
Akhirnya saya yg masih niubi ini memberanikan diri untuk membuat review pertama saya. Yang direview? Sesuai judul... Kijang Innova 2.0 E M/T rakitan 2012 yang sekarang menjabat sebagai mobil perang keluarga

Intro
Kijang Innova yang saya review ini sebut aja ipah merupakan pengganti mobil perang keluarga saya sebelumnya, Kijang Super SSX 95' yang telah mengabdi selama 9 tahun lamanya. Kenapa ngambil tipe E bensin? well... dulu ayah saya sempet mau bungkus tipe G bensin atau E diesel. but... setelah beliau pikir-pikir tipe G kelengkapannya gk jauh beda sama E tapi harganya beda 20jutaan (cuma beda foglamp, double din, sensor parkir, setir, dan driver seat adjuster) dan saat itu solar lagi krisis jadi diputuskan ambil yang bensin.
gak usah berlama-lama, yuk lanjut ke reviewnya

Exterior
Exterior ipah ini pasti semua orang udah hapal, apalagi termasuk mobil sejuta umat di Indonesia setelah si papanja

But... keadaan exterior ipah ini udah gk standar lagi.. banyak krum-kruman dan aksesoris yang menempel di mobil ini




Interior
interior mobil ini terlihat homey dan spartan. Full of hard plastic. Tapi untungnya plasticnya masih solid saat ditekan. Dashboard dual-tone colornya sedikit mengangkat kemewahan mobil ini. But, fit and finishnya kurang baik. masih ada gap-gap antar panel yang sedikit mengganggu mata

Safety features? Jaman ini toyota masih dilanda buta safety sehingga airbag dan rem abs cuma ada di tipe V


Desain speedometernya sangat spartan dan sangat tipe mobil pekerja. Terlalu membosankan menurut saya

Kursinya tebal dan lumayan nyaman untuk diduduki meskipun untuk perjalanan jauh masih kerasa pegal. Dan yang penting... interiornya... legaaaa

Di mobil ini banyak banget cup holdernya. Mungkin kalo mudik biar penumpangnya kembung karena kebanyakan minum

Karena interior standar Ipah E yang terlalu trondol fitur, akhirnya ayah saya menambah beberapa aksesoris ipah V dan lumayan mengangkat derajat ipah E yang trondolan


Driving Impression
Masukan kunci dan start the engine!
Terdengar suara mesin 1TR-FE yang sangat familiar di telinga. Karakter mesin 1TR-FE 1998cc ini lemot dan boyo di putaran bawah. Tenaganya baru ngisi diatas 3000rpm. Mobil ini pas di gas ngegerung dulu baru jalan

Mobil ini top speednya belum diketahui karena kebanyakan jalan di kota dan di sini juga gaada jalan tol

Setirnya menurut saya gak berat-berat amat, cuma untuk u-turn dan parkir, muter setirnya bakal heboh karena kebanyakan muter dan radius putarnya dah kaya bawa truk

Pilar A bagian paling horor bagi saya. Terlalu mendominasi dan menciptakan blindspot yang mengerikan

Tapi... suspensi dan bantingan yang nyaman merupakan suatu nilai plus bagi mobil ini untuk menutupi kekurangan mesin 1TR yang boros dan lemot

Problems
Selama 4 tahun pemakaian, ipah ini mengalami beberapa masalah yang untungnya pas masih garansi

- Motor semprotan air rear wiper rusak (solved)
- Door lock pintu penumpang belakang kiri macet (solved)
- AC belakang bau ketek pas awal diidupin (solved)
- Mesin berebet dan sempet gak mau distart (solved)
- Suara gluduk-gluduk di engine bay (unsolved), gak tau asalnya darimana

Conclusion
Pros

+ Toyota
+ Toyota
+ Interior lega
+ Suspensi nyaman
+ Sangat praktikal
Cons

- Mesin 1TR boyo dan boros
- No safety features
- Radius putar gedeee
- Panel gap di dashboard
So, that's all. Thank you
