
P : untuk fitur yg mati sndiri itu ngabisin aki dong ?
S : nah itu bnyk d tnya orang pak m kita pake aki khusus . Ada battery khusus utk fitur itu
P : (dalem ati ngomong .. jadi kepengen mobil ini )
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Mazda6 2014
Tuh buktinya bertambahPrestige wrote:Sebelumnya sorryChZ wrote:tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
dibilangin pake aki khusus ga percaya
ntar kalo diganti aki biasa terjadi electrical fault, maki-maki ATPM...
kasian bener ATPM
Ga memihak k siapa2 ogut
Tapi bener kata bro Chris, kalo cx-5 pke aki khusus utk i-stopnya
Dlu d Lippo Karawaci ane ada obrolan sama sales pas ngliat CX-5 GT
P : Ini mobilnya kopling ?
S : Bukan pak matic ini
P : (ogut liat k dalem dan trnyata bener .. ada tombol shiftlock spt d fortie ipah)
P : untuk fitur yg mati sndiri itu ngabisin aki dong ?
S : nah itu bnyk d tnya orang pak m kita pake aki khusus . Ada battery khusus utk fitur itu
P : (dalem ati ngomong .. jadi kepengen mobil ini )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
ya hak ane ngomong dong..campoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
kl ente lebih percaya mekanik ya urusan ente..banyak koq org lebih percaya dukun dibanding dokter
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
ga perlu sorry om..Prestige wrote:
Sebelumnya sorry
Ga memihak k siapa2 ogut
Tapi bener kata bro Chris, kalo cx-5 pke aki khusus utk i-stopnya
Dlu d Lippo Karawaci ane ada obrolan sama sales pas ngliat CX-5 GT
P : Ini mobilnya kopling ?
S : Bukan pak matic ini
P : (ogut liat k dalem dan trnyata bener .. ada tombol shiftlock spt d fortie ipah)
P : untuk fitur yg mati sndiri itu ngabisin aki dong ?
S : nah itu bnyk d tnya orang pak m kita pake aki khusus . Ada battery khusus utk fitur itu
P : (dalem ati ngomong .. jadi kepengen mobil ini )
kl ane ga tau, ane ya tanya ke mazdanya..tapi kan sama seperti dokter, dokter suruh operasi, belom tentu juga bener kan..
kecuali ane paksa bilang, kagaaa..itu aki biasaa..itu ane salah..tapi ane cuman dpt reference yg di twitternya mazda indonesia aja
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review Mazda6 2014
Halo all, wah udah berapa halaman iki ngebahas aki thok hehe..
Kalau newbie boleh bantu, sebenernya diantara 2 pendapat apakah 6/CX-5 pakai baterai khusus atau tidak jawabannya adalah; Ya, dari bawaannya pakai, tapi Tidak apa2 menggunakan battery biasa karena support parts lain yang cukup advanced seperti CapBank nya.. Lho? Kok kepiye?
Jadi gini... 6/CX5 menggunakan aki bawaan yang bertipe Enhanced Flooded Battery atau EFB, yang merupakan tipe battery pertama yang di develop semenjak SSV mulai keluar (start-stop vehicle). Bahasa montir EFB = aki khusus. Long story short, karena SSV konvensional hanya menggunakan aki saja untuk back up power saat menggunakan fitur start stop, maka membutuhkan aki yang lebih tahan lama ketimbang aki biasa karena pada keadaan SS, mesin mati tapi ac, audio dan lampu2 tetep nyala, jadi aki discharge tanpa di charge. EFB ini memiliki kapasitas antara 2-4x kemampuan aki biasa, jadi long lasting, selalu punya back up capacity walau mati mesinnya lama.
Sayangnya, jika hanya mengandalkan EFB saja, maka aki EFB pun juga akan tetep rusak jika saat kondisi SS mobil matinya lama.
Oleh karena itu, Mazda dengan cerdasnya menggunakan CapBank, yang mana bisa discharge tanpa membutuhkan aki sama sekali saat kondisi mesin mati, oleh karena itu, SSV Mazda (6/CX5) tetap akan bisa menggunakan aki biasa (jadi ada benernya juga tu twitter). Hanya saja berhubung Jonfis gak di Mazda, 6/CX5 tetap di berikan aki EFB sebagai back up ketika CapBank nya trouble. Pada akhirnya jika EFB nya tidak terpakai, pada penggunaan normal aki EFB nya bisa bertahan 2-4x lebih lama dari aki biasa karena sudah masuk diatasnya kelas aki super maintenance free.
Kekurangan sistem SSV Mazda adalah; karena mengandalkan CapBank sebagai main source nya, maka kapasitas listrik yang disimpan terbatas, mengakibatkan matinya mesin dalam kondisi SS tidak bisa terlalu lama, kurang lebih 20 detik sebelum nyala lagi karena kapasitas CapBank nya mau habis. Hanya karena CapBank discharge nya lebih cepat ketimbang aki biasa, nyala mesinnya bisa jauh lebih cepat dan lebih smooth. Oya, dan support parts lain tidak akan buat mesinnya rusak; contoh busi bawaan sudah super iridium, dll. Kalau di data satu2, Mazda lebih canggih sistem SSV nya ketimbang Mercedes sekalipun.
CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk
Kalau newbie boleh bantu, sebenernya diantara 2 pendapat apakah 6/CX-5 pakai baterai khusus atau tidak jawabannya adalah; Ya, dari bawaannya pakai, tapi Tidak apa2 menggunakan battery biasa karena support parts lain yang cukup advanced seperti CapBank nya.. Lho? Kok kepiye?
Jadi gini... 6/CX5 menggunakan aki bawaan yang bertipe Enhanced Flooded Battery atau EFB, yang merupakan tipe battery pertama yang di develop semenjak SSV mulai keluar (start-stop vehicle). Bahasa montir EFB = aki khusus. Long story short, karena SSV konvensional hanya menggunakan aki saja untuk back up power saat menggunakan fitur start stop, maka membutuhkan aki yang lebih tahan lama ketimbang aki biasa karena pada keadaan SS, mesin mati tapi ac, audio dan lampu2 tetep nyala, jadi aki discharge tanpa di charge. EFB ini memiliki kapasitas antara 2-4x kemampuan aki biasa, jadi long lasting, selalu punya back up capacity walau mati mesinnya lama.
Sayangnya, jika hanya mengandalkan EFB saja, maka aki EFB pun juga akan tetep rusak jika saat kondisi SS mobil matinya lama.
Oleh karena itu, Mazda dengan cerdasnya menggunakan CapBank, yang mana bisa discharge tanpa membutuhkan aki sama sekali saat kondisi mesin mati, oleh karena itu, SSV Mazda (6/CX5) tetap akan bisa menggunakan aki biasa (jadi ada benernya juga tu twitter). Hanya saja berhubung Jonfis gak di Mazda, 6/CX5 tetap di berikan aki EFB sebagai back up ketika CapBank nya trouble. Pada akhirnya jika EFB nya tidak terpakai, pada penggunaan normal aki EFB nya bisa bertahan 2-4x lebih lama dari aki biasa karena sudah masuk diatasnya kelas aki super maintenance free.
Kekurangan sistem SSV Mazda adalah; karena mengandalkan CapBank sebagai main source nya, maka kapasitas listrik yang disimpan terbatas, mengakibatkan matinya mesin dalam kondisi SS tidak bisa terlalu lama, kurang lebih 20 detik sebelum nyala lagi karena kapasitas CapBank nya mau habis. Hanya karena CapBank discharge nya lebih cepat ketimbang aki biasa, nyala mesinnya bisa jauh lebih cepat dan lebih smooth. Oya, dan support parts lain tidak akan buat mesinnya rusak; contoh busi bawaan sudah super iridium, dll. Kalau di data satu2, Mazda lebih canggih sistem SSV nya ketimbang Mercedes sekalipun.
CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38
Re: Review Mazda6 2014
Newbie?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Review Mazda6 2014
Tuh udh ad penjelasan dari dewa yg ngaku" masih newbie
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
AD74YA wrote:Halo all, wah udah berapa halaman iki ngebahas aki thok hehe..
Kalau newbie boleh bantu, sebenernya diantara 2 pendapat apakah 6/CX-5 pakai baterai khusus atau tidak jawabannya adalah; Ya, dari bawaannya pakai, tapi Tidak apa2 menggunakan battery biasa karena support parts lain yang cukup advanced seperti CapBank nya.. Lho? Kok kepiye?
Jadi gini... 6/CX5 menggunakan aki bawaan yang bertipe Enhanced Flooded Battery atau EFB, yang merupakan tipe battery pertama yang di develop semenjak SSV mulai keluar (start-stop vehicle). Bahasa montir EFB = aki khusus. Long story short, karena SSV konvensional hanya menggunakan aki saja untuk back up power saat menggunakan fitur start stop, maka membutuhkan aki yang lebih tahan lama ketimbang aki biasa karena pada keadaan SS, mesin mati tapi ac, audio dan lampu2 tetep nyala, jadi aki discharge tanpa di charge. EFB ini memiliki kapasitas antara 2-4x kemampuan aki biasa, jadi long lasting, selalu punya back up capacity walau mati mesinnya lama.
Sayangnya, jika hanya mengandalkan EFB saja, maka aki EFB pun juga akan tetep rusak jika saat kondisi SS mobil matinya lama.
Oleh karena itu, Mazda dengan cerdasnya menggunakan CapBank, yang mana bisa discharge tanpa membutuhkan aki sama sekali saat kondisi mesin mati, oleh karena itu, SSV Mazda (6/CX5) tetap akan bisa menggunakan aki biasa (jadi ada benernya juga tu twitter). Hanya saja berhubung Jonfis gak di Mazda, 6/CX5 tetap di berikan aki EFB sebagai back up ketika CapBank nya trouble. Pada akhirnya jika EFB nya tidak terpakai, pada penggunaan normal aki EFB nya bisa bertahan 2-4x lebih lama dari aki biasa karena sudah masuk diatasnya kelas aki super maintenance free.
Kekurangan sistem SSV Mazda adalah; karena mengandalkan CapBank sebagai main source nya, maka kapasitas listrik yang disimpan terbatas, mengakibatkan matinya mesin dalam kondisi SS tidak bisa terlalu lama, kurang lebih 20 detik sebelum nyala lagi karena kapasitas CapBank nya mau habis. Hanya karena CapBank discharge nya lebih cepat ketimbang aki biasa, nyala mesinnya bisa jauh lebih cepat dan lebih smooth. Oya, dan support parts lain tidak akan buat mesinnya rusak; contoh busi bawaan sudah super iridium, dll. Kalau di data satu2, Mazda lebih canggih sistem SSV nya ketimbang Mercedes sekalipun.
CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk
penjelasan top class!! makassihhh om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Review Mazda6 2014
Yg Master "nubie" turun gunung neh..
Langsung settle down permasalahan aki..
Bravoo...
Ditunggu review2 mobil berikutnya Om Master "nubie"
Langsung settle down permasalahan aki..
Bravoo...
Ditunggu review2 mobil berikutnya Om Master "nubie"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
^^
Mudah2an yg lain yg "nubie" jg turun gunung dulu biar bisa bantu
Mudah2an yg lain yg "nubie" jg turun gunung dulu biar bisa bantu
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review Mazda6 2014
Dalam waktu dekat newbie akan review salah satu LCGC lain lagi oom xtraordinary..
Cuman lagi gada waktu ngetik saja.. He he he
Cuman lagi gada waktu ngetik saja.. He he he
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review Mazda6 2014
ditunggu omm!! selalu ditunggu review superb nyaAD74YA wrote:Dalam waktu dekat newbie akan review salah satu LCGC lain lagi oom xtraordinary..
Cuman lagi gada waktu ngetik saja.. He he he
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Mazda6 2014
ahh thank you oom helm, as always, superb explanation!AD74YA wrote: CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk
newbie?
feeling ane ga enak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7