Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by maskopat »

ChZ wrote:
maskopat wrote: oo jadi teknologi GDI memungkinkan mesin menggunakan turbo untuk efisiensi ya mod....

kalo perkembangan teknologi manufaktur gimana bisa bikin efisiensi mesin mod? bukannya teknologi manufaktur lebih ke efisiensi produksi, bukan efisiensi mesin mobilnya?

kalo masalah mesin ringan iya sih. sekarang sudah banyak yang pake aluminum bahkan untuk bloknya. kalo jeroannya ane gak tahu apakah sudah ke aluminum atau masih besi cor.

tapi ane seneng dengan mesin turbo efisien kek gini. jadi ibaratnya fc setara dengan mesin 1300cc, tapi performa setara dengan mesin 1800cc... :big_exellent:
Ya GDI itu termasuk salah satu yg berkontribusi terhadap efisiensi juga sih, AFAIK.

Ane kurang paham secara detailnya, yang jelas mesin - mesin manufaktur sekarang dengan 20 taun yang lalu kan teknologinya sudah beda, oom Kopat. Sensor-sensornya, tingkat kepresisiannya, dst.

Kalau menurut pendapat nubi jelas berdampak ke efisiensi karena bikin mesin yang kuat, presisi, tapi tetep ringan dan kompak sekarang udah enggak mustahil lagi. Bagaimanapun turbocharged kan butuh kepresisian tinggi dan komponen yang kuat. Intinya bukan secara langsung berpengaruh, lebih tepatnya secara tidak langsung implikasinya ke teknologi yang ada sekarang, termasuk Forced Induction.

Sekarang mostly pakai Aluminium block, tapi kasus khusus di Ecoboost masih pakai cast iron (seperti yang pernah ditulis oom helem di liga LCGC).

Sekali lagi semua hanya pendapat nubie ya.... sangat-sangat CMIIW.
wuih mantap mods... tq info dan pencerahannya
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by DOHC »

maskopat wrote:
DOHC wrote:
adalagi supercharge buatan impuls buat batu makam mods...

kepake buat di enjin HR yg 1500 kebawah... djamin bkin nyetir batu makam lebi ahoyy...

siapin kira2- 30an jeteng buat masukin ke dalam enjin bay...
tinggal pasang aja mod klep? gak perlu penyesuaian jeroan lagi?
kl yg ane baca2 dari forum batumakam di luar sehh ga perlu mods kopat... krn ud di set ga ampe gila2an koq... plg cuman nambah 30an hp max... paket pembelian termasuk set supercharger dan ECU nya... jd ECU std d mokat kan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by mylandy »

r12qiSonH4ji wrote:ijin nyimak trit yang 4 sehat 5 sempurna :mky_02:

membaca komen2 master2 turbo di SM bikin nambah pengetahuan ane nh :big_comfort:
Ikut menyimak juga ahhh....info-nya bagus-bagus... :big_exellent:
Barangkali suhu2 ada yang bisa membuat list, sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan mesin cc kecil + turbo VS cc besar, baik dari segi teknikal maupun komersial? :thanks:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by kompresorz »

ya emang enak pake turbo ato supercharge..pernah muatan penuh sampe kandas belakang(bawa keramik ukuran 20 x 25 cm 15 dus)..tetap aja tarikan enteng..benar2 berasa torsi besar..


mesin 4 silinder turbo 2000 cc pindah sport plus itu mobil digas nyodok2 ky mau terbang aja..suara ac gak terdengar..senyap..

mesin NA 6 silinder suara gemuruh mengganggu bgt..cuma menang suara saja..

mesin NA 4 silinder 2400 cc earth dream menang geter n suara ac cetak cetek..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by kompresorz »

saya pernah kasih mekanik bmw bawa w205...lalu saya tanya bandingkan dgn e90 325i enteng mana tarikan mesinnya..

dijawab..enteng w205..enak benar tarikannya..saya bilang 2000cc turbo..
User avatar
keretalaut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05

Re: Era Turbo bangkit kembali di sedan2 JDM

Post by keretalaut »

gimana dgn pajak mobil bermesi turbo negara ini... smoga gak jadi penghalang..
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney