Car safety in Indonesia, is it adequate?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
itu namanya energy absorbent
kapan indo version cars punya safety level equal to those of same types in premium market? insyallah .... kata arabers sini
kapan indo version cars punya safety level equal to those of same types in premium market? insyallah .... kata arabers sini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Ngawur.
ABS = Anti-lock Braking System.
Kalau airbag sebutannya "SRS Airbag" alias Supplemental Restraint System Airbag.
Jangan dikacau-kacaukan sebutan-sebutan resmi ini. Efeknya yang ngomong jadi kesannya bego.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
kok lebay banget sih om PV kan saya hanya mempersingkat kata daripada harus nulis air bag system saya persingkat jadi ABS kalau masalah singkatan yah selera orang juga kali
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Lebay? Punya prinsip sedikit dong, pakai yang benar. Ini bukan masalah pendapat. Istilah2 teknis di bidang apapun ada maksudnya sendiri2, kalau disimpang siurkan bikin bingung. Kalau tidak mau ngetik "airbag", pakai "SRS".
Dikasih tau yang benar malah ngelawan.
Dikasih tau yang benar malah ngelawan.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Lebay = Abis Lemes Babay (bubye)... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Tau nih darimana coba ABS jadi airbag systemPOS VETT wrote:Lebay? Punya prinsip sedikit dong, pakai yang benar. Ini bukan masalah pendapat. Istilah2 teknis di bidang apapun ada maksudnya sendiri2, kalau disimpang siurkan bikin bingung. Kalau tidak mau ngetik "airbag", pakai "SRS".
Dikasih tau yang benar malah ngelawan.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
mobil disini itu gak butuh safety features macem2, yg penting full do'a.
jd inget bbrp minggu lalu ada temen menunda janji krn pagi2 harus ke sekolah anaknya, konon ada acara doa bersama menjelang ujian nasional...
jd inget bbrp minggu lalu ada temen menunda janji krn pagi2 harus ke sekolah anaknya, konon ada acara doa bersama menjelang ujian nasional...

|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
safety belt... ini no 1 buat saya karena dmana2 ada peringatan gunakan seatbelt bukan beli mobil dgn abs ato airbag.
walaupun abs dan airbag memang penting juga.
safetybelt ini saya selalu ingatkan ke penumpang kalo nebeng mobil saya... pake seatbelt (kalo yg duduk depan)
karena walaupun kt uda drive safe... kalo diseruduk dibelakang (apalagi kenceng) efeknya kena winshield itu kepala CMIIW
ada nanti kasus amnesia... geger otak... biaya rs. duh ga bgt. mending pake seatbelt toh kalo ane comfy2 aja pake, apa gaenaknya. lebih gaenak kalo nabrak mental
dan kalo di indonesia. car safety sih lumayan cukup. setidaknya di lcgc skrg uda ada airbag, abs kurang tau saya.
yang jadi masalahnya di indo cara orang nyetirnya... entah awut2 an ato pelan banget sampe mengganggu pengguna jalan lain.
walaupun abs dan airbag memang penting juga.
safetybelt ini saya selalu ingatkan ke penumpang kalo nebeng mobil saya... pake seatbelt (kalo yg duduk depan)
karena walaupun kt uda drive safe... kalo diseruduk dibelakang (apalagi kenceng) efeknya kena winshield itu kepala CMIIW
ada nanti kasus amnesia... geger otak... biaya rs. duh ga bgt. mending pake seatbelt toh kalo ane comfy2 aja pake, apa gaenaknya. lebih gaenak kalo nabrak mental
dan kalo di indonesia. car safety sih lumayan cukup. setidaknya di lcgc skrg uda ada airbag, abs kurang tau saya.
yang jadi masalahnya di indo cara orang nyetirnya... entah awut2 an ato pelan banget sampe mengganggu pengguna jalan lain.
2015 Honda HR-V E CVT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Tin can dikasih airbag aja udah bisa bikin persepsi aman. Memang gampang jualan sama org indo. Lupa kl supplier airbag jepun terbesar (takata) lg massive recall krn inflator defects. Jangankan lcgc yg mobil mahalan aja direcall.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
satu hal lagi ... soal ABS (anti lock braking system)
bukannya teknik mengerem mobil yang ada ABS dan yang non ABS berbeda ? saya lupa pernah baca artikelnya di majalah apa
klo pemilik mobil ga tau tekniknya kan bisa jadi cukup berbahaya klo berkendara dengan kecepatan tinggi ...
bukannya teknik mengerem mobil yang ada ABS dan yang non ABS berbeda ? saya lupa pernah baca artikelnya di majalah apa
klo pemilik mobil ga tau tekniknya kan bisa jadi cukup berbahaya klo berkendara dengan kecepatan tinggi ...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
ya, untuk non abs, kalau rem istilahnya dikocok supaya gak locking, untuk abs injek aja terus (kalau pedal getar tandanya abs sedang bekerja)
mohon koreksi kalau salah, maklum abs (=Asal Buka mulut Saja)
mohon koreksi kalau salah, maklum abs (=Asal Buka mulut Saja)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Duhh honda city ane kena recall airbag tapi sampe sekarang males banget ngerjainnya... Ga dapet nasi bungkus sih di diler honda, coba a2k 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Kalo Asal Berenti Sukur ya remnya dipompaHaagendasz wrote:satu hal lagi ... soal ABS (anti lock braking system)
bukannya teknik mengerem mobil yang ada ABS dan yang non ABS berbeda ? saya lupa pernah baca artikelnya di majalah apa
klo pemilik mobil ga tau tekniknya kan bisa jadi cukup berbahaya klo berkendara dengan kecepatan tinggi ...
Kalo Antilock Braking System tendang pedalnya.....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
nah itu dia, klo di kasih ABS mobilnya tapi rem tetep dipompa kan malah mubazir ...
kecepatan kita mompa rem sama computer mengaktivasi ABS kan cepetan computernya ...
maklum dulu saya ada 2 mobil, satunya ABS jaman purba (asal berhenti sukur) sama ABS modern (yang beneran ABS), kadang suka lupa cara ngeremnya disamain ...
kecepatan kita mompa rem sama computer mengaktivasi ABS kan cepetan computernya ...
maklum dulu saya ada 2 mobil, satunya ABS jaman purba (asal berhenti sukur) sama ABS modern (yang beneran ABS), kadang suka lupa cara ngeremnya disamain ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Car safety in Indonesia, is it adequate?
Setahu noob, ABS saat mengerem ada 17 pulse/detik, pulse = kedutan atau kocokan.
Jika melakukan pengereman pada rem ABS di kocok, maka fungsi pulse akan hilang. Rem nya tetap berfungsi. Cara reset, matiin mesin minimal 5 menit.
Cara pengereman ABS, tidak boleh di kocok. Cara pengereman: squeeze, emergency/panic braking/hard breaking/langsung hajar dgn injak dalem2.
Non ABS, kalau emergency breaking: Hard break - lepas - hard break.
Kalo harus dikocok berulang2, mungkin ada kebocoran di seal master...
Cmiiw...
send using tapatalk for win mobile 10
Jika melakukan pengereman pada rem ABS di kocok, maka fungsi pulse akan hilang. Rem nya tetap berfungsi. Cara reset, matiin mesin minimal 5 menit.
Cara pengereman ABS, tidak boleh di kocok. Cara pengereman: squeeze, emergency/panic braking/hard breaking/langsung hajar dgn injak dalem2.
Non ABS, kalau emergency breaking: Hard break - lepas - hard break.
Kalo harus dikocok berulang2, mungkin ada kebocoran di seal master...
Cmiiw...
send using tapatalk for win mobile 10