Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
b0ku wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 0:56
judulnya males inget dulu L15, R18, R20, K24, K24 DI
ribetan mana sama ini?????
JAMAN RM sama CR K24 old vs K24 DI aja kepalanya ud beda lagi belom omongin L15 R20 K24 DI thailand masih ada 1.6 idtec malah, malah jadul2xan lebih parah lagi L15, D17, K20, K24
darrelund wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 16:35
soalnya HRV RV di dyno, yg 1.5 & 1.5T lossnya bisa 30-40% lebih
ga kyk RU, yg lossnya lebi sedikit
itu elika kan bilang, walo mesin sama tapi yg RU 10whp+ lebi gede
yang lawak, itu ada yang komen veloz saya lebih gede, d bales ama elika nya "halah veloz d dyno ini dapetnya sama aja segitu" wkwkwkwkwkkww
darrelund wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 16:47
ujungnya kita cuma bisa bebusa sampe monyong doang
tapi memang bener, K20 secara enjin itu scale nya kecil banget
dibanding A25 toyota mah jauh, itu enjin sapujagat, dipake kurleb ke 13 model, belom masukin varian hybrid
aplg RAV4 & kemri. itu mobil di amrik jualannya bisa lebi banyak dari semua mobil di indo dalam setaun
dan menariknya isu honda mahal bukan cuma di 3rd world doang um
itu di amrik, ostrali ud mulai pada protes koq honda skrg mahal bgt
paling gampang : coba cari parts camry 2GR vs accord J35. gampangan camry 2GR jauh. scale of use nya jauh lebih banyak dipake di lexus segala. accord J35 se indo paling itungan ada 50 unit udah bagus kali. gw di sini cuma ketemu 2x ya mobilnya itu-itu melulu.
ya anggep itu K20C turbo skalanya skrg selevel J35. wong emang gantiin J35.
itu sama kayak suruh honda bikin mesin J35 output 190hp buat lower trim. ngapain, terlalu banyak effort untuk sesuatu yang nggak bakal dipikirin marketnya.
Sengaja ahond mah kasi mesin sapu jagad 1.5 dari we erpeh Be erpeh haerpeh siti cearpeh sipic sampe acrot. Nanti kan hybrid nya pakai 2.0 utk kelas menengah atas buat pembeda. Jadi harga mau 700 up atau 900up asal 2000cc hibrid kan tetep berasa naik kelas jauh supaya kenaikan harga terlihat normal.
Kalo kelas bawah ya mentok 1.5 hybrid. Artinya mesin 1.5 masih akan long story akan kepake terus.
Hebat kan dari taun 2000an ampe 2030 kalau perlu masih jualan mesin L15
KSG88 wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 3:14
Sengaja ahond mah kasi mesin sapu jagad 1.5 dari we erpeh Be erpeh haerpeh siti cearpeh sipic sampe acrot. Nanti kan hybrid nya pakai 2.0 utk kelas menengah atas buat pembeda. Jadi harga mau 700 up atau 900up asal 2000cc hibrid kan tetep berasa naik kelas jauh supaya kenaikan harga terlihat normal.
Kalo kelas bawah ya mentok 1.5 hybrid. Artinya mesin 1.5 masih akan long story akan kepake terus.
Hebat kan dari taun 2000an ampe 2030 kalau perlu masih jualan mesin L15
Mesin 1.5 n/a ga akan punah, krn itu sweet spot buat tenaga dan keiritan, kalo mau 1.0 bertenaga harus turbo2an, mau 1.8 irit Atkinson cycle yg lemah power. Jadi ya 1.5 is here to stay.
KSG88 wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 3:14
Sengaja ahond mah kasi mesin sapu jagad 1.5 dari we erpeh Be erpeh haerpeh siti cearpeh sipic sampe acrot. Nanti kan hybrid nya pakai 2.0 utk kelas menengah atas buat pembeda. Jadi harga mau 700 up atau 900up asal 2000cc hibrid kan tetep berasa naik kelas jauh supaya kenaikan harga terlihat normal.
Kalo kelas bawah ya mentok 1.5 hybrid. Artinya mesin 1.5 masih akan long story akan kepake terus.
Hebat kan dari taun 2000an ampe 2030 kalau perlu masih jualan mesin L15
Mesin 1.5 n/a ga akan punah, krn itu sweet spot buat tenaga dan keiritan, kalo mau 1.0 bertenaga harus turbo2an, mau 1.8 irit Atkinson cycle yg lemah power. Jadi ya 1.5 is here to stay.
yesss.
Overprocess atau Overproduction (bikin lineup mesin 1000cc - 1500cc - 2000cc, dan segala macam),
itu hanya membuang biaya yg gak perlu.
Bayangin Compounding Effectnya aja.
Why?... karena major-customer gak butuh dan gak pengen itu.
yg mereka butuhkan cuma,
1. Fuel Effieciency, or...
2. More Powah
that's it.
Perusahaan yg dah mature spt Honda - Toyota - dll, memang rata-rata sudah seharusnya menerapkan "Lean" Production.
Extreme / Pro Driver with lot of money?
Go get Type-R
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KSG88 wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 3:14
Sengaja ahond mah kasi mesin sapu jagad 1.5 dari we erpeh Be erpeh haerpeh siti cearpeh sipic sampe acrot. Nanti kan hybrid nya pakai 2.0 utk kelas menengah atas buat pembeda. Jadi harga mau 700 up atau 900up asal 2000cc hibrid kan tetep berasa naik kelas jauh supaya kenaikan harga terlihat normal.
Kalo kelas bawah ya mentok 1.5 hybrid. Artinya mesin 1.5 masih akan long story akan kepake terus.
Hebat kan dari taun 2000an ampe 2030 kalau perlu masih jualan mesin L15
Mesin 1.5 n/a ga akan punah, krn itu sweet spot buat tenaga dan keiritan, kalo mau 1.0 bertenaga harus turbo2an, mau 1.8 irit Atkinson cycle yg lemah power. Jadi ya 1.5 is here to stay.
yesss.
Overprocess atau Overproduction (bikin lineup mesin 1000cc - 1500cc - 2000cc, dan segala macam),
itu hanya membuang biaya yg gak perlu.
Bayangin Compounding Effectnya aja.
Why?... karena major-customer gak butuh dan gak pengen itu.
yg mereka butuhkan cuma,
1. Fuel Effieciency, or...
2. More Powah
that's it.
Perusahaan yg dah mature spt Honda - Toyota - dll, memang rata-rata sudah seharusnya menerapkan "Lean" Production.
Extreme / Pro Driver with lot of money?
Go get Type-R
Salam satu mesin tinggal power nya aja di setting sesuai kebutuhan, contoh dulu Ford bikin 1.0 3 cyl turbo dipasang di Fiesta tapi power nya bisa beda, mau yg irit less power atau more power less irit, yg skrg juga dibikin Honda kan salam satu mesin 1.5 WRV BRV HRV City Civic CRV Accord, tinggal n/a atau turbo. Ini gimana ga efisien sekali coba.
Sebetulnya power loss di CVT HRV mungkin bisa diakali kalo ada versi manual ya, cuma krn HRV global itu larinya ke hybrid jadi gak mungkin ada opsi manual, nanti cost lagi.
Yg skrg dilakuin Toyota kan juga sama, bedanya jalur n/a sama hybrid aja.
Mesin 1.5 n/a ga akan punah, krn itu sweet spot buat tenaga dan keiritan, kalo mau 1.0 bertenaga harus turbo2an, mau 1.8 irit Atkinson cycle yg lemah power. Jadi ya 1.5 is here to stay.
yesss.
Overprocess atau Overproduction (bikin lineup mesin 1000cc - 1500cc - 2000cc, dan segala macam),
itu hanya membuang biaya yg gak perlu.
Bayangin Compounding Effectnya aja.
Why?... karena major-customer gak butuh dan gak pengen itu.
yg mereka butuhkan cuma,
1. Fuel Effieciency, or...
2. More Powah
that's it.
Perusahaan yg dah mature spt Honda - Toyota - dll, memang rata-rata sudah seharusnya menerapkan "Lean" Production.
Extreme / Pro Driver with lot of money?
Go get Type-R
Salam satu mesin tinggal power nya aja di setting sesuai kebutuhan, contoh dulu Ford bikin 1.0 3 cyl turbo dipasang di Fiesta tapi power nya bisa beda, mau yg irit less power atau more power less irit, yg skrg juga dibikin Honda kan salam satu mesin 1.5 WRV BRV HRV City Civic CRV Accord, tinggal n/a atau turbo. Ini gimana ga efisien sekali coba.
Sebetulnya power loss di CVT HRV mungkin bisa diakali kalo ada versi manual ya, cuma krn HRV global itu larinya ke hybrid jadi gak mungkin ada opsi manual, nanti cost lagi.
Yg skrg dilakuin Toyota kan juga sama, bedanya jalur n/a sama hybrid aja.
Iya mbah
Cost down = more profit = bisnis sustain = employee happy
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KSG88 wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 3:14
Hebat kan dari taun 2000an ampe 2030 kalau perlu masih jualan mesin L15
karna sama kaya modular platform lebih efficient untuk menyempurnakan design lama.
tapi klo dibongkar semua family L15 dari jazz GD ampe civic turbo mungkin kitorang bingung kali banyak bedanya daripada samanya
sama kek ngebongkar jerohan L300 sama pajero sport kode boleh 4D56 tapi ngebongkar juga bingung mana yang sama.
anyway honda bukan pabrikan gede2 banget jd cost itu krusial. skalanya beda ma toyota. liat aja bahkan hyundai juga lebih gede secara size perusahaan daripada honda.
grimjow wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 5:48
Ini thread Yaris Cross hebat bener uda tembus page 25. Tapi kok kesimpulan nya DNGA ini ga worth it ya.
Soalnya disini kita jg pada numpahin kekeselan harga mobil baru makin mahal. Tapi dapet kualitas third tier emerging low compliance market or you named it lah... wkwkwkwk
Trus kalo mau nebus mobil yg proper spec global standart; harganya pada meroket selangit kg ngotak
Jadi kg cuman yarcot aj yg dihujat2
tp beneran deh liat harga yarcrot berbanding kualitas, itungannya HPM murah hati banget sih biarpun mesinnya cupu.
minimal lawannya semua spek prindapan ama emerging market (kreta ma yarcrot)...
kemarin liat yacross pameran di MOI gading. yg dipajang tipe S non hybrid. wah.. 400jutaan dapet kualitas kaya gini. kabin sih lebih sempit dibanding hrv baru rasanya. design dash juga, selera saya lbh bagus HRV. center consolenya kalo kena dengkul agak goyang2 gimana gitu. dalemannya ketolong sama jahitan biru di dash depan, okelah agak ngangkat sedikit aura nya.
pernah nyetir veloz, rasanya sih sama HRV RU aja kalah gesit di bawa nya. mungkin nanti feel berkendara nya yacross gk jauh beda sama feel berkendara veloz.
dgn kondisi harga HRV skrg plus disc nya yg udh gede, jadi good deal banget dibanding yacross ini.
"Yaris Cross sampai dua minggu terakhir itu komposisinya hybrid mencapai 78 persen. SPK-nya itu sudah 1.000-an lebih, 1.044 unit sekitar dua minggu," ujar Anton saat ditemui di Surabaya, Selasa (4/7).
spk seribuan masa bulan madu untuk toyota apakah fantastis? 78% yg spk tersebut mungkin paham valuenya di hybrid klo non hybrid mungkin orang lebih milih produk global macam hrv. di sini lebih sering liat wrv rs non sensing bahkan si alvez drpd zenix.
heiituaku wrote: ↑Fri Jul 07, 2023 3:26
"Yaris Cross sampai dua minggu terakhir itu komposisinya hybrid mencapai 78 persen. SPK-nya itu sudah 1.000-an lebih, 1.044 unit sekitar dua minggu," ujar Anton saat ditemui di Surabaya, Selasa (4/7).
spk seribuan masa bulan madu untuk toyota apakah fantastis? 78% yg spk tersebut mungkin paham valuenya di hybrid klo non hybrid mungkin orang lebih milih produk global macam hrv. di sini lebih sering liat wrv rs non sensing bahkan si alvez drpd zenix.
Tidak ada yang bilang fantastis om.
Toyota ngasih pilihan line up mesin dan akomodasi yang lebih variatif, itu patut disukuri oleh masyarakat.
Meskipun kita sama-sama tahu, bahwa tetap saja penjualan terbesar ada di AvanzaXenia, CalSig, AgAy, RushTer.
Iriawans wrote: ↑Fri Jun 23, 2023 12:17
wkwkwk ok siap Om, aki gak akan soak ya?
pasti akan soak, karena garage queen.
kecuali dipake jalan, soak karena pemakaian bukan soak karena tidak di-charge alternatorr akibat tidak digunakan.
Mobil hybrid kalau jadi garage queen saya rasa rada rugi yah. Mustinya jadi mobil daily driving dalam kota.
iya Om, saya tanya ini karena di Ktr ada mobil hybrid yg blm dpt nopol trus sopirnya nanya gimana cara manasinnya, kebetulan saya lagi tertarik punya hybrid tapi bakalan jadi garage queen
Beli mobil hybrid trus jadi garage queen itu kok eman banget ya, mending beli mobil V6 3.5 turbo trus jadi garage queen itu lebih afdol dengernya
hahahaha, diluar common sense ya Om. Agak susah meyakinkan menkeu beli mobil hobi
heiituaku wrote: ↑Fri Jul 07, 2023 3:26
"Yaris Cross sampai dua minggu terakhir itu komposisinya hybrid mencapai 78 persen. SPK-nya itu sudah 1.000-an lebih, 1.044 unit sekitar dua minggu," ujar Anton saat ditemui di Surabaya, Selasa (4/7).
spk seribuan masa bulan madu untuk toyota apakah fantastis? 78% yg spk tersebut mungkin paham valuenya di hybrid klo non hybrid mungkin orang lebih milih produk global macam hrv. di sini lebih sering liat wrv rs non sensing bahkan si alvez drpd zenix.
Tidak ada yang bilang fantastis om.
Toyota ngasih pilihan line up mesin dan akomodasi yang lebih variatif, itu patut disukuri oleh masyarakat.
Meskipun kita sama-sama tahu, bahwa tetap saja penjualan terbesar ada di AvanzaXenia, CalSig, AgAy, RushTer.
Emang klo sy lihat, dari dulu, scr wholesale, toyota itu jagonya di 7 seater / company fleet.
apalagi Kijang -> Inopah, "Belum" ada duanya lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Iriawans wrote: ↑Fri Jun 23, 2023 12:17
wkwkwk ok siap Om, aki gak akan soak ya?
pasti akan soak, karena garage queen.
kecuali dipake jalan, soak karena pemakaian bukan soak karena tidak di-charge alternatorr akibat tidak digunakan.
iya Om, saya tanya ini karena di Ktr ada mobil hybrid yg blm dpt nopol trus sopirnya nanya gimana cara manasinnya, kebetulan saya lagi tertarik punya hybrid tapi bakalan jadi garage queen
Beli mobil hybrid trus jadi garage queen itu kok eman banget ya, mending beli mobil V6 3.5 turbo trus jadi garage queen itu lebih afdol dengernya
hahahaha, diluar common sense ya Om. Agak susah meyakinkan menkeu beli mobil hobi
Nah itu dia, buat apa beli hybrid kalo jadi garage queen, besar biaya di depan yg ga akan bisa di leverage pemakaian, mending beli mobil boros fun to drive tapi mewah daripada beli mobil mahal tapi irit kalo pake cuma weekend sekali kali.
Udah pengalaman dulu jaman papa saya punya Mercy jadul sama Accord Cielo jadi garage queen, ga boleh dipake, cuma dipanasi aja. Sekali keluar kandang mogok aki soak akhirnya Kijang kapsul jadi penyelamat ditowing, knalpot rontok krn karat kena batu di parkiran bisa copot, pengalaman tak terlupakan pake Accord trus knalpot ketinggalan di jalan harus turun masukin ke bagasi
Makanya skrg kalo beli mobil untuk dipake dinikmati aja mau boros/irit resiko, daripada jadi barang museum.
heiituaku wrote: ↑Fri Jul 07, 2023 3:26
"Yaris Cross sampai dua minggu terakhir itu komposisinya hybrid mencapai 78 persen. SPK-nya itu sudah 1.000-an lebih, 1.044 unit sekitar dua minggu," ujar Anton saat ditemui di Surabaya, Selasa (4/7).
spk seribuan masa bulan madu untuk toyota apakah fantastis? 78% yg spk tersebut mungkin paham valuenya di hybrid klo non hybrid mungkin orang lebih milih produk global macam hrv. di sini lebih sering liat wrv rs non sensing bahkan si alvez drpd zenix.
Tidak ada yang bilang fantastis om.
Toyota ngasih pilihan line up mesin dan akomodasi yang lebih variatif, itu patut disukuri oleh masyarakat.
Meskipun kita sama-sama tahu, bahwa tetap saja penjualan terbesar ada di AvanzaXenia, CalSig, AgAy, RushTer.
Emang klo sy lihat, dari dulu, scr wholesale, toyota itu jagonya di 7 seater / company fleet.
apalagi Kijang -> Inopah, "Belum" ada duanya lah
Betul banget mbah Surya, sesuai dengan falsafah hidup orang Indonesia yang guyub, suka ngumpul meski ngumpul-ngumpul itu tidak selalu produktif
Jadi mobil itu seyogyanya musti bisa muat banyak orang, mass people transport, 7 seater untuk mobil pertama bisa dibilang adalah "kebutuhan".
Masalah 2 seat extranya itu tidak kepakai, hanya kepake setahun sekali saat mudik lebaran pas berpindah/silaturahmi dari 1 rumah sodara ke rumah sodara, tidak jadi masalah
Apalagi frameladder Kijang RWD yang tangguh buat nanjak saat akomodasi full dan melewati jalan-jalan rusak berlubang yang dilestarikan, makin cocoklah
peterming77 wrote: ↑Tue Jul 11, 2023 2:22
Nah itu dia, buat apa beli hybrid kalo jadi garage queen, besar biaya di depan yg ga akan bisa di leverage pemakaian, mending beli mobil boros fun to drive tapi mewah daripada beli mobil mahal tapi irit kalo pake cuma weekend sekali kali.
Udah pengalaman dulu jaman papa saya punya Mercy jadul sama Accord Cielo jadi garage queen, ga boleh dipake, cuma dipanasi aja. Sekali keluar kandang mogok aki soak akhirnya Kijang kapsul jadi penyelamat ditowing, knalpot rontok krn karat kena batu di parkiran bisa copot, pengalaman tak terlupakan pake Accord trus knalpot ketinggalan di jalan harus turun masukin ke bagasi
Makanya skrg kalo beli mobil untuk dipake dinikmati aja mau boros/irit resiko, daripada jadi barang museum.
si om khan ga cuma pinjem konci sama papa toh, pasti sekalian minta uang bensin sama uang jalan, boncos lah pak
fun to drive fun to drive, balik2 bensin kaga diisi, makanya pake aja tuh kisul kalo buat harian.. mungkin gitu kali ya pola pikirnya
AbdulHakim wrote: ↑Fri Jul 07, 2023 3:37
Tidak ada yang bilang fantastis om.
Toyota ngasih pilihan line up mesin dan akomodasi yang lebih variatif, itu patut disukuri oleh masyarakat.
Meskipun kita sama-sama tahu, bahwa tetap saja penjualan terbesar ada di AvanzaXenia, CalSig, AgAy, RushTer.
Emang klo sy lihat, dari dulu, scr wholesale, toyota itu jagonya di 7 seater / company fleet.
apalagi Kijang -> Inopah, "Belum" ada duanya lah
Betul banget mbah Surya, sesuai dengan falsafah hidup orang Indonesia yang guyub, suka ngumpul meski ngumpul-ngumpul itu tidak selalu produktif
Jadi mobil itu seyogyanya musti bisa muat banyak orang, mass people transport, 7 seater untuk mobil pertama bisa dibilang adalah "kebutuhan".
Masalah 2 seat extranya itu tidak kepakai, hanya kepake setahun sekali saat mudik lebaran pas berpindah/silaturahmi dari 1 rumah sodara ke rumah sodara, tidak jadi masalah Apalagi frameladder Kijang RWD yang tangguh buat nanjak saat akomodasi full dan melewati jalan-jalan rusak berlubang yang dilestarikan, makin cocoklah
sy nyoba jinik punya kawan, suara kaki "duk duk" nya, lbh ketara.
apalagi pas lewatin lintasan kereta yg rel-nya rada tinggi di atas aspal, itu kayak gak tega denger suara kakinya.
klo ladder frame, enak aja hajar lintasan kereta.
yah paling Damage di shock bocor klo terus2an hajar
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim wrote: ↑Fri Jul 07, 2023 3:37
penjualan terbesar ada di AvanzaXenia, CalSig, AgAy, RushTer.
technically daihatsu ....
klo kena kasus ya ngomongnya daihatsu wkwkwkkww
eh tapi yarcrot jg daihatsu sih. jd technically mobil terlaris di indo adalah daihatsu
tp owned by toyota jd ke toyota toyota juga duitnya
Iya betul mod, tapi orang kita aja yg denial, barangnya dipake tapi ga mau diakui
Di Asia Selatan, India khususnya, itu Suzuki pun sebenarnya sudah mulai di-rebadge Toyota vice versa.
No wonder, globally Toyota merupakan top 5 leading automotive manufacturer.
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 11, 2023 3:17
Iya betul mod, tapi orang kita aja yg denial, barangnya dipake tapi ga mau diakui
Di Asia Selatan, India khususnya, itu Suzuki pun sebenarnya sudah mulai di-rebadge Toyota vice versa.
No wonder, globally Toyota merupakan top 5 leading automotive manufacturer.
kek omongan mas mas yang lagi viral : lu punya duit, lu punya kuasa
toyota pengen apa tinggal beli. pengen mobil sport beli BMW, pengen bikin mesin boxer beli subaru. pengen belajar bikin mesin high compression beli mazda. wkwkwkwk. dl pengen bikin diesel jg beli isuzu.
peterming77 wrote: ↑Tue Jul 11, 2023 2:22
Nah itu dia, buat apa beli hybrid kalo jadi garage queen, besar biaya di depan yg ga akan bisa di leverage pemakaian, mending beli mobil boros fun to drive tapi mewah daripada beli mobil mahal tapi irit kalo pake cuma weekend sekali kali.
Udah pengalaman dulu jaman papa saya punya Mercy jadul sama Accord Cielo jadi garage queen, ga boleh dipake, cuma dipanasi aja. Sekali keluar kandang mogok aki soak akhirnya Kijang kapsul jadi penyelamat ditowing, knalpot rontok krn karat kena batu di parkiran bisa copot, pengalaman tak terlupakan pake Accord trus knalpot ketinggalan di jalan harus turun masukin ke bagasi
Makanya skrg kalo beli mobil untuk dipake dinikmati aja mau boros/irit resiko, daripada jadi barang museum.
si om khan ga cuma pinjem konci sama papa toh, pasti sekalian minta uang bensin sama uang jalan, boncos lah pak
fun to drive fun to drive, balik2 bensin kaga diisi, makanya pake aja tuh kisul kalo buat harian.. mungkin gitu kali ya pola pikirnya
Mau sekolah diantarnya pake Chevrolet pick-up yg spion masih di ujung kap mesin + jendela ga berani diturunkan soalnya udah karatan sekali diputar turun ga bisa balik naik Pas belajar nyetir pake Suzuki pick-up juga yg cuma 4-speed, BSM sama sensing2 nya pake kernet di sebelah kiri
Yg saya ingat jaman dulu itu problem utama mobil = karat, krn teknologi anti karat masih early sekali malah mungkin ga ada baja galvanis buat bodi mobil.
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 11, 2023 3:17
Iya betul mod, tapi orang kita aja yg denial, barangnya dipake tapi ga mau diakui
Di Asia Selatan, India khususnya, itu Suzuki pun sebenarnya sudah mulai di-rebadge Toyota vice versa.
No wonder, globally Toyota merupakan top 5 leading automotive manufacturer.
kek omongan mas mas yang lagi viral : lu punya duit, lu punya kuasa
toyota pengen apa tinggal beli. pengen mobil sport beli BMW, pengen bikin mesin boxer beli subaru. pengen belajar bikin mesin high compression beli mazda. wkwkwkwk. dl pengen bikin diesel jg beli isuzu.
Pengen EV, beli B*D
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri