Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by madcat015 »

Selamat malam para visitor dan silent reader, members, momods dan momOOTs, masters dan suhu, juga para piyikz yang beberapa hari ini bikin episode "Piyikz Gone Wild!" :mky_03:

Perkenankan nubie sotoy ini untuk membuat sebuah ripiu...

Kali ini kembali berurusan dengan mobil Jepun.

=======================

Setelah mendapat undangan untuk TD, ane mencoba mengontak para SMers... Let's ride... :big_grin:

Akhirnya ngumpul pagi2 di lokasi proyek ane yang rahasiakan...

.............

tepatnya di Graha Family cluster Terrace House, dekat clubhouse Dian Istana.

Image


Dan setelah menempuh perjalanan...


Image
Sampailah kami di dealer Subaru....

Setelah ane gagal mendapatkan Subaru Exiga 2.5 GT untuk di TD (lagian, orang sinting mana yang bakal melakukan drift dan burn out dengan MPV), dan juga gagal mendapatkan sebuah Subaru Impreza STi UK Spec dan BRZ untuk di TD juga...



Hmmmm... ane ga suka pulang dengan tangan kosong untuk SM... :big_smoking:


Lgs todong bos nya Subby "Bro... ada sedan ga?". "Ada, Legacy..."

Aha! :big_grin:

Akhirnya kami mendapatkan sebuah Subaru Legacy 2.0 BM series 2012 :mky_02:

*sebelumnya sudah ada ripiu Legacy yang sama dari bro haristk7:*
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=18657

===============================

Eksterior

Sebagai sebuah mid saloon sekelas Camry, Accord, dan M6... tampang Legacy sangat menyedihkan...

Serius... layaknya mobil 300 juta an... :big_slap:

Memang muncung lumayan terlihat baik dengan head lamp signature Subaru..., tapi... ketiadaan lubang di kap mesin membuat penampilannya sangat biasa. Dan garis chrome di tengah grille? Jelek! :off_no:

Image

Dari samping, mobil ini terlihat gemuk..., akibat bokong pendek... dan oh my cat! Handle pintu sewarna body... Oh, come on Subby! :frm_bang_head:

Dan ban dengan profil kecil... *ukuran velg dan ban lupa liat lagi*, menyebabkan mobil semakin terlihat gemuk...

Image

Bijimanepun, bokong nya adalah sebuah pemandangan mengenaskan. :big_slap:

Image

Image

Terlalu plain, hambar... layaknya desain mobil China...

No... ane ga akan merekomendasikan pemasangan chrome seberat 100 ton di bokong Legacy, tetapi desain lampu belakang yang begitu sederhana, membuat penampilan mobil ini benar2 sederhana...


Terlalu sederhana... :ungg:



==============================

Interior

Nuansa spartan khas Subby... Dashboard dibuat dan didesain untuk fungsionalitas... bahkan tidak ada softpad di dashboard... hardplastik berwarna hitam dengan kualitas baik... hmmm... ammo count pastinya kurang untuk menghadang mid saloon Jepun.

Image

Dan jujur, ane suka dengan nuansa polished stainless steel di tengah dashboard... cantik dengan guratan2 simetris... :off_good_job:

Sayangnya, penampilan HU terlalu jadul...

Di atas center dash, terdapat sebuah MID untuk informasi FC... terlalu sederhana... Impreza lebih baik...

Image

Di sisi kanan dashboard, terdapat panel kendali untuk pengaturan spion, rem parkir elektris, bagasi, illumination control...

Tapi, ane melihat satu tombol yang wajib bagi mobil yang ane TD, DSC off... Tombol mode dewa... :big_grin:

Image

Center console juga didesain cantik dengan nuansa polished stainless steel yang mewah... me likee... dan oh, tuas gear lever nya mengingatkan ane akan throttle pesawat tempur. :cupss:


Image

Intrument cluster di desain menarik dan sederhana, informatif seperti layaknya Subby... ahhh, feels at home already...

Image

Desain setir juga spartan... sederhana dengan desain metallik... cantik. Satu2nya hal mewah di setir: lapisan kulit.

Image

Uniknya, Legacy benar2 mobil Jepun, tuas lampu sein terletak di kanan... Sementara di Forester, tuas terletak di kiri.


Nah, di divisi door trim, uniknya, diberi sentuhan softpad di bagian atas dan kulit di handle pintu. Ironisnya, meski demikian, tetap terlihat biasa2 saja. Tidak ada hal yang menarik...

Image

Ane melihat ke kabin belakang, legroom lega dan akomodasi nyaman khas Subaru...

Image

Tapi tanpa rear airvent... yang sudah jamak ditemukan di mobil2 mid saloon.

Kapasitas bagasi benar2 besar... seperti yang ditunjukkan dengan dua koper berisi perlengkapan tempur para nonik... :mky_03:

Image

Secara keseluruhan, desain interior Legacy terlalu spartan, terlalu sederhana, dan terlalu fungsional untuk naik ke ranjang... errr... ring tinju bersama mid saloon Jepun lainnya...

=============================

Under the cup!

Sebuah mesin boxer 2000cc NA, dengan 150hp + 196nm @ 3000rpm. Mesin dipasangkan dengan transmisi CVT untuk mengalirkan tenaga ke 4 roda melalui sistem Symmetrical AWD Subby yang tersohor...

Sounds good? let's put this claim to SM test!

==============================

Driving impression...

Segera ane masuk ke kabin, dan langsung terbiasa dengan ambient interior Subaru... cek sana sini, cari tombol peluncur nuklir... oke, tidak ada...

Nah, seriously, ane bingung dengan benda di tangan ane yang disebut: kunci. :big_chicken:

Alamaaaaakkk... tidak ada ignition knob? tidak ada start/stop button? Ekspektasi ane mulai luntur...

Bijimanepun, demi SM, ane memutar benda aneh tersebut di lubang nya... mesin menderum, dan instrument cluster berpendar dengan cahaya... oh, cukup cantik...

Setelah semua pintu tertutup, kekedapan kabin terasa biasa2 saja. Dibawah kompetitornya... suara masih menerobos masuk...

Posisi duduk nyaman, dan ane segera mengatur kursi pengemudi yang sudah elektrik... mengatur setir dan merasakan grip setir yang baik dengan ukuran yang nyaman...

Baiklah, let's roll...

Engage transmisi ke D... terasa sentakan transmisi. Cukup mengecewakan, karena dalam kondisi traffic macet, sentakan2 ini berpotensi menimbulkan kudeta berdarah dari penumpang belakang... tidak nyaman.

Mobil menggelinding pelan di aspal... kekedapan semakin menurun akibat lalin yang ramai... hhh... waktunya menambah tenaga. Ane menginjak pedal gas dan ternyata....


:big_chicken:


Mobil ini begitu boyooooo... lemot... bahkan seekor siput ngantuk kurang vitamin pun lebih cepat akselerasinya. Rpm begitu malas naik ke 3000an. Baiklah, ane mencoba menginjak pedal gas hingga bersetubuh dengan lantai... benar2 menyedihkan... terasa sekali mobil ini tidak merespon baik throttle nya... begitu computerized...


Untuk pertama kalinya dalam hidup ane, ane merasa begitu jauh dengan mobil yang ane kendarai, begitu emotionless... begitu hambar...

Dengan terseok2, mobil menambah kecepatan hingga 50kpj, ane mencoba meliuk2... very good. Handling khas Subby dengan feedback setir yang sangat natural, meskipun menggunakan EPS... setidaknya hal tersebut menjadi pelipur lara sesi TD ini...

Hingga saat mengerem... getaran disc brake depan sangat terasa... apa2an ini... mobil ini tergolong muda dengan odo rendah...



Hancurlah hati ane... :e-wall:


















==============================

Tapi tenang saja...

Review khas SM penuh asap dan decitan ban selalu ada... *kalau bisa* :big_grin:

"SM: We drift everything! Nonik included!" *thanks to om sukribo for the slogan* :big_grin:

==============================

Drifting Impression...

Segera ane melesatkan mobil ini ke depan National Hospital lagi...

Di jalanan depan deLoop yang super bumpy, suspensi meredam guncangan dengan sangat baik... lembut tapi tidak menyebabkan roll atau sway berlebihan. handling tetap superb! :off_good_job:

Setelah mengintai lalin dari arah berlawanan, status: sepi, ada jeda 8 detik dengan mobil di jalur lawan...

Banting setir, injak gas untuk powerslide... tidak ada yang terjadi.... Tenaga dan torsi begitu lemah... oh tidak.... ane ga akan menyerah...

Kembali ane melesat mencari posisi...

Percobaan kedua... kecepatan lebih tinggi, 65kpj, banting setir ke kanan, hajar pedal gas rata lantai... dan hal yang ane tunggu terjadi...

Controlled powerslide on a wide arch... decitan ban terdengar keras saat mobil sideways di depan National Hospital, Symmetrical AWD mempertahankan arah mobil, tidak ada sway berlebihan dari bokong, dan arah mobil bisa dikendalikan secara akurat... dan jalanan yang semakin ramai, membuat ane mengarahkan kemudi mobil ke belakang Honda CiCak setelah gagal melakukan percobaan ketiga akibat Yaris terkutuk yang lambat sekali di apex.

Ane ngebut hingga 80kpj, rem menjelang apex, kecepatan 67-70kpj, banting setir, injak gas...

Kembali powerslide, tapi ruang manuver sempit yang mmg ane cari, menjadi pembuktian:

Understeer Legacy benar2 horror... :big_slap:

Mobil tetap lurus, ban depan miring ke kanan penuh, bokong miring... busyet dah! Setir bergetar, terasa ban depan tersiksa akibat titik gravitasi berpindah dan ban depan harus menahan bobot dan momentum mobil. Pastinya, ada beberapa bantuan elektronik (meski ane sudah mematikan DSC) yang ane rasakan yang berusaha meng-override keadaan mobil... dan gagal. Sepertinya kondisi ini sudah diluar parameter sistem.

Bolak balik ane lakukan powerslide dalam kondisi understeer esktrim itu... hingga ane mencoba untuk memberikan persembahan Inertia Drift bagi Dewa Understeer pada percobaan ke-5.

Pacu mobil hingga 80kpj, rem hingga 72kpj sebelum masuk apex, banting setir... dan hal tersebut benar2 membuat Dewa Understeer melepaskan understeer lebih banyak lagi saat Inertia Drift... insting ane mengambil alih, sambil menginjak rem dengan lembut, ane menambah tenaga sambil menginjak pedal gas... sedikit banyak, mobil menurut dan berbelok...

Ane harus membuat mobil powerslide... untuk mengurangi efek understeer, meski ban sempat menyentuh rumput dan gravel di dekat halaman rumah yang sedang dibangun... Ane cukup kaget dengan understeer mengerikan itu.... :big_chicken:

Waktunya mencoba Inertia Drift lagi, kali ini dengan hasil yang berbeda... di kecepatan 70kpj, mobil bergerak menyamping, ane kehilangan kendali atas arah mobil karena mobil bergerak sesuai momentum meski ane sudah membelokkan arah ban berlawanan. Ane tidak menyentuh rem atau pedal gas, hanya berusaha melihat sejauh mana berkah dari Dewa Understeer... yang ternyata begitu membahana. Setelah memastikan mobil bakal merumput, ane menekan rem habis2an.

Not good. :ungg:

====================

Verdict

Subaru Legacy 2.0

Usaha Subaru untuk masuk ke pasar mobil mid saloon Jepun... Satu2 nya kontender yang menurut ane cocok untuk bersaing toe-to-toe dengan Legacy dalam hal handling adalah Toyota MarkX.

Jujur, Legacy menempatkan diri nya dalam posisi yang tidak nyaman. Sisi desain interior-eksterior-luxury harus bersaing ketat dengan Camry dan Accord. Sisi handling harus bersaing ketat dengan Mazda6 dan MarkX.

Symmetrical AWD menjadi salah satu coup'de grace Legacy 2.0. Yang ternyata tersandung dengan pilihan mesin dan transmisi. Di Legacy GT, mesin menggunakan 2.5 Turbocharged 350nm yang dipasangkan dengan transmisi E-AT 5percepatan, dan ane yakin, hasil ripiu bakal jauh lebih baik.

Trademark Subaru yang biasa dikenal spartan tidak cocok untuk Legacy, meski ane harus memberikan nilai plus untuk kenyamanan kabin belakang dan suspensi yang sangat baik.

Pro: :off_good_job:
- Satu2nya mobil yang punya Symmetrical AWD system, ane ga bisa protes: gegara mesin dan tranny jadinya Symmetrical Understeer Drive system
- Feedback setir natural meskipun EPS
- Kelegaan dan kenyamanan baik sekali, akomodasi bagus
- Suspensi lembut, tapi masih sanggup memberikan kestabilan saat bermanuver
- Aksen polished stainless steel di dashboard dan center console sangat menyenangkan, ditambah bentuk gear knob yang cantik

Cons: :off_no:
- Bentuk eksterior payah, jelek. Interior tidak mengesankan.
- Mesin 2.0 nya sangat underpowered, transmisi CVT kasar
- Rem bergetar, sangat mengganggu
- Kekedapan kabin di bawah standar mid saloon lawannya
- Fitur minim
- Mobil terasa terlalu distant, terlalu jauh, terlalu terpisah dari driver. Komunikasi mobil dengan driver nyaris tidak ada.

======================

God of Understeer: madcat, i will cast upon you the worst understeer ever on an AWD sedan... behold! *zapppp* :big_smoking:

*screeeeeecccccccchhhh....*

madcat: *oh sh1t...* Curse you god of underwear... errr... understeer! :big_slap:

*screeeeeeeeeecccchhhh.....*

madcat: okay2... i got your point... :big_childish:

*screeeeeeeeeeeeeecccccchhhh...*

madcat: OH COME ON! :frm_bang_head:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by ola_comoesta »

Pertamax!
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by artoodetoo »

Atas ane koneksinya dewa :mky_04:
Wah, kalo mootcat saja tidak tertarik sama Subaru ini, apalagi saya .... *eh :big_slap:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by billyd1773dz »

beuh... owh ini maksudnya understeer 101 wkwkwkwkwk :D :D jd maksudnya literally "wet passanger underwear"... wkwkwk :D
jd g bisa belok yah? wkwk :D center diffnya terlalu agresif bearti.... pke boil 4wd klw centerdiff nya lock pasti jadi understeer. tp konon klw d push lebih kuat dan speed lebih tinggi bisa jadi controlled over steer.. dan yes vdc hrs bener2 off.


mantap.. harus di bikin video bro,biar ngepot2nya bisa d abadikan haha.......... jgn lupa pke gopro d samping wkwkwk :D


btw beberapa subaru, harus di cabut fuse nya, baru bener2 mati vdc/dsc nya........................ wkwkwkw :D


:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Feb 05, 2014 14:18, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by ola_comoesta »

Nicw review om kucing...detail dan mengingatkan memori..(padahal sempet terlupakan gara2...) Kwkkwkwkwkw

Photo yg maut juga bisa pas dapet 3-3nya!hebat
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by ola_comoesta »

Setuju om billy, kapan2 tak rekamin kwkwkwkkw
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by sukribo »

Hahahaha .... Siang yang menyenangkan mod :big_biglaugh:
Disayangkan cuman dapat cemilan doang .... sedangkan main course nya (Sti & Brz) gak boleh dinikmati :big_childish:

"SM: We drift everything! Nonik included!"
* errr Modcat ... I never said 'nonik included' :mky_01:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by amfibi »

Review yang antiklimaks... :mky_03:


BTW, Dash full hard plastic? Seriously? :big_slap:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by billyd1773dz »

jadi penasaran XV di tangan suhu kity gmn.............. wkwkwk :D


:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Feb 05, 2014 14:31, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by HouseOfDetailing »

Om Modcat,GT86 dan klonengannya pakai mesin Boxer 2.0 yang sama dengan Legacy,Forester,dkk?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by billyd1773dz »

HouseOfDetailing wrote:Om Modcat,GT86 dan klonengannya pakai mesin Boxer 2.0 yang sama dengan Legacy,Forester,dkk?
legacy pke EJ20 ternyata... old engine
gt86 n brz pke FA20 bro.. :D
forester 2.0XT FA20DIT

bro harist lebih hapal :D :mky_02:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by haristk7 »

Nice review om kitty :mky_02:

oke..hmm *baca perlahan*

untuk eksterior tampangnya emang...errr...gak mengundang selera..tarikan garisnya ane akuin sendiri, aneh..untuk grill depan versi facelift (udah beredar di Jakarta)

Image

untuk masalah handle pintu..Subby..we don't need Chrome...we are Spartaaaaa :big_grin:
Dan ban dengan profil kecil... *ukuran velg dan ban lupa liat lagi*, menyebabkan mobil semakin terlihat gemuk...
setuju, bannya kekecilan untuk bodinya yang gede...yaa apa boleh buat, cuma 2.0L sih mesinnya, kalo lebih gede lagi jadi makin lambat
Terlalu plain, hambar... layaknya desain mobil China...

No... ane ga akan merekomendasikan pemasangan chrome seberat 100 ton di bokong Legacy, tetapi desain lampu belakang yang begitu sederhana, membuat penampilan mobil ini benar2 sederhana...
kejadian ama temen ane, zaman2 belom ada XV..di bengkel umum malah dikira mobil Cina :frm_bang_head:

yaa namanya juga subby..desainnya emang hambar semua..
Nuansa spartan khas Subby... Dashboard dibuat dan didesain untuk fungsionalitas... bahkan tidak ada softpad di dashboard... hardplastik berwarna hitam dengan kualitas baik... hmmm... ammo count pastinya kurang untuk menghadang mid saloon Jepun.
bukan kurang lagi, menyedihkan....Impreza ane aja banyak softpadnya :shrug:

ooh ya...HU yang my2012 di Jakarta udah pada begini semua

Image

ada rearcam nya :mky_02:
Intrument cluster di desain menarik dan sederhana, informatif seperti layaknya Subby... ahhh, feels at home already..
yeaps, ane suka clusternya, lebih enak diliat daripada Impreza
Mobil ini begitu boyooooo... lemot... bahkan seekor siput ngantuk kurang vitamin pun lebih cepat akselerasinya. Rpm begitu malas naik ke 3000an. Baiklah, ane mencoba menginjak pedal gas hingga bersetubuh dengan lantai... benar2 menyedihkan... terasa sekali mobil ini tidak merespon baik throttle nya... begitu computerized...
setuju, lemot bener, siapa sih yang sok ide ngasi mesin EJ20 ke Subaru Legacy, underpowered ooyy..minimal EJ25/FB25 kek yang udah 170an hp :frm_bang_head:
Pastinya, ada beberapa bantuan elektronik (meski ane sudah mematikan DSC) yang ane rasakan yang berusaha meng-override keadaan mobil... dan gagal. Sepertinya kondisi ini sudah diluar parameter sistem.
satu2nya cara efektif matiin VDC Subaru, cabut tu "sekring" VDC dari mobil...bandel bener..udah dipencet biar mati tetep aja nyala lagi kalo ngedeteksi ada ban selip :big_slap:

hmm kasi tau ga yaa posisi rear airvent posisi aslinya dimanaaa kalo di Legacy :big_slap: (kalo yang ini emang gak ada sih)


Subaru...Spartaaaaa :ngacir: :ngacir: :ngacir:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by axala »

Another nice review om :mky_02: :mky_02: :mky_02:

such a expensive but cheap looking car with a lot of features ... :big_exellent: ....but :big_chicken: ....NO REAR AIRVENT!!!! :mky_04: For a medium saloon ...no wonder that car is cursed with a huge understeer :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Ngomong2 di parade masda tadi...kok cuma ada mia n cx5...kapalnya kemana om :mky_03: :mky_03: apa menjelma jadi cx9 disampingnya :big_grin:

dan....ane baru diSabdakan oleh kak haris bahwa sebenernya..laci koin di center console row 2 ialah lokasi asli rear airvent yg sudah disunat dan cuma ada di type 2.5GT :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by HouseOfDetailing »

billyd1773dz wrote:
HouseOfDetailing wrote:Om Modcat,GT86 dan klonengannya pakai mesin Boxer 2.0 yang sama dengan Legacy,Forester,dkk?
legacy pke EJ20 ternyata... old engine
gt86 n brz pke FA20 bro.. :D
forester 2.0XT FA20DIT

bro harist lebih hapal :D :mky_02:

:beer:
Wew...ane sempat bingung waktu dapat kesempatan dari teman untuk bawa GT86nya.Tarikannya boyo...sempat mikir apa ban eco bawaan ini mobil yang ngga ada gripnya.Ternyata emang rev mesinnya ngga terlalu antusias manjat ke redline.
Tapi...center gravity pointnya emang luar biasa rendah dan bikin nagih untuk di kemudikan :D
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by AD74YA »

Very nice review.. Dan poin pentingnya dapat semua.. Possibly one of the best review mootcat made... :e-clap:

Yep.. Ane setuju... Another boring car from Subaru..

Next please!..... :big_smoking:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by artoodetoo »

AD74YA wrote:Very nice review.. Dan poin pentingnya dapat semua.. Possibly one of the best review mootcat made... :e-clap:

Yep.. Ane setuju... Another boring car from Subaru..

Next please!..... :big_smoking:
Aduh, saya belum siap mereview lagi mod .... :big_childish:
Belum dapat unit TD nya .... :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by madcat015 »

artoodetoo wrote:Atas ane koneksinya dewa :mky_04:
Wah, kalo mootcat saja tidak tertarik sama Subaru ini, apalagi saya .... *eh :big_slap:
Betul moot, bro ola benar2 dewa koneksi nya... :big_smile]

billyd1773dz wrote:beuh... owh ini maksudnya understeer 101 wkwkwkwkwk :D :D jd maksudnya literally "wet passanger underwear"... wkwkwk :D
jd g bisa belok yah? wkwk :D center diffnya terlalu agresif bearti.... pke boil 4wd klw centerdiff nya lock pasti jadi understeer. tp konon klw d push lebih kuat dan speed lebih tinggi bisa jadi controlled over steer.. dan yes vdc hrs bener2 off.


mantap.. harus di bikin video bro,biar ngepot2nya bisa d abadikan haha.......... jgn lupa pke gopro d samping wkwkwk :D


btw beberapa subaru, harus di cabut fuse nya, baru bener2 mati vdc/dsc nya........................ wkwkwkw :D


:beer:
Wekekeke... horror juga saat merasa tak berdaya akibat momentum mobil... benar2 ban depan ga ada gunanya... ga belok blas bro billy... :mky_01:

Beuh, kecepatan lebih tinggi? :big_chicken:

*errr... cek polis asuransi kendaraan saat TD berikutnya.* :ngacir:

ola_comoesta wrote:Nicw review om kucing...detail dan mengingatkan memori..(padahal sempet terlupakan gara2...) Kwkkwkwkwkw

Photo yg maut juga bisa pas dapet 3-3nya!hebat
Terima kasih bro ola, juga uda ikut meramaikan sesi TD tadi... :mky_02:

Gara2 Miaaaaaa....uwww kan? :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

What a purrrrfect car she is... :cupss:

Iye, pas iseng abis salip2 an sama CX-9 itu, ane poto... eh, dapat dah poto nya... :upss:

sukribo wrote:Hahahaha .... Siang yang menyenangkan mod :big_biglaugh:
Disayangkan cuman dapat cemilan doang .... sedangkan main course nya (Sti & Brz) gak boleh dinikmati :big_childish:

"SM: We drift everything! Nonik included!"
* errr Modcat ... I never said 'nonik included' :mky_01:
Terima kasih om sukribo.... :mky_01:

Betul, ane berharap bisa dapat STi UK Spec dan BRZ dan Exiga... bah, meleset semua... :big_slap:

Errr... maybe i misread your statement on WASeM... whatever it was, Drift We Are! :big_smoking:

amfibi wrote:Review yang antiklimaks... :mky_03:


BTW, Dash full hard plastic? Seriously? :big_slap:
Yep. Dash full hard plastic... seriously... :big_slap:

Tapi terselamatkan aksen polished stainless steel itu bro kodok...

billyd1773dz wrote:jadi penasaran XV di tangan suhu kity gmn.............. wkwkwk :D


:beer:
Terguling2...? :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

billyd1773dz wrote:
HouseOfDetailing wrote:Om Modcat,GT86 dan klonengannya pakai mesin Boxer 2.0 yang sama dengan Legacy,Forester,dkk?
legacy pke EJ20 ternyata... old engine
gt86 n brz pke FA20 bro.. :D
forester 2.0XT FA20DIT

bro harist lebih hapal :D :mky_02:

:beer:
Setuju, urusan Subby2an, hanya bro haristk yang khatam... ane urusan Zoom2an ajah.... :ngacir:


Yang ane tau, om, output BRZ/86 di 200hp yak? :ungg:

haristk7 wrote:Nice review om kitty :mky_02:

oke..hmm *baca perlahan*

untuk eksterior tampangnya emang...errr...gak mengundang selera..tarikan garisnya ane akuin sendiri, aneh..untuk grill depan versi facelift (udah beredar di Jakarta)

Image

untuk masalah handle pintu..Subby..we don't need Chrome...we are Spartaaaaa :big_grin:
Dan ban dengan profil kecil... *ukuran velg dan ban lupa liat lagi*, menyebabkan mobil semakin terlihat gemuk...
setuju, bannya kekecilan untuk bodinya yang gede...yaa apa boleh buat, cuma 2.0L sih mesinnya, kalo lebih gede lagi jadi makin lambat
Terlalu plain, hambar... layaknya desain mobil China...

No... ane ga akan merekomendasikan pemasangan chrome seberat 100 ton di bokong Legacy, tetapi desain lampu belakang yang begitu sederhana, membuat penampilan mobil ini benar2 sederhana...
kejadian ama temen ane, zaman2 belom ada XV..di bengkel umum malah dikira mobil Cina :frm_bang_head:

yaa namanya juga subby..desainnya emang hambar semua..
Nuansa spartan khas Subby... Dashboard dibuat dan didesain untuk fungsionalitas... bahkan tidak ada softpad di dashboard... hardplastik berwarna hitam dengan kualitas baik... hmmm... ammo count pastinya kurang untuk menghadang mid saloon Jepun.
bukan kurang lagi, menyedihkan....Impreza ane aja banyak softpadnya :shrug:

ooh ya...HU yang my2012 di Jakarta udah pada begini semua

Image

ada rearcam nya :mky_02:
Intrument cluster di desain menarik dan sederhana, informatif seperti layaknya Subby... ahhh, feels at home already..
yeaps, ane suka clusternya, lebih enak diliat daripada Impreza
Mobil ini begitu boyooooo... lemot... bahkan seekor siput ngantuk kurang vitamin pun lebih cepat akselerasinya. Rpm begitu malas naik ke 3000an. Baiklah, ane mencoba menginjak pedal gas hingga bersetubuh dengan lantai... benar2 menyedihkan... terasa sekali mobil ini tidak merespon baik throttle nya... begitu computerized...
setuju, lemot bener, siapa sih yang sok ide ngasi mesin EJ20 ke Subaru Legacy, underpowered ooyy..minimal EJ25/FB25 kek yang udah 170an hp :frm_bang_head:
Pastinya, ada beberapa bantuan elektronik (meski ane sudah mematikan DSC) yang ane rasakan yang berusaha meng-override keadaan mobil... dan gagal. Sepertinya kondisi ini sudah diluar parameter sistem.
satu2nya cara efektif matiin VDC Subaru, cabut tu "sekring" VDC dari mobil...bandel bener..udah dipencet biar mati tetep aja nyala lagi kalo ngedeteksi ada ban selip :big_slap:

hmm kasi tau ga yaa posisi rear airvent posisi aslinya dimanaaa kalo di Legacy :big_slap: (kalo yang ini emang gak ada sih)


Subaru...Spartaaaaa :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Terima kasih atas input bro haristk :mky_02:

Ahhh... siapapun yg memutuskan mencemplungkan mesin boyo itu, harus direndem dalam lumpur.... :big_slap:

Apa? Cabut sekring? :big_chicken:

axala wrote:Another nice review om :mky_02: :mky_02: :mky_02:

such a expensive but cheap looking car with a lot of features ... :big_exellent: ....but :big_chicken: ....NO REAR AIRVENT!!!! :mky_04: For a medium saloon ...no wonder that car is cursed with a huge understeer :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Ngomong2 di parade masda tadi...kok cuma ada mia n cx5...kapalnya kemana om :mky_03: :mky_03: apa menjelma jadi cx9 disampingnya :big_grin:

dan....ane baru diSabdakan oleh kak haris bahwa sebenernya..laci koin di center console row 2 ialah lokasi asli rear airvent yg sudah disunat dan cuma ada di type 2.5GT :mky_03: :mky_03:
Thank you bro axala... :big_grin:

Kapal ane tambatkan di pelabuhan rahasia. Drpd menuh2in parkiran dealer Subby yang kecil bin mungil itu... :big_slap:

Dan absennya rear airvent pada mid saloon ini bikin ane bingung... suspensi nyaman: Check! Legroom dewa: Check! Kursi empuk: Check! Rear airvent: no!

AD74YA wrote:Very nice review.. Dan poin pentingnya dapat semua.. Possibly one of the best review mootcat made... :e-clap:

Yep.. Ane setuju... Another boring car from Subaru..

Next please!..... :big_smoking:
His holiness mr stig has spoken... terima kasih om helm... *menjuraaaaa*.

Definitely boring... and frightening... i can't tolerate those damned understeer. :ungg:

artoodetoo wrote:
AD74YA wrote:Very nice review.. Dan poin pentingnya dapat semua.. Possibly one of the best review mootcat made... :e-clap:

Yep.. Ane setuju... Another boring car from Subaru..

Next please!..... :big_smoking:
Aduh, saya belum siap mereview lagi mod .... :big_childish:
Belum dapat unit TD nya .... :ngacir:
Gapapa om droid... kalau ada kesempatan, pasti bisa TD dan ripiu lagi... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Dont give up! :big_comfort:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by billyd1773dz »

^^
understeernya bisa parah gtu yah..........

vdc + awd nya gmn tu............apa centerdiffnya ga ngerelease saat ngedeteksi understeer?

atau.. eeerrr karna bro berusaha matiin vdcnya? somehow torque splitnya stay on lock?

understeernya worst dri fwd?

need a suspension tune........

klw d XJ centerdiff open no understeer sharp steering. centerdifflock massive understeer...............

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Feb 05, 2014 16:24, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15607
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by ChZ »

another nice ripiu from mod kitty :mky_02:
we drift everything, nonik included! :big_grin:

ane masih ga ngeh dengan Legacy 2.0.... body sebesar itu dikasih enjin 2000cc 150PS :big_chicken:
AWD pulak :big_chicken: jelas aja boyot bin lemot :big_slap:

ane lebih suka legacy lawas yang ini.... :cupss:

Image
simple, yet so japanese :cupss:

ngomong2... legacy yang ini ada type 2.5GT kan yah?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by billyd1773dz »

madcat015 wrote:
billyd1773dz wrote:beuh... owh ini maksudnya understeer 101 wkwkwkwkwk :D :D jd maksudnya literally "wet passanger underwear"... wkwkwk :D
jd g bisa belok yah? wkwk :D center diffnya terlalu agresif bearti.... pke boil 4wd klw centerdiff nya lock pasti jadi understeer. tp konon klw d push lebih kuat dan speed lebih tinggi bisa jadi controlled over steer.. dan yes vdc hrs bener2 off.


mantap.. harus di bikin video bro,biar ngepot2nya bisa d abadikan haha.......... jgn lupa pke gopro d samping wkwkwk :D


btw beberapa subaru, harus di cabut fuse nya, baru bener2 mati vdc/dsc nya........................ wkwkwkw :D


:beer:
Wekekeke... horror juga saat merasa tak berdaya akibat momentum mobil... benar2 ban depan ga ada gunanya... ga belok blas bro billy... :mky_01:

Beuh, kecepatan lebih tinggi? :big_chicken:

*errr... cek polis asuransi kendaraan saat TD berikutnya.* :ngacir:
wkwkw... oversteer? :D imposibruu... need more powaaahh :big_biglaugh: :big_biglaugh:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by dubz »

Kok kasian bener ini tampangnya...gimana mau bersaing

Image
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by Felixz_Yaris »

no softpad ??? :e-whistle: XV aja uda...
enjinnya separah itukah ? :e-wall:
anyway very nice repiu mod :upss:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by axala »

dubz wrote:Kok kasian bener ini tampangnya...gimana mau bersaing

Image
Sekilas jd mirip accrod CP2 dikecilkan :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
flyingstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: Fri Sep 27, 2013 4:41

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by flyingstar »

nice ripiu om kitty :mky_02:
perasaan ane om kitty kalo td sambil drift, pasti dilakuin di depan rs.......blm pake asuransi ya om? biar dekat kalo ke ugd.....tp buat ugd mbl nya hahahaha :wkkk:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Subaru Legacy 2.0 CVT 2012

Post by jekael »

Nice review from Om madcat. Mobil 400 jutaan pun kena kritik pedas, menandai standard Om Madcat yang sangat tinggi tentang mobil. Jadi ingin melihat review Om madcat tentang mobil mercedez yang konon sangat mahal dan dibuat nyaris sempurna...