wuih mantap mods... tq info dan pencerahannyaChZ wrote:Ya GDI itu termasuk salah satu yg berkontribusi terhadap efisiensi juga sih, AFAIK.maskopat wrote: oo jadi teknologi GDI memungkinkan mesin menggunakan turbo untuk efisiensi ya mod....
kalo perkembangan teknologi manufaktur gimana bisa bikin efisiensi mesin mod? bukannya teknologi manufaktur lebih ke efisiensi produksi, bukan efisiensi mesin mobilnya?
kalo masalah mesin ringan iya sih. sekarang sudah banyak yang pake aluminum bahkan untuk bloknya. kalo jeroannya ane gak tahu apakah sudah ke aluminum atau masih besi cor.
tapi ane seneng dengan mesin turbo efisien kek gini. jadi ibaratnya fc setara dengan mesin 1300cc, tapi performa setara dengan mesin 1800cc...
Ane kurang paham secara detailnya, yang jelas mesin - mesin manufaktur sekarang dengan 20 taun yang lalu kan teknologinya sudah beda, oom Kopat. Sensor-sensornya, tingkat kepresisiannya, dst.
Kalau menurut pendapat nubi jelas berdampak ke efisiensi karena bikin mesin yang kuat, presisi, tapi tetep ringan dan kompak sekarang udah enggak mustahil lagi. Bagaimanapun turbocharged kan butuh kepresisian tinggi dan komponen yang kuat. Intinya bukan secara langsung berpengaruh, lebih tepatnya secara tidak langsung implikasinya ke teknologi yang ada sekarang, termasuk Forced Induction.
Sekarang mostly pakai Aluminium block, tapi kasus khusus di Ecoboost masih pakai cast iron (seperti yang pernah ditulis oom helem di liga LCGC).
Sekali lagi semua hanya pendapat nubie ya.... sangat-sangat CMIIW.
Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
kl yg ane baca2 dari forum batumakam di luar sehh ga perlu mods kopat... krn ud di set ga ampe gila2an koq... plg cuman nambah 30an hp max... paket pembelian termasuk set supercharger dan ECU nya... jd ECU std d mokat kan..maskopat wrote:tinggal pasang aja mod klep? gak perlu penyesuaian jeroan lagi?DOHC wrote:
adalagi supercharge buatan impuls buat batu makam mods...
kepake buat di enjin HR yg 1500 kebawah... djamin bkin nyetir batu makam lebi ahoyy...
siapin kira2- 30an jeteng buat masukin ke dalam enjin bay...
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
Ikut menyimak juga ahhh....info-nya bagus-bagus...r12qiSonH4ji wrote:ijin nyimak trit yang 4 sehat 5 sempurna![]()
membaca komen2 master2 turbo di SM bikin nambah pengetahuan ane nh

Barangkali suhu2 ada yang bisa membuat list, sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan mesin cc kecil + turbo VS cc besar, baik dari segi teknikal maupun komersial?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
ya emang enak pake turbo ato supercharge..pernah muatan penuh sampe kandas belakang(bawa keramik ukuran 20 x 25 cm 15 dus)..tetap aja tarikan enteng..benar2 berasa torsi besar..
mesin 4 silinder turbo 2000 cc pindah sport plus itu mobil digas nyodok2 ky mau terbang aja..suara ac gak terdengar..senyap..
mesin NA 6 silinder suara gemuruh mengganggu bgt..cuma menang suara saja..
mesin NA 4 silinder 2400 cc earth dream menang geter n suara ac cetak cetek..
mesin 4 silinder turbo 2000 cc pindah sport plus itu mobil digas nyodok2 ky mau terbang aja..suara ac gak terdengar..senyap..
mesin NA 6 silinder suara gemuruh mengganggu bgt..cuma menang suara saja..
mesin NA 4 silinder 2400 cc earth dream menang geter n suara ac cetak cetek..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
saya pernah kasih mekanik bmw bawa w205...lalu saya tanya bandingkan dgn e90 325i enteng mana tarikan mesinnya..
dijawab..enteng w205..enak benar tarikannya..saya bilang 2000cc turbo..
dijawab..enteng w205..enak benar tarikannya..saya bilang 2000cc turbo..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05
Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM
gimana dgn pajak mobil bermesi turbo negara ini... smoga gak jadi penghalang..
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney