FILTER OLI MESIN

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: FILTER OLI MESIN

Post by azu »

Kalau pengalaman saya pribadi di mesin 1NZ-FE antara pre-fill oli ke filter oli setelah ganti oli:

- Pre-fill oli ke dalam filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli langsung mati atau menyalanya kurang dari 1 detik setelah mesin menyala.
- Tanpa pre-fill, langsung pasang saja filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli akan menyala sesaat sekitar 1-2 detik setelah mesin menyala baru lampunya padam. Kalau start sesudahnya sih normal saja begitu mesin menyala langsung mati lampu cek olinya.

terakhir kali saya ganti oli saya coba tanpa pre-fill. kayanya yg berikutnya saya mau pre-fill aja sih :mky_01:



dan untuk filter oli spin on biasanya saya rapatkan sampai hand-tight saja sih tidak ada rembes ya :mky_01:

kecuali pernah sekali saya rapetinnya pas masih pakai sarung tangan dan sarung tangannya masih agak licin, pas besoknya lihat ada oli rembes. langsung saya bersihkan filter olinya pakai brake cleaner dan dirapatkan pakai tangan tanpa sarung tangan, ternyata memang kurang rapat karena masih ada sekitar 1/2 putaran lagi :big_cry:

kalau mau hand-tight setelah kejadian tersebut saya pastikan tangan kering dan tidak ada bekas oli, bodi filter olinya saya semprot brake cleaner dulu untuk bersihkan kalau2 kena tetesan oli :ungg:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: FILTER OLI MESIN

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 7:59
marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.

perlu.

itu namanya priming,
ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).

prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...

bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:

#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.

#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.

beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau

bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah

amann :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Feb 19, 2024 10:35
Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 7:59
marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.

perlu.

itu namanya priming,
ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).

prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...

bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:

#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.

#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.

beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau

bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah

amann :upss: :upss:
wkwkwk sebelum jij ngomong barusan udah eksekusi. tau ndiri kan fuse box ntu ga ada tulisannya, hrs nyari2 dulu online. udah gitu ga ada pula fuse nya di slot efi, khusus usdm yg ada. adanya fuse coil doang. cobain tp confirmed pake scanner kl injector msh nyemprot. :big_biglaugh:

gpp lah banjir dikit cuma 3x crank doang ini

*jauhkanlah FD dr pikiranku
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Omnibus »

azu wrote: Mon Feb 19, 2024 9:09 Kalau pengalaman saya pribadi di mesin 1NZ-FE antara pre-fill oli ke filter oli setelah ganti oli:

- Pre-fill oli ke dalam filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli langsung mati atau menyalanya kurang dari 1 detik setelah mesin menyala.
- Tanpa pre-fill, langsung pasang saja filter oli: saat start pertama setelah ganti oli, lampu cek oli akan menyala sesaat sekitar 1-2 detik setelah mesin menyala baru lampunya padam. Kalau start sesudahnya sih normal saja begitu mesin menyala langsung mati lampu cek olinya.

terakhir kali saya ganti oli saya coba tanpa pre-fill. kayanya yg berikutnya saya mau pre-fill aja sih :mky_01:



dan untuk filter oli spin on biasanya saya rapatkan sampai hand-tight saja sih tidak ada rembes ya :mky_01:

kecuali pernah sekali saya rapetinnya pas masih pakai sarung tangan dan sarung tangannya masih agak licin, pas besoknya lihat ada oli rembes. langsung saya bersihkan filter olinya pakai brake cleaner dan dirapatkan pakai tangan tanpa sarung tangan, ternyata memang kurang rapat karena masih ada sekitar 1/2 putaran lagi :big_cry:

kalau mau hand-tight setelah kejadian tersebut saya pastikan tangan kering dan tidak ada bekas oli, bodi filter olinya saya semprot brake cleaner dulu untuk bersihkan kalau2 kena tetesan oli :ungg:
berarti bedanya 1 detik aja dry run kan om. hehehe rusak ga?

itu oil tribologist di yutup parno porsche nya jd ada Pb pas di uoa. sebab dia ga bisa prefill oil canister nya (model cartridge). next dia coba prefill, ga tau caranya bagaimana, tp uoa kali ini Pb nya 0. dia yakin prefill bikin Pb nya jd 0 :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: FILTER OLI MESIN

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 10:43
DOHC wrote: Mon Feb 19, 2024 10:35
Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 7:59

ini tetep jd tanda tanya buat sy mbah. tribologist (yutuber) ad yg ngelakuin experiment a vs b tp caranya nurut sy salah n jadi inconclusive (dia ga dibuka lg filter olinya jd vacuum seal ga di release).

prinsipnya sy setuju ttg priming tapi ...

bayangin gini kang, stop kran pompa air (sanyo, grundfos, shimizu, whatever) kl dr posisi close trus kita puter ke open dgn:

#1. kondisi pipa kosong sampai katakanlah sebuah kran di dapur, itu angin palsu yg di dalam pipa kan keluar dgn mudah dr kran dapur tsb bareng dgn air yg keluarnya halus.

#2. kondisi pipa ada airnya tp ga full terisi (mirip selang rem atau selang radiator yg belom padat terisi, semi2 kosong), pas stop kran dibuka kan akan nabrak2 air itu (hydrolock) membuat tekanan ga stabil dan angin palsu yg harusnya keluar dgn mudah di kran dapur jd akhirnya moncrot2 crott crott crott baru air keluar stabil.maksud sy yg jd penyebab hydrolock nya yaitu oli yg di prefill di oil filter.

beda dgn kondisi setelah start mesin pertama yg mana ada kondisi vacuum seal dr anti drain back valve utk mencegah oli di pipa s/d strainer balik ke sump (tetap padat). terbukti dgn kondisi ini pas mesin distart, gambar teko merah nyaris langsung padam.
atau

bsa jg pas abis gantol, cabut sekring EFI, trus starter bebrapa kl aj mbah

amann :upss: :upss:
wkwkwk sebelum jij ngomong barusan udah eksekusi. tau ndiri kan fuse box ntu ga ada tulisannya, hrs nyari2 dulu online. udah gitu ga ada pula fuse nya di slot efi, khusus usdm yg ada. adanya fuse coil doang. cobain tp confirmed pake scanner kl injector msh nyemprot. :big_biglaugh:

gpp lah banjir dikit cuma 3x crank doang ini

*jauhkanlah FD dr pikiranku
lah emg d vrz ama GK ga ad skring fuel pump atau efi mbah ??

di rebon aj ad loh

atauu pake cara asemreges aj

buka jok blakang, buka cover fuel pump, cabut tu kabel nya

:upss: :upss: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Feb 19, 2024 10:52
lah emg d vrz ama GK ga ad skring fuel pump atau efi mbah ??

di rebon aj ad loh

atauu pake cara asemreges aj

buka jok blakang, buka cover fuel pump, cabut tu kabel nya

:upss: :upss: :mky_03: :mky_03:
buka jok belakang ketemunya bukan fuel pump mbah. itu mode khusus bawa pot bunga. hrv ngana dulu kan sama. "di honda kami menamakannya Magic Seats" :big_weee:

disabling fuel pump mah cabut relay di kick panel kanan sebelah pedal gas. cuma ribet encok mbah kayang begitu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: FILTER OLI MESIN

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 12:06
DOHC wrote: Mon Feb 19, 2024 10:52
lah emg d vrz ama GK ga ad skring fuel pump atau efi mbah ??

di rebon aj ad loh

atauu pake cara asemreges aj

buka jok blakang, buka cover fuel pump, cabut tu kabel nya

:upss: :upss: :mky_03: :mky_03:
buka jok belakang ketemunya bukan fuel pump mbah. itu mode khusus bawa pot bunga. hrv ngana dulu kan sama. "di honda kami menamakannya Magic Seats" :big_weee:

disabling fuel pump mah cabut relay di kick panel kanan sebelah pedal gas. cuma ribet encok mbah kayang begitu.
ahh bener jg

inget nya si malah si 1KR-JZGTE :mky_03: :mky_03:

magic seat bahlul itu namanya, ruang kolong kursi depan jd sempit, mo masukin saloon musti cari yg slim punya, itupun jg suara jd kurang nendang gara2 mefet ama kursi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: FILTER OLI MESIN

Post by azu »

Omnibus wrote: Mon Feb 19, 2024 10:48

berarti bedanya 1 detik aja dry run kan om. hehehe rusak ga?

itu oil tribologist di yutup parno porsche nya jd ada Pb pas di uoa. sebab dia ga bisa prefill oil canister nya (model cartridge). next dia coba prefill, ga tau caranya bagaimana, tp uoa kali ini Pb nya 0. dia yakin prefill bikin Pb nya jd 0 :big_grin:
Iya sih om, ngga rusak juga :mky_01:

Terus pas ganti oli yg Nav1 kan pakainya model cartridge menyamping gitu, jadi ga bisa prefill soalnya pasti bahe itu oli :big_biglaugh: , malah ini saya lihat lampu cek olinya langsung mati seperti biasa :big_childish:

Kalau liat di youtube memang beda2 sih ada yg bilang bagus prefill ada yg bilang jangan juga. Apa saya coba selang seling aja deh tiap ganti oli, sekarang ga prefill nanti yg berikutnya prefill :big_biglaugh:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
gujax05
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31

Re: FILTER OLI MESIN

Post by gujax05 »

marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
gujax05 wrote: Mon Feb 19, 2024 3:21


2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?



kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.

perlu.

itu namanya priming, gunanya buat ngebantu sistem pelumasan supaya "masuk angin"-nya nggak kelamaan.
kalo filter dibiarin kosong saat terpasang, pas mesin nyala akan ada saatnya jalur oli "masuk angin" sesaat krn oli musti menuhin ruang di filter dulu.
kapasitas filter sampe penuh itu yg seukuran honda mobilio bisa nampung sekitar 200ml.
kalo oles oli di gasketnya, ya perlu juga.

masalah berapa banyaknya ngisi oli ke filter, saya pribadi biasa isi sampe penuh buat filter yg mulutnya ngadep ke atas kaya sigra sienta ignis vrz rebon.
yg mulutnya kesamping kaya honda nisan, isi setengah kapasitas aja supaya nggak tumpah.
yg mulutnya ngadep bawah kaya kisup ama 2kd, ya terserah mau diisi apa enggak krn tergantung si filter itu punya drain back valve bagus apa enggak.

yg nggak kalah penting, ditorsi sesuai permintaan. 10nm kah? 12nm kah?
nggak punya kunci torsi? kencengin pake tangan kondisi baru sarapan roti tawar selembar tanpa isi.

yg terahir, langkah² diatas cuma saran. mau dilakuin apa enggak ya terserah yg punya mobil.
Makasih pencerahannya Om :big_deal:
Selama ini sy emang ganti oli sendiri Om, trus terbiasa ngisi dikit oli ke filter (yg filternya madep samping) kalo ganti oli di SGV 2.4 per 5000 km

kunci momen ada (kitab suci bilang momen pengencangan 14Nm), tapi krn akses ke filter oli yg tricky bin susah banget (ratchet cuma bisa di pake buka filter), sy kencenginnya pake tangan aja (asal kenceng aja ngga pake urat/otot) Om

Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4

Thanks in advance
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1135
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: FILTER OLI MESIN

Post by t105erd »

gujax05 wrote: Sat Feb 24, 2024 11:47
marmut wrote: Mon Feb 19, 2024 5:06
gujax05 wrote: Mon Feb 19, 2024 3:21


2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?



kita bahas filter oli spin on ya, bukan cartridge.

perlu.

itu namanya priming, gunanya buat ngebantu sistem pelumasan supaya "masuk angin"-nya nggak kelamaan.
kalo filter dibiarin kosong saat terpasang, pas mesin nyala akan ada saatnya jalur oli "masuk angin" sesaat krn oli musti menuhin ruang di filter dulu.
kapasitas filter sampe penuh itu yg seukuran honda mobilio bisa nampung sekitar 200ml.
kalo oles oli di gasketnya, ya perlu juga.

masalah berapa banyaknya ngisi oli ke filter, saya pribadi biasa isi sampe penuh buat filter yg mulutnya ngadep ke atas kaya sigra sienta ignis vrz rebon.
yg mulutnya kesamping kaya honda nisan, isi setengah kapasitas aja supaya nggak tumpah.
yg mulutnya ngadep bawah kaya kisup ama 2kd, ya terserah mau diisi apa enggak krn tergantung si filter itu punya drain back valve bagus apa enggak.

yg nggak kalah penting, ditorsi sesuai permintaan. 10nm kah? 12nm kah?
nggak punya kunci torsi? kencengin pake tangan kondisi baru sarapan roti tawar selembar tanpa isi.

yg terahir, langkah² diatas cuma saran. mau dilakuin apa enggak ya terserah yg punya mobil.
Makasih pencerahannya Om :big_deal:
Selama ini sy emang ganti oli sendiri Om, trus terbiasa ngisi dikit oli ke filter (yg filternya madep samping) kalo ganti oli di SGV 2.4 per 5000 km

kunci momen ada (kitab suci bilang momen pengencangan 14Nm), tapi krn akses ke filter oli yg tricky bin susah banget (ratchet cuma bisa di pake buka filter), sy kencenginnya pake tangan aja (asal kenceng aja ngga pake urat/otot) Om

Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4

Thanks in advance
bantu jawab yaa,
karena saya sering ganti2 merk filter oli yg harganya ekonomis. Menurut saya yg oke merk bosch dan denso, dibawahnya merk sakura/acdelco, dibawahnya lagi merk aspira
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

gujax05 wrote: Sat Feb 24, 2024 11:47


Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4

Thanks in advance


saya ga bisa review karena ga pernah pake sakura dan bukan ilmuwan juga.
kalo mau ekononis, pake aja filter oli buat ertiga.
susuki kan semua sama diameter lubang sama dratnya. yg beda hanya ukuran filternya.

denso umum dan gampang didapet.
sarp belum pernah tau.
aspira paling murah setau saya.
aegis berapa kali pasang dratnya ga ada yg beres.
mau nambahin yg bung
t105erd
kasih daftarnya, ada ken, itu produsen filter oli buat honda.
gujax05
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31

Re: FILTER OLI MESIN

Post by gujax05 »

marmut wrote: Sun Feb 25, 2024 1:10
gujax05 wrote: Sat Feb 24, 2024 11:47


Oh iya mohon review & sarannya juga soal Filter Sakura C-1404 (sy pakenya ini selama ini krn filter SGP lumayan mahal)
Kalo mesti switch, yg ekonomis tp kualitas lumayan bagus brand apa Om? saya taunya cuma brand Denso, Sarp, Aspira & Aegis tapi ngga tau tipe yg cocok buat SGV 2.4

Thanks in advance


saya ga bisa review karena ga pernah pake sakura dan bukan ilmuwan juga.
kalo mau ekononis, pake aja filter oli buat ertiga.
susuki kan semua sama diameter lubang sama dratnya. yg beda hanya ukuran filternya.

denso umum dan gampang didapet.
sarp belum pernah tau.
aspira paling murah setau saya.
aegis berapa kali pasang dratnya ga ada yg beres.
mau nambahin yg bung
t105erd
kasih daftarnya, ada ken, itu produsen filter oli buat honda.
Makasih masukannya mbah :big_exellent:

Artinya ukuran filter ngga masalah ya selama dratnya sama aja? Mau eksperiment pake filter ertiga, takut jebol mbah :big_peace:

Ring/washer baut drain perlu ganti juga ngga sih setiap ganti oli mbah?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: FILTER OLI MESIN

Post by azu »

Washer drain plug diganti setiap ganti oli om, di setiap service manual yg saya baca selalu seperti itu. Harganya juga paling 10-15 ribu aja, saran sih beli aja untuk stok minimal 2 pcs.

Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira :big_biglaugh:

Pas saya tahun lalu beli mobil seken terus ganti oli sendiri, itu seal tape di drain plugnya tebel bgt sampai lumayan effort bersihinnya, mana washernya juga udah nempel bgt ke drain plugnya sampai harus diketok2 biar lepas dari drain plugnya. Untungnya pas saya pasang lagi dengan drain plug baru dan dipasang dengan kunci torsi murmer aja sesuai dengan torque spec pabrikan ga rembes itu dari drain plugnya.

Mengenai washer drain plug, untuk sisi yang ada bagian yg nantinya menempel itu dipasang ke sisi bagian topi drain plugnya kan ya? soalnya saya pernah pasang yg bagian menempel ke sisi oil pan, pas dibuka drain plugnya untuk ganti oli itu washer malah jadi nempel ke oil pan nya :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

gujax05 wrote: Sun Feb 25, 2024 22:15

Makasih masukannya mbah :big_exellent:

Artinya ukuran filter ngga masalah ya selama dratnya sama aja? Mau eksperiment pake filter ertiga, takut jebol mbah :big_peace:

Ring/washer baut drain perlu ganti juga ngga sih setiap ganti oli mbah?


sama² :big_deal:

jebol kenapa? selama ukuran lubang sama drat sama ya gaada masalah. mau pake kepunyaan karimun wagon juga bisa, tapi kan itu jadi kecil banget filternya.
mitsusi anps bisa pake filter oli kepunyaan honda kalo mau ekonomis, plug & play.

crush washer ganti lah, barang receh sekali pake. kalo di tempat saya dapet gratis.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

azu wrote: Mon Feb 26, 2024 1:50


Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira :big_biglaugh:





all about ptfe tape (siltip)



20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: FILTER OLI MESIN

Post by azu »

marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 3:05
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 1:50


Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira :big_biglaugh:





all about ptfe tape (siltip)




20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan :mky_01:

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 3:05
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 1:50


Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira :big_biglaugh:





all about ptfe tape (siltip)




20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
yah begitulah... klo ilmu air ledeng, hijrah instant ke ilmu otomotip :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

azu wrote: Mon Feb 26, 2024 3:12

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:

iya pin kaliper.
sudah pasti macet. dan gilanya di mobil spt itu, kalo sekelas kijang bak angkut semen atau espas ya wajar pin kaliper digituin....
atau lg di tengah² hutan yg kalo ke kota terdekat bisa 3 hari perjalanan, oke lah ngakalin pake siltip.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: FILTER OLI MESIN

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Feb 26, 2024 3:42

yah begitulah... klo ilmu air ledeng, hijrah instant ke ilmu otomotip :upss:


"saya udah lama pake gapapa kok...."

kalimatnya sapa tuh.....

:mky_03:
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: FILTER OLI MESIN

Post by saturday »

azu wrote: Mon Feb 26, 2024 3:12
marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 3:05
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 1:50


Jangan seperti kebanyakan bengkel yg pakai seal tape di dratnya, potensi sleknya tinggi apalagi kalau yang kencenginnya ga kira-kira :big_biglaugh:





all about ptfe tape (siltip)




20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan :mky_01:

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.

Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.

🤷🏻
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: FILTER OLI MESIN

Post by kenop »

saturday wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 3:12
marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 3:05



all about ptfe tape (siltip)




20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan :mky_01:

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.

Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.

🤷🏻
Hmmm kayaknya tau ini bengkelnya yg sering pasang ads di IG
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: FILTER OLI MESIN

Post by alvin23 »

saturday wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 3:12
marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 3:05



all about ptfe tape (siltip)




20240208_163455.jpg
20240226_100208.jpg
20240226_100020.jpg
20240226_100112.jpg
yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan :mky_01:

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.

Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.

🤷🏻
Dua, yang satunya tau, yang satunya lg siapa ya om :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: FILTER OLI MESIN

Post by saturday »

alvin23 wrote: Tue Feb 27, 2024 7:46
saturday wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04
azu wrote: Mon Feb 26, 2024 3:12

yang terakhir saya bersihin itu mirip yg di gambar 2 om, sampai ada yg nempel juga di drat oil pan :mky_01:

itu yang paling bawah di pin caliper om? apa ga malah jadi macet itu kalipernya ya :big_think:
Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.

Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.

🤷🏻
Dua, yang satunya tau, yang satunya lg siapa ya om :big_biglaugh:
Bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang sebelahnya jualan bakso yang paling parah. Suspensi depan bunyi "tok" ketika "main" dibilang slider pin kaliper yang sudah "kena". Mentang-mentang bunyinya dominan muncul ketika hard braking, yakin banget habis dililit-lilit PTFE tape + dikasih gemuk chassis Burgari langsung sembuh. Sok tahu banget, padahal hard braking membuat suspensi depan jadi berkerja, makanya bunyi "tok".

Akhirnya langsung minta opini alternatif ke bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dekat toko spareparts "spesialis kaca mobil". Disana diketemukan bahwa mounting strut saya sudah retak. Kasus fixed. Lalu langsung mampir ke bengkel ex-moderator forum ini yang lokasinya di ruko Glaze untuk buang PTFE tapenya dan diberikan gemuk rem yang sesuai. Sehari visit 3 bengkel.

Tahun ini pergi ke bengkel kaki-kaki ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dengan keluhan suspensi belakang bunyi klutuk-klutuk. Mereka nyerah, dan diakal-akalin slider pin kaliper belakang dililit PTFE lalu dikasih gemuk chassis.

Akhirnya mobil saya serahkan kepada mbah
marmut wrote:
Dan dia menemukan shock KYB Excel-G saya yang bermasalah. Padahal shock KYB made in Japan, barang baru dibeli dari bengkel ruko Frankfurt disebelah jualan bakmie pada bulan Mei 2023
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: FILTER OLI MESIN

Post by alvin23 »

saturday wrote: Tue Feb 27, 2024 8:00
alvin23 wrote: Tue Feb 27, 2024 7:46
saturday wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04

Innova Reborn saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh Auto2000.

Civic FD saya juga sempat dililit PTFE tape slider pin kalipernya oleh dua bengkel kaki-kaki di Ruko Frankfurt Gading Serpong.

🤷🏻
Dua, yang satunya tau, yang satunya lg siapa ya om :big_biglaugh:
Bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang sebelahnya jualan bakso yang paling parah. Suspensi depan bunyi "tok" ketika "main" dibilang slider pin kaliper yang sudah "kena". Mentang-mentang bunyinya dominan muncul ketika hard braking, yakin banget habis dililit-lilit PTFE tape + dikasih gemuk chassis Burgari langsung sembuh. Sok tahu banget, padahal hard braking membuat suspensi depan jadi berkerja, makanya bunyi "tok".

Akhirnya langsung minta opini alternatif ke bengkel kaki-kaki di ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dekat toko spareparts "spesialis kaca mobil". Disana diketemukan bahwa mounting strut saya sudah retak. Kasus fixed. Lalu langsung mampir ke bengkel ex-moderator forum ini yang lokasinya di ruko Glaze untuk buang PTFE tapenya dan diberikan gemuk rem yang sesuai. Sehari visit 3 bengkel.

Tahun ini pergi ke bengkel kaki-kaki ruko Frankfurt yang disebelahnya jualan bakmie dengan keluhan suspensi belakang bunyi klutuk-klutuk. Mereka nyerah, dan diakal-akalin slider pin kaliper belakang dililit PTFE lalu dikasih gemuk chassis.

Akhirnya mobil saya serahkan kepada mbah
marmut wrote:
Dan dia menemukan shock KYB Excel-G saya yang bermasalah. Padahal shock KYB made in Japan, barang baru dibeli dari bengkel ruko Frankfurt disebelah jualan bakmie pada bulan Mei 2023
Ah oke, JA toh, ane gak ngeh kalau dia bengkel kaki kaki wkwkwk

ujung2nya yang beresin bengkel orang SM semua :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: FILTER OLI MESIN

Post by Omnibus »

selingan. pabrik filter oli