Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Apa cara yang paling efektif untuk mengatasi kemacetan?

ERP
3
5%
Monorail
4
7%
Hapus subsidi bbm
6
10%
Kenaikan pajak
1
2%
Kenaikan tarif parkir
3
5%
Pembatasan jumlah mobil
4
7%
Cabut aturan LCGC
3
5%
Pindah ibukota
11
19%
Penambahan jalan tol
1
2%
Pelebaran jalan
3
5%
Cabut pentil parkir sembarangan
0
No votes
Peningkatan kualitas transportasi massal
19
32%
Lain-lain
1
2%
 
Total votes: 59

yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by yaseinotulip »

mengatasi tentunya lebih susah dari pada mencegah :big_smoking:

seperti biasa di Indo selalu telat..... karena pada mikir perut nya doank tu politisi n pejabat2.. paling banter mikirin partainya :big_slap:

sekarang pertumbuhan mobil motor kan kalau dilihat penyebabnya ya :
1. masyarakat berduit makin banyak ( bagus donk masa mau jadi bangsa kere terus)
2. public trasnport busuk dan ga layak di pakai
3. keamanan di public transport
4. rute public transport yang ga jelas
5. MRT monorail terlambat di eksekusi

tapi menurut gw ga sepantasnya pemerintah menyalahkan masyarakat pakai kendaraan pribadi (mobil / motor) untuk kemacetan ini :ungg: karena root causenya ya gara2 pemerintah yang oon :glodak: malah msyarkaat yang kena imbas ke GOBLOKAN pemerintah dengan pajak mobil yang makin tinggi untuk mengatasi macet... masyarakat kelas menegah juga yang makin kecekek karena maksain beli mobil karena public transport ga nyaman..

negara makin berkembang, pertumbuhan ekonomi naik otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor makin banyak.. pertanyaanya:
1. berapa banyak pertumbuhan jalan ? jakarta, surabaya, bandung ? jakarta malah berkurang karena busway
2. tidak ada desentralisasi jadi semua ke kota besar n jakarta jadi tujuan utama.. eh kota kecil juga mulai macet denk karena ga ada pertumbuhan jalan yang signifikan...
3. semua kota di indo public transport ga jelas...

klo diliat secara nasional harusnya jumlah mobil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia masih sedikit menurut gw... jadi ya ga aneh pemilik mobil makin bertambah.... tapi akhir2 ini emang cuma jakarta aja yg jadi patokan..

selama ibukota di Jkt, gw yakin kedepannya kebijakan pemerintah bakal berpatokan di jakarta semata... kasihan kota lain kena imbas nya...

ada lagi yang bikin jakarta macet :
rumah di jakarta mahal jadi pada tinggal di sub urban dan kerja di jakarta dengan naik mobil pribadi.. bisa ditengok lagi gimana itu pagi arus dari bekasi - cibubur ke semanggi dan arus dari serpong tangerang ke semanggi

perusahaan cenderign kasih mobil buat spv atau manager nya... padahal jika 1 gedung kantor ada 10 perusahaan. 1 perusahaan katakan ada 5 manager dan 5 spv yang di kasih mobil.. nah satu gedung aja 100 mobil.. kalu udah dikasi mobil sama perusahaan ya pastinya dipake dah...

btw ada yang tau jumlah mobil di Jakarta yang terdaftar atas nama perusahaan ??? klo perusahaan beli mobil itu kena pajak progresif juga ga ?

solusi:
1. perbaiki public transport di semua kota dan secepatnya...
2. cabut subsidi bbm tapi kasi subsidi yang besar di public transport..
3. tambah jalan nya jgn jalan tol doank yang tambah..
4. pindahin ibukota..
5. turunin harga rumah di jakarta..
6. persulit investasi pabrik2 baru di jakarta and sekitarnya.. suruh invest di kota lain aja..
7. kasi pajak gede buat perusahaan yang beli mobil buat karyawannya..
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by jekael »

B1335AM wrote:
Salah satu alasan saya pakai kendaraan pribadi karena jauh lebih irit daripada naik angkutan umum
Apa nggak kebalik? Coba hitung:
(berapa harga biasa antum beli BBM X pembeian BBM tiap sepekan)
VS
(berapa total biasanya antum naik kendaraan umum X 5 hari)
Tergantung rute dan jenis kendaraan pribadi Om. Saya pakai motor om seminggu cuma dua kali isi bensin 2x15000= 30.000.
Kalau naik angkutan umum mesti naik ojek dulu 10.000 buat nyampe halte busway
Total pp seminggu= (2x (10.000+3.500) x 5) = 135.000
Mobil saya belum nyampe om nanti coba liat irit mana.
Lain halnya kalau rumah dekat dengan angkutan umum dan rute yg dilalui sangat jauh pasti angkutan umum lebih murah.
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by jekael »

yaseinotulip wrote:mengatasi tentunya lebih susah dari pada mencegah :big_smoking:

seperti biasa di Indo selalu telat..... karena pada mikir perut nya doank tu politisi n pejabat2.. paling banter mikirin partainya :big_slap:

sekarang pertumbuhan mobil motor kan kalau dilihat penyebabnya ya :
1. masyarakat berduit makin banyak ( bagus donk masa mau jadi bangsa kere terus)
2. public trasnport busuk dan ga layak di pakai
3. keamanan di public transport
4. rute public transport yang ga jelas
5. MRT monorail terlambat di eksekusi

tapi menurut gw ga sepantasnya pemerintah menyalahkan masyarakat pakai kendaraan pribadi (mobil / motor) untuk kemacetan ini :ungg: karena root causenya ya gara2 pemerintah yang oon :glodak: malah msyarkaat yang kena imbas ke GOBLOKAN pemerintah dengan pajak mobil yang makin tinggi untuk mengatasi macet... masyarakat kelas menegah juga yang makin kecekek karena maksain beli mobil karena public transport ga nyaman..

negara makin berkembang, pertumbuhan ekonomi naik otomatis pertumbuhan kendaraan bermotor makin banyak.. pertanyaanya:
1. berapa banyak pertumbuhan jalan ? jakarta, surabaya, bandung ? jakarta malah berkurang karena busway
2. tidak ada desentralisasi jadi semua ke kota besar n jakarta jadi tujuan utama.. eh kota kecil juga mulai macet denk karena ga ada pertumbuhan jalan yang signifikan...
3. semua kota di indo public transport ga jelas...

klo diliat secara nasional harusnya jumlah mobil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia masih sedikit menurut gw... jadi ya ga aneh pemilik mobil makin bertambah.... tapi akhir2 ini emang cuma jakarta aja yg jadi patokan..

selama ibukota di Jkt, gw yakin kedepannya kebijakan pemerintah bakal berpatokan di jakarta semata... kasihan kota lain kena imbas nya...

ada lagi yang bikin jakarta macet :
rumah di jakarta mahal jadi pada tinggal di sub urban dan kerja di jakarta dengan naik mobil pribadi.. bisa ditengok lagi gimana itu pagi arus dari bekasi - cibubur ke semanggi dan arus dari serpong tangerang ke semanggi

perusahaan cenderign kasih mobil buat spv atau manager nya... padahal jika 1 gedung kantor ada 10 perusahaan. 1 perusahaan katakan ada 5 manager dan 5 spv yang di kasih mobil.. nah satu gedung aja 100 mobil.. kalu udah dikasi mobil sama perusahaan ya pastinya dipake dah...

btw ada yang tau jumlah mobil di Jakarta yang terdaftar atas nama perusahaan ??? klo perusahaan beli mobil itu kena pajak progresif juga ga ?

solusi:
1. perbaiki public transport di semua kota dan secepatnya...
2. cabut subsidi bbm tapi kasi subsidi yang besar di public transport..
3. tambah jalan nya jgn jalan tol doank yang tambah..
4. pindahin ibukota..
5. turunin harga rumah di jakarta..
6. persulit investasi pabrik2 baru di jakarta and sekitarnya.. suruh invest di kota lain aja..
7. kasi pajak gede buat perusahaan yang beli mobil buat karyawannya..
Mantap analisanya....
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by y_anjasrana »

Ibu kota pindahin dulu deh. Pusat ekonomi jangan digabung dgn pusat pemerintahan. Jelas awut2an. Liat aja parkiran gedung2 kantor pemerintah. Padat bgt bahkan sampe luber2. Kalau dipindahin bisa lmyn byk yg berkurang. Dan juga jangan disatukan lagi. Misal kementrian ini di kota apa, kementrian lainnya di kota lain. Jgn numpuk di satu kota. Jadinya pembangunan berjalan, ga kyk sekarang di Jakarta melulu.

Kalau pemerintah ga mau pindah ya, pindahin pusat ekonominya. naikin umr sampe 5jt/bulan. dijamin pd kabur dr jakarta. tp pasti byk protes besar2an. tinggal berani pa nggak?

Jgn lupa stop pembangunan gedung, ruko dan perumahan di jakarta. Jgn ada tanah kosong dibangun lagi. udah cukup sumpek nih. Gedung baru, berarti parkiran baru, berarti kendaraan masuk situ lagi. sama aja menambah masalah. kalau ada pembangunan ya hrs zero growth. klu mw bangun ya harus rubuhin yg sebelumnya. lalu tetapkan tinggi minimum. jd biar space horizontalnya lega, diganti dgn space vertikal.

Transportasi massal jelaslah. Udah berapa puluh taun jalan di tempat. Ga jelas gubernur2 yg dulu. Bukan cuma pak kumis, tp sebelum2nya ngapain aja sih. Namanya metromini dari ane skolah sampe skrg bentuknya masih gitu2 aja. Bisnya jg yg dulu2 jg. Bahkan kalu ga salah ada yg sampe 30 taun.

Cara paling cepat memang pajak, parkir atau subsidi bbm. Tapi orang sini pinter adaptasi utk hal2 demikian. Jadi efeknya ga bertahan lama.
Accurate V5 Accounting System Consultant
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by ilhami »

jekael wrote:
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
Karena angkutan umum jalurnya berbagi sama kendaraan pribadi, dan gak dikasih prioritas. Ada busway punya jalur sendiri, tapi sering diserobot juga.
Angkutan umum juga sekarang penumpang nya sedikit, dan jumlah rit nya banyak berkurang karena macet. Makanya angkot itu hobinya ngetem sampe penuh baru jalan deh.
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by an15wn »

Ini solusi utk Jakarta aja atau utk kemacetan secara umum, ya?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by andy1800 »

ilhami wrote:
jekael wrote:
Tapi yang jelas naik kendaraan umum itu sangat nggak nyaman dan sering buat lambat sampai ke tujuan.
Cut
Angkutan umum juga sekarang penumpang nya sedikit, dan jumlah rit nya banyak berkurang karena macet. Makanya angkot itu hobinya ngetem sampe penuh baru jalan deh.
Klo ditilik scara mikro, yg membuat angkot ngetem adlh krn sistem setoran. Ngetem, rebutan penumpang, sengaja ngeblok jalan biar gak dibalap, ngatur selah dst.
Sistem setoran adlh pemicu utama kekacauan itu.


Selain itu, hari gini angkot mmg tdk relevan lg beroprasi menyentuh jalan raya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by jekael »

@ anjasrana: Bener juga Om, pabrikan mobil udah banyak melakukan perubahan, tapi sistem transportasi dan angkutan umum masih begitu2 aja.

@ ilhami: jalur busway sering terlihat kosong sehingga jadi celah kendaraan pribadi lewat. Frekuensi busway masih sangat minim sehingga orang jadi segan naik busway karena alasan waktu

@an15wn: solusi kemacetan untuk umum. Tapi memang jakarta jadi parameternya

@andy: sebenernya angkot itu adalah angkutan umum yang bisa menjangkau jauh sampai ke dalam, tapi sayang banget ketepatan waktunya tidal bisa diandalkan karena sering mgetemnya itu.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by andy1800 »

^ yup, angkot utk menjangkau ke dalam. rute jalan lingkungan.
Jd trayeknya dia itu jgn sampai menyentuh/merayapi jalan raya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
CloneySM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Tue Nov 19, 2013 14:32

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by CloneySM »

angkot, busway, bus sekolah, wajib double decker

biar hemat tempat.. sekali jalan bawanya banyak..
Clonengan juga manusia loh. :mky_08:
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by bapakne_satya »

Kalau ada cara yg paling efektif, pasti sdh tidak macet lg jakarta. Menurut saya upaya secara simultan program2 mengatasi kemacetan yg dilakukan secara konsisten dgn komitmen yg kuat dr pemerintah dan penegakan aturan yg ketat, nanti masyarakat jg otomatis makin tertib. Naluri alamiah setiap orang kan mau enaknya sendiri, semuanya hanya dr kacamata pribadi, tdk peduli drmanapun asalnya. Org singapura yg konon begitu tertib di negaranya bgt sampe di indonesia jg ada yg ngasal langgar aturan kok, sebaliknya org kita di negara yg tertib ada juga yg jd tertib. Sptnya sistemlah yg bisa mengendalikan itu semua, termasuk kemacetan, jgn banyak toleransi utk setiap pelanggaran yg menyebabkan kemacetan.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by andy1800 »

Ɓƹ†űĹº°˚​​Ɓƹ†űĹº°˚​​ sekali
Cm, memang itu lgkah jangka panjang sekali.
Mgkin yg dimaksud TS adlh langkah jangka pendek apa yg bs dilakukan kali ya?
Jd maksudnya, klo langkah jgka pendek, apapun idenya ga akan ada yg signifikan ngaruhnya. Begitu kan maksudnya ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by jekael »

Jangka pendek dan jangka panjang om. Jangka pendek yang bisa dilakukan pemerintah dalam waktu dekat meski nggak begitu besar dampaknya dan jangka panjang yang dampaknya besar hanya saja butuh waktu untuk realisasinya.
Saya setuju banget sama om bapakne satya tentang sistem yang mengatur orang agar tertib. Sistem itu harus kuat, tegas, dan tidak boleh terlalu banyak kompromi.
Last edited by jekael on Thu Nov 21, 2013 12:41, edited 1 time in total.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by andy1800 »

o ic ic
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by bapakne_satya »

Opsi yg ada banyak yg jangka panjang om, mass transport, ERP, jln tol baru.kalau mau ya langsung pasang tarif parkir sejam 25rb, pemasukkan buat biaya ngatasin kemacetan. Lumayan tuh, 10 jam 250rb, pasti banyak yg berpikir bawa mobil sendiri
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by andy1800 »

Ic.
Klo menduga2/perkiraan aja nih ya, klo di waktu skrg, parkir dimahalin segitu, kira2 apa yg akan terjadi ya om? Maksudnya, pada protes tentunya ya...protesnya pada gmana caranya? Demo kah? ...dan protesnya itu akan berkepanjangan ga? Atau cm sebentar sja kah, lalu mau gak mau pada terima? lalu pada umumnya akan berpindah ke moda transportasi apa?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by esh »

IMO tarif parkir dimahalin paling protes sebentar trus tetap saja dibayar. Kalaupun ada yang memilih untuk tidak pakai mobil pribadi gara2 parkir mahal secara persentase tidak terlalu signifikan. Justru nanti pedagang di Mal2 akan protes bila pengunjung sepi gara2 parkir dimahalin.

Bus sekolah sebenarnya dapat dijadikan salah satu solusi mengurangi kemacetan dengan catatan pihak sekolah dapat menerapkan aturan main secara disiplin dan benar:
1. Semua murid dilarang diantar-jemput di sekolah menggunakan kendaraan pribadi,
2. Antar-jemput kendaraan pribadi hanya diperbolehkan di pick point/ drop point bus sekolah,

Selain mengurangi kemacetan bus sekolah menghilangkan ajang pamer kendaraan pribadi yang dipergunakan untuk antar-jemput di sekolah.

Yang paling penting bus sekolah membiasakan murid sekolah untuk menggunakan transportasi bersama.

CMIIW
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by jekael »

Kalau ada sistem erp, parkir mahal, dsb ujung ujungnya kenyamanan hanya bisa dirasakan oleh orang yang mampu. Langkah pemerintah untuk menunda sistem tersebut sampai tercipta transportasi massal yang bagus sudah tepat sehingga kenyamanan bisa dirasakan oleh semua golongan.
Saya setuju tentang bus sekolah, karena itu mengajarkan anak sejak dini untuk memakai angkutan umum karena macet memang sering terjadi di titik2 dimana lokasi dekat sekolah. Selain mengurangi kemacetan, juga mengajarkan anak bersosialisasi dan mandiri.
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by bapakne_satya »

Negara kita menganut angkutan umum perkotaan yg liberal, semua orang bisa jadi juragan angkot yg kepentingan utamanya adalah setoran, bukan public service. Mungkin secara bertahap pemerintah harus mengambil alih dgn kompensasi yg cukup, misal dgn diganti share saham atau apa kek, lalu manajemen seluruh angkot dikelola pemerintah melalui badan usaha yg ditunjuk dgn misi utama public service, disubsidi. Standar layanan minimal ditetapkan, nggak akan ada lg angkot ngetem sama kejar2an rebutan penumpang. Ga ada lg cerita trayek gemuk trayek kurus apalagi sweeping angkot rebutan jalur. Sopir2 pun tenang.
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by an15wn »

Bis sekolah juga masih terlalu lama nunggunya. Kalo dianter motor dah nyampe lebih dulu. Waktu tempuh yg lebih singkat, memberi banyak waktu pada anak2 utk bersiap2 berangkat sekolah dgn lebih santai.

Belum lagi jalur bus sekolah juga sangat terbatas kalo dibanding dgn banyaknya lokasi sekolah.

Emang serba salah... :(
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by esh »

an15wn wrote:Bis sekolah juga masih terlalu lama nunggunya. Kalo dianter motor dah nyampe lebih dulu. Waktu tempuh yg lebih singkat, memberi banyak waktu pada anak2 utk bersiap2 berangkat sekolah dgn lebih santai.

Belum lagi jalur bus sekolah juga sangat terbatas kalo dibanding dgn banyaknya lokasi sekolah.

Emang serba salah... :(
Yang saya maksudkan dengan bus sekolah bukanlah bus sekolah seperti saat ini, melainkan tiap sekolah mempunyai bus sekolah masing2 yang disesuaikan dengan jumlah murid dan daerah tempat tinggal para murid. Semacam shuttle bus yang dikelola oleh pihak sekolah dan tidak harus sampai ke rumah masing2 namun hanya sampai ke titik2 yang ditentukan.

Sistem ini bertujuan supaya tidak ada lagi kendaraan pribadi yang berjubel di sekolah untuk antar dan jemput. Jadi bus sekolah bersifat mengurai titik antar/jemput yang semula hanya satu titik yaitu di sekolah menjadi banyak titik yang jalurnya disesuaikan dengan tempat tinggal para murid.

Seandainya ada murid yang rumahnya agak jauh dari yang lain maka hanya boleh diantar ke titik penjemputan yang terdekat.

Just my two cents. CMIIW
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by dubz »

bapakne_satya wrote:Negara kita menganut angkutan umum perkotaan yg liberal, semua orang bisa jadi juragan angkot yg kepentingan utamanya adalah setoran, bukan public service. Mungkin secara bertahap pemerintah harus mengambil alih dgn kompensasi yg cukup, misal dgn diganti share saham atau apa kek, lalu manajemen seluruh angkot dikelola pemerintah melalui badan usaha yg ditunjuk dgn misi utama public service, disubsidi. Standar layanan minimal ditetapkan, nggak akan ada lg angkot ngetem sama kejar2an rebutan penumpang. Ga ada lg cerita trayek gemuk trayek kurus apalagi sweeping angkot rebutan jalur. Sopir2 pun tenang.
Betul juga ini. Sampai kapan pun tidak akan tertib kalo masih pake sistem setoran.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by ilhami »

Sistem setoran harus dihapus, ganti dengan sejenis transjkarta, interval 10 menit misalnya. dan jalurnya harus diprioritaskan. kalo anda gemes dengan jalur transjakarta yang sepi, kenapa gak sekalian mobil anda masukin jalur kereta api, lepas aja ban nya pake pelek doang...
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by hitutbaw »

Sudah 2 jam terjebak kemacetan di gerbang tol cawang.. Apa boleh buat hrs tugas ke jkt senin pagi begini.

Dalam termenung mengarungi kemacetan, Menemukan solusi utk mengatasinya..

"Jalankan peraturan agar mobil avanza dilarang keluar rumah"
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Apa cara paling efektif mengatasi kemacetan?

Post by ricz »

hitutbaw wrote:Sudah 2 jam terjebak kemacetan di gerbang tol cawang.. Apa boleh buat hrs tugas ke jkt senin pagi begini.

Dalam termenung mengarungi kemacetan, Menemukan solusi utk mengatasinya..

"Jalankan peraturan agar mobil avanza dilarang keluar rumah"
Yang tepatnya... "semua mbl toyota tdk boleh keluar"


*tapi mbl gw juga ga bole keluar donk... :big_slap:

:ngacir:
2021 Fortuner VRZ