Cara Halus dengan Transmisi Matik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by basah »

Tolong advice matic for LC-80 bro !

Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).

Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?

Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by nugroho bagor »

Wah trit lama,bangkit lagi....
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by sandal »

Bangkit juga ah :mky_08:
Sekalian ane juga belajar merawat mobil matik nih :big_grin:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by b8099ok »

PowerShift termasuk matic khan? :P
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Image
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by jalananDOHC »

tanya master,

# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)

# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang

# saat transmisi di N, bisa distater gak?

maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by nugroho bagor »

jalananDOHC wrote:tanya master,

# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)

# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang

# saat transmisi di N, bisa distater gak?

maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
Nebie coba sharing ya om, walo pake odong2 :big_childish:

1.Kebiasaan saya, kalo di tanjakan normal misal antrian truk, gw kasih netral, rem pake kaki, dah aman itu :big_blushing:
2.di matikan di posisi N , ya bisa, tapi kan kunci gak bisa di cabut om, harus P ,terus tarik rem tangan, biar aman
3.Bisa Om

Semoga membantu Imho :big_think:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by ricz »

jalananDOHC wrote:tanya master,

# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)

# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang

# saat transmisi di N, bisa distater gak?

maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gas

2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman

3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by hendrabig »

basah wrote:Tolong advice matic for LC-80 bro !

Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).

Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?

Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
Sama, saya pun pake dexron III castrol.. klo kuras per 5000km ya mungkin untuk aman aja atau faktor bisnis, hehehehe.. cuma klo di lihat umur transmisi di vxr kan uda lumayan tua, ya gak papa lah buat amannya di percepat aja gantinya om.. ya sambil2 juga rajin di cek keadaan olinya..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by imsus2c »

hendrabig wrote:
basah wrote:Tolong advice matic for LC-80 bro !

Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).

Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?

Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
Sama, saya pun pake dexron III castrol.. klo kuras per 5000km ya mungkin untuk aman aja atau faktor bisnis, hehehehe.. cuma klo di lihat umur transmisi di vxr kan uda lumayan tua, ya gak papa lah buat amannya di percepat aja gantinya om.. ya sambil2 juga rajin di cek keadaan olinya..
Dex II memang udah susah carinya pak..
Jgn2 memang udh obsolete. Saya juga pakai spek Dex III D/H, padahal spek gearboxnya cuma minta DII.
Tapi sepertinya aman, toh kalau saya lihat di spek/msds-nya, oli Dex III G/H ini tertulis "meets or exceeds previous specification Dex II D/E"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by htannis »

ricz wrote:
jalananDOHC wrote:tanya master,

# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)

# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang

# saat transmisi di N, bisa distater gak?

maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gas

2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman

3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
bantu jelasin dikit dan saran
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih :mky_08:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by hendrabig »

imsus2c wrote: Dex II memang udah susah carinya pak..
Jgn2 memang udh obsolete. Saya juga pakai spek Dex III D/H, padahal spek gearboxnya cuma minta DII.
Tapi sepertinya aman, toh kalau saya lihat di spek/msds-nya, oli Dex III G/H ini tertulis "meets or exceeds previous specification Dex II D/E"
Dex II yg msh saya lihat banyak itu yg merk union oil / unioil yg kemasannya kaleng.. ini banyak dipake untuk oli powersteering.. kmrn vxr saya juga sempat ditawarin pake oli ini.. tp akhirnya tak isi dex III saja karna ya alasan yg sama dgn yg ditulis om imsus, di penjelasan oli nya klo dex III uda lebih baik dr dex II tp tetap bisa dipake di spek dex II..

di forum LC luar pun mrk uda banyak yg pake dex III jd ya aman aja.. hehehehehe..
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by imingwahyudi »

Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
darkcocoa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by darkcocoa »

kalau saya selalu tiap kali berhenti apa itu stop n go atau apapun itu pindahkan ke N
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by nugroho bagor »

imingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
Alasannya di turunan di Kasih N buat apa om
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:
ricz wrote:
jalananDOHC wrote:tanya master,

# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)

# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang

# saat transmisi di N, bisa distater gak?

maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gas

2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman

3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
bantu jelasin dikit dan saran
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih :mky_08:
Setuju om Ipah Terbang,saya manasin mobil aja taruh N
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by jalananDOHC »

nugroho bagor wrote:
htannis wrote:
ricz wrote: 1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gas

2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman

3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
bantu jelasin dikit dan saran
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih :mky_08:
Setuju om Ipah Terbang,saya manasin mobil aja taruh N
ouh begitu master ..

kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by htannis »

jalananDOHC wrote:

ouh begitu master ..

kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turun
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by jalananDOHC »

htannis wrote:
jalananDOHC wrote:

ouh begitu master ..

kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turun
buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)

*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by imingwahyudi »

nugroho bagor wrote:
imingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
Alasannya di turunan di Kasih N buat apa om
gatel ga mindah mindahin gearlever :big_slap:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by htannis »

jalananDOHC wrote:
htannis wrote:
jalananDOHC wrote:

ouh begitu master ..

kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turun
buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)

*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
oh iya sorry gak baca itu di tanjakan.
ya gapapa kalau gitu toh gak sering.
anyway emangnya kalau lepas rem trus injek gas agak dalem emangnya mobilnya masih bs turun? brp tinggi tanjakannya sih?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by jalananDOHC »

htannis wrote:
jalananDOHC wrote:
htannis wrote:
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turun
buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)

*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
oh iya sorry gak baca itu di tanjakan.
ya gapapa kalau gitu toh gak sering.
anyway emangnya kalau lepas rem trus injek gas agak dalem emangnya mobilnya masih bs turun? brp tinggi tanjakannya sih?
18 derajat ampe 25 derajat (pastinya gak tau)
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by nugroho bagor »

imingwahyudi wrote:
nugroho bagor wrote:
imingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
Alasannya di turunan di Kasih N buat apa om
gatel ga mindah mindahin gearlever :big_slap:
:mky_03: Kalo ketemu ginian , sign kiri minggir ajalah :big_weee:
arkwright
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sun Dec 29, 2013 10:53

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by arkwright »

numpang bangkitin thread ini lagi..

mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.

Kurang lebih pertanyaannya ini:

1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?

2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.

3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).

Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik

Post by Fiz »

arkwright wrote:numpang bangkitin thread ini lagi..

mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.

Kurang lebih pertanyaannya ini:

1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?

2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.

3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).

Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
nubi coba ngasih pendapat yah CMIIW :big_smile]
1. memang sebaiknya seperti itu, bahkan kalo gak salah pernah baca, untuk transmisi dengan teknologi dual clutch 'diwajibkan' ke N ketika berhenti >5detik.. kerugian? kayaknya gak ada ya kalo dari sisi teknis

2&3 waduh, ternyata ada aja yang kayak begini.. gw juga pernah baca juga, dan jawabannya BIG NO :off_no: . Gampangnya gini sih, coba deh agan liat ketika mobil (khususnya matic) ketika di derek, ban mana yang napak dan ban mana yang diangkat : ban yang di angkat adalah ban yang menggerakkan mobil (RWD atau FWD), dan ban yang boleh jalan/napak adalah ban yang gak ada penggeraknya. Bahkan untuk mobil mobil bagus, haram diderek seperti itu, doi harus diangkat semobil mobilnya.. nah diderek aja tu ban yang berpenggerak gak boleh, apalagi ketika kecepatan rada tinggi mobil matic di 'luncurkan' (di N).. lama lama pasti rusak..

Jadi inget di forum sebelah ada yang ngasih statement perihal masalah ini : "ingetin ane supaya gak beli mobil secondnya agan ya" ..
silahkan suhu suhu yang lebih expert menambahkan..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re:

Post by aspsilver »

PenyuTurbo wrote:
Turboman wrote: Ada beberapa type mobil yang dalam user manualnya dituliskan "NO NEED TO CHANGE THE ATF" ... seperti misalnya pada Lexus RX300 ataupun mobil dengan A/T 5 Speeds generasi baru.

.
.

kalo memang rekomendasi pabrikan bilang TIDAK PERLU GANTI ATF, ngapain kerajinan ganti ATF.

buang2 duit yang tidak perlu.

PABRIKAN kan gak [cencored] tulis pernyataan seperti itu. dan membiarkan mobilnya rusak, karena itu berpengaruh di kepuasan pelanggan, yang nantinya gak mau beli mobil dari mereka lagi.