Pengalaman selama pakai 2013 lipindut cvt dari baru sampai kemarin jual di odo 109rb km belum pernah kendala atau masuk limp mode.
perawatan ganti oli cvt dan filter oli cvt nya di km 60rb sama 90rb km, selalu pakai aisin cfex.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Pengalaman selama pakai 2013 lipindut cvt dari baru sampai kemarin jual di odo 109rb km belum pernah kendala atau masuk limp mode.
eh buseeeettt ...... banyak amat piaraan nisin alm bokap mbah.josomba wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 6:40Kalau owe sih tetep bejek2 aja um, selama tiap 20-30k KM ganti cvtf-nya nissin, sejauh ini t32 di rumah masih aman sentosa padahal suka ane bejek2 kalau di tol...
------------
intermezzo
nissin.jpg
Beberapa tahun silam alm. bokap bener2 fans nissin garis keras. Rawatan ngandelin BeRes thok, 2 mobil ber-sipiti di gambar ini dijual karena sipiti-nya dah dengung. Yg tengah bahkan suka masuk limp mode kalau abis ane pake di cipularangbahn
bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.DOHC wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 7:24Kan mbah masas dah perna bersabdaSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 6:28even pk amsoil juga OCI sesuai rekomendasi produsen.
klo honda max per 2 thn.
ya klo pk atf beres km nya dipendekin ajah
Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2
Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
Yah mbah, dulu masdut 2 pertama kali keluar di indo, dah berharap dibolehin ....
DG...DOHC wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 7:24Kan mbah masas dah perna bersabdaSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 6:28even pk amsoil juga OCI sesuai rekomendasi produsen.
klo honda max per 2 thn.
ya klo pk atf beres km nya dipendekin ajah
Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2
Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
Bsa cara begituOmnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 9:27bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.DOHC wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 7:24Kan mbah masas dah perna bersabdaSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 6:28
even pk amsoil juga OCI sesuai rekomendasi produsen.
klo honda max per 2 thn.
ya klo pk atf beres km nya dipendekin ajah
Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2
Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
Hmmm... jd ganti oli saat inreyen ini penting yah mbah baik oli mesin, matic & jg gardan.Omnibus wrote:bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.DOHC wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 7:24Kan mbah masas dah perna bersabdaSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 6:28 even pk amsoil juga OCI sesuai rekomendasi produsen.
klo honda max per 2 thn.
ya klo pk atf beres km nya dipendekin ajah
Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2
Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
berdasarkan penelitian memang begitu om. bukan kata saya tp penelitian.benzz89 wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:14Hmmm... jd ganti oli saat inreyen ini penting yah mbah baik oli mesin, matic & jg gardan.Omnibus wrote:bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
Pantes si mbah rajin amat oci terus dgn jadwal yg ketat di awal KM 0 sampai 7 rebu perak.
Setelah itu baru ikut jadwal normal yg agak panjang. Inreyen lg pd proses bedding-in semua yah komponen2 yg bergerak & proses buang gram2an diawal.
Bayangin oli matic baru ganti di 60 atau 80 ribu dr sejak baru dr fabriekan, memang sih ada filter oli maticnya tapi tetap aja yg super halus gram2nya bs lewat.
Blom lg oli matic bawaan dr fabriekan itu kualitasnya yg kaya gimana, apa iya dikasihnya yg super keraton? Cuannya bakalan berkurang jauh.
Tapi yah susah juga sih kl disuruh ganti oli matic per 20 ribu, biaya maintenance mobilnya jd mahal, consumennya jg pada marah2 hahaha...
Untung di lexus LS500, toyota ud pinter tu mbah ...Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 9:27bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
ganti oli nya musti 2 tipe fluid. heses hoyang kayah mbahKielConstantine wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:54
Untung di lexus LS500, toyota ud pinter tu mbah ...
CVT di hybrid sama matic geared 4 speed ..
Kesimpulannya berarti oli mesin, gardan, transmisi (mt-at-cvt) di 1000km yg dianggep habis inreyen itu preferably diganti yg merk bagusan ato gimana om?Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:51berdasarkan penelitian memang begitu om. bukan kata saya tp penelitian.benzz89 wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:14Hmmm... jd ganti oli saat inreyen ini penting yah mbah baik oli mesin, matic & jg gardan.Omnibus wrote:
bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
Pantes si mbah rajin amat oci terus dgn jadwal yg ketat di awal KM 0 sampai 7 rebu perak.
Setelah itu baru ikut jadwal normal yg agak panjang. Inreyen lg pd proses bedding-in semua yah komponen2 yg bergerak & proses buang gram2an diawal.
Bayangin oli matic baru ganti di 60 atau 80 ribu dr sejak baru dr fabriekan, memang sih ada filter oli maticnya tapi tetap aja yg super halus gram2nya bs lewat.
Blom lg oli matic bawaan dr fabriekan itu kualitasnya yg kaya gimana, apa iya dikasihnya yg super keraton? Cuannya bakalan berkurang jauh.
Tapi yah susah juga sih kl disuruh ganti oli matic per 20 ribu, biaya maintenance mobilnya jd mahal, consumennya jg pada marah2 hahaha...
memang betul manufacturing process skrg makin canggih dan semakin tighter tolerance tp bukan berarti tdk perlu inreyen. yg betul wear rate saat ini lbh kecil drpd saat jaman dulu tp tetap ada bedding-in krn parts baru ketemu satu sama lain ketika sdh dirakit.
org sering misconception tp biarin aja, masing2 aja.
awal periode running in (inreyen) wear rate msh tinggi, makin lama makin rendah setelah bedding-in selesai. habis itu periode stable itu di useful life machinary tsb. dan ketika sdh lewat masa pakai akan kembali lagi terjadi accelerated wear rate.
kl rajin maintenance, periode stable otomatis bakal lebih panjang.
source: https://www.sciencedirect.com/science/a ... 6117302637
konon, ini konon om menurut enjin builder mamarika, wkwkwk inreyen itu cuma di 500 miles (800km) pertama udah kelar. dan itupun bukan nyetir kaya priyayi. tapi jg bukan kaya maniac. normal aja plus pake betot2 (half throttle, tidak boleh full throttle) krn pas dibetot itu dia bedding-in. yg tdk boleh juga betot dari mobil berhenti (kaya nancep dr lampu merah pas ijo atau nancep abis bayar tol) strictly no no.
Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 11:20konon, ini konon om menurut enjin builder mamarika, wkwkwk inreyen itu cuma di 500 miles (800km) pertama udah kelar. dan itupun bukan nyetir kaya priyayi. tapi jg bukan kaya maniac. normal aja plus pake betot2 (half throttle, tidak boleh full throttle) krn pas dibetot itu dia bedding-in. yg tdk boleh juga betot dari mobil berhenti (kaya nancep dr lampu merah pas ijo atau nancep abis bayar tol) strictly no no.
*calon dibully kaum anti siksa diri nih.
nah dulu si oli nganu itu ada mitos ga boleh dipake sebelum lewat 10k miles krn practically ga bikin proses bedding in sempurna krn saking licinnya. tp itu dulu jaman dia PAO nya msh tinggi. yg skrg kayanya udah dikurangin konsentrasinya.
kl nanya ganti oli lebih bagus setelah inreyen, jawabannya ya iya. atau pake oli biasa tp gantinya sering. krn disitu titik mula mobil mau awet segimana lama.
tp mbah delko itu langganan oli promo hrv nya tembus 150rb km. cuma ipah lamanya 200rban udah ngebul. om kompre jg betot trus oli tgmo ga rusak2 mesinnya.
mungkin kl pakenya oli bagusan bisa 300-400k km kali daya tahannya.
Tenang
Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 11:20
inreyen itu cuma di 500 miles (800km) pertama udah kelar. dan itupun bukan nyetir kaya priyayi. tapi jg bukan kaya maniac. normal aja plus pake betot2 (half throttle, tidak boleh full throttle) krn pas dibetot itu dia bedding-in. yg tdk boleh juga betot dari mobil berhenti (kaya nancep dr lampu merah pas ijo atau nancep abis bayar tol) strictly no no.
kl yg ane tau, koreksi kl salah mbah, break in oil itu cuma dipake oleh engine builder yg aftermarket sebab pasangan toleransinya lbh loose dibanding fabriekan.
Kl baca2 dr web olinya si mbah omni sih break-in oil diperlukan hanya utk mesin aja yah (transmisi & gardan tdk perlu break-in) yaitu spy ring piston bs duduk dgn sempurna.Omnibus wrote:kl yg ane tau, koreksi kl salah mbah, break in oil itu cuma dipake oleh engine builder yg aftermarket sebab pasangan toleransinya lbh loose dibanding fabriekan.
itupun tujuannya mainly utk seating ring piston. setelah dia dpt kompresi yg masuk spec break in oil langsung drain.
yg ane tau itu mbah, maaf kl berbeda.
nah kl ane sih ngga gitu om. ane tetep dipake oli factory fill dr 0-1000lkm krn biasanya fabriek ksh oli mineral yg bagus utk bedding in.
Oke noted mbah... cuman dr 1.000 baiknya oci di KM berapa lagi?Omnibus wrote:nah kl ane sih ngga gitu om. ane tetep dipake oli factory fill dr 0-1000lkm krn biasanya fabriek ksh oli mineral yg bagus utk bedding in.
abis 1000km baru drain ganti ke oli nganu.
3 system digabung tuh. Electromotor,CVT n geared AT baca d forum lexus ad problem d hybrid system mesti ganti matic segelondongKielConstantine wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:54Untung di lexus LS500, toyota ud pinter tu mbah ...Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 9:27bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
CVT di hybrid sama matic geared 4 speed ..
sesuai perkiraan pribadi, 1st batch bisa ada aja spt ini.lemonadelovers wrote: ↑Sat Jun 05, 2021 2:313 system digabung tuh. Electromotor,CVT n geared AT baca d forum lexus ad problem d hybrid system mesti ganti matic segelondongKielConstantine wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 10:54Untung di lexus LS500, toyota ud pinter tu mbah ...Omnibus wrote: ↑Fri Jun 04, 2021 9:27
bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
CVT di hybrid sama matic geared 4 speed ..