Torsi maksimum 144 Nm di 2800 RPM. Torsi maksimum di RPM serendah itu, Padahal mesin bensin loh..

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Saya sarankan ayla yang velg kaleng versi manual. Versi matik boros. Bila bagasi sempit nggak masalah, wagon r juga ok, velg kaleng juga. kalau mau performa lebih ok, ya datsun go atau brio. Ignore performa Ayla saya, karena sudah doping. Brio katanya lebih irit, mungkin karena setelan bensin dibuat ngirit kalau rpm rendah.Prast84 wrote:jadi untuk saat ini mobil yang rekomen apa om cahyo
soalnya selama ini pergi2 masih naik motor
maklum pengen punya mobil pertama dengan harga yg cocok dikantong dan perform gak malu2in
Cuma mobil irit yang cocok pakai cemenite, injeksi juga bisa. Cemenite itu mending buat sendiri. Cara membuat silahkan google.ANSdream wrote:Baru tau thread ini
Itu cementitid bisa buat semua mobil ya?
Udah injeksi jg bisa?
Btw ini thread apaan siy..
Jualan ya?
Cemenite mending buat sendiri, karena ukuran pas perlu eksperimen. Cemenite itu biasa saya jadikan bonusnya kalau beli pro capacitor.coklatMetalik wrote:Om, cementide bs buat Kijang Super 5K 1992 gak?
Barangkali bs dibikin lbh bertenaga & lbh irit...
(Nanya tp bukan mau beli sih, tp beneran nanya serius, penasaran...)
Cemenite juga alat kesehatan, kalau istirahat lebih enak maka badan lebih segar. Pakainya bukan dikalungin tapi taruh pojok kamar tidur.B3M0 wrote:Om cahyo, klo cemtitit nya dijadiin kalung trs qt pake kira2 bisa ngebut juga gak kita nya?
Sent from ladies room
Sip banget infonya, terima kasih sudah sharing.pengendiesel wrote:Buat ane utk daily driving, yg lebih penting 20-60 utk dalkot dan 40-80 utk lukot. Ini range speed di mana ane sering nyalip mobil di depan.
Yang dipakai sehari hari seringkali adalah rpm menengah ke bawah. Dan 0-100 tidak mencerminkan perilaku mesin di kisaran rpm tersebut.Mozawa wrote:Makanya diberikan data simple akselerasi 0 sd 100 kmph, yang notabene adalah kecepatan yg sering digunakan sehari2.
pengendiesel wrote:Diluar masalah LCGC milik TS dan jualan cementititnya, ane setuju banget dengan pendapat om Cahyo![]()
Jujur aja nih, suhu2 speed freak di sini seberapa sering ngelakuin 0-100? Yang betul2 dari 0 sampai 100kph. Jadi ilustrasinya dari kondisi berhenti total (misal di lampu merah dpt posisi paling depan / abis toll gate / sengaja berhenti di pinggir jalan, tungguin sepi), masukkan gigi, mainkan kopling/rem, dannnn gasss pollllll trs sampe 100kph. Sehari sekali? Seminggu sekali? Sebulan sekali? Lantas, untuk apa tuh data 0-100? Oh ya, kecuali di sirkuit ato arena drag, beda ceritanya.
Buat ane utk daily driving, yg lebih penting 20-60 utk dalkot dan 40-80 utk lukot. Ini range speed di mana ane sering nyalip mobil di depan. Ya, lukotpun maksimal 80 aja. Karena kalo boil depan sudah jalan di atas 80, ane lebih senang ngikutin tuh boil dgn jarak aman, drpd berusaha nyalip. Sorry if it's sounds boringane merasa bersyukur telah diberi kesempatan melihat beberapa kecelakaan yang meruntuhkan semua kesombongan dan persepsi kalo ane adalah pemeran utama legend of speed
![]()
Lagian, ane nyaman banget jalan lukot dgn ngikutin boil yg lumayan kenceng, tentu dengan jarak yang aman. Boil di depan bisa berfungsi sebagai pembuka jalan dan penanda kecepatan yg pantas. Sehingga bila boil di depan ngerem, ane cukup lepas gas aja. Boil di depan ngerem mendadak, ane ngerem santai. Boil di depan nyalip, ane jg ancang2 nyalip.
Ok,back to topic 0-100. Ane setuju banget sama pendapatnya om HouseOfDetailing : Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong
0-100 lebih tentang HP, sedangkan daily driving lebih ke torsi. Torsi semakin gede di rpm serendah mungkin.....![]()
![]()
Betul ya om turbo dan om htannis?
Contoh, ane pernah bawa mobilio dan ANKI diesel ke jalan lukot. Boil sama2 M/T.
Menurut bbrp review, 0-100 mobilio di angka 11 detik, ANKI diesel di 12,x detik.
Kalo liat angka di atas, harusnya enak mobilio dong utk selap selip lukot? Tp pada kenyataannya, kita semua pasti setuju ANKI diesel jauh lebih enak utk nyalip.
Contoh lain, agak ekstrem. Papanjah 1.3 MT vs CRV RE 2.0 M/T
Ane haqqul yakin, CRV jauhhhhhh lebih cepat drpd papanjah utk 0-100.
Tp entah mengapa, papanjah lebih enak buat sruntulan, power delivery terasa lebih cepat ngisi drpd CRV yang smooth banget. Bawa CRV ke luar kota, jadi sering batal nyalipnya....pdhl tuh moncong udah masuk setengah. Beda pas bawa papanjah, nyalip ya tinggal nyalip aja.
No offense yah buat fansboy Honda![]()
Contoh lain lagi, ini yang paling ekstrem. Altis 1.8 M/T vs panther 2.5 pick up!!!
Dulu ane pernah bawa Altis ke daerah kaki gunung Slamet, Jateng. Jalan penuh tanjakan dan tikungan. Berasanya udah kayak yang punya jalan aja, seadanya mobil di depan langsung dilibas sama Altis ini, scr torsi Altis sdh mulai terasa di rpm 2,000 kurang dikit.
Tapi....gak lama kemudian, ane liat di spion ada panther pick up (bodinya sdh jelekkkk banget) berhasil ngejar. Ane makin menjadi2 tuh nyetirnya, kosong dikit....gas pol...rem sedekat mungkin ke tikungan....lepas tikungan langsung gas pol lagi.
Ehhhh. bukannya ilang, tuh panther pick up masih aja nempel kyk perangko. Sampai pada suatu saat, ane telat dikit ngegasnya, panther balap itu langsung aja nyalip![]()
Abis gitu ane langsung kasih jarak ke panther itu, malunya luar biasa
![]()
Fact sheet : Altis 140HP, 190Nm, 0-100 in about 11 sec (CMIIW) takluk di tangan panther jadulll 80HP, 190Nm, 0-100 in 17-20 sec(? CMIIW)
Sakitnya tuh di sini di dalam hatiku![]()
![]()
Menurut ane, drpd 0-100 berapa detik, jauh lebih penting 100-0nya seberapa cepat hehehe![]()
Monggo, ane siap dibully sama yg gak setuju postingan ane
Kalau untuk saya saat naik mobil di dalam kota lebih sering 40 ke 80, karena kalau di lampu merah sering banyak motor didepan, setelah lampu hijau harus akselerasi mengikuti motor, setelah dikasih jalan baru bisa tancap gas.anrico17 wrote:Kalo dalkot lebih penting 0-40 ato 0-60 sih...
Ini mah namanya asas praduga bersalahMozawa wrote:Member klinongan. , same person..hahaha
Kita nonton aja om kenop dipojokan sambil gelar tiker makan cemilankenop wrote:masih idup aja ni tret![]()
iyain aja udah 0-100 ngga bisa jadi patokan performa di jalan umum
Sekarang sudah enggak sih, sudah lewat masa inreyen. Tapi di jalan nggak pernah nemu orang memanfaatkan hp maksimal kendaraan, baik waktu menyalip ataupun dari lampu merah. Di data testing 0-100 majalah kendaraan tersebut disebut kencang, tapi kalau di jalan lebih tergantung kemauan, skill dan pengetahuan drivernya. Walau mereka terlihat ngotot berusaha kencang sekalipun, tapi bila salah gigi atau shifting ya tetap lambat.rajapb wrote:Iyalah, sucahyo eman2 mobil nya digeber sampe redline makanya 0-100 gak penting buat dia.
sucahyo wrote:Sekarang sudah enggak sih, sudah lewat masa inreyen. Tapi di jalan nggak pernah nemu orang memanfaatkan hp maksimal kendaraan, baik waktu menyalip ataupun dari lampu merah. Di data testing 0-100 majalah kendaraan tersebut disebut kencang, tapi kalau di jalan lebih tergantung kemauan, skill dan pengetahuan drivernya. Walau mereka terlihat ngotot berusaha kencang sekalipun, tapi bila salah gigi atau shifting ya tetap lambat.rajapb wrote:Iyalah, sucahyo eman2 mobil nya digeber sampe redline makanya 0-100 gak penting buat dia.
Di tol juga begitu, banyak juga yang selepas 80kpj pakainya gigi 5 atau 4 untuk nyalip, padahal harusnya pakai gigi 3 kalau mau cepat. Kadang diperparah dengan modif sembarangan, modif memang bikin tarikan atas nambah, tapi nggak sadar bikin tarikan bawah melempem, sudah gitu shift up terlalu cepat sehingga akselerasi jadi loyo.
Kalau mau irit ya pakai gir tinggi rpm rendah, kalau mau kencang ya rpm sesuai tenaga maksimal. Kalau nyalip ya jangan bikin yang dari berlawanan arah deg degan kapan balik ke lajurnya lagi. Jangan hobi menjejeri kendaraan besar.gobale wrote:jadi sebaiknya gmn cara bawa mobil plg optimal dalam kota om ?
Enggak, kalau dibanding dengan yang ahli jujur skill saya payah. Tapi anehnya kalau di jalan kok menangan, walau sana seruntulan sok mepet mepet.Shonen wrote:masi ada aja ni tretmo nanya ama tsnya baru pertama kali punya mobil ya..akselerasi dr lampu merah org hrs selalu pedal to metal gt...ini jalanan fasilitas umum bukan trek balapan...itu ts nya uda sering trackday kali ya ngaku2 jago skill hahhaa
![]()
![]()
![]()
![]()
halo om sucahyo,sucahyo wrote:Kalau mau irit ya pakai gir tinggi rpm rendah, kalau mau kencang ya rpm sesuai tenaga maksimal. Kalau nyalip ya jangan bikin yang dari berlawanan arah deg degan kapan balik ke lajurnya lagi. Jangan hobi menjejeri kendaraan besar.gobale wrote:jadi sebaiknya gmn cara bawa mobil plg optimal dalam kota om ?
Enggak, kalau dibanding dengan yang ahli jujur skill saya payah. Tapi anehnya kalau di jalan kok menangan, walau sana seruntulan sok mepet mepet.Shonen wrote:masi ada aja ni tretmo nanya ama tsnya baru pertama kali punya mobil ya..akselerasi dr lampu merah org hrs selalu pedal to metal gt...ini jalanan fasilitas umum bukan trek balapan...itu ts nya uda sering trackday kali ya ngaku2 jago skill hahhaa
![]()
![]()
![]()
![]()
Kalau dibilang jalanan fasilitas umum, maka yang nyalipnya lambat juga salah. Mungkin nggak sadar kalau lambat, dipikir kalau mobilnya punya image kencang bakalan kencang beneran, padahal aslinya nyalipnya lelet banget. Selain menghabiskan jalan, yang nyalip lambat membahayakan baik yang kendaraan lain jalan pelan di kiri ataupun kendaraan lain dari depan.
Halo om, project cemenite sudah tercover pro capacitor. Pro capacitor sudah lumayan laku dan banyak yang dapat bonus cemenite. Jadi sudah lumayan tercapai tujuan awal dan berharap akan bisa dirasakan manfaatnya. Cemenite sendiri sekarang banyak yang buat sendiri untuk dipakai nambah irit.Andrian wrote:
halo om sucahyo,
gimana kabar project cementitit?
dah mana nih ane ga ngobril sama om sucahyo master of cementitit.
betul om. yang namanya image mobil kenceng, pas nyalip belum tentu cepet. gimana mau cepet? mau nyalip ga dikasih jalan. ditambah kadung masuk
gear tinggi.![]()
makany, klo punya mobil image kenceng, pas nyalip masuk gear 3. begitu ada sela langsung pedal to karpet. Masa nyalip mobil pake gear tinggi?
sucahyo wrote:cemenite cuma cocok untuk kendaraan standar / setelan irit. drivability tergantung kendaraannya. Efek nggak banyak tapi mending cemenite daripada ferrox atau busi dingin kalau menurut saya.b8099ok wrote:Berarti, cementitid akan meningkatkan drivability seekor mobil (baik itu alay maupun s65 amg) ya om? 0-400kmh alay brp mili second?