0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by scorpio »

sucahyo wrote:Mungkin lebih cocok bila cerita pengalaman pribadi. Bila dibandingkan tenaganya, Ayla itu kalah jauh dengan Brio. Diatas kertas 65hp vs 88hp.

Waktu coba bandingkan akselerasi video Brio satya standard yang diposting di youtube juga saya mengaku takluk sampai nyembah nyembah. Performa kalau 0-100 memang ok banget bila dibanding dengan Ayla.

Suatu saat saya ada kesempatan barengan dengan Brio. saat itu sama sama dengan keluarga. beberapa kali brio di depan, beberapa kali ayla saya di depan. Dari beberapa kali itu, ceritanya mirip balap ala touge, menang kalah ditentukan seberapa jauh dari jarak mobil di depan setelah beberapa saat. Karena saya masih tidak percaya dengan kemampuan yang di depan, saya mengambil jarak dua mobil.

Selama saya dibelakang, saya selalu bisa mengikuti, sementara itu Brionya sering kewalahan. Mungkin saking penasarannya, si Brio sampai pernah menunggu waktu saya terhalang mobil lain. Saat di belakang Brio tersebut berusaha agar bisa mendahului. Namun akselerasi terlihat tidak maksimal.

Dari yang saya amati, akselerasi Brio tersebut jauh dari akselerasi yang di video 0-100. Padahal saat itu saya juga membatasi rpm cuma sampai maksimal 5000 saja (limit 6200rpm). Rasanya juga tidak ada bedanya bila saat itu saya tidak pakai modif.

Mungkin cerita bisa beda lagi bila drivernya lain. Tapi pengalaman itu menunjukkan bahwa kalau di jalan, performa 0-100 bisa tidak berlaku.


.........
imho sih ya, namanya balapan di jalan pinter-pinternya si drive liat celah aja sruntulan kesana kemari tanpa nyelakain orang (walau bisa jg sih kejadian). n ngekor itu lebih gampang, toh tinggal liatin depannya sruntulan kemana. bisa aja ketika om sucahyo yg sembalap ini nyalip, dia lagi di posisi gear yg salah jadi momen nya ga pas buat nyodok secepat kilat. kan ga mungkin jg nyalip om sucahyo pake jurus rpm ditahan di 1500rpm n gigi 3 :big_childish:

udah ah saatnya berlari lagi sblm dikejar mobil kenceng

.................................................................................................................. :ngacir:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by martinnn »

sucahyo wrote:Mungkin lebih cocok bila cerita pengalaman pribadi. Bila dibandingkan tenaganya, Ayla itu kalah jauh dengan Brio. Diatas kertas 65hp vs 88hp.

Waktu coba bandingkan akselerasi video Brio satya standard yang diposting di youtube juga saya mengaku takluk sampai nyembah nyembah. Performa kalau 0-100 memang ok banget bila dibanding dengan Ayla.

Suatu saat saya ada kesempatan barengan dengan Brio. saat itu sama sama dengan keluarga. beberapa kali brio di depan, beberapa kali ayla saya di depan. Dari beberapa kali itu, ceritanya mirip balap ala touge, menang kalah ditentukan seberapa jauh dari jarak mobil di depan setelah beberapa saat. Karena saya masih tidak percaya dengan kemampuan yang di depan, saya mengambil jarak dua mobil.

Selama saya dibelakang, saya selalu bisa mengikuti, sementara itu Brionya sering kewalahan. Mungkin saking penasarannya, si Brio sampai pernah menunggu waktu saya terhalang mobil lain. Saat di belakang Brio tersebut berusaha agar bisa mendahului. Namun akselerasi terlihat tidak maksimal.

Dari yang saya amati, akselerasi Brio tersebut jauh dari akselerasi yang di video 0-100. Padahal saat itu saya juga membatasi rpm cuma sampai maksimal 5000 saja (limit 6200rpm). Rasanya juga tidak ada bedanya bila saat itu saya tidak pakai modif.

Mungkin cerita bisa beda lagi bila drivernya lain. Tapi pengalaman itu menunjukkan bahwa kalau di jalan, performa 0-100 bisa tidak berlaku.


Modif rasanya tergantung pemakaian juga, kalau di jalan seringnya pakai rpm 2000-3000, tentu modif tidak sama dengan modif untuk pemakaian di sirkuit. Sayangnya modif kebanyakan ditujukan untuk pemakaian rpm tinggi / plong.

Bila ingin modif yang sifatnya sama dengan pro capacitor, nggak harus beli pro capacitor kok. Yang buat sendiri ada, seperti misalnya pakai magnet, pakai ferit, atau pakai cara luar negeri ala BAC coil, joe cell, cemenite atau thehulleffect. Cara ini bisa menambah tenaga di seluruh bagian rpm, atau tanpa mengurangi tenaga di rpm tertentu.

Pemakaian pro capacitor di sensor oli terinspirasi oleh thehulleffect, bisa dipelajadi di link berikut, cari dipostingan awal atau album foto, banyak juga tips untuk mobil:
https://groups.yahoo.com/neo/groups/thehulleffect/info

atau
http://rexresearch.com/hulleffect/hull.htm

Atau versi yang sangat disederhanakan berikut ini:
https://kupasmotor.wordpress.com/2014/1 ... ukses-bro/

Modif ini cocok bagi yang ingin menambah tenaga / cruising di rpm rendah menengah.

pro kapasitor ini kan murah om, kalau diproduksi masal pasti harganya cuman puluhan ribu, kalau memang efeknya sangat dahsyat kenapa pabrikan tidak pakai kapasitor ini sebagai standard ? :big_chicken:
:big_biglaugh:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mamang555 »

Pro capacitor itu apaan sih? :shrug:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ilhami »

Dulu ada komplain soal konsumsi bbm innova bensin di Padang. Pihak dealer menanganinya dengan
- cek tekanan angin ban
- spooring dan balancing
- pembersihan filter udara
- perbaikan driving style.

Kalau capacitor, magnet dsb itu sudah banyak yang tes hasilnya bias alias tidak signifikan. Too good to be true lah.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by vipere »

Mamang555 wrote:Pro capacitor itu apaan sih? :shrug:
itu barang jualannya TS, makanya ts sering buat thread 0-100 km buat membuktikan alatnya.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by imingwahyudi »

ikskyus miii :ngacir:



Image



memang cakap x ini ayla :mky_02: sudah kencang...irit...cantik pula :big_love:







































:ngacir:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mamang555 »

vipere wrote:
Mamang555 wrote:Pro capacitor itu apaan sih? :shrug:
itu barang jualannya TS, makanya ts sering buat thread 0-100 km buat membuktikan alatnya.
Ooo.. iklan terselubung gitu ya... i see i see

:ngacir:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mozawa »

cara kerja pro capasitor , memberi tegangan listrik pada oli....huahahaha ngacoooo , nipuuu.....

kenapa bro cahyo gak jual alat , yg memberi tegangan pada sopir.....

dijamin , mobil lebih kenceng jalannya....



huahahaha....... , dunia kiamattt...... mulai muncul kuman2 macam ginian......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

Kalau di gigi 3, rpm 1000 pun saya pakai om. jadi seandainya pas waktu mau nyalip ada di 1500rpm, saya nggak akan shift down dulu, langsung gas saja. tergantung kebiasaan sih. Lagipula kalau [cencored] saya bisa lebih dari satu detik, sementara kalau langsung digas dalam tenggang waktu tersebut rpm sudah mencapai rpm yang lumayan bertenaga.


Pro capacitor itu alat penambah tenaga buatan saya, prinsipnya pakai Harold Apsden capacitor, jadi sebenarnya bukan kapasitor sungguhan. Soal pro capacitor nggak dipakai pabrikan mobil, sebenarnya dulu cara membuatnya saya sebar secara gratis, ternyata tidak ada peminat. Justru setelah saya jual justru mulai banyak peminat. Harga mungkin terlihat mahal dilihat dari bahannya, tapi karena membuatnya ribet, saya yang malas kalau dimurahkan. Berikutnya nggak akan saya share karena terlalu banyak detil, malas mengajarnya. cemenite yang cara buatnya sederhana saja mengajarinya butuh waktu.

pro capacitor itu pengembangan dari cemenite. Cemenite itu juga buatan saya, asalnya alat kesehatan, tapi ternyata juga bisa mempengaruhi kerja mesin. Walau cara membuat dishare secara gratis, bahannya murah, tinggal dicoba, saat disharing lebih banyak dibully kalau di share di forum. Asalnya malah lebih banyak yang dari luar negeri yang coba. Belakangan mulai banyak yang dari Indonesia juga. Beberapa ada yang pakai untuk menambah tenaga. Ada yang bisa 30% lebih irit saat pakai motor GL dari malang ke surabaya, ada yang pickup diselnya jadi lebih bertenaga, ada yang avanzanya saat ac menyala jadi tidak telalu berkurang tenaganya, dst. Ada pemilik avanza yang bisa merasakan penambahan tenaga pakai cemenite yang cuma dipasang di dekat tangki bensin padahal sudah pakai magnet xpower di pipa saluran bensin & 9power di kabel busi, nano card di filter udara, turbo ventilator, nitro obd2, air boom nano twister, busi iridium, carbon clean & flush oli mesin.

Jadi dari yang sudah coba, efek dapat dikonfirmasi, namun saat saya berikan ide ini ke BPPT, saya langsung di ban. Saat saya coba share ke kaskus atau forum detik, postingan langsung didelete moderator. Dibully padahal tinggal dicoba dari bahan yang murah.

Cara buat cemenite silahkan digoogle, konsultasinya gratis dan diharapkan tidak mengubah resepnya. Nggak percaya sama yang beginian terserah, sebaiknya coba dulu sebelum menghakimi.
Last edited by sucahyo on Wed Dec 09, 2015 2:28, edited 1 time in total.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ilhami »

Mungkin nggak usah ke BPPT dulu ya, coba naikkan mobil om sucahyo ke dyno di bengkel referensi Moderator SM, kemudian paste hasil lengkapnya disini.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by daftar »

kalo gitu di share disini saja om sucahyo,, mods disini baik & sabar kok., :mky_03:








:ngacir:
:ngacir:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mozawa »

Tambah ancurrr....selain untuk menambah tenaga mesin , bisa juga untuk membuat cuaca lebih bersahabat... , mengurangi petir , bla bla bla......, membuat tidur lebih nyenyak......

diluar akal sehat ane.

hahahaha.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

Soal dyno sudah kepikiran, namun belum kesampaian.

Untuk threadnya, ini om
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 96#p831596

Yang sudah coba banyak, nggak percaya ya sudah. untuk yang tertarik, silahkan komen di thread.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by vipere »

sucahyo wrote: ........
Ada pemilik avanza yang bisa merasakan penambahan tenaga pakai cemenite yang cuma dipasang di dekat tangki bensin padahal sudah pakai magnet xpower di pipa saluran bensin & 9power di kabel busi, nano card di filter udara, turbo ventilator, nitro obd2, air boom nano twister, busi iridium, carbon clean & flush oli mesin.
........
buset dah tuh avanza ,pakainya yang aneh2 gimnick semua.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mozawa »

ane kemarin bungkus cendol....ane letakkan di jok belakang...,ternyata , akselerasi jazz ane meningkat luar biasa....naik 2x lipat..


mungkin cendol2 tersebut. Memancarkan radiasi baik , bisa bikin burung berkicau lebih merdu.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by kenop »

vipere wrote:
sucahyo wrote: ........
Ada pemilik avanza yang bisa merasakan penambahan tenaga pakai cemenite yang cuma dipasang di dekat tangki bensin padahal sudah pakai magnet xpower di pipa saluran bensin & 9power di kabel busi, nano card di filter udara, turbo ventilator, nitro obd2, air boom nano twister, busi iridium, carbon clean & flush oli mesin.
........
buset dah tuh avanza ,pakainya yang aneh2 gimnick semua.
antara bener2 berasa atao belaga berasa ada peningkatan,, kan gondok juga om uda pasang macem2 eh ternyata sama2 aja,. apa lagi pas ditanya sm orang2,, daripada keliatan b*go nya krn uda buang2 duid ya blg aja berasa ada peningkatan.. toh ngga bs dibuktiin juga :mky_03:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

Saya buka di tapatalk, kalo klik link di atas jadinya ke browser. Saya komen soal orgone di sini aja boleh ya Om. Ga oot amat kayanya kok, masih berhubungan dengan performa dan metode mengail performa yang didiskusikan.

Orgone energy sendiri di kalangan ilmuwan widely known as pseudo science product. Jadi produk turunan dan implementasinya mau berbentuk apapun, mau cemenite, mau material lain, akan diabaikan kecuali bisa dibuktikan lain. Ini pijakan yang saya ambil, karena saya menganggap ini wilayah efek placebo.

Bangsa timur kan terkenal dengan hal agak diluar sains. Kalo memang dianggap bukan pesudo science, membuktikannya juga harusnya gampang kok untuk ukuran level kita yang bukan saintis murni. Debus bisa dibuktikan bisa berjalan di atas api - mustahil secara sains maksudnya tapi ada fenomena yang bisa dibuktikan. Ya sama aja buat orgone energy di mobil. Karena standar yang dipake untuk mengukur performa itu pake dynometer, ya diukur dengan metode itu. Selaras nggak, bisa dibuktikan klaimnya meski diluar metode sains.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

om octafiantos, tritnya saya buka di
Board index - Modification Corner - Engine & Exhaust System

Soal pseudo science, memang ada benarnya. Oleh karena itu saat mengembangkan saya menghindari penggunaan terawangan (dowsing), menghindari pendulum.

Saya ngetes pakai kompor gas, motor dan pembekuan air. Hasil gampang diamati.

Untuk orgonite, alirannya beda, mereka nggak ngetes ke motor.

Skeptis silahkan, tapi jangan diremehkan karena alat orgone itu akan sangat mempengaruhi kesehatan. Yang kalau dipasang di motor bisa mengurangi tenaga. Pernah saya coba ke motor Honda Supra fit, top speed pun dari asalnya 100kpj jadi cuma 90kpj, suara mesin pun jadi kasar. Oleh karena itu buatnya harus benar dan banyak di tes.
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mastermax »

JAdi komment juga :

om Sucahyo sebaiknya ikutin saran sepuh2 disini....coba itu neng Alya nya di pasangin procapcitor / cemenite... trus di test di dyno...hasilnya gimana? Kalau hasilnya signifikan, berarti om Cahyo benar adanya.. dagangan kan bisa laku...kalau hasilnya sami mawon yaaaa wassalam...fair enough :big_deal:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by htannis »

innova d4d saya gak bisa diukur 0-100 kmh lagi, dibejek malah terbang rendah sekarang :big_slap:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

terima kasih sarannya om Mastermax. Tapi saya buat thread ini hanya untuk mengungkapkan ganjalan di hati, karena kok ada yang lebih percaya sama 0-100 untuk performa di jalan.

Dulu pernah ada yang ngomong bahwa kalau di jalan porsche itu lebih kencang dari ferrari, dulu nggak percaya karena model ferrari angka 0-100nya lebih kencang, sekarang jadi mikir karena bisa saja porsche tarikan bawah lebih enak. Dulu juga ada yang bilang yaris lebih enak kalau dibuat luar kota daripada jazz, mungkin penjelasannya sama.

Bila cemenite dianggap terlalu aneh, untuk yang lebih konvensional untuk nambah tenaga di rpm rendah mungkin ada yang berminat mengembangkan ionizer ditaruh saluran hisap:
photobucket.com/coronamaker
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by artoodetoo »

htannis wrote:innova d4d saya gak bisa diukur 0-100 kmh lagi, dibejek malah terbang rendah sekarang :big_slap:
:mky_07: :mky_07: :mky_07:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by DOHC »

htannis wrote:innova d4d saya gak bisa diukur 0-100 kmh lagi, dibejek malah terbang rendah sekarang :big_slap:
pasti problem di chassis tuh... coba chassis nya di cek lg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

Saya justru bukan skeptis Om, malah mendorong pembuktian. Tapi kalo memang mau membalik sesuatu yang di dunia lazim diterima sebagai kesepakatan, ya diikuti aturan main yang disepakati di kalangan itu.

Misalnya, ini case ada dua. Soal 0-100 bukan segalanya (asumsi skill sama dan kondisi sama). Ya pake data powerband dua mesin yang dibandingkan. Ferrari X 0-100 lebih cepat Prosche Y. Datanya adalah powerband dan 40-60, 60-80 lebih baik Porsche Y. Ferrari X hanya menang di 0-40 dan 80-100 misalnya.

Sama dengan ionizer/cemenite/put_any_other_method_here, patokan di dunia otomitif naik dynometer. Ya dibuktikan saja, bahwa yang dianggap pseudo science itu proven method, terukur. Saya di beberapa komunitas sering didatangi orang bawa alat penghemat bbm, penaik energi, dll. Beberapa mahal, beberapa biasa saja harganya. Sayang semuanya pake testimoni user. Ngga terukur menurut saya.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.