Terserah om aja... Payah kali ngomong sama om iniamfibi wrote:
ngelantur sih kagak..
kan bahas masalah fitur..
jgn terlalu kaku gitu dong om..segi pandang dari yg luas kan buat kita bisa liat jelas, maksud produsen itu maunya apa


Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Terserah om aja... Payah kali ngomong sama om iniamfibi wrote:
ngelantur sih kagak..
kan bahas masalah fitur..
jgn terlalu kaku gitu dong om..segi pandang dari yg luas kan buat kita bisa liat jelas, maksud produsen itu maunya apa
ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel![]()
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.![]()
hal simpel begini dibikin ribet
nah kan, ga perlu aki khususbennybin wrote:ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel![]()
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.![]()
hal simpel begini dibikin ribet
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.bennybin wrote:ane dapet info dari mazda indonesia kyk gini :ChZ wrote: i-STOP kan pake capasitor bank.... aki nya juga aki khusus kok...
kalo 1th udah rusak tinggal klaim kok, simpel![]()
ga suka tinggal matiin fiturnya, beres. ada tombol i-STOP OFF.![]()
hal simpel begini dibikin ribet
sewot ametmontirangin wrote:susah dah..wong yg ngejual mobilnya ada dilawan..padahal pernyataan resmi![]()
CMIIW itu dipakai kalo belom jelas jawabannya.ChZ wrote:sewot ametmontirangin wrote:susah dah..wong yg ngejual mobilnya ada dilawan..padahal pernyataan resmi![]()
namanya juga CMIIW : Correct Me If I'm Wrong.
Sabar om... rada2 emg si montirangin ini...campoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
ane jg masih cari infonya mana yang bener. mungkin ada yg udah pengalaman ganti. logikanya kalau udah pake cap bank kenapa harus aki khusus. gitu broChZ wrote:
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 94#p731694
lha tuh sampeyan tanya sendiri di thread itu, dijawab sama bro Ola yang pengguna CX-5....
Hal spt ini saya sih lebih percaya mekanik ya.... mending konsul ke mekanik BeRes langsung... nanya spesifikasi accu.... jawaban admin twitter Mazda Indo itu agak rancu sih... kurang teknis... maksudnya bijimane yak...
dari pengguna CX-5 sih pada bilang aki khusus....bennybin wrote:ane jg masih cari infonya mana yang bener. mungkin ada yg udah pengalaman ganti. logikanya kalau udah pake cap bank kenapa harus aki khusus. gitu broChZ wrote:
Soalnya setau ane, CX-5 dan 6 pake aki khusus... entah maksudnya aki kapasitas besar atau bijimane.... CMIIW.
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 94#p731694
lha tuh sampeyan tanya sendiri di thread itu, dijawab sama bro Ola yang pengguna CX-5....
Hal spt ini saya sih lebih percaya mekanik ya.... mending konsul ke mekanik BeRes langsung... nanya spesifikasi accu.... jawaban admin twitter Mazda Indo itu agak rancu sih... kurang teknis... maksudnya bijimane yak...
Sebelumnya sorryChZ wrote:tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
dibilangin pake aki khusus ga percaya![]()
ntar kalo diganti aki biasa terjadi electrical fault, maki-maki ATPM...
kasian bener ATPM
Tuh buktinya bertambahPrestige wrote:Sebelumnya sorryChZ wrote:tau tuh oomcampoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
dibilangin pake aki khusus ga percaya![]()
ntar kalo diganti aki biasa terjadi electrical fault, maki-maki ATPM...
kasian bener ATPM
Ga memihak k siapa2 ogut
Tapi bener kata bro Chris, kalo cx-5 pke aki khusus utk i-stopnya
Dlu d Lippo Karawaci ane ada obrolan sama sales pas ngliat CX-5 GT
P : Ini mobilnya kopling ?
S : Bukan pak matic ini
P : (ogut liat k dalem dan trnyata bener .. ada tombol shiftlock spt d fortie ipah)
P : untuk fitur yg mati sndiri itu ngabisin aki dong ?
S : nah itu bnyk d tnya orang pak m kita pake aki khusus . Ada battery khusus utk fitur itu
P : (dalem ati ngomong .. jadi kepengen mobil ini)
ya hak ane ngomong dong..campoeran wrote:Nyolot amat lu tong.
Gue lbh percaya mekanik drpd admin mazda sih . N di komunitas cx5 udah byk nyebut akinya khusus.
ga perlu sorry om..Prestige wrote:
Sebelumnya sorry
Ga memihak k siapa2 ogut
Tapi bener kata bro Chris, kalo cx-5 pke aki khusus utk i-stopnya
Dlu d Lippo Karawaci ane ada obrolan sama sales pas ngliat CX-5 GT
P : Ini mobilnya kopling ?
S : Bukan pak matic ini
P : (ogut liat k dalem dan trnyata bener .. ada tombol shiftlock spt d fortie ipah)
P : untuk fitur yg mati sndiri itu ngabisin aki dong ?
S : nah itu bnyk d tnya orang pak m kita pake aki khusus . Ada battery khusus utk fitur itu
P : (dalem ati ngomong .. jadi kepengen mobil ini)
AD74YA wrote:Halo all, wah udah berapa halaman iki ngebahas aki thok hehe..
Kalau newbie boleh bantu, sebenernya diantara 2 pendapat apakah 6/CX-5 pakai baterai khusus atau tidak jawabannya adalah; Ya, dari bawaannya pakai, tapi Tidak apa2 menggunakan battery biasa karena support parts lain yang cukup advanced seperti CapBank nya.. Lho? Kok kepiye?
Jadi gini... 6/CX5 menggunakan aki bawaan yang bertipe Enhanced Flooded Battery atau EFB, yang merupakan tipe battery pertama yang di develop semenjak SSV mulai keluar (start-stop vehicle). Bahasa montir EFB = aki khusus. Long story short, karena SSV konvensional hanya menggunakan aki saja untuk back up power saat menggunakan fitur start stop, maka membutuhkan aki yang lebih tahan lama ketimbang aki biasa karena pada keadaan SS, mesin mati tapi ac, audio dan lampu2 tetep nyala, jadi aki discharge tanpa di charge. EFB ini memiliki kapasitas antara 2-4x kemampuan aki biasa, jadi long lasting, selalu punya back up capacity walau mati mesinnya lama.
Sayangnya, jika hanya mengandalkan EFB saja, maka aki EFB pun juga akan tetep rusak jika saat kondisi SS mobil matinya lama.
Oleh karena itu, Mazda dengan cerdasnya menggunakan CapBank, yang mana bisa discharge tanpa membutuhkan aki sama sekali saat kondisi mesin mati, oleh karena itu, SSV Mazda (6/CX5) tetap akan bisa menggunakan aki biasa (jadi ada benernya juga tu twitter). Hanya saja berhubung Jonfis gak di Mazda, 6/CX5 tetap di berikan aki EFB sebagai back up ketika CapBank nya trouble. Pada akhirnya jika EFB nya tidak terpakai, pada penggunaan normal aki EFB nya bisa bertahan 2-4x lebih lama dari aki biasa karena sudah masuk diatasnya kelas aki super maintenance free.
Kekurangan sistem SSV Mazda adalah; karena mengandalkan CapBank sebagai main source nya, maka kapasitas listrik yang disimpan terbatas, mengakibatkan matinya mesin dalam kondisi SS tidak bisa terlalu lama, kurang lebih 20 detik sebelum nyala lagi karena kapasitas CapBank nya mau habis. Hanya karena CapBank discharge nya lebih cepat ketimbang aki biasa, nyala mesinnya bisa jauh lebih cepat dan lebih smooth. Oya, dan support parts lain tidak akan buat mesinnya rusak; contoh busi bawaan sudah super iridium, dll. Kalau di data satu2, Mazda lebih canggih sistem SSV nya ketimbang Mercedes sekalipun.
CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk
ditunggu omm!! selalu ditunggu review superb nyaAD74YA wrote:Dalam waktu dekat newbie akan review salah satu LCGC lain lagi oom xtraordinary..
Cuman lagi gada waktu ngetik saja.. He he he
ahh thank you oom helm, as always, superb explanation!AD74YA wrote: CMIIW, hanya sekian dari newbie.
NB; jangan terlalu percaya apa kata official.. Tar kayak salah satu member yang selalu percaya apa yang Honda buat selalu lebih baik dari sebelumnya.. Uwkwkwk