HONDA JAZZ VTEC MATIC

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frontier

HONDA JAZZ VTEC MATIC

Post by frontier »

Dear members,

Ada yang bisa bantu gak ya..... Gimana cara meningkatkan performa Honda Jazz VTEC Matic ? Minimal diharapkan rekomendasinya, parts aftermarket yang cocok dan pas untuk membuatt tarikan dan top speed Jazz VTEC Matic bisa lebih baik lagi, a.l. :

- Header/Muffler Free Flow
- Piggyback ECU
- Air Filter
- Kabel busi/busi
- Ignition Modul
- Competition Camshaft, etc

Kalo ada yang bisa bantu, gue akan sangat bertrima kasih sekali.
Salam,
Frontier - Bjm
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Mau be tarikan dimana?
di bjm kan jalannya pendek2, lagipula banyak becak.
Musuhnya apa?

salam dari bjm jua
hehehehe
frontier

narik jazz di mana...

Post by frontier »

Jazz VTEC Matic mau gue pake seringnya di jalur tol sby - gempol... mudah2an segera diperpanjang sampai Malang ya.....

Salam,
Frontier
frontier

Post by frontier »

Pada 31 Oktober 2005 saya baru menuntaskan program peningkatan
performa Jazz VTEC Matic (baru jalan 1000 km) sebagai berikut :

1)Header & bagian pengganti CC (catalytic converter) = Buatan Pak
Sarmin (08183070666)harga sekitar Rp.800.000,-, di bengkelnya di
Sepanjang, dan barang tsb juga tersedia di bengkel GUT, Jl. Klampis
Semolo Timur (5926760)mungkin harganya di atas Rp. 1 juta-an. Rapi,
bahan campuran aluminium, berdasarkan design barang buatan
Oztrali....

2)Busi = NGK BKR65VX - ujungnya lancip, harga 4 pcs = Rp.300.000,-
(bengkel GUT)

3)Oli Petronas Syntium 5000 (0W-40), harga Rp.550.000,- (bengkel GUT)

4)Superfuelmax (dipasang di saluran BBM menuju injector), harga
Rp.400.000,- (Duta Ban, Undaan)

5) Militec - Metal treatment (dituangkan bareng saat pengisian oli)
harga lupa di Duta Ban juga.

6) Magic Jet - (memaksimalkan pemasukan udara) dipasang di Air
Filter pake double tape, harga Rp. 400.000,- (Duta Ban)

7) UNICHIP, Piggy back Computer untuk re-program ECU, sehingga
didapatkan settingan pas/ideal pada setiap putaran mesin. Ini
ditangani langsung oleh boss bengkel GUT = Pak Singgih. Harga Rp. 4
juta termasuk dynotest lengkap di bengkel GUT.

HASIL AKHIRNYA = MENURUT PAK SINGGIH, TENAGA NAIK SEKITAR 13-15 KUDA
DARI AWALNYA 100-AN, MENJADI 115-AN....dan saat dicoba test drive,
lebih enteng tarikannya daripada Jazz VTEC Unichip yang pernah
dipasang di mobil boss IMSI.... hehehehe (tenaga awalnya memang
sekitar seratusan HP, kata Pak Singgih, gak ada di alam nyata
Indonesia ini mobil yang tenaganya sesuai dengan yang tertera di
manual book... pasti lebih rendah, berkaitan dengan mutu BBM,
kelembaban udara, dll). Yang jelas, setelah semua rangkaian
modifikasi itu dilakukan, sekarang mobil larinya terasa sangat
ringan, cepat mencapai top speed sekitar 175-an hampir 180
kpj..........

Salam,
Torry - Jazzkoneng
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

mo nanya ni, klo vtec manual di treatnya percis sama kayak anda punya, HPnya bakal lebih gede ga ato sama aja? (maksudnya aku lebih gede itu kayak +15-25 hp gitu)

trims :)
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

Frontier..
Itu apa ga salah busi vtec pake bkr?setau saya hrsnya ZFR..
Mahal amat yah type vx harganya segitu.
iridium aja 350rb 4 pcs.
Speedy
frontier

Update = Jeskoneng

Post by frontier »

Ya memang saat itu pake busi bkr... tapi sekarang baru ganti dengan Volker Iridium, gap distel ukuran 1,3mm. Belinya di Bung David Digitall Cihampelas Motor, Bdg... Selain itu (sekalian up-date) modif Jeskoneng sampai hari ini adalah sbb :
- pasang XCS Ver 2.0 (khasiatnya kayak apa, tanya aja sama Bung David Digitall)
- pasang element air filter merk JFC
- velg super ringan Volk Rays TE-37 ukuran 16"
- kap mesin Fibre Glass motif Carbon (lebih ringan dari aslinya)
- Pernik2 : stop lamps LED Esdepo, Emblem merah Integra Type R, pedal set Mugen
Next modif adalah pasang muffler Spoon N-1 tapi harus ke bengkel Gut untuk stel resonator, supaya tarikan bawahnya gak ngempos, dan mau nyari Summit light weight pulley.
frontier

Post by frontier »

Menurut Pak Singgih, kalo yang dipasangi Unichip adalah Jazz VTEC manual, bisa dapet lebih besar tambahan HP-nya.
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

salam kenal bung frontier, XCS Ver 2.0 kena berapa ya ?, dan apakah fungsinya kaya grounding gitu ?
frontier

Post by frontier »

Salam kenal juga bung Yusaku... aku udah lupa harga XCS.. bisa ditelpun ke Gut Motorsport atau tanya aja sama bung David Digitall (Cihampelas Motor, Bdg)... Kira2 fungsinya membuat arus listrik stabil untuk semua komponen, sehingga hasil akhir nampak di grafik dyno, garis tidak naik turun tapi lurus2 aja...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Update = Jeskoneng

Post by piterr »

frontier wrote:Next modif adalah pasang muffler Spoon N-1 tapi harus ke bengkel Gut untuk stel resonator, supaya tarikan bawahnya gak ngempos, dan mau nyari Summit light weight pulley.
kalo mau tarikan bawah oke sekaligus atas oke, pak torry bisa ngelirik Throttle Body Spoon, buat matic pengaruh nya cukup banyak, karena jazz/fit di jepang sono, TB nya beda antara manual adn matic, tapi kalo disini disamain, itu sebabnya ganti exhaust banyak yang berasa low nya ngempos.....
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

frontier wrote:Salam kenal juga bung Yusaku... aku udah lupa harga XCS.. bisa ditelpun ke Gut Motorsport atau tanya aja sama bung David Digitall (Cihampelas Motor, Bdg)... Kira2 fungsinya membuat arus listrik stabil untuk semua komponen, sehingga hasil akhir nampak di grafik dyno, garis tidak naik turun tapi lurus2 aja...
ok deh, coba saya kontak bos singgih dulu, thanks atas infonya
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Update = Jeskoneng

Post by Yusaku »

piterr wrote:
frontier wrote:Next modif adalah pasang muffler Spoon N-1 tapi harus ke bengkel Gut untuk stel resonator, supaya tarikan bawahnya gak ngempos, dan mau nyari Summit light weight pulley.
kalo mau tarikan bawah oke sekaligus atas oke, pak torry bisa ngelirik Throttle Body Spoon, buat matic pengaruh nya cukup banyak, karena jazz/fit di jepang sono, TB nya beda antara manual adn matic, tapi kalo disini disamain, itu sebabnya ganti exhaust banyak yang berasa low nya ngempos.....
hmm, kalau di surabaya agak susah dapetin spoon part, taunya ck motorsport di jakarta saja yang ada spoon part, mungkin ada rekan yang tahu di mana spoon part dapat diperoleh di surabaya ?
frontier

Post by frontier »

Jadinya, aku harus nyari Spoon TB dan Summit Pulley... di Sby apa ada ?
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

Mr.frontier.sa'iki mas Indar CMS sdg menggarap jazz <install TC>gak maen nang CMS bung?mungkin sampeyan iso minta rekomendasi karo mas indar.
frontier

Post by frontier »

Lho jarene kapan iku mas Indar katene nggarap Jazz SC, tapi barange gurung teko2... kok sidane TC ?
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

mboh cak,aku kpn hr maen nang CMS,mungkin margone SCne durung t eko,.sampeyan maen aja nang CMS.
frontier

Post by frontier »

oke, masalahe aku saiki jik ndik banjarmasin rek, ngkok pertengahan agustus lagek moleh sby... lek wis ndik sby, tak usahakno mampir nang CMS
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:oke, masalahe aku saiki jik ndik banjarmasin rek, ngkok pertengahan agustus lagek moleh sby... lek wis ndik sby, tak usahakno mampir nang CMS
Dadi arepe pasang turbo tah ? Ojok gede-gede ... takut auto transmisinya nggak ngejar. Cukup TD04-09B aja ... kalau mau yang garett T25-43 udah cukup ... nggak perlu sampai ke T04B atau T04E ... kegedean dan nggak suitable.
Image
frontier

Post by frontier »

Pak Penyu... hehehe.... sing jelas katene golek Spoon Throttle Body & Summit Light Weight Pulley disik, sekalian menerapkan ilmu exhaust sampeyan, plus ramuan sampeyan ... Ndelok disik, yakopo sampek sakpiro peningkatan performane... Lek wis entuk sekitar 140-an HP, mblayu sekitar 190-195 kph, yo wis cukup lah pak... wong gak katene melok Jazz VTEC One Make Race.... cumak mbalap2 ndik dalan tol ae kok.. BTW, menurut info siapa yah, bahwa sistem CVT Jazz bisa menanggung tenaga mesin sampai max 170 HP. Jadi, untuk yang berpikir memasang turbo pada Jazz VTEC A/T, output power jangan sampai 170 HP !!!!
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Pak Penyu... hehehe.... sing jelas katene golek Spoon Throttle Body & Summit Light Weight Pulley disik, sekalian menerapkan ilmu exhaust sampeyan, plus ramuan sampeyan ... Ndelok disik, yakopo sampek sakpiro peningkatan performane... Lek wis entuk sekitar 140-an HP, mblayu sekitar 190-195 kph, yo wis cukup lah pak... wong gak katene melok Jazz VTEC One Make Race.... cumak mbalap2 ndik dalan tol ae kok.. BTW, menurut info siapa yah, bahwa sistem CVT Jazz bisa menanggung tenaga mesin sampai max 170 HP. Jadi, untuk yang berpikir memasang turbo pada Jazz VTEC A/T, output power jangan sampai 170 HP !!!!
Nek tak etung-etung dan plotting to compressor map MHI TD04-09B memang pas banget. Maximum Boost level 0.5 bar (7 psi) nggae ndongkrak torsi RPM 2000 ke 4000 dan power cukup sampai ke 170 HP ae.

Nang negeri jiran kene, Jazz VTEC iso mblayu 205 kph ... yen standard mung tekan 190 kph.

Untuk exhaust modif ... aku nyoba motong-motong gambar, tak susun dalam 3 alternatif berikut :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
frontier

Post by frontier »

tulung lek iso sekalian alternatif modif exhaust a.l. mengcover :
- Sistem tanpa menggunakan (mencopot) Cat Conv
- jika menggunakan Spoon N-1 muffler
- Jika menggunakan header replika Spoon 4-1, atau 4-2-1
Thanx a million, pak !
frontier

Post by frontier »

Oke pak, ketiga alternatif iku wis tak print... mau tak bawa ke Pak Singgih Sby, yang punya resonance flow meter, untuk kita jadikan referensi
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

FYI,

Compressor Map MHI Turbo TD04-09B
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
frontier

Post by frontier »

Turbo Charger mengko disik Pak, ngenteni nek wis tersedia yang ready - bolt on, gak kathik custom2an untuk perangkat pendukungnya... dan nunggu kalo sudah proven gak bermasalah..