Cara Halus dengan Transmisi Matik
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Tolong advice matic for LC-80 bro !
Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).
Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?
Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).
Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?
Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Wah trit lama,bangkit lagi....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Bangkit juga ah
Sekalian ane juga belajar merawat mobil matik nih

Sekalian ane juga belajar merawat mobil matik nih

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
tanya master,
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Nebie coba sharing ya om, walo pake odong2jalananDOHC wrote:tanya master,
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih

1.Kebiasaan saya, kalo di tanjakan normal misal antrian truk, gw kasih netral, rem pake kaki, dah aman itu

2.di matikan di posisi N , ya bisa, tapi kan kunci gak bisa di cabut om, harus P ,terus tarik rem tangan, biar aman
3.Bisa Om
Semoga membantu Imho

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gasjalananDOHC wrote:tanya master,
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman
3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Sama, saya pun pake dexron III castrol.. klo kuras per 5000km ya mungkin untuk aman aja atau faktor bisnis, hehehehe.. cuma klo di lihat umur transmisi di vxr kan uda lumayan tua, ya gak papa lah buat amannya di percepat aja gantinya om.. ya sambil2 juga rajin di cek keadaan olinya..basah wrote:Tolong advice matic for LC-80 bro !
Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).
Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?
Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Dex II memang udah susah carinya pak..hendrabig wrote:Sama, saya pun pake dexron III castrol.. klo kuras per 5000km ya mungkin untuk aman aja atau faktor bisnis, hehehehe.. cuma klo di lihat umur transmisi di vxr kan uda lumayan tua, ya gak papa lah buat amannya di percepat aja gantinya om.. ya sambil2 juga rajin di cek keadaan olinya..basah wrote:Tolong advice matic for LC-80 bro !
Ane terakhir kuras di ricardo matic prosesnya sama persis sama penjelasan bro penyu, dan menurut kertas schedule service mesti balik kalo udeh sampe 5000 km (ane pake ATF Pertamina dexron III).
Kenape ye mesti ganti di 5000 km padahal kalo liat uraian bro-bro yang laen rata-rata sampe 10,000 km baru ganti. Ape karena olinya ATF pertamina atau gimana ?
Specnya LC-80 taon 1997 sih pake dexron II, tapi karena suseh carinya terpaksa pake dexron III. Bermasalah gak bro ?
Jgn2 memang udh obsolete. Saya juga pakai spek Dex III D/H, padahal spek gearboxnya cuma minta DII.
Tapi sepertinya aman, toh kalau saya lihat di spek/msds-nya, oli Dex III G/H ini tertulis "meets or exceeds previous specification Dex II D/E"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
bantu jelasin dikit dan saranricz wrote:1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gasjalananDOHC wrote:tanya master,
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman
3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Dex II yg msh saya lihat banyak itu yg merk union oil / unioil yg kemasannya kaleng.. ini banyak dipake untuk oli powersteering.. kmrn vxr saya juga sempat ditawarin pake oli ini.. tp akhirnya tak isi dex III saja karna ya alasan yg sama dgn yg ditulis om imsus, di penjelasan oli nya klo dex III uda lebih baik dr dex II tp tetap bisa dipake di spek dex II..imsus2c wrote: Dex II memang udah susah carinya pak..
Jgn2 memang udh obsolete. Saya juga pakai spek Dex III D/H, padahal spek gearboxnya cuma minta DII.
Tapi sepertinya aman, toh kalau saya lihat di spek/msds-nya, oli Dex III G/H ini tertulis "meets or exceeds previous specification Dex II D/E"
di forum LC luar pun mrk uda banyak yg pake dex III jd ya aman aja.. hehehehehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
kalau saya selalu tiap kali berhenti apa itu stop n go atau apapun itu pindahkan ke N
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Alasannya di turunan di Kasih N buat apa omimingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
Setuju om Ipah Terbang,saya manasin mobil aja taruh Nhtannis wrote:bantu jelasin dikit dan saranricz wrote:1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gasjalananDOHC wrote:tanya master,
# saat berhenti ditanjakan dan mau jalan lagi, posisi transmisi gmn? (termasuk posisi rem tangan, rem kaki & pedal gas)
# klo mobil matic, dimatikan diposisi transmisi N & tanpa tarik rem tangan (gandel kayu & lantai garansi datar) untuk jangka panjang ada efek negatif gak? baek jangka pendek atau jangka panjang
# saat transmisi di N, bisa distater gak?
maap banyak tanya, masih cupu dunia matic & baru migrasi dari manual ke matic .. makasih
2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman
3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
ouh begitu master ..nugroho bagor wrote:Setuju om Ipah Terbang,saya manasin mobil aja taruh Nhtannis wrote:bantu jelasin dikit dan saranricz wrote: 1. Klo macet di tanjakan biasa gw tarok di P ato N tp rem tangan ditarik, pas mau jalanin tinggal tarok ke D dan gas
2. Gak sih, tp lebi baik klo tarok di P krn mbl terkunci bannya jd lebi aman
3. Di gerobak jelata bin pasaran dirumah sih bs
kalau mobil sudah kondisi nyala, sebisa mungkim posisi tuas transmisi di N, jangan di P.
kenapa?
karena di posisi P itu pompa oli bekerja sehingga terjadi sirkulasi dan kl kondisi mobik berhenti takut overheat dan bs jebol gearboxnya, konon telah kejadian sama salah satu rekan. Posisi di N, pompa tidak bekerja berarti sirkulasi tidak jalan, sehingga tidak membebani gearbox kita
sekian dan terima kasih
kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turunjalananDOHC wrote:
ouh begitu master ..
kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)htannis wrote:nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turunjalananDOHC wrote:
ouh begitu master ..
kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
gatel ga mindah mindahin gearlevernugroho bagor wrote:Alasannya di turunan di Kasih N buat apa omimingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
oh iya sorry gak baca itu di tanjakan.jalananDOHC wrote:buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)htannis wrote:nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turunjalananDOHC wrote:
ouh begitu master ..
kirain saya, klo berhenti ditanjakan karena macet ato lampu MerahKuningHijau & mau jalan transmisi pindah ke 2 ato D dg o/d off kemudian lepas pedal rem dan tekan pedal gas tapi masih tarik rem tangan .. ketika power mobil udah terasa, baru lepas rem tangan ..
*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
ya gapapa kalau gitu toh gak sering.
anyway emangnya kalau lepas rem trus injek gas agak dalem emangnya mobilnya masih bs turun? brp tinggi tanjakannya sih?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
18 derajat ampe 25 derajat (pastinya gak tau)htannis wrote:oh iya sorry gak baca itu di tanjakan.jalananDOHC wrote:buat apa? ==> biar mobil gak mundur & roda depan kagak spin (mobil fwd)htannis wrote:
nah itu buat apa? kl bs sih jangan soalnya bebanin gearbox tuh. kalau tanjakan msh oke buat bantu mobil (kalau di kasus saya sih kagak tuh) supaya gak turun
*maklum kagak bisa pake mobil berkopling & akhir pake mobil matic)
ya gapapa kalau gitu toh gak sering.
anyway emangnya kalau lepas rem trus injek gas agak dalem emangnya mobilnya masih bs turun? brp tinggi tanjakannya sih?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
imingwahyudi wrote:gatel ga mindah mindahin gearlevernugroho bagor wrote:Alasannya di turunan di Kasih N buat apa omimingwahyudi wrote:Saya kebiasaan mindahin lever dari D ke N saat mobil coasting to lights, ato di turunan panjang. Bakalan ngerusak mobil gak ya? In case saat turunan, jika perlu akselerasi saya langsung pantek ke D lagi, tapi tanpa apply throttle, biar ga jerky. Bgmn pendapeatnya suhu?


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sun Dec 29, 2013 10:53
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
numpang bangkitin thread ini lagi..
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
nubi coba ngasih pendapat yah CMIIWarkwright wrote:numpang bangkitin thread ini lagi..
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
1. memang sebaiknya seperti itu, bahkan kalo gak salah pernah baca, untuk transmisi dengan teknologi dual clutch 'diwajibkan' ke N ketika berhenti >5detik.. kerugian? kayaknya gak ada ya kalo dari sisi teknis
2&3 waduh, ternyata ada aja yang kayak begini.. gw juga pernah baca juga, dan jawabannya BIG NO

Jadi inget di forum sebelah ada yang ngasih statement perihal masalah ini : "ingetin ane supaya gak beli mobil secondnya agan ya" ..
silahkan suhu suhu yang lebih expert menambahkan..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1092
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re:
PenyuTurbo wrote:Turboman wrote: Ada beberapa type mobil yang dalam user manualnya dituliskan "NO NEED TO CHANGE THE ATF" ... seperti misalnya pada Lexus RX300 ataupun mobil dengan A/T 5 Speeds generasi baru.
.
.
kalo memang rekomendasi pabrikan bilang TIDAK PERLU GANTI ATF, ngapain kerajinan ganti ATF.
buang2 duit yang tidak perlu.
PABRIKAN kan gak [cencored] tulis pernyataan seperti itu. dan membiarkan mobilnya rusak, karena itu berpengaruh di kepuasan pelanggan, yang nantinya gak mau beli mobil dari mereka lagi.