2GD-FTV Performance & Tuning update

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by billyd1773dz »

ngomongin suara putu :big_think:

di mbl sya setelah ganti intake stainless n cube. dri idle apalagi saat full boost jadi nyaring sekali suara turbonya, klw idle aja nguuuuung...... donpipe std, cuma ganti stailess intake pre dan post intercooler.. terutama setelah ganti yg pre intercooler hmmm... memang stainless intake ngaruh bngt ya ke suara? mestinya tdk. ngobrol dgn suhu yg d bdg jg mestiny g ngaruh ke suara se significant ini. blm di cek sie apa ada kebocoran atw gmn... masih wira wiri mblnya


nope bukan anki, yet mirip2, cara kerja hrsny g jauh beda.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by htannis »

kompresorz wrote::big_biglaugh: ...kasian si aan klo dibalikin..orgnya ramah n sudah ky kaya kawan akrab aja klo ngobrol...kecuali aan bisa balikin ke distibutornya..gak apalah sekedar buat mainan.

Info yg lain sudah pasang donpep ini jg bnyk yg suara putu..
Falindo jg ktnya gak mau nyetok lg donpep merk ini...nunggu buatan bandung n thailan tanpa las...
Ktnya merk lokal kongo bagus ya...

Mungkin klo bosan nanti pasang donpep standar trs dino ulang...
Oh beli sama aan, teman saya juga sih baik dia saya pasang jok sama dia dan saya 2 kali repair gak di charhe padahal ada pake kain dikit sama benerin jahitan :mky_01:
Tunggu buatan thai aja harusnya lebih presisi cuman yah minta garansi bocor juga
billyd1773dz wrote:ngomongin suara putu :big_think:

di mbl sya setelah ganti intake stainless n cube. dri idle apalagi saat full boost jadi nyaring sekali suara turbonya, klw idle aja nguuuuung...... donpipe std, cuma ganti stailess intake pre dan post intercooler.. terutama setelah ganti yg pre intercooler hmmm... memang stainless intake ngaruh bngt ya ke suara? mestinya tdk. ngobrol dgn suhu yg d bdg jg mestiny g ngaruh ke suara se significant ini. blm di cek sie apa ada kebocoran atw gmn... masih wira wiri mblnya


nope bukan anki, yet mirip2, cara kerja hrsny g jauh beda.

:beer:
Kalau pipa ic sih dari hose2 karet nya mungkin kurang kencang, bawa balik aja atau pasang boost gauge aja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Mr Q
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri May 31, 2013 9:48
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Fortuner

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Mr Q »

paidjho wrote:
Mr Q wrote:Om Turbo maaf mau tanya nih. Untuk mesin 2gd yang baru oli masih bawaan pabrik km 300an kondisi mesin standart semua pada saat inreyen apakah tidak boleh rpm tinggi sampai 4000 rpm misalnya ?? Terus oli baiknya diganti di km berapa dan pakai oli apa semasa inreyen ini ya om ?? Thanks sebelumnya.
500 km pertama, saya malah shifting antara 3.5k - redline terus Om, baru lulus gear 4, belum sampai gear 5-6. Stl 500km baru nyetir scr normal.

Menurut conekan dibawah, seharusnya malah di dyno, sesuai petunjuk om Htannis.

Jd gak usah khawatir Om.

Om kompre malah langsung bejek ajah tuh...

mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
Wah berarti aman ya om.. lega deh takut kalau ada apa apa. Masalahnya masih ketanem ajaran ayah saya dulu kalau brake in kudu sabar dan jaga rpm rendah sampai 5000 km...btw thanks ya om.
sbysilvermet
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Jun 23, 2016 9:43

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by sbysilvermet »

Salam kenal suhu2 dimari,

Saya baru pindah dr 4D56 modif sampai 300 hp ke 2GD, sementara sudah pasang DP Super Turbo dan Dastek Q+ (blm fine tune masih tunggu idrive). Next mau ganti air filter dan bobok restrictor. Forum SM manteb banyak banget info nya, mohon bantuan update utk parts yg baru2 utk 2GD suhu2.

Thanks
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by andyez86 »

Turboman wrote:
HasanFenny wrote: Bete deh kalo pasang piggiback mesti kena sensor. Skrg aja nungguin 1000km pertama aja bete mau cpt2 pasang piggi
Ganti oli mesin dulu pakai yg 5W30 khusus Diesel......ini aja pasti dah kerasa bedanya

Oli gardan pake 75W90 GL-5

Utk upgrade awal ganti downpipe dan tutup EGR nya aja dulu

Biar mesin benar2 "mateng" lewatin 5000 km nah Piggy naik, spy hasil lebih maksimal

Maaf om Turboman...mau nanya nihh..d tmp saia susah bgt cari oli gardan 75W90...ada jg merk en*os dan itu stock lama toko...jd ga brni ambil d...klo pake toyota differential oil yang 80W90 gmna yah...klo oli mesin kmrn uda 2x ganti di kilometer 1000 sama 5000 pake merk Lupr*max... :big_deal:
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Chevyman »

sbysilvermet wrote:Salam kenal suhu2 dimari,

Saya baru pindah dr 4D56 modif sampai 300 hp ke 2GD, sementara sudah pasang DP Super Turbo dan Dastek Q+ (blm fine tune masih tunggu idrive). Next mau ganti air filter dan bobok restrictor. Forum SM manteb banyak banget info nya, mohon bantuan update utk parts yg baru2 utk 2GD suhu2.

Thanks
widiih dakaryha bisa tembus 300hp sdh brp taun om?ga jebol?....mantap menembus angka keramat....share tips bsa 300hp diapain aja om..thanks...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Turboman »

Mr Q wrote:Om Turbo maaf mau tanya nih. Untuk mesin 2gd yang baru oli masih bawaan pabrik km 300an kondisi mesin standart semua pada saat inreyen apakah tidak boleh rpm tinggi sampai 4000 rpm misalnya ?? Terus oli baiknya diganti di km berapa dan pakai oli apa semasa inreyen ini ya om ?? Thanks sebelumnya.
Oli bawaan pabrik bagusnya ganti di KM 1000....oli gardan juga, karena oli bawaan pabrik kualitas pas2-an

Utk inreyen better pake 10W30 Diesel aja spt FK Mass Dies Dash atau Cast magna Dies

Utk masa inreyen kalo saya sih menganut paham konservatif aja, RPM max 60% dari rentang Redline utk 1000 Km pertama, lalu 1000 - 2000 Km ya sesekali tarik sampe 80% rentang Redline (tapi kalo sesekali kepaksa geber sampe RPM tinggi saat nyusul ya gpp, keselamatan kita jauh lebih penting)

Google : engine break in / Glazing process

Krn mesin mass production....ingat ini bukan mesin FERRARI atau LAMBORGHINI yang dibuat secara "Well matched / Blue printed process" & udah di "break in" dulu di pabriknya sebelum tu mobil dikirim ke diler2 (itu yg bikin mobil2 tsb jadi mahal)

Assembly mobil mass production itu ada target waktu (Waktu Baku), lalu test2 secukupnya sesuai std pabrik, abis itu dibawa ke storage (pelataran) utk tunggu antrian diangkut oleh truk

Ane pernah liat process assembly di TMMIN
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Turboman »

Kalau yang saya baca.....banyak juga yg kontra juga dengan artikel di mototune

Btw kalau break in cara digeber gitu, itu sesudah digeber2 kenceng juga oli mesin juga harus segera diganti

Logika-nya itu proses glazing "dipaksakan" utk dipercepat, maka gram2 yang terlarut di oli jadi lebih banyak dan itu harus dibuang

Kecuali kalo memang ada rencana swap mesin ke 1GD.......ya mesin std mau ancur di Km 1000 juga gak pa pa.....nanti mesin rontok dibongkar sekalian proses Blue printing / oversize......wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk
:big_biglaugh: :ngacir:
paidjho wrote:
Mr Q wrote:Om Turbo maaf mau tanya nih. Untuk mesin 2gd yang baru oli masih bawaan pabrik km 300an kondisi mesin standart semua pada saat inreyen apakah tidak boleh rpm tinggi sampai 4000 rpm misalnya ?? Terus oli baiknya diganti di km berapa dan pakai oli apa semasa inreyen ini ya om ?? Thanks sebelumnya.
500 km pertama, saya malah shifting antara 3.5k - redline terus Om, baru lulus gear 4, belum sampai gear 5-6. Stl 500km baru nyetir scr normal.

Menurut conekan dibawah, seharusnya malah di dyno, sesuai petunjuk om Htannis.

Jd gak usah khawatir Om.

Om kompre malah langsung bejek ajah tuh...

mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Turboman »

andyez86 wrote:
Maaf om Turboman...mau nanya nihh..d tmp saia susah bgt cari oli gardan 75W90...ada jg merk en*os dan itu stock lama toko...jd ga brni ambil d...klo pake toyota differential oil yang 80W90 gmna yah...klo oli mesin kmrn uda 2x ganti di kilometer 1000 sama 5000 pake merk Lupr*max... :big_deal:
Oli stok lama asal segel-nya masih utuh gak masalah om
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by kompresorz »

htannis wrote:
Oh beli sama aan, teman saya juga sih baik dia saya pasang jok sama dia dan saya 2 kali repair gak di charhe padahal ada pake kain dikit sama benerin jahitan :mky_01:
Tunggu buatan thai aja harusnya lebih presisi cuman yah minta garansi bocor juga
Ya nanti minta aan cek detail utk donpep terbaru...
billyd1773dz wrote:ngomongin suara putu :big_think:

di mbl sya setelah ganti intake stainless n cube. dri idle apalagi saat full boost jadi nyaring sekali suara turbonya, klw idle aja nguuuuung...... donpipe std, cuma ganti stailess intake pre dan post intercooler.. terutama setelah ganti yg pre intercooler hmmm... memang stainless intake ngaruh bngt ya ke suara? mestinya tdk. ngobrol dgn suhu yg d bdg jg mestiny g ngaruh ke suara se significant ini. blm di cek sie apa ada kebocoran atw gmn... masih wira wiri mblnya


nope bukan anki, yet mirip2, cara kerja hrsny g jauh beda.

:beer:
Waktu di bengkel bongkar di beritahu seharusnya gak ada suara putu...kebetulan di mesin n donpep merk sama punya org lain awal ada yg bunyi setelah di perbaiki dgn cara yg sama gak terdengar suara putu waktu idle...
sbysilvermet wrote:Salam kenal suhu2 dimari,

Saya baru pindah dr 4D56 modif sampai 300 hp ke 2GD, sementara sudah pasang DP Super Turbo dan Dastek Q+ (blm fine tune masih tunggu idrive). Next mau ganti air filter dan bobok restrictor. Forum SM manteb banyak banget info nya, mohon bantuan update utk parts yg baru2 utk 2GD suhu2.

Thanks
Si aan kmrn ada pasang atf coler buat anki...ktnya abis lebaran br masuk lg yg lain...falindo jg sama..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Turboman »

iDrive baru ?

Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by htannis »

Turboman wrote:iDrive baru ?

Image
Keren ecu nya bs kasih tau : "periksa daya mesin, kurangi daya mesin, hubungi dealer" :wkkk:

Anyway info aja yah jangan tanya napa bisa tau dan dari sapa, dah terbukti pompa 2gd gak kuat kalau fuel pressure terlalu tinggi dan lebih lemah daripada punya ps dakar 4d56

Kita mah share real aja gak usah ditutup2in sebagai sesama customer :big_bored:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by colai »

itu mika speedometer sampe pecah begitu om
jalan kaki ............ SEHAT !
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by kompresorz »

Ooo itu kurvanya...


Ah monmax aja dah...next 2GD ..taun depan mudahan sudah muncul part modif....

Terasa lama klo nunggu...
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by dieselman228 »

htannis wrote: Keren ecu nya bs kasih tau : "periksa daya mesin, kurangi daya mesin, hubungi dealer" :wkkk:

Anyway info aja yah jangan tanya napa bisa tau dan dari sapa, dah terbukti pompa 2gd gak kuat kalau fuel pressure terlalu tinggi dan lebih lemah daripada punya ps dakar 4d56

Kita mah share real aja gak usah ditutup2in sebagai sesama customer :big_bored:

Jadi ga usah nuker 2kd ke 2gd ya om?
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by arfs »

:wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ngakak lihat ada peringatan nya suruh kurangi daya mesin sama kaca tachometer nya pecah.

BTW, tau daya mesin nya naik dari mana yah? Dari sensor torque limit gearbox nya kah?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by billyd1773dz »

@htannis wokee nanti ksn lg, sekalian retune lg wkwkkw
arfs wrote::wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ngakak lihat ada peringatan nya suruh kurangi daya mesin sama kaca tachometer nya pecah.

BTW, tau daya mesin nya naik dari mana yah? Dari sensor torque limit gearbox nya kah?
Sepertinya itu check engine+ limp mode

Semacam fungsi failsave enjin jika terjadi kondisi di luar batas toleransi

Dakam kasus ini bisa macem2 penyebapnya, salah satumya klw memang injeksinya kurang yg sering keluar MIL fuel pressure to low.. artinya ya supply uda g bisa ngimbangin printah piggy jd keluat ce

Hampir semua mbl saat ini ada fitur seperti itu.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by kompresorz »

Turboman wrote:Unichip Q4 + iDrive i6P + Downpipe plong

212 hp

Torsi sempat mencapai 557 Nm
Jd tenaga besar ini gmn bisa dpt?

Rasanya berat ya buat main..entah apakah bisa ganti pompa dll...ataukah perlu waktu...

Pdhl siap al out utk kategori standar..utk bisa jd salah 1 yg kuat.. :e-think:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by htannis »

billyd1773dz wrote:@htannis wokee nanti ksn lg, sekalian retune lg wkwkkw
arfs wrote::wkkk: :wkkk: :wkkk:
Ngakak lihat ada peringatan nya suruh kurangi daya mesin sama kaca tachometer nya pecah.

BTW, tau daya mesin nya naik dari mana yah? Dari sensor torque limit gearbox nya kah?
Sepertinya itu check engine+ limp mode

Semacam fungsi failsave enjin jika terjadi kondisi di luar batas toleransi

Dakam kasus ini bisa macem2 penyebapnya, salah satumya klw memang injeksinya kurang yg sering keluar MIL fuel pressure to low.. artinya ya supply uda g bisa ngimbangin printah piggy jd keluat ce

Hampir semua mbl saat ini ada fitur seperti itu.

:beer:
Sepertinya sih check engine fail safe dari transmisi mungkin overtorque
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
sbysilvermet
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Jun 23, 2016 9:43

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by sbysilvermet »

Chevyman wrote:
sbysilvermet wrote:Salam kenal suhu2 dimari,

Saya baru pindah dr 4D56 modif sampai 300 hp ke 2GD, sementara sudah pasang DP Super Turbo dan Dastek Q+ (blm fine tune masih tunggu idrive). Next mau ganti air filter dan bobok restrictor. Forum SM manteb banyak banget info nya, mohon bantuan update utk parts yg baru2 utk 2GD suhu2.

Thanks
widiih dakaryha bisa tembus 300hp sdh brp taun om?ga jebol?....mantap menembus angka keramat....share tips bsa 300hp diapain aja om..thanks...
Saya dulu pakai exceed bukan dakar om heheheh. Dulu saya ganti turbo rhf4, intercooler, pasang atf cooler, dll cuma stroker kit yg belom. Dyno dpt 297.5hp dengan setting yg lmyn mentok tp masih aman kalau pemakaian normal harian. Saran saya 1 kalau sering di geber2 hrs pasang EGT meter, dulu saya ga pasang dan wkt kejar2 an sama tmn smpt overheat. :big_dunno:
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by reinhard_harley »

Iya sayang bgt signa ga ada ecu shop.he..he.saya tdnya sdh niat pasang dastek di rev. Eh d dicuekin ya sdh lgs ke om soleh deh.

Penasaran ama monsmax buat ANPS.
kompresorz wrote:Di sayangkan sigma gak ada ecu shop...soleh itu sangat rekomen...jiwa dagang..

Klo yg 1 lg itu harus tau supaya gak kecewa krn merasa gak di anggap..saya sudah tau orgnya gmn..jd datang blg mo pasang pigi...sbelumnya telpon ke pegawai...
Selesai ya sudah liat data..sedikit tanya kok gak dpt lebih gede...di jelasin maksimal boos segini...ok bayar..gak perlu bnyk tanya..
Jd klo mau kesitu yg belum tau jgn kaget....apalg sekedar datang cm buat tanya terlebih dahulu...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by htannis »

sbysilvermet wrote:
Chevyman wrote:
sbysilvermet wrote:Salam kenal suhu2 dimari,

Saya baru pindah dr 4D56 modif sampai 300 hp ke 2GD, sementara sudah pasang DP Super Turbo dan Dastek Q+ (blm fine tune masih tunggu idrive). Next mau ganti air filter dan bobok restrictor. Forum SM manteb banyak banget info nya, mohon bantuan update utk parts yg baru2 utk 2GD suhu2.

Thanks
widiih dakaryha bisa tembus 300hp sdh brp taun om?ga jebol?....mantap menembus angka keramat....share tips bsa 300hp diapain aja om..thanks...
Saya dulu pakai exceed bukan dakar om heheheh. Dulu saya ganti turbo rhf4, intercooler, pasang atf cooler, dll cuma stroker kit yg belom. Dyno dpt 297.5hp dengan setting yg lmyn mentok tp masih aman kalau pemakaian normal harian. Saran saya 1 kalau sering di geber2 hrs pasang EGT meter, dulu saya ga pasang dan wkt kejar2 an sama tmn smpt overheat. :big_dunno:
Mantap
Boost bro bar bro?
Ada hasil dyno nya kalau berkenan di sharing mau liat torsinya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by HasanFenny »

usul doang
enak nih kalo ada daftar brg2 yg bisa di upgrade utk innova reborn ini di halaman depan beserta result2nya....sekalian bengkelnya .... harga ga usah di cantumin gpp.
jd yg gaptek kayak gue.... tinggal sebut nama, beli, pasang, tinggal nikmatin aje...wkwkwk
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by htannis »

Ada info nih buat om kompre bukan nakut2in loh
Suara kue putu itu bisa jadi dari turbo yg jebol
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: 2GD-FTV Performance & Tuning update

Post by Chevyman »

htannis wrote:Ada info nih buat om kompre bukan nakut2in loh
Suara kue putu itu bisa jadi dari turbo yg jebol
alamaaaak...wassalam....batalin spk ah....