Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
htannis wrote:kasih sen? kebanyakan malah tambah gas sama tempelin mobil di depannya
Well kalau ada yang ngasih sein mau pindah jalur, malah saya kasih jalan.
Dia sudah berusaha minta ijin pindah jalur dengan sopan, kenapa tidak dikasih?
Tapi kalau ada yang mau maksa minta jalan dengan mepetin mobil ke jalur saya,
ya tambah saya pepetin juga. Hayuuuk kuwat-kuwatan.
Saya sendiri kalau mau pindah jalur ya nyalakan lampu sein.
Memang sih kebanyakan gak ngasih,
tapi nanti pasti ada yang ngasih jalan kok, percaya deh.
Dan lagi, lebih nyaman dapat jalan dari orang yang ihlas daripada memaksa nyerobot.
Biasanya setelah dapat jalan, saya nyalakan lampu hazard 2 atau 3 kedip sebagai tanda terima kasih sudah dikasih jalan.
Kata teman yang di jepang, begitu adatnya mobil di sana.
Ini yg saya pakai cara nya, cuman sy krg berani mepet2an kalo ada yg serobot jalur tanpa sein. maklum mobil kutu.
Kalo hazard saya liat di youtube emang org jepang gitu ya. Cuman blm saya praktekin. Jarang pindah pindah.
saya klo macet kbanyakan sabar aja...klo org lain kbetulan bisa masuk ya kasih aja...apalg pake sen..mlh saya pelanin spy bisa masuk..drpd mikirin gmn caranya spy org gak bisa masuk..bikin cape pikiran..
kasih ato gak di situ jg sama2 mobilnya...
tar klo depan jalan sudah lancar br saya kencang bawanya..
farizfsa wrote:yang suka saya heran ketika pindah jalur di tol maupun di jalur biasa adalah:
ketika sudah cek kiri atau kanan dan sen dan sopan, dan mbl di jalur sebelah masih jauh, tp tetiba mbl kita sudah setengah masuk jalur lainnya, mbl lain tersebut seperti tidak terima dengan lgs ngebut mepet2. padahal salah dia sendiri lama dan ngasih jarak, ga jarang juga mereka malah ngedim atau klakson.
kenapa gitu ya
+1 banget nih
Sering kejadian kaya gini dan juga bingung
Jadinya kalo di tol pindah jalur jarang pake sein
Di luar tol selalu pake sein buat antisipasi motor2 berseliweran
Kalo saya sih, suka lupa nyalain lampu sein
Apalagi pas jalan padat, krn pengalaman susah pindah jalurnya, mbl lain pada mepet. Alhasil sy sering masukin 1/4- 1/2 moncong mbl tiba2
Maap ya temen2 di SM yg pernah dipepet sy pas pindah jalur di tol
kl ada yang mau nyelip masuk dan masih ada space ya monggo ane ngerem. kl ane yang dapet jalur terlebih dahulu ya ane ngegas.
yang malesinpas kita mau pindah jalur kl pake lampu sein pasti banyak yang ga ngasih, jauh lebih enakan pindah jalur tanpa menggunakan lampu sein.
Kalau saya sebisa mungkin pakai mobil matic, kl terjebak macet di tol hati lbh tenang, g sibuk oper gigi 1-2, ngepas2in kopling supaya g ndut2an dll, dipotong orang ya sdh kasih aja , dan sebisa mungkin ambil jalur 2 (kalau tol nya 3jalur) agar bisa lbh enak liat kondisi dpn nya.
karena pengalaman jalur kanan itu paling sering terjadi tabrakan beruntun , ruang geraknya terbatas
Saya kalau di tol macet mau pindah jalur di toll biasanya sisain jarak dengan mobil depan, tapi jangan terlalu banyak asal cukup saja gerakan ke kiri atau kanan. Jadi kalau jalur yg dituju ada gap kecil, lansung arahin kepala ke jalur itu bersamaan dengan nyalain lampu sen
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Klo ane sih tergantung sikon... Klo yg minta jalur salah awalnya ane gak bakalan kasih alias pepet aje (walo pake sein dan minta dgn sopan) hehehe...
Spt, doi pakai jalur darurat tiba2 mo masuk ke jalur 1 krn ada polisi di dpn... ogah ane kasih.... Or dari jalur lurus tiba2 nyerobot mo masuk ke jalur exit dimana udah pada antri panjang...
Tapi klo emang pada kondisi normal (yg minta jalur gak salah), ane beri selalu.....
kalo macet di toll juga penting jaga jarak dengan mbl depan + perhatiin jarak mobil belakang
terkadang kita suka udh hati2 jaga jarak dengan depan, tp belakang kita mepet bgt.
kalo ada yang macem begini biasanya saya suka kasi "shock therapy" saya rem mendadak (hehe saya ga bener sih ini) tp biasanya ampuh mereka lgs pindah jalur atau jaga jarak.
Xclub wrote:Nah ini baru aja kemarin saya ngalamin waktu mau ke bandara soetta, karna saya kebiasaan kasih sein dulu sebelum pindah jalur jadi begitu mau pindah ke jalur kanan saya kasih sein dulu (waktu itu kondisi macet banget) dan alhasil bener seperti yg om2 bilang diatas, saya tidak dikasih kesempatan sama sekali sama mobil yg di kanan saya yg ada dia malah sengaja mepet2in mau nabrakin mobilnya ke mobil saya sampai saya klakson2 karna udah terlalu mepet sampai spion dia kelipet kena spion saya dan moncong saya sudah masuk duluan.
Saya gak habis pikir apa yg ada di dalam pikiran orang itu, saya sudah meminta dengan sopan jarak dia dan kendaraan didepannya juga tadinya agak jauh jadi saya bisa masuk tapi setelah saya kasih sein kanan lalu masuk pelan2 tiba2 dia langsung mau nutup jalur sampai mepet2 gitu, yg hebatnya lagi waktu saya mau liat tampang drivernya dia langsung buang muka ke kanan seolah tidak terjadi apa2
Karna waktu itu saya bawa cabin dan camer dan gak mau repot ribut2 dijalan jadi saya ngalah aja, saya diam dan biarkan dia terus jalan tentunya sambil bersiap kalau dia benar2 ngebaretin mobil saya langsung keluar dan hajar itu orang. Setelah dia lewatin mobil saya wow ternyata mobil dia udah banyak baret dan penyoknya sampai stoplampnya pun sudah pecah, mungkin dia memang udah anggap mobilnya bom-bom car
IMHO, salah satu penyebab utama yg mungkin jarang diperhatikan adalah.... setelan kaca spion!
Lho, apa hubungannya? Ada donk. Saya perhatikan mayoritas mobil2x di jalan2x yg saya lewati, setelan kaca spion kiri kanan kebanyakan terlalu ke dalam. Terutama spion kiri. Akibatnya, kita tidak bisa melihat mobil di jalur sebelah kita ketika mobil tsb masih jauh, minimal jarak dua mobil ke belakang. Saya pribadi menyetel kedua spion mobil saya hampir pol ke arah luar. Patokannya : dlm posisi megang stir, mata melirik ke kiri kanan, bodi mobil masih terlihat di spion walaupun sedikit. Dengan setelan begini, dlm kondisi mobil lurus ke depan dijamin kita bisa melihat secara utuh mobil di kiri kanan mulai mobil masih jauh sampe mobil tsb di setengah bodi di samping. Jadi, ketika saya mau pindah2x jalur, saya cukup melirik kiri/kanan. Kalo ada mobil di jalur sebelah tapi masih di belakang dan jaraknya cukup, saya nyalain sen dan langsung putar stir. Buat pepet2xan dlm macet juga enak krn cukup nengok ke spion, gak perlu nengok ke samping
htannis wrote:kasih sen? kebanyakan malah tambah gas sama tempelin mobil di depannya
bener bingits nih hahaa..
malah pernah saya pindah lajur sebelah kiri krn kosong dan mobil blakang masih jauuuhh..saya slow pindah lajur pake sen..eh mobil nya setelah nyampe blakang saya langsung ngedim2 dan klakson sekeras2 nya marah2..saya kaget luar biasa soalnya saya pindah lajur dgn "sopan"..
Sebaiknya jgn slow om, krn bisa bikin kagok mobil di jalur yg om ambil. Saya sering ngalamin begini. Sebisa mungkin segera samakan kecepatan dgn mobil belakang (yg om ambil jalurnya) begitu masuk jalur sebelah.
Dulu waktu sering bolak balik Jkt - Bdg tiap weekend sih bawaannya ga mau ngasih jalan. Setelah beberapa bulan tinggal di Jkt yo wis lah ngalah wae daripada mobil lecet2 berantem ga ada ujungnya walaupun kadang dongkol, terutama yang motong pas di exit atau ngantri gerbang tol.
htannis wrote:kasih sen? kebanyakan malah tambah gas sama tempelin mobil di depannya
bener bingits nih hahaa..
malah pernah saya pindah lajur sebelah kiri krn kosong dan mobil blakang masih jauuuhh..saya slow pindah lajur pake sen..eh mobil nya setelah nyampe blakang saya langsung ngedim2 dan klakson sekeras2 nya marah2..saya kaget luar biasa soalnya saya pindah lajur dgn "sopan"..
Sebaiknya jgn slow om, krn bisa bikin kagok mobil di jalur yg om ambil. Saya sering ngalamin begini. Sebisa mungkin segera samakan kecepatan dgn mobil belakang (yg om ambil jalurnya) begitu masuk jalur sebelah.
kalau ada orang (driver) yg memberi jalan saya ketika saya meminta jalan dengan sopan (pakai seign, dan ga langsung nyodok) berarti intelektual drivernya bagus.
tapi
kalau ada orang (driver) yg seperti contoh om2 diatas (sudah memakai seign dan meminta jalan dengan sopan) malah langsung ngebut kek orang takut jalurnya diambil sayton, berarti ya intelektualnya patut dipertanyakan.
sesibuk atau seterburu2 apa sih sampai ga mau kasih jalan, padahal dia sendiri nyetirnya santai (ada space lowong bisa sampe 2 mobil didepannya). tapi giliran mau diambil jalurnya malah nempel bgt kek ngeliat sayton.
paling nyebelin juga orang yg di jalur cepat (palling kanan) nyetirnya santaaaaiii banget (under 70). padahal depannya kosong. diklakson gamau minggir.
mbah_sby wrote:
bener bingits nih hahaa..
malah pernah saya pindah lajur sebelah kiri krn kosong dan mobil blakang masih jauuuhh..saya slow pindah lajur pake sen..eh mobil nya setelah nyampe blakang saya langsung ngedim2 dan klakson sekeras2 nya marah2..saya kaget luar biasa soalnya saya pindah lajur dgn "sopan"..
Sebaiknya jgn slow om, krn bisa bikin kagok mobil di jalur yg om ambil. Saya sering ngalamin begini. Sebisa mungkin segera samakan kecepatan dgn mobil belakang (yg om ambil jalurnya) begitu masuk jalur sebelah.
Macet om..lagi berhenti gmn ga slowwww
Oh lagi macet? Kirain lancar Mungkin orang stres om )