FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by ransyah1234 »

Omnibus wrote:Berarti selama ini root cause nya dr locking pin nya yg ga mau release ketika pindah dr P ke R krn sedang menahan beban?? Bahasa kerennya ... melejit
F 272 wrote: Resmi mulai hari ini saya melakukan Ritual spt om bilang di atas..
Wajib N dulu sebelum geser ke P
dan stelah saya ulang2 untuk sekedar memastikan,
saat P geser ke R memang tidak ada bunyi alias normal..
:big_smile] :big_smile] :big_comfort:
Etapi kalau bener root causenya itu dan siapapun dari pihak unfurtuner ga bisa jelaskan dengan mudah selama ini lha kok kebangetan
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by paidjho »

F 272 wrote:
daftar wrote:
ransyah1234 wrote:Jadi penasaran...sebenernya pin locknya transmisi matic itu dirancang untuk nahan beban mobil waktu parkir miring ga ya?

Saya kalau parkir miring selalu jaga agar beban mobil ada di handbrake..baru masuk P...atau seharusnya hajar saja ke P peduli amat ya?

Gimana itu mobil2 yg parkir di pinggiran jalan di daerah SF bay..miringnya ngaco
sudah bener begitu om, saya juga begitu, katanya sih biar transmisi awet, tapi yg lebih penting dengan naruh di N dulu sebentar saat parkir di jalanan miring kita bisa sekalian ngetes apa handbrake yg ditarik udah cukup atau masih kurang naik (untuk mobil yg parking brake nya belum elektrik apalagi yg udah berumur) jadi beban sudah dipastikan ditahan sama parking brake
Resmi mulai hari ini saya melakukan Ritual spt om bilang di atas..
Wajib N dulu sebelum geser ke P
dan stelah saya ulang2 untuk sekedar memastikan,
saat P geser ke R memang tidak ada bunyi alias normal..
:big_smile] :big_smile] :big_comfort:
Semoga masalahnya memang itu saja Om.

Saya biasanya tambah parking break baru ke P. Buat mastiin ban gak gerak saat P.

Siap2 touring lagi Om? Long wiken nih...
He he...
coencoenz
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Sep 02, 2016 1:51

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by coencoenz »

Masalah transmisi agak "ngejedug" ketika dipindahkan dari P ke R, terkadang saya merasakan di Infiniti A32, dengan catatan: jalannya miring. Sementara pada BMW e34m60 dan BMW e39m52 tidak pernah terjadi, baik di jalan datar maupun miring.

Asumsi saya sebagai newbie sech: infiniti transmisinya masih mekanis (4 speed), sementara bmw baik e34 maupun e39 sudah ada peran elektronisnya (5 speed). Kenapa saya menyimpulkan mekanis dan elektronik? Karena feelnya ketika memindahkan transmisi infiniti, tidak berbeda jauh dengan feel ketika memindahkan transmisi matik kijang kapsul. Memindahkan transmisi bmw tua terasa ringan, kadang untuk e34nya malah kebablasan pindahnya ke 4, bukannya D.

Sedikit pertanyaan, apa kasus transmisi ini banyak ditemui hanya pada fortuner VRZ? Atau varian bawahnya juga ditemui kasus yang serupa?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by newrubble »

tar mgkn utk new batch ada tambahan info sticker

for smooth shifting use N when vehicle not in motion

trus tiap satu unit yg terbeli dapat gratis satu batu besar u ganjal pas parking di ramp ...... atau timpuk kaca dealer kalo tdk puas
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by ipat »

newrubble wrote:tar mgkn utk new batch ada tambahan info sticker

for smooth shifting use N when vehicle not in motion

trus tiap satu unit yg terbeli dapat gratis satu batu besar u ganjal pas parking di ramp ...... atau timpuk kaca dealer kalo tdk puas
Hahaha :mky_07: greget lagi buat pecah kaca dealer...
Maaf oot... pernah liat di yutub ada yg hancurin all new mercy s class pake stick golf di depan dealer,karna si owner kecewa ama dealernya waktu mau nge claim ditolak
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by jivos »

Lucunya lg di sebagian matic alur gate P n R itu nempel, baru posisi N dan D di bwhnya. Jd bolak balik tetap hrs lewatin R jg sblm masuk k P.
Enjiner mbl yg sy coba salah bikin sptnya.

Urutanya di sy klo ikut diatas:
P
R
N
D

Dr R ke N turun dulu, balik lagi naik k R sblm masuk P,
Lucu juga. :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by newrubble »

P dipakai saat unit under maintenance atau trx mau ditukar baru atau ecu remap

wajar kalo early disposal benz s class itu golf stick n an160 itu batu

due to price disparity antara dua itu

tar smua ease operation gear indicator akan

PNRNDN..... jadi akan terliat shift selector lbh advancr (rame spt pasar cikini) dan naik turun tdk perlu range yg jauh .....cukup one step up n one step down
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by Andrian »

permisi,

numpang OOT. :mky_01:

ngemeng2 soal perpindahan gear metik, ane kemaren melakukan sedikit percobaan di ertiga metik dirumah.posisi jalan depan rumah agak turun :

1. pada saat berhenti, dari D ane masuk ke N dulu, tarik hand brake, lepas pedal rem, injak rem lagi, pindahin gear dari N ke P, lepas rem. mesin ane matiin. mesin ame nyalain lagi, injak rem, ane geser dari P ke R ga terasa jeduk.

2. Dari posisi tadi (R),ane langsung pindah ke P tanpa mampir dulu ke N. mesin ane matiin. Ane hidupin lagi mesinnya, ane geser dari P ke R ada gejala jeduk.

3. ane coba mundur sedikit. Sebelum ane matiin, ane coba dari R ane mampir dulu ke N, lepas rem, injak rem lagi, ane pindah ke P. mesin ane matiin. ane nyalain lagi, ane geser dari P ke R. ga ada gejala jeduk.

:mky_01:
Image
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by jivos »

Ha ha ha ...bisa saja om nr.

Spt om sebut diatas, enjineer hrsnya bikin gate matic P & N hrs berdekatan, jd setiap sblm masuk P hrs lewat gate N dulu. Jadinya:
P
N
R
D
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
turbokid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Mon Sep 05, 2016 20:05

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by turbokid »

kemungkinan gara2 vrz shift model gate .....

kalo yg model lurus kan ada kunci nya tuh , setiap ke R ato P , mesti pencet lock nya dulu
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Hari Sabtu lalu, (3 September 2016) saat saya ke Plaza Toyota Tendean dg Tujuan :
Ketemu Dealer bicarakan Nasib VRZ F272 + Test Drive VRZ dengan beberapa Fitur baru yaitu :
Turbo Baru + Remapping Ecu :wkkk: :wkkk:
Lucu juga nih mobil baru masih juga tambah part2 baru, jadi mobil tambah baru lagi ... (+ jadi tambah mahal)

Stelah obrol2, saya test semua VRZ yg ada di sekitaran Dealer, semua type VRZ (saya udah cerita di halaman2 sebelum ini)
Kenapa saya engga test type2 selain VRZ, saya pikir saya ga ada urusan sama Type2 lain, karena type yg saya punya itu VRZ

Stelah memastikan semua VRZ yg ada di dealer juga kondisi nya sama (Wajib ke N, sebelum P) termasuk milik Pribadi Manager Dealer
maka ......akhirnya tibalah saat nya cobain 1 VRZ yang jadi primadona di Trit ini... VRZ F272 :wkkk: :wkkk:

Saya duduk di jok driver, pasang sabuk pengaman, nyalakan mesin spt biasa... nyalakan AC, dan siap TD...
duduk disamping saya Service Operation Manager, row 2nd duduk Kabeng + 2 anak saya (cibul alias kelinci gembul)
Keluar Dealer Plaza Tendean mobil saya arahkan ke Patra Kuningan.. muter2 di situ area belakang gedung2 tinggi..
Jalanan agak sepi jadi bisa tenang Atur gas mobil pelan dan kencang... serta dengerin suara mesin Turbo Baru...

Mobil ini sudah dilakukan Remapping Ecu.. (stelah 1 set Trasmisi assy terlebih dulu :e-clap: )
jadi gejala hentakan kasar saat perpindahn gigi naik atau turun sudah jauh lebih halus :off_good_job:

Mobil ini juga sudah mendapatkan 1 unit Turbo baru...
jadi suara tukang kue Putu udah engga terdengar lagi... semoga engga ada lg sampe 100.000 km
kalo udah 100.000 km terdengar, waaahh saya males ganti deh karena Warranty sudah abis :off_bored:
Paling jadikan Food Truck aja buat jualan kue Putu... :ngacir: :ngacir:

Muter2 Patra kuningan sekitar 1 jam an... memang saya rasakan mobil lebih smooth dan tenaga jg ok ketika saya coba tekan pedal gas, seketika dia langsung ber akselerasi dengan baik dan bagi saya saat itu cukup memuaskan... ga lebih ga kurang, PAS lah...

Kembali ke area Parkir Dealer... saya coba oper2 tuas Transmisi..
memang dengan Trik harus ke N dulu sebelum ke P ini cukup jitu sekaligus bikin geli :angel:
Sampai2 saya bikin 1 video lucu dg pemeran kami bertiga : Saya, Cibul Arya, Cibul Andika.. dg Judul "Trik si Cibul"

Jadi di video itu, Andika kasih trik untuk gimana caranya lebih mudah operasikan Tuas Transmisi yg musti ke N dulu
Video saya rekam pake camera HP, malah opening nya sempat terpotong saat saya mulai omong ini Trik si Cibul..bal bla bla..
Video itu saya share ke beberapa nomor WA & grup WaSem 1,
termasuk saya kirim ke beberapa teman di Redaksi Majalah otomotif..Kabeng, SOM, OM, TL Toyota Plaza & A2K
ya reaksi teman2 : Ketawa geli... seperti yang Om NR, om Jivos bilang di atas...

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Video mau saya upload disini... tapi bagaimana caranya ya.? selain musti upload di Youtube dulu...
Video tidak mengandung unsur penghinaan kepada produk ataupun produksen / owner2 VRZ, tapi yaahh cukup lucu lah..

:big_comfort: :big_comfort: :big_comfort:

Sampai saat ini saya masih latihan mengoperasikan tuas transmisi VRZ F272, tadi pagi sempat kelupaan juga..
Pas mau ambil uang di ATM Bca di RS. Hermina di Taman Yasmin Bogor..
Mobil sudah mundur ..mau Parkir..dan ketika sudah pas..
saya seperti biasa langsung geser tuas dari R ke...... P :big_cry: omg

Yah.. sudah terlanjur... saya tinggal saja mobil..ke ATM Bca dulu,
dan ketika mau jalan lagi... tuas saya geser dari P ke D melewati R+N... saat P ke R... bunyi lagi Jedaaakkk ..!!! keras dan seram..

:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

Image
Misteri Transmisi VRZ 2016... :e-dance:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by daftar »

jivos wrote:Lucunya lg di sebagian matic alur gate P n R itu nempel, baru posisi N dan D di bwhnya. Jd bolak balik tetap hrs lewatin R jg sblm masuk k P.
Enjiner mbl yg sy coba salah bikin sptnya.

Urutanya di sy klo ikut diatas:
P
R
N
D

Dr R ke N turun dulu, balik lagi naik k R sblm masuk P,
Lucu juga. :mky_01:
iya juga ya, masa habis mundur /R mau parkir harus ke N terus balik agi ke R - P
:ngacir:
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by iwidiyanto »

dapet transmisi baru lagi om wah..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by abrof »

F 272 wrote:
Sampai saat ini saya masih latihan mengoperasikan tuas transmisi VRZ F272, tadi pagi sempat kelupaan juga..
Pas mau ambil uang di ATM Bca di RS. Hermina di Taman Yasmin Bogor..
Mobil sudah mundur ..mau Parkir..dan ketika sudah pas..
saya seperti biasa langsung geser tuas dari R ke...... P :big_cry: omg

Yah.. sudah terlanjur... saya tinggal saja mobil..ke ATM Bca dulu,
dan ketika mau jalan lagi... tuas saya geser dari P ke D melewati R+N... saat P ke R... bunyi lagi Jedaaakkk ..!!! keras dan seram..

:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

Image
Misteri Transmisi VRZ 2016... :e-dance:
Gini saja bro F 272. Minta Toyota bikinan jalur transmisi khusus buat VRZnya dari P ada N lagi, trus R ada N lagi, baru D lagi. Jadinya P-N-R-N-D supaya gak perlu buat tambahan halaman buku manual.... :wkkk: :wkkk:

Turut prihatin bro klo penyelesaiannya cuman cara gitu dari pihak Toyota, klo lagi buru2 dan lupa ya jedaaakkk lagi
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

iwidiyanto wrote:dapet transmisi baru lagi om wah..... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Iya dong.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :wkkk: :wkkk:

Mobil jadi baru terus & nambah mahal om iwidiyanto wkwkwk

:mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by kunaskun »

kalau dari P ke R itu jedak biasanya parkir di tempat tidak balance dan tidak hand brake atau hand brake tidak sempurna. pas mobil mau jalan lagi itu ada beban ekstra ke transmisi yang berakibat pindahin dari P ke R itu akan berat sekali akibatnya ada jedag.

banyak sekali pemakai mobil matik yang kaya gini, karena anggepannya ngapain hand brake/parking brake kan itu uda P. akibatnya ya begitu, tapi lah ini dalam situasi parkiran flat. ada2 aja toyota bisa2nya bikin tranmisi ada flaw disini. harusnya bolak balik P ke R itu kan ga ada masalah apa2 baik mau mati hidupkan mesin.

P itu kalau di transmisi otomatis kalau ngga salah tetap masuk gigi tapi ga terhubung kemana2 makanya kendraan ga bergerak, beda dengan N yang melepas flywheel ke kopling, makanya sangat tidak dianjurkan maenin gas ketika mesin hidup dan posisi gear di P. nah berarti ada ketidak sempurnaan di mekanisme P ini, dari R ke P matikan mesin harusnya ga ada beban apa2, adalah aneh ketika mesin hidup malah seperti ada beban, mungkin ketika dari R langsung ke P ini kopling ga lepas sempurna dari flywheel pas matikan mesin. akibatnya ketika mesin hidup lagi, dan pindahin ke R maka terjadi dipaksa langsung masuk gigi.

mungkin bisa dicoba apakah sama jedag/jedug-nya ketika praktek jump start cara salah transmisi otomatis: injek rem berhenti total, masuk N, pencet gas ke rpm torsi maksimal, lalu langsung ke D, biasanya kalau torsinya gede banget akan bonus burn out sedikit disertai sensasi "jedag/jedug" transmisi akibat dipaksa langsung masuk gigi.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 255
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by epinjose »

daftar wrote: iya juga ya, masa habis mundur /R mau parkir harus ke N terus balik agi ke R - P

atau gini yak..

P
N - R
D
User avatar
P 13 QA
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
Location: Warehouse

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by P 13 QA »

Baca soal UNfortuner om F272 yg gearnya suka nyangkut, ane jadi keinget pengalaman ane... Dulu ane jg pernah ngalamin gear nyangkut dgn mobil ane jaman2 ane masi kuliah... 2x malah cm beda merk :upss:

Yg pertama waktu pake Jazz versi cbu yaitu honda fit (2003-2009)

Kejadiannya sama kalo dari P ke R suka nyangkut terus kalo ada bunyi metal "DUNGGGGGG!!" Kadang agak parah smp mobil kerasa geter :big_cry:

Pernah ane bawa ke bengkel resmi honda di surabaya untuk konsultasi, krn di kota ane waktu itu lom ada beres honda.. Tp beres gak bisa bantu banyak. Krn fit ane produk japan bukan jualan mereka, dan jazz jg lom launching waktu itu.

Nah pas ane ngobrol sama om ane yg sedikit paham soal mobil, dia kasi tips, coba u pake cara ini... Kali aja gak nge dungggg lg...

Dia bilang... Setiap mau berhenti atau mau parkir mobil, injek rem, geser ke P.. Tarik hand rem, baru lepas rem..
Jgn dibalik masuk ke P, lepas rem, baru di hand rem... Karena kalo masuk P terus lepas rem tnp narik hand rem, mobil agak maju mundur dikit sesuai keadaan tanah.. Kalo agak naik, mobil pasti seperti ada gerakan mundur dikit, sebaliknya kalo turun, pasti dikit goyang2 maju. Meski rata pun, mobil akan goyang2 kalo g di hand rem. Menurut dia goyang2 maju mundur itu yg bikin nyangkut.

Ya udah g ada salahnya ane praktekin. Ane coba dan emang bener gak nyangkut. Dan honda fit selama 9 thn nemenin ane asal ane gak lupa pake ritual rem, P, hand rem, lepas rem pasti ndak nyangkut. :upss:

Thn 2009 akhir ane ganti accord matic VVTI-L. Awalnya aman tp setelah 3-4 bulan dah jalan sktr 10rb an, nongol jg mslh nyangkut :big_bored:
Meski gak senyangkut dan sekeras bunyi Dungggg di fit ane. And krn ane males bolak balik jember - sby yg makan waktu 4-5 jam sekali jalan, ya ane coba pake cara yg sama kek di fit.. And berhasil, gak nyangkut. Selama 3 thn fine2 aja.

Ane demen road trip tp ane kurang paham soal otomotif jd Entah itu cara yg bener atau gak bener malah bikin rusak di jangka panjang ane g tau. Yg penting buat ane gak nyangkut aja. Ane belajar byk skrg ya dari forum SM ini :ungg:

Sekarang ane pake ipah.. Gak nyangkut lg... Why? Krn it's manual. No matic dulu dach

Sekian cerita ane. Kalo ada salah kata, atau belibet bikin puyeng ane minta maaf hehehe
:big_childish: :big_childish:
Last edited by P 13 QA on Tue Sep 06, 2016 4:55, edited 1 time in total.
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by 34lee »

Solusi yang blm bs d terima nalar,,, kok harus gt,,, suruh datangkan saja teknisi langsung dr japan,,,


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

abrof wrote:
F 272 wrote:
--cut--

Gini saja bro F 272. Minta Toyota bikinan jalur transmisi khusus buat VRZnya dari P ada N lagi, trus R ada N lagi, baru D lagi. Jadinya P-N-R-N-D supaya gak perlu buat tambahan halaman buku manual.... :wkkk: :wkkk:

Turut prihatin bro klo penyelesaiannya cuman cara gitu dari pihak Toyota, klo lagi buru2 dan lupa ya jedaaakkk lagi
Ya Begitulah om abrof.. inti dari Video yg ane mau share... masih utak utik GoPro Studio ..
bentar ane upoad ke Youtube dulu, video berdurasi pendek kok.. "Trik si Cibul"

:big_smile] :big_smile]

Saya sih kasian juga ke pihak Dealer & Bengkel Resmi.. (Terlepas dari nasib saya sendiri sebagai Konsumen yg sudah dirugikan)
karena mereka hanya bisa menerima keluhan, dan berusaha memperbaiki dg segala cara yg di rekomendasikan TAM
Sementara TAM juga ga bisa berbuat banyak, karena desain Transmisi itu yang bikin ya Vendor nya...
Vendor nya yang tunjuk siapa..? bukan TAM... tapi Pusat.....
Lalu Pusat nya Toyota siapa, dimana..? Ya TMC di Jepang sana..

Apakah TAM ikutan menentukan dan menunjuk vendor Transmisi untuk VRZ..? ya engga mungkin lah..
TAM hanya menerima instruksi dari TMC dan bertugas merakit saja.. lalu menjual bersama2 jaringan Dealer resmi + export ke LN

setidaknya itulah hasil obrolan saya dengan teman yg faham dg jalur bagaimana masuknya sparepart ke dalam sebuah kendaraan..
yang kadang2 bisa jadi merk nya A, tapi juga yng produksi bukan si A, hanya cap nya aja A, dan itu tentunya dengan seijin pemberi order..
dan ini Legal..karena si pemberi order sudah memastikan dg riset + test drive oleh para insinyur ahli di bidangnya ...

Jangan lupa..ini sebuah order besar, tidak main2..

Mohon maaf jika pendapat saya salah... tapi masuk akal engga..?
Pasti disini banyak teman2 yang jauh lebih faham dari saya...

:big_smile] :big_smile] :big_smile]
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by jivos »

*Mungkin mrk ingin membuktikan betapa badaknya si vrz ini, meski jedak jeduk keluar dr P mobil tetap ok joss, lain dr itu ada tambahan feature mainan baru.....ngajak jalan" sebentar tongkat shifter k arah lain sblm balik lagi buat parkir lwt jalan yg sama.

*begitu shifter ditarik keluar dr geared (R/D/2)...automatic transmission bands sdh tdk melakukan clamp pd planetary geared lagi. Jika mbl sdh dlm posisi diam (not moving)....aman baginya utk memindahkan shifter ke P tanpa hrs jalan2 dl ke N. ........CMIIW.

Sedikit ilustrasi posisi lock unlock pin di P dan D

ImageImage



Sent from my iPhone using Tapatalk
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by F272 »

Om Jivos... illustrasi nya sangat mirip dengan yang saya dengar dari Kabeng yg juga dapat info dari Teknisi TAM Sunter..
saya masih simpan juga data percakapan wa nya... sangat mirip...
saat itu saya ngangguk2 aja... (sambil bingung engga ngerti. wkwkwk) :wkkk: :wkkk:

Abis ini pasti bakalan susah saya berbincang2 via wa,
ngeri di upload data percakapan nya disini .. :ngacir: :ngacir:

Yang jelas, dari kasus ini setidaknya teman2 SM terutama Saya, jadi nambah ilmu & pengalaman
Bagi saya ini bukanlah hal yang berandai2... tapi bener2 nyata.. saya alami.. :angel:
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by orchard »

feeling sy blg ini topic bakal nyampe 50 pages :big_grin: :big_grin:

duluan mana selesai antara kasus sianida atau un-fortuner om272 :big_peace:

dgn solusi yg ditawarkan TAM, apakah om 272 tetep berniat pakai smp 3 thn kedepan?
dgn catatan masalah gk nambah, tapi jg blm selesai 100% , artinya dibenak hrs inget selalu mampir di N dulu.. atau bikin sticker di dpn stir.. " jgn lupa N dulu ya" :big_smile]
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by jivos »

Xi xi xi......sama2 om,
Sy jg belajar banyak dr sharingan teman2 di SM.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????

Post by newrubble »

mgkn kalo sy di jkt n wang byk n tdk sengaja (anggap sj bgitu)beli an160 vrz

yg sy salahkan duluan ya sy sendiri krn hrsnya sblm beli

tanya dulu

knapa trim naming v-r-z
hrsnya kan by alphabetical itu lbh dulu 'r' abis itu 'v' baru 'z'

pasti ada mechanical / electronical disorder