Mau nyoba review daily bike baru rasa sekon saya, yaitu Yamaha Xmax 2018. Beli bekas dengan depresiasi jika dibandingkan sama harga baru mungkin ada 15-20% Sebelum pake Xmax ini saya adalah user Nmax, yang menurut netijan adalah motor paling arogan di dunia
![Police [emo-police]](./images/smilies/2017-police.gif)
Sejarah Xmax 250 di Indonesia
Motor ini dirilis di thn 2017 setelah dipamerkan setahun sebelumnya di IIMS cmiiw. Stok awal dijual online melalui Yamaha Online Booking System https://www.yamahamotoronline.co.id/. Menurut kabar sampai bulan2 awal 2018, inden sgt susah dan banyak yang kena upping price kalo ga mau nunggu. Tentu saja taktik mempersulit pembelian cash juga diterapkan oleh kebanyakan dealer. Motor ini dirilis di harga 55jtan saat itu.
Saat ini harga berdasarkan blibli udah mencapai hampir 61 jutaan.
Sejarah Xmax TS
Motor yang didapat pembelian maret 2018 dan diakusisi sama TS di awal maret 2019. Odometer kendaraan udah 6000an KM dengan servis history dari bengkel resmi. Semua part standar kecuali klakson aftermarket yang sangat nyaring dan footgrip aftermarket
Exterior Review
Untuk skutik modern, prinsip garis garis meruncing sangat dominan pada motor ini. Tampang yang agresif cukup improve dibanding motor lama TS (nmax). Kesimpulannya sih bwt TS motor ini cukup ganteng dan punya potensi besar jika dibandingkan sama nmax. Selain itu juga ga pasaran, sama kayak awal2 mulai pk nmax di 2015 hehehe
Riding Position dan Kenyamanan
Motor ini berdasarkan data di web Yamaha tinggi joknya hanya 1 cm lebih tinggi dari Nmax, tapi kenyataannya karena jok lebar bgt dalam kondisi standar jika anda under 168cm akan struggle bawa motor ini di kemacetan. Akan tetapi untuk karakter suspensi, keempukan jok dan getaran mesin motor ini jauh lebih enak dari nmax. Karakternya refined dan NVH sangat jauh improvenya. Gejala suspensi rasa batu di jalan jelek dan motor bergetar di kecepata tinggi hilang tak terasa di motor ini.
Motor ini juga punya bagasi sgt besar. tas backpack dengan laptop 14 inch masuk ke bagasi dengan mudah dengan helm full face jika mau. Itupun masih ada ruangan bwt naro jas hujan. Tapi ini asumsi jok standaran yang digunakan. TS iseng cek maxi scooter diatas nmax macam bmw c400, honda x-adv dll kayaknya ga ada yg punya bagasi sebesar xmax. Sementara ga ada racun bwt upgrade

Power
Power motor ini ga gede di atas kertas, cuma 20hp aja dari mesin 1 silinder 250cc. Tapi penggunaan dalam kota tidak ada lagi suara berisik dan mesin terdengar bekerja keras saat riding diatas 70km/jam seperti nmax. Suara motor tetap halus dan torsi melimpah. Dalam kota jauh dari cukup sih. Kemaren dibawa PP JKT-BDG-JKT di puncak yang penuh tikungan dan purwakarta yg jalan lurus dihajar tanpa berteriak di RPM diatas 5000rpm. TS bawanya nyantai tapi kalo jalan kosong speed diatas 70km/jam.
Rem & Safety
Motor ini menggunakan rem 2 piston disk di depan dan 1 piston disk di belakang dengan ABS dual channel, sayangnya belum ada parking brake. Sudah ada juga traction control. ABS proven menyala pas ga sadar di parkiran basement ada tali pembatas yg ga keliatan karena remang2. Reflek rem belakang ditarik abis tapi ban ga ngunci
Kelemahan Motor ini
- Jok standar empuk tapi lebar dan sgt tinggi kalo anda dibawah 170cm maka jinjit maksimal
- Ban tidak ngegrip, komponnya sepertinya keras
- Rem standar pas dibawa keluar kota apalagi di turunan bisa fading, entah karena minyak rem kepanasan atau selang rem memuai
- Bobot motor cukup tinggi, data teknis website menyebutkan berat kotor up to 179kg.
Cara TS memanusiakan motor ini
- pasang jok versi lowered, sekarang tinggi jok jadi bearable dan jauh lebih pede. Jok custom ini mengurangi kapasitas yg tadinya muat 2 helm full face menjadi 1 aja. jok ini kisaran 1.5-2.3jt tegantung stok dan tipe.
- mengganti ban standar dunlop ke pirelli diablo corsa scooter buatan lokal. harga up to 1.6jt
2 hal diatas membuat motor ini ready menghadapi kemacetan. TS tiap harinya dari jatinegara ke pejaten lwt kokas dimana macetnya gila2an dan ga terasa bobot mengganggu serta terasa PD karena ga perlu jinjit2 lagi
Kesimpulan
Dengan diskon dari harga baru bisa sampai 20%, motor ini jika anda ga terlalu tinggi belum siap digunakan dengan nyaman dalam kondisi standar. Harus ada investasi tambahan seperti jok versi lowered dan ban yang bagus. Banyak pembeli motor ini mungkin terintimidasi sama harus jinjit dan bobot berat sehingga motor ini dilego saat berumur cukup baru dengan odometer rendah. Bwt yg mau naik kelas dari skutik ataupun motor sport 150cc motor ini jelas layak, selama ada dana sampingan yang disiapkan untuk memanusiakan motor ini

sekian dulu reviewnya.