Etapi kalau bener root causenya itu dan siapapun dari pihak unfurtuner ga bisa jelaskan dengan mudah selama ini lha kok kebangetanOmnibus wrote:Berarti selama ini root cause nya dr locking pin nya yg ga mau release ketika pindah dr P ke R krn sedang menahan beban?? Bahasa kerennya ... melejit
F 272 wrote: Resmi mulai hari ini saya melakukan Ritual spt om bilang di atas..
Wajib N dulu sebelum geser ke P
dan stelah saya ulang2 untuk sekedar memastikan,
saat P geser ke R memang tidak ada bunyi alias normal..
![]()
![]()
FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Semoga masalahnya memang itu saja Om.F 272 wrote:Resmi mulai hari ini saya melakukan Ritual spt om bilang di atas..daftar wrote:sudah bener begitu om, saya juga begitu, katanya sih biar transmisi awet, tapi yg lebih penting dengan naruh di N dulu sebentar saat parkir di jalanan miring kita bisa sekalian ngetes apa handbrake yg ditarik udah cukup atau masih kurang naik (untuk mobil yg parking brake nya belum elektrik apalagi yg udah berumur) jadi beban sudah dipastikan ditahan sama parking brakeransyah1234 wrote:Jadi penasaran...sebenernya pin locknya transmisi matic itu dirancang untuk nahan beban mobil waktu parkir miring ga ya?
Saya kalau parkir miring selalu jaga agar beban mobil ada di handbrake..baru masuk P...atau seharusnya hajar saja ke P peduli amat ya?
Gimana itu mobil2 yg parkir di pinggiran jalan di daerah SF bay..miringnya ngaco
Wajib N dulu sebelum geser ke P
dan stelah saya ulang2 untuk sekedar memastikan,
saat P geser ke R memang tidak ada bunyi alias normal..
![]()
![]()
Saya biasanya tambah parking break baru ke P. Buat mastiin ban gak gerak saat P.
Siap2 touring lagi Om? Long wiken nih...
He he...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Sep 02, 2016 1:51
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Masalah transmisi agak "ngejedug" ketika dipindahkan dari P ke R, terkadang saya merasakan di Infiniti A32, dengan catatan: jalannya miring. Sementara pada BMW e34m60 dan BMW e39m52 tidak pernah terjadi, baik di jalan datar maupun miring.
Asumsi saya sebagai newbie sech: infiniti transmisinya masih mekanis (4 speed), sementara bmw baik e34 maupun e39 sudah ada peran elektronisnya (5 speed). Kenapa saya menyimpulkan mekanis dan elektronik? Karena feelnya ketika memindahkan transmisi infiniti, tidak berbeda jauh dengan feel ketika memindahkan transmisi matik kijang kapsul. Memindahkan transmisi bmw tua terasa ringan, kadang untuk e34nya malah kebablasan pindahnya ke 4, bukannya D.
Sedikit pertanyaan, apa kasus transmisi ini banyak ditemui hanya pada fortuner VRZ? Atau varian bawahnya juga ditemui kasus yang serupa?
Asumsi saya sebagai newbie sech: infiniti transmisinya masih mekanis (4 speed), sementara bmw baik e34 maupun e39 sudah ada peran elektronisnya (5 speed). Kenapa saya menyimpulkan mekanis dan elektronik? Karena feelnya ketika memindahkan transmisi infiniti, tidak berbeda jauh dengan feel ketika memindahkan transmisi matik kijang kapsul. Memindahkan transmisi bmw tua terasa ringan, kadang untuk e34nya malah kebablasan pindahnya ke 4, bukannya D.
Sedikit pertanyaan, apa kasus transmisi ini banyak ditemui hanya pada fortuner VRZ? Atau varian bawahnya juga ditemui kasus yang serupa?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
tar mgkn utk new batch ada tambahan info sticker
for smooth shifting use N when vehicle not in motion
trus tiap satu unit yg terbeli dapat gratis satu batu besar u ganjal pas parking di ramp ...... atau timpuk kaca dealer kalo tdk puas
for smooth shifting use N when vehicle not in motion
trus tiap satu unit yg terbeli dapat gratis satu batu besar u ganjal pas parking di ramp ...... atau timpuk kaca dealer kalo tdk puas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Hahahanewrubble wrote:tar mgkn utk new batch ada tambahan info sticker
for smooth shifting use N when vehicle not in motion
trus tiap satu unit yg terbeli dapat gratis satu batu besar u ganjal pas parking di ramp ...... atau timpuk kaca dealer kalo tdk puas

Maaf oot... pernah liat di yutub ada yg hancurin all new mercy s class pake stick golf di depan dealer,karna si owner kecewa ama dealernya waktu mau nge claim ditolak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Lucunya lg di sebagian matic alur gate P n R itu nempel, baru posisi N dan D di bwhnya. Jd bolak balik tetap hrs lewatin R jg sblm masuk k P.
Enjiner mbl yg sy coba salah bikin sptnya.
Urutanya di sy klo ikut diatas:
P
R
N
D
Dr R ke N turun dulu, balik lagi naik k R sblm masuk P,
Lucu juga.
Enjiner mbl yg sy coba salah bikin sptnya.
Urutanya di sy klo ikut diatas:
P
R
N
D
Dr R ke N turun dulu, balik lagi naik k R sblm masuk P,
Lucu juga.

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
P dipakai saat unit under maintenance atau trx mau ditukar baru atau ecu remap
wajar kalo early disposal benz s class itu golf stick n an160 itu batu
due to price disparity antara dua itu
tar smua ease operation gear indicator akan
PNRNDN..... jadi akan terliat shift selector lbh advancr (rame spt pasar cikini) dan naik turun tdk perlu range yg jauh .....cukup one step up n one step down
wajar kalo early disposal benz s class itu golf stick n an160 itu batu
due to price disparity antara dua itu
tar smua ease operation gear indicator akan
PNRNDN..... jadi akan terliat shift selector lbh advancr (rame spt pasar cikini) dan naik turun tdk perlu range yg jauh .....cukup one step up n one step down
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
permisi,
numpang OOT.
ngemeng2 soal perpindahan gear metik, ane kemaren melakukan sedikit percobaan di ertiga metik dirumah.posisi jalan depan rumah agak turun :
1. pada saat berhenti, dari D ane masuk ke N dulu, tarik hand brake, lepas pedal rem, injak rem lagi, pindahin gear dari N ke P, lepas rem. mesin ane matiin. mesin ame nyalain lagi, injak rem, ane geser dari P ke R ga terasa jeduk.
2. Dari posisi tadi (R),ane langsung pindah ke P tanpa mampir dulu ke N. mesin ane matiin. Ane hidupin lagi mesinnya, ane geser dari P ke R ada gejala jeduk.
3. ane coba mundur sedikit. Sebelum ane matiin, ane coba dari R ane mampir dulu ke N, lepas rem, injak rem lagi, ane pindah ke P. mesin ane matiin. ane nyalain lagi, ane geser dari P ke R. ga ada gejala jeduk.

numpang OOT.

ngemeng2 soal perpindahan gear metik, ane kemaren melakukan sedikit percobaan di ertiga metik dirumah.posisi jalan depan rumah agak turun :
1. pada saat berhenti, dari D ane masuk ke N dulu, tarik hand brake, lepas pedal rem, injak rem lagi, pindahin gear dari N ke P, lepas rem. mesin ane matiin. mesin ame nyalain lagi, injak rem, ane geser dari P ke R ga terasa jeduk.
2. Dari posisi tadi (R),ane langsung pindah ke P tanpa mampir dulu ke N. mesin ane matiin. Ane hidupin lagi mesinnya, ane geser dari P ke R ada gejala jeduk.
3. ane coba mundur sedikit. Sebelum ane matiin, ane coba dari R ane mampir dulu ke N, lepas rem, injak rem lagi, ane pindah ke P. mesin ane matiin. ane nyalain lagi, ane geser dari P ke R. ga ada gejala jeduk.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Ha ha ha ...bisa saja om nr.
Spt om sebut diatas, enjineer hrsnya bikin gate matic P & N hrs berdekatan, jd setiap sblm masuk P hrs lewat gate N dulu. Jadinya:
P
N
R
D

Spt om sebut diatas, enjineer hrsnya bikin gate matic P & N hrs berdekatan, jd setiap sblm masuk P hrs lewat gate N dulu. Jadinya:
P
N
R
D



4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Mon Sep 05, 2016 20:05
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
kemungkinan gara2 vrz shift model gate .....
kalo yg model lurus kan ada kunci nya tuh , setiap ke R ato P , mesti pencet lock nya dulu
kalo yg model lurus kan ada kunci nya tuh , setiap ke R ato P , mesti pencet lock nya dulu
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Hari Sabtu lalu, (3 September 2016) saat saya ke Plaza Toyota Tendean dg Tujuan :
Ketemu Dealer bicarakan Nasib VRZ F272 + Test Drive VRZ dengan beberapa Fitur baru yaitu :
Turbo Baru + Remapping Ecu
Lucu juga nih mobil baru masih juga tambah part2 baru, jadi mobil tambah baru lagi ... (+ jadi tambah mahal)
Stelah obrol2, saya test semua VRZ yg ada di sekitaran Dealer, semua type VRZ (saya udah cerita di halaman2 sebelum ini)
Kenapa saya engga test type2 selain VRZ, saya pikir saya ga ada urusan sama Type2 lain, karena type yg saya punya itu VRZ
Stelah memastikan semua VRZ yg ada di dealer juga kondisi nya sama (Wajib ke N, sebelum P) termasuk milik Pribadi Manager Dealer
maka ......akhirnya tibalah saat nya cobain 1 VRZ yang jadi primadona di Trit ini... VRZ F272
Saya duduk di jok driver, pasang sabuk pengaman, nyalakan mesin spt biasa... nyalakan AC, dan siap TD...
duduk disamping saya Service Operation Manager, row 2nd duduk Kabeng + 2 anak saya (cibul alias kelinci gembul)
Keluar Dealer Plaza Tendean mobil saya arahkan ke Patra Kuningan.. muter2 di situ area belakang gedung2 tinggi..
Jalanan agak sepi jadi bisa tenang Atur gas mobil pelan dan kencang... serta dengerin suara mesin Turbo Baru...
Mobil ini sudah dilakukan Remapping Ecu.. (stelah 1 set Trasmisi assy terlebih dulu
)
jadi gejala hentakan kasar saat perpindahn gigi naik atau turun sudah jauh lebih halus
Mobil ini juga sudah mendapatkan 1 unit Turbo baru...
jadi suara tukang kue Putu udah engga terdengar lagi... semoga engga ada lg sampe 100.000 km
kalo udah 100.000 km terdengar, waaahh saya males ganti deh karena Warranty sudah abis
Paling jadikan Food Truck aja buat jualan kue Putu...
Muter2 Patra kuningan sekitar 1 jam an... memang saya rasakan mobil lebih smooth dan tenaga jg ok ketika saya coba tekan pedal gas, seketika dia langsung ber akselerasi dengan baik dan bagi saya saat itu cukup memuaskan... ga lebih ga kurang, PAS lah...
Kembali ke area Parkir Dealer... saya coba oper2 tuas Transmisi..
memang dengan Trik harus ke N dulu sebelum ke P ini cukup jitu sekaligus bikin geli
Sampai2 saya bikin 1 video lucu dg pemeran kami bertiga : Saya, Cibul Arya, Cibul Andika.. dg Judul "Trik si Cibul"
Jadi di video itu, Andika kasih trik untuk gimana caranya lebih mudah operasikan Tuas Transmisi yg musti ke N dulu
Video saya rekam pake camera HP, malah opening nya sempat terpotong saat saya mulai omong ini Trik si Cibul..bal bla bla..
Video itu saya share ke beberapa nomor WA & grup WaSem 1,
termasuk saya kirim ke beberapa teman di Redaksi Majalah otomotif..Kabeng, SOM, OM, TL Toyota Plaza & A2K
ya reaksi teman2 : Ketawa geli... seperti yang Om NR, om Jivos bilang di atas...
Video mau saya upload disini... tapi bagaimana caranya ya.? selain musti upload di Youtube dulu...
Video tidak mengandung unsur penghinaan kepada produk ataupun produksen / owner2 VRZ, tapi yaahh cukup lucu lah..
Sampai saat ini saya masih latihan mengoperasikan tuas transmisi VRZ F272, tadi pagi sempat kelupaan juga..
Pas mau ambil uang di ATM Bca di RS. Hermina di Taman Yasmin Bogor..
Mobil sudah mundur ..mau Parkir..dan ketika sudah pas..
saya seperti biasa langsung geser tuas dari R ke...... P
omg
Yah.. sudah terlanjur... saya tinggal saja mobil..ke ATM Bca dulu,
dan ketika mau jalan lagi... tuas saya geser dari P ke D melewati R+N... saat P ke R... bunyi lagi Jedaaakkk ..!!! keras dan seram..

Misteri Transmisi VRZ 2016...
Ketemu Dealer bicarakan Nasib VRZ F272 + Test Drive VRZ dengan beberapa Fitur baru yaitu :
Turbo Baru + Remapping Ecu


Lucu juga nih mobil baru masih juga tambah part2 baru, jadi mobil tambah baru lagi ... (+ jadi tambah mahal)
Stelah obrol2, saya test semua VRZ yg ada di sekitaran Dealer, semua type VRZ (saya udah cerita di halaman2 sebelum ini)
Kenapa saya engga test type2 selain VRZ, saya pikir saya ga ada urusan sama Type2 lain, karena type yg saya punya itu VRZ
Stelah memastikan semua VRZ yg ada di dealer juga kondisi nya sama (Wajib ke N, sebelum P) termasuk milik Pribadi Manager Dealer
maka ......akhirnya tibalah saat nya cobain 1 VRZ yang jadi primadona di Trit ini... VRZ F272


Saya duduk di jok driver, pasang sabuk pengaman, nyalakan mesin spt biasa... nyalakan AC, dan siap TD...
duduk disamping saya Service Operation Manager, row 2nd duduk Kabeng + 2 anak saya (cibul alias kelinci gembul)
Keluar Dealer Plaza Tendean mobil saya arahkan ke Patra Kuningan.. muter2 di situ area belakang gedung2 tinggi..
Jalanan agak sepi jadi bisa tenang Atur gas mobil pelan dan kencang... serta dengerin suara mesin Turbo Baru...
Mobil ini sudah dilakukan Remapping Ecu.. (stelah 1 set Trasmisi assy terlebih dulu

jadi gejala hentakan kasar saat perpindahn gigi naik atau turun sudah jauh lebih halus

Mobil ini juga sudah mendapatkan 1 unit Turbo baru...
jadi suara tukang kue Putu udah engga terdengar lagi... semoga engga ada lg sampe 100.000 km
kalo udah 100.000 km terdengar, waaahh saya males ganti deh karena Warranty sudah abis

Paling jadikan Food Truck aja buat jualan kue Putu...


Muter2 Patra kuningan sekitar 1 jam an... memang saya rasakan mobil lebih smooth dan tenaga jg ok ketika saya coba tekan pedal gas, seketika dia langsung ber akselerasi dengan baik dan bagi saya saat itu cukup memuaskan... ga lebih ga kurang, PAS lah...
Kembali ke area Parkir Dealer... saya coba oper2 tuas Transmisi..
memang dengan Trik harus ke N dulu sebelum ke P ini cukup jitu sekaligus bikin geli

Sampai2 saya bikin 1 video lucu dg pemeran kami bertiga : Saya, Cibul Arya, Cibul Andika.. dg Judul "Trik si Cibul"
Jadi di video itu, Andika kasih trik untuk gimana caranya lebih mudah operasikan Tuas Transmisi yg musti ke N dulu
Video saya rekam pake camera HP, malah opening nya sempat terpotong saat saya mulai omong ini Trik si Cibul..bal bla bla..
Video itu saya share ke beberapa nomor WA & grup WaSem 1,
termasuk saya kirim ke beberapa teman di Redaksi Majalah otomotif..Kabeng, SOM, OM, TL Toyota Plaza & A2K
ya reaksi teman2 : Ketawa geli... seperti yang Om NR, om Jivos bilang di atas...



Video mau saya upload disini... tapi bagaimana caranya ya.? selain musti upload di Youtube dulu...
Video tidak mengandung unsur penghinaan kepada produk ataupun produksen / owner2 VRZ, tapi yaahh cukup lucu lah..



Sampai saat ini saya masih latihan mengoperasikan tuas transmisi VRZ F272, tadi pagi sempat kelupaan juga..
Pas mau ambil uang di ATM Bca di RS. Hermina di Taman Yasmin Bogor..
Mobil sudah mundur ..mau Parkir..dan ketika sudah pas..
saya seperti biasa langsung geser tuas dari R ke...... P

Yah.. sudah terlanjur... saya tinggal saja mobil..ke ATM Bca dulu,
dan ketika mau jalan lagi... tuas saya geser dari P ke D melewati R+N... saat P ke R... bunyi lagi Jedaaakkk ..!!! keras dan seram..





Misteri Transmisi VRZ 2016...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
iya juga ya, masa habis mundur /R mau parkir harus ke N terus balik agi ke R - Pjivos wrote:Lucunya lg di sebagian matic alur gate P n R itu nempel, baru posisi N dan D di bwhnya. Jd bolak balik tetap hrs lewatin R jg sblm masuk k P.
Enjiner mbl yg sy coba salah bikin sptnya.
Urutanya di sy klo ikut diatas:
P
R
N
D
Dr R ke N turun dulu, balik lagi naik k R sblm masuk P,
Lucu juga.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 624
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
dapet transmisi baru lagi om wah.....




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Gini saja bro F 272. Minta Toyota bikinan jalur transmisi khusus buat VRZnya dari P ada N lagi, trus R ada N lagi, baru D lagi. Jadinya P-N-R-N-D supaya gak perlu buat tambahan halaman buku manual....F 272 wrote:
Sampai saat ini saya masih latihan mengoperasikan tuas transmisi VRZ F272, tadi pagi sempat kelupaan juga..
Pas mau ambil uang di ATM Bca di RS. Hermina di Taman Yasmin Bogor..
Mobil sudah mundur ..mau Parkir..dan ketika sudah pas..
saya seperti biasa langsung geser tuas dari R ke...... Pomg
Yah.. sudah terlanjur... saya tinggal saja mobil..ke ATM Bca dulu,
dan ketika mau jalan lagi... tuas saya geser dari P ke D melewati R+N... saat P ke R... bunyi lagi Jedaaakkk ..!!! keras dan seram..
![]()
![]()
![]()
![]()
Misteri Transmisi VRZ 2016...


Turut prihatin bro klo penyelesaiannya cuman cara gitu dari pihak Toyota, klo lagi buru2 dan lupa ya jedaaakkk lagi
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Iya dong....iwidiyanto wrote:dapet transmisi baru lagi om wah.....![]()
![]()




Mobil jadi baru terus & nambah mahal om iwidiyanto wkwkwk




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
kalau dari P ke R itu jedak biasanya parkir di tempat tidak balance dan tidak hand brake atau hand brake tidak sempurna. pas mobil mau jalan lagi itu ada beban ekstra ke transmisi yang berakibat pindahin dari P ke R itu akan berat sekali akibatnya ada jedag.
banyak sekali pemakai mobil matik yang kaya gini, karena anggepannya ngapain hand brake/parking brake kan itu uda P. akibatnya ya begitu, tapi lah ini dalam situasi parkiran flat. ada2 aja toyota bisa2nya bikin tranmisi ada flaw disini. harusnya bolak balik P ke R itu kan ga ada masalah apa2 baik mau mati hidupkan mesin.
P itu kalau di transmisi otomatis kalau ngga salah tetap masuk gigi tapi ga terhubung kemana2 makanya kendraan ga bergerak, beda dengan N yang melepas flywheel ke kopling, makanya sangat tidak dianjurkan maenin gas ketika mesin hidup dan posisi gear di P. nah berarti ada ketidak sempurnaan di mekanisme P ini, dari R ke P matikan mesin harusnya ga ada beban apa2, adalah aneh ketika mesin hidup malah seperti ada beban, mungkin ketika dari R langsung ke P ini kopling ga lepas sempurna dari flywheel pas matikan mesin. akibatnya ketika mesin hidup lagi, dan pindahin ke R maka terjadi dipaksa langsung masuk gigi.
mungkin bisa dicoba apakah sama jedag/jedug-nya ketika praktek jump start cara salah transmisi otomatis: injek rem berhenti total, masuk N, pencet gas ke rpm torsi maksimal, lalu langsung ke D, biasanya kalau torsinya gede banget akan bonus burn out sedikit disertai sensasi "jedag/jedug" transmisi akibat dipaksa langsung masuk gigi.
banyak sekali pemakai mobil matik yang kaya gini, karena anggepannya ngapain hand brake/parking brake kan itu uda P. akibatnya ya begitu, tapi lah ini dalam situasi parkiran flat. ada2 aja toyota bisa2nya bikin tranmisi ada flaw disini. harusnya bolak balik P ke R itu kan ga ada masalah apa2 baik mau mati hidupkan mesin.
P itu kalau di transmisi otomatis kalau ngga salah tetap masuk gigi tapi ga terhubung kemana2 makanya kendraan ga bergerak, beda dengan N yang melepas flywheel ke kopling, makanya sangat tidak dianjurkan maenin gas ketika mesin hidup dan posisi gear di P. nah berarti ada ketidak sempurnaan di mekanisme P ini, dari R ke P matikan mesin harusnya ga ada beban apa2, adalah aneh ketika mesin hidup malah seperti ada beban, mungkin ketika dari R langsung ke P ini kopling ga lepas sempurna dari flywheel pas matikan mesin. akibatnya ketika mesin hidup lagi, dan pindahin ke R maka terjadi dipaksa langsung masuk gigi.
mungkin bisa dicoba apakah sama jedag/jedug-nya ketika praktek jump start cara salah transmisi otomatis: injek rem berhenti total, masuk N, pencet gas ke rpm torsi maksimal, lalu langsung ke D, biasanya kalau torsinya gede banget akan bonus burn out sedikit disertai sensasi "jedag/jedug" transmisi akibat dipaksa langsung masuk gigi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 255
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
daftar wrote: iya juga ya, masa habis mundur /R mau parkir harus ke N terus balik agi ke R - P
atau gini yak..
P
N - R
D
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
- Location: Warehouse
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Baca soal UNfortuner om F272 yg gearnya suka nyangkut, ane jadi keinget pengalaman ane... Dulu ane jg pernah ngalamin gear nyangkut dgn mobil ane jaman2 ane masi kuliah... 2x malah cm beda merk
Yg pertama waktu pake Jazz versi cbu yaitu honda fit (2003-2009)
Kejadiannya sama kalo dari P ke R suka nyangkut terus kalo ada bunyi metal "DUNGGGGGG!!" Kadang agak parah smp mobil kerasa geter
Pernah ane bawa ke bengkel resmi honda di surabaya untuk konsultasi, krn di kota ane waktu itu lom ada beres honda.. Tp beres gak bisa bantu banyak. Krn fit ane produk japan bukan jualan mereka, dan jazz jg lom launching waktu itu.
Nah pas ane ngobrol sama om ane yg sedikit paham soal mobil, dia kasi tips, coba u pake cara ini... Kali aja gak nge dungggg lg...
Dia bilang... Setiap mau berhenti atau mau parkir mobil, injek rem, geser ke P.. Tarik hand rem, baru lepas rem..
Jgn dibalik masuk ke P, lepas rem, baru di hand rem... Karena kalo masuk P terus lepas rem tnp narik hand rem, mobil agak maju mundur dikit sesuai keadaan tanah.. Kalo agak naik, mobil pasti seperti ada gerakan mundur dikit, sebaliknya kalo turun, pasti dikit goyang2 maju. Meski rata pun, mobil akan goyang2 kalo g di hand rem. Menurut dia goyang2 maju mundur itu yg bikin nyangkut.
Ya udah g ada salahnya ane praktekin. Ane coba dan emang bener gak nyangkut. Dan honda fit selama 9 thn nemenin ane asal ane gak lupa pake ritual rem, P, hand rem, lepas rem pasti ndak nyangkut.
Thn 2009 akhir ane ganti accord matic VVTI-L. Awalnya aman tp setelah 3-4 bulan dah jalan sktr 10rb an, nongol jg mslh nyangkut
Meski gak senyangkut dan sekeras bunyi Dungggg di fit ane. And krn ane males bolak balik jember - sby yg makan waktu 4-5 jam sekali jalan, ya ane coba pake cara yg sama kek di fit.. And berhasil, gak nyangkut. Selama 3 thn fine2 aja.
Ane demen road trip tp ane kurang paham soal otomotif jd Entah itu cara yg bener atau gak bener malah bikin rusak di jangka panjang ane g tau. Yg penting buat ane gak nyangkut aja. Ane belajar byk skrg ya dari forum SM ini
Sekarang ane pake ipah.. Gak nyangkut lg... Why? Krn it's manual. No matic dulu dach
Sekian cerita ane. Kalo ada salah kata, atau belibet bikin puyeng ane minta maaf hehehe


Yg pertama waktu pake Jazz versi cbu yaitu honda fit (2003-2009)
Kejadiannya sama kalo dari P ke R suka nyangkut terus kalo ada bunyi metal "DUNGGGGGG!!" Kadang agak parah smp mobil kerasa geter

Pernah ane bawa ke bengkel resmi honda di surabaya untuk konsultasi, krn di kota ane waktu itu lom ada beres honda.. Tp beres gak bisa bantu banyak. Krn fit ane produk japan bukan jualan mereka, dan jazz jg lom launching waktu itu.
Nah pas ane ngobrol sama om ane yg sedikit paham soal mobil, dia kasi tips, coba u pake cara ini... Kali aja gak nge dungggg lg...
Dia bilang... Setiap mau berhenti atau mau parkir mobil, injek rem, geser ke P.. Tarik hand rem, baru lepas rem..
Jgn dibalik masuk ke P, lepas rem, baru di hand rem... Karena kalo masuk P terus lepas rem tnp narik hand rem, mobil agak maju mundur dikit sesuai keadaan tanah.. Kalo agak naik, mobil pasti seperti ada gerakan mundur dikit, sebaliknya kalo turun, pasti dikit goyang2 maju. Meski rata pun, mobil akan goyang2 kalo g di hand rem. Menurut dia goyang2 maju mundur itu yg bikin nyangkut.
Ya udah g ada salahnya ane praktekin. Ane coba dan emang bener gak nyangkut. Dan honda fit selama 9 thn nemenin ane asal ane gak lupa pake ritual rem, P, hand rem, lepas rem pasti ndak nyangkut.

Thn 2009 akhir ane ganti accord matic VVTI-L. Awalnya aman tp setelah 3-4 bulan dah jalan sktr 10rb an, nongol jg mslh nyangkut

Meski gak senyangkut dan sekeras bunyi Dungggg di fit ane. And krn ane males bolak balik jember - sby yg makan waktu 4-5 jam sekali jalan, ya ane coba pake cara yg sama kek di fit.. And berhasil, gak nyangkut. Selama 3 thn fine2 aja.
Ane demen road trip tp ane kurang paham soal otomotif jd Entah itu cara yg bener atau gak bener malah bikin rusak di jangka panjang ane g tau. Yg penting buat ane gak nyangkut aja. Ane belajar byk skrg ya dari forum SM ini

Sekarang ane pake ipah.. Gak nyangkut lg... Why? Krn it's manual. No matic dulu dach
Sekian cerita ane. Kalo ada salah kata, atau belibet bikin puyeng ane minta maaf hehehe


Last edited by P 13 QA on Tue Sep 06, 2016 4:55, edited 1 time in total.
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
- Location: Republic Of CH
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Solusi yang blm bs d terima nalar,,, kok harus gt,,, suruh datangkan saja teknisi langsung dr japan,,,
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Ya Begitulah om abrof.. inti dari Video yg ane mau share... masih utak utik GoPro Studio ..abrof wrote:F 272 wrote:
--cut--
Gini saja bro F 272. Minta Toyota bikinan jalur transmisi khusus buat VRZnya dari P ada N lagi, trus R ada N lagi, baru D lagi. Jadinya P-N-R-N-D supaya gak perlu buat tambahan halaman buku manual....![]()
![]()
Turut prihatin bro klo penyelesaiannya cuman cara gitu dari pihak Toyota, klo lagi buru2 dan lupa ya jedaaakkk lagi
bentar ane upoad ke Youtube dulu, video berdurasi pendek kok.. "Trik si Cibul"
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Saya sih kasian juga ke pihak Dealer & Bengkel Resmi.. (Terlepas dari nasib saya sendiri sebagai Konsumen yg sudah dirugikan)
karena mereka hanya bisa menerima keluhan, dan berusaha memperbaiki dg segala cara yg di rekomendasikan TAM
Sementara TAM juga ga bisa berbuat banyak, karena desain Transmisi itu yang bikin ya Vendor nya...
Vendor nya yang tunjuk siapa..? bukan TAM... tapi Pusat.....
Lalu Pusat nya Toyota siapa, dimana..? Ya TMC di Jepang sana..
Apakah TAM ikutan menentukan dan menunjuk vendor Transmisi untuk VRZ..? ya engga mungkin lah..
TAM hanya menerima instruksi dari TMC dan bertugas merakit saja.. lalu menjual bersama2 jaringan Dealer resmi + export ke LN
setidaknya itulah hasil obrolan saya dengan teman yg faham dg jalur bagaimana masuknya sparepart ke dalam sebuah kendaraan..
yang kadang2 bisa jadi merk nya A, tapi juga yng produksi bukan si A, hanya cap nya aja A, dan itu tentunya dengan seijin pemberi order..
dan ini Legal..karena si pemberi order sudah memastikan dg riset + test drive oleh para insinyur ahli di bidangnya ...
Jangan lupa..ini sebuah order besar, tidak main2..
Mohon maaf jika pendapat saya salah... tapi masuk akal engga..?
Pasti disini banyak teman2 yang jauh lebih faham dari saya...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
*Mungkin mrk ingin membuktikan betapa badaknya si vrz ini, meski jedak jeduk keluar dr P mobil tetap ok joss, lain dr itu ada tambahan feature mainan baru.....ngajak jalan" sebentar tongkat shifter k arah lain sblm balik lagi buat parkir lwt jalan yg sama.
*begitu shifter ditarik keluar dr geared (R/D/2)...automatic transmission bands sdh tdk melakukan clamp pd planetary geared lagi. Jika mbl sdh dlm posisi diam (not moving)....aman baginya utk memindahkan shifter ke P tanpa hrs jalan2 dl ke N. ........CMIIW.
Sedikit ilustrasi posisi lock unlock pin di P dan D


Sent from my iPhone using Tapatalk
*begitu shifter ditarik keluar dr geared (R/D/2)...automatic transmission bands sdh tdk melakukan clamp pd planetary geared lagi. Jika mbl sdh dlm posisi diam (not moving)....aman baginya utk memindahkan shifter ke P tanpa hrs jalan2 dl ke N. ........CMIIW.
Sedikit ilustrasi posisi lock unlock pin di P dan D


Sent from my iPhone using Tapatalk
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Om Jivos... illustrasi nya sangat mirip dengan yang saya dengar dari Kabeng yg juga dapat info dari Teknisi TAM Sunter..
saya masih simpan juga data percakapan wa nya... sangat mirip...
saat itu saya ngangguk2 aja... (sambil bingung engga ngerti. wkwkwk)
Abis ini pasti bakalan susah saya berbincang2 via wa,
ngeri di upload data percakapan nya disini ..

Yang jelas, dari kasus ini setidaknya teman2 SM terutama Saya, jadi nambah ilmu & pengalaman
Bagi saya ini bukanlah hal yang berandai2... tapi bener2 nyata.. saya alami..
saya masih simpan juga data percakapan wa nya... sangat mirip...
saat itu saya ngangguk2 aja... (sambil bingung engga ngerti. wkwkwk)


Abis ini pasti bakalan susah saya berbincang2 via wa,
ngeri di upload data percakapan nya disini ..


Yang jelas, dari kasus ini setidaknya teman2 SM terutama Saya, jadi nambah ilmu & pengalaman
Bagi saya ini bukanlah hal yang berandai2... tapi bener2 nyata.. saya alami..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 272
- Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
feeling sy blg ini topic bakal nyampe 50 pages

duluan mana selesai antara kasus sianida atau un-fortuner om272
dgn solusi yg ditawarkan TAM, apakah om 272 tetep berniat pakai smp 3 thn kedepan?
dgn catatan masalah gk nambah, tapi jg blm selesai 100% , artinya dibenak hrs inget selalu mampir di N dulu.. atau bikin sticker di dpn stir.. " jgn lupa N dulu ya"![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)


duluan mana selesai antara kasus sianida atau un-fortuner om272

dgn solusi yg ditawarkan TAM, apakah om 272 tetep berniat pakai smp 3 thn kedepan?
dgn catatan masalah gk nambah, tapi jg blm selesai 100% , artinya dibenak hrs inget selalu mampir di N dulu.. atau bikin sticker di dpn stir.. " jgn lupa N dulu ya"
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
Xi xi xi......sama2 om,
Sy jg belajar banyak dr sharingan teman2 di SM.
Sy jg belajar banyak dr sharingan teman2 di SM.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: FORTUNER BARU SAYA KENAPAAAAA....????
mgkn kalo sy di jkt n wang byk n tdk sengaja (anggap sj bgitu)beli an160 vrz
yg sy salahkan duluan ya sy sendiri krn hrsnya sblm beli
tanya dulu
knapa trim naming v-r-z
hrsnya kan by alphabetical itu lbh dulu 'r' abis itu 'v' baru 'z'
pasti ada mechanical / electronical disorder
yg sy salahkan duluan ya sy sendiri krn hrsnya sblm beli
tanya dulu
knapa trim naming v-r-z
hrsnya kan by alphabetical itu lbh dulu 'r' abis itu 'v' baru 'z'
pasti ada mechanical / electronical disorder