(ask)macam-macam turbo

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

(ask)macam-macam turbo

Post by imsus2c »

Mr turbo(s) dan senior SMers..minta pencerahannya ya? :D

Saya termasuk awam di forum teknik nih, saya sering baca beberapa macam turbo: Turbocharger dan Supaercharger. Bedanya apaan sih? trus kekurangan dan kelebihan masing-masing?
Dan akhir-akhir ini yg sering saya baca ada lagi tipe VGT (Variable Geometry Turbo), apa pula ini :roll: ? Tlg bisa dijelaskan? Kalo memang sudah pernah dibahas di forum, tolong link-nya dong.

Terimakasih
:wink:
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Turbocharger dan Supercharger adalah sistem Forced Induction, udara di kompress dan 'dipaksa' masuk ke dalam mesin
Turbocharger memanfaatkan tekanan exhaust untuk memutar turbin (Turbocharger=Turbine+Supercharger) yang akan mendorong masuk udara ke dalam intake, sedangkan Supercharger digerakkan oleh mekanis mesin itu sendiri, bisa melalui belt ataupun camshaft
Ini Turbo (foto dari wikipedia)
Image
Sedangkan ini supercharger (foto dari wikipedia juga)
Image

keuntungan dan kelebihan turbocharger:
+ peak power besar
+ instalasi mudah (contoh Garret yang universal)
- tenaga ngempos di bawah (poin ini bisa dihilangkan dengan memanfaatkan dual turbine turbocharger, satu turbine untuk putaran mesin rendah dan satu turibine untuk RPM tinggi)
- rentan rusak karena panas dan tekanan udara yang tinggi (blow off menuntaskan hal ini)
- panas yang dihasilkan dapat memuaikan udara intake sehingga kadar oksigen berkurang (yang dapat dikurangi dengan menggunakan intercooler)
- harga total sistem yang mahal
- tidak semua mobil cocok menggunakan turbo, karena tekanan yang sangat tinggi bisa mengakibatkan deformasi combustion chamber dan piston

supercharger saya sendiri kurang begitu mengerti, namun secara umum:
+ output merata karena tekanan udara sesuai RPM mesin
- output power tidak begitu mahal dan dapat digunakan pada hampir semua mobil karena lebih universal, bisa dibilang karena output kecil, lebih banyak mesin yang dapat memanfaatkan supercharger
- instalasi cenderung rumit apabila hendak dihubungkan dengan camshaft, namun tidak demikian bila dihubungkan dengan belt

salah satu supercharger adalah seperti yang digunakan Mercedes Benz dalam salah satu variance nya dengan nama Compressor

VGT mencoba menyatukan kelebihan Turbo konvensional dan Supercharger dengan memanfaatkan "Bilah-bilah Turbin" yang dapat berubah sudutnya

Foto2 dari http://paultan.org/archives/2006/08/16/ ... etry-work/
Image

Image

foto pertama memperlihatkan kondisi ketika bilah2 dengan sudut yang kecil, dan foto kedua dengan bilah2 dengan sudut terbuka lebar. hukumnya, dengan sudut yang besar, turbin dapat berputar dengan lebih cepat, sehingga udara dapat masuk lebih banyak.

sekian, mohon ralat dan tambahannya :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Nambahin yg ^
turbo tuh sumber tenaganya dari exhaust atau awamnya knalpot...
- turbo putaran bawah ga dapet, tapi dgn ditemukan teknologi yg tadi disebutkan, bilah2nya tuh bisa ngembang, ngempis...
jadi putaran bawah kemungkinan bisa dapet juga...
Kalo supercharger putaran atasnya ga dapet...
- membebani kerja mesin...

kalo aplikasi, biasa dipake supercharger buat mesin2 gede dan mesin2 amrik alias muscle car...
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

Tambahin dikit neh... untuk perbandingan SUPERCHARGER & TURBOCHARGER

SUPERCHARGER... SC

harga
ebih ekonomis. 2ndnya lebih murah. baru hampir sama dgn TC

anatomi
pulley, kompresor atau root, pipa, aftercooler n bisa pake blow-off valve

efisiensi
lebih boros... berputar disaat mesin hidup

respons
responsif di segala rpm... lebih unggul di rpm bawah dibanding rpm atas... puteran bladenya lebih terbatas daripada TC...

temperatur
discharge lebih dingin... selama diset kurang dari 10psi, blm butuh aftercooler. selebihnya baru jadi opsional...

surging
kompresi udara sebanding sama usaha mesin dlm memutarnya...

suara
lebih brisik dibanding TC... pulley via krukas ini bikin sara rotor lebih brisik...

backpressure
gak berhubungan sm backpressure..

keawetan
lebih awet krn gak terlalu panas...

setting
lebih mudah dibanding TC. instalasi simple

power
puteran maks 40rb rpm. daya lebih terbatas. tp lebih menghasilkan torsi jauh lebih banyak daripada TC di rpm bawah...



TURBOCHARGER... TC

harga
lebih mahal... komponen lbh banyak n lbh rumit

anatomi
turbin, wastegate, bblow-off valve, biasanya pake intercooler, pipa2

efisiensi
lebih efisien. selama turbin blm muter, bbm bisa disuplay sesuai kebutuhan...

respons
lemah di rpm bawah. butuh waktu spooling yg makan waktu n daya terhambat. istilahnya turbo-lag...

temperatur
pemasangannya yg bersebelahan sm exhaust membuatnya jauh lebih panas dari SC. sehingga kompresi 2bar atau sekitar 30psi memungkinkan...

surging
di TC sangat merugikan... ini disaat spooling atau disaat wastegate bekerja

suara
lebih kalem. suara desing khasnya terdengar disaat spooling. n suara blow-offnya yg menjadikannya legenda

backpressure
turbin di exhaust menambah backpressure. ini menambah lag. tp sering dihiraukan krn setelah boost masuk, lag ini seakan2 gak berarti

keawetan
panasnya bikin rawan rusak. bantalan n pelumasnya yg bakal sering berurusan

setting
ribet... butuh kalkulasi a/r yg rumit...

power
turbin yg bisa spool sampe 150rb rpm ni bisa ngasilin power yg hampir bisa dibilang unlimited. tergantung gmn aplikasinya n komponen pendukungnya... oleh krn itu, dlm aplikasi turbo, ada istilah overboost...

smoga bermanfaat :D
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

kl Turbocharger sama dipasang bareng sama Supercharger gimana??maksud aku puteran bawah sampe tengah di handle sama SC n puteran tengah sampe atas di handel sama TC,apa bisa???
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

menurut gw...
Kayaknya ga bisa deh...
Lagian ga efektif... Secara harga juga dah mahal...
Saluran intake kan cuma satu.. kalo pasang 2-2nya, berarti terjadi rangkaian seri donk...

Misal :

SC ---- TC ----- Mesin
.........|
........ V
Disini tekanan bakal tinggi kalo SC nyala, TC blum...

SC ---- TC ----- Mesin
.........................|
........................ V
Kalo di putaran tinggi, TC bakal bekerja sampe batas yg tidak bisa ditentukan.. Sedangkan SC diputaran tinggi kerjanya ga bagus...


Kepada yg ahli.. Kalo ada yg salah tolong diperbaiki...
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

turbo + super charger seinget gw pernah ada yg buat.. tp kompleks bgt deh (dia pasang 4 turbo dan 2 super charger) tembus 1200 hp kalo ga salah inget


enaknya sih twin turbo aja. denger2 setupnya ga serumit turbo + SC
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
Krolla
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Wed Aug 03, 2005 13:35

Post by Krolla »

Image

Turbo lokal = Turunan Bogor :lol:
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

secara teoritis bisa aja Turbo dipasang sekalian ama Supercharger, tp ya itu, uda capek ngitung AFR musti direpotin ama batasan dari sensor n ECU nya juga, salah2 malah jauh lebih mahal
Last edited by StRaDe_Jazz on Sat Aug 18, 2007 13:01, edited 1 time in total.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

makanya mending twin entry turbo
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

eternorockstar wrote:kl Turbocharger sama dipasang bareng sama Supercharger gimana??maksud aku puteran bawah sampe tengah di handle sama SC n puteran tengah sampe atas di handel sama TC,apa bisa???
Ya, inilah yg diterapkan oleh VW pada mesin 1.4 TSI nya

Twin Charger, SC & TC / Dual Charging :

http://www.youtube.com/watch?v=Pdp5ibjfo7o
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

StRaDe_Jazz wrote:secara teoritis bisa aja Turbo dipasang sekalian ama Supercharger, tp ya itu, uda capek ngitung AFR musti direpotin ama batasan dari sensor n ECU nya juga, salah2 malah jauh lebih mahal
Betul, complicated, biaya pembuatan mahal, makanya sgt sedikit produsen yg membuatnya, salah 1 nya si VW, itupun hanya diterapkan di 1 type mesin dgn cc hanya 1400.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

satyr wrote: enaknya sih twin turbo aja. denger2 setupnya ga serumit turbo + SC
Twin Turbo either sequential / serial / parallel memang populasinya masih jauh lebih banyak drpd mesin Dual Charging macam VW 1.4 TSI
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

nah share donk bos bedanya

gw cuma tau yg turbo kecil dan turbo besar untuk saling mengisi dan mencegah lag (itu istilahnya apa ya? sequential kali ya?)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

TwinCharger ... sequential antara Supercharger dengan Turbocharger. Pada putaran mesin rendah ... supercharger yang gawe ... untuk putaran tinggi ... ada sistem bypass untuk me-non-aktifkan supercharger dan duty dialihkan ke Turbocharger.

Twin turbo paralel biasanya dipasang pada mesin-mesin yang makai konfigurasi V dengan dua Intake Manifold. Kalau V dengan single intake manifold biasanya model pemasangannya secara serial.
Image
disaresta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Sep 25, 2007 7:37

tanya soal harga turbo n dimana belinya

Post by disaresta »

guyz, gw masih awam soal mobil nih.....gw pengen tau, kalo turbo bwt mobil tuh ada tipe2 tertentunya???bisa dipake bwt smw mobil gak???
skarang gw pake proton savvy, bs dipakein turbo gak??truz, brapa si harga turbo tuh???(dnger2 mahal bgt)....kalo gw maw naekin performanya biar bisa lari lebih kenceng selaen pake turbo baeknya gw apain ya???

thanx b4 for u all....
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: tanya soal harga turbo n dimana belinya

Post by r1210g »

disaresta wrote:guyz, gw masih awam soal mobil nih.....gw pengen tau, kalo turbo bwt mobil tuh ada tipe2 tertentunya???bisa dipake bwt smw mobil gak???
skarang gw pake proton savvy, bs dipakein turbo gak??truz, brapa si harga turbo tuh???(dnger2 mahal bgt)....kalo gw maw naekin performanya biar bisa lari lebih kenceng selaen pake turbo baeknya gw apain ya???

thanx b4 for u all....
As i know... Turbo itu ada turboman ama PenyuTurbo... eh salah... :o :o :lol:
Smua mobil bisa kayaknya.. Turbo itu tergantung cc-nya juga...
Jangan pake turbo buat 4000 cc di 1300 cc. He3... Bisa meledak tuh boil...
Turbo setau gw sih yang baru diatas 30 juta ya...

Porting Polish aja... Memperbesar efisiensi volumetrik...
Pernah main suntikan? kayak gitu tuh...
Suntikan kalo kita tarik mau isi air dengan ada jarumnya, kan ga spenuhnya keisi ama air.. pasti ada sisa udara...

Sama kayak silinder mobil... Kalo di Porting Polish kayak suntikkan diperbesar lubang dan memperkecil udara sisa...
Tapi pasti efisiensinya ga samoe 100%

Kalo turbo... Air yang masuk ke suntikan dah kayak disemprot dari luar... jadi air di dalem suntikkan tekanannya lebih...
Efisiensinya diatas 100%...
Makanya PnP bikin keunceng tapi turbo blebih gila...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: tanya soal harga turbo n dimana belinya

Post by PenyuTurbo »

disaresta wrote:guyz, gw masih awam soal mobil nih.....gw pengen tau, kalo turbo bwt mobil tuh ada tipe2 tertentunya???bisa dipake bwt smw mobil gak???
skarang gw pake proton savvy, bs dipakein turbo gak??truz, brapa si harga turbo tuh???(dnger2 mahal bgt)....kalo gw maw naekin performanya biar bisa lari lebih kenceng selaen pake turbo baeknya gw apain ya???

thanx b4 for u all....
Mesin yang gak pakai turbo disebut dengan NA (Natural Aspiration) atau juga Natural Induction ... jika udah ditambahin dengan turbo disebut dengan Turbo Induction atau Turbocharge.

Prinsip TURBO (TURbine BOost) adalah menambahkan densitas (kerapatan) udara dengan menambahkan tekanan udara yang masuk [PV = nRT ------> P = (n/V) RT -------> P = d RT -------> d = (P)/(RT)]. Dengan peningkatan densitas ini maka jumlah kandungan Oksigen (Oksidator - pembakaran) akan meningkat ... tentunya mesti diimbangi dengan jumlah pasokan BBM supaya ada peningkatan Power (tenaga). Sebagai satu gambaran ... peningkatan tekanan (boost pressure) sebesar 1 psi akan menghasilkan tambahan tenaga sebesar 10 HP.

Contohnya boil dengan Tenaga sebesar 100 HP ... jika dipasangin turbo dengan boost pressure sebesar 5 psi ... akan diperoleh tenaga tambahan sebesar 5 x 10 HP = 50 HP ... sehingga total tenaga yang dihasilkan menjadi 150 HP. Turbo ini bisa dipasangkan ke semua jenis mesin ... biasanya mesin NA standard (secara design) akan dapat menerima boost pressure sebesar 6 psi tanpa mengubah dalaman mesin dan tanpa intercooler. Lebih besar dari itu mesti ngerubah komponen dalaman dan masang intercooler.

Proton Savvy bisa dipasangin turbo ... dan udah banyak yang masang Turbo dengan boost pressure sekitar 0.6 Bar (9 psi). Untuk yang 1.2 Liter kapasitas mesin ... bisa didapet tenaga 118 HP pada roda. Artinya Tenaga total yang dihasilkan oleh mesin sekitar 150HP. Tenaga Standard 60 HP ditambah dengan 9 x 10 HP = 60 HP + 90 HP = 150 HP.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
disaresta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Tue Sep 25, 2007 7:37

soal supercharger

Post by disaresta »

truz2, kalo dipasagin supercharger kaya posting sblmnya jg bs???
jujur gw masih awam n gw baru tau istilah porting stelah bc2 forum ini...kalo boleh taw, dmana yah gw bs ngporting??apa di tyap bangkel bisa??trus, prosesnya porting tuh gmana sih (jaga2 byar gw gak diboongin ma montir)...

btw, makasih bwt info2nya guyz.....i'm expecting u'r assistance :D
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: soal supercharger

Post by PenyuTurbo »

disaresta wrote:truz2, kalo dipasagin supercharger kaya posting sblmnya jg bs???
jujur gw masih awam n gw baru tau istilah porting stelah bc2 forum ini...kalo boleh taw, dmana yah gw bs ngporting??apa di tyap bangkel bisa??trus, prosesnya porting tuh gmana sih (jaga2 byar gw gak diboongin ma montir)...

btw, makasih bwt info2nya guyz.....i'm expecting u'r assistance :D
Bisa aja dipasangin Supercharger ... mesti pikir-pikir dulu dengan tujuan yang kayak apa aja ............
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Post by imsus2c »

Mr. Penyuturbo...
sorry OOT berat nech...
Ngiler :e-drool: saya ama knowledge anda :e-clap:
Belajar dimana seh :roll: ? Trus cari referensi-nya kemana aja? Boleh dong bagi2 link :wink:
Stay tune at SM yach :e-pray:
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

imsus2c wrote:Mr. Penyuturbo...
sorry OOT berat nech...
Ngiler :e-drool: saya ama knowledge anda :e-clap:
Belajar dimana seh :roll: ? Trus cari referensi-nya kemana aja? Boleh dong bagi2 link :wink:
Stay tune at SM yach :e-pray:
Gak kemana mana ... DIRUT ... alias Dirumah Terus ... hehehehehehe.
Image
T-Ronx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Oct 26, 2005 8:24

Post by T-Ronx »

Boleh saya nambahin sedikit. Mesin N/A dan Mesin Forced Induction biasanya mempunyai spesifikasi bahan dan nilai perbandingan kompresi yang berbeda. Biasanya mesin Forced Induction (TC atau SC) mempunyai perbandingan kompresi yang lebih rendah di banding N/A dan mempunyai pinston dan stang piston yang lebih kuat. Jadi mesin N/A tidak dapat semena-mena menjadi mesin Forced Induction hanya dengan mencangkok perangkat TC / SC tanpa merubah atau mengganti jeroan mesin.( Bisa dilakukan tapi dengan tekanan induksi terbatas dan resiko umur komponen berkurang ) .Untuk Ilustrasi, mesin (dari keluarga mesin 3S Toyota) 3S-FE dan 3S-GE (N/A) tidak bisa menjadi mesin turbo dengan mencangkok perangkat turbo dari mesin 3S-GTE tanpa mengadopsi jeroanya (lebih baik Swap Engine deh)

CMIIW
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

T-Ronx wrote:Boleh saya nambahin sedikit. Mesin N/A dan Mesin Forced Induction biasanya mempunyai spesifikasi bahan dan nilai perbandingan kompresi yang berbeda. Biasanya mesin Forced Induction (TC atau SC) mempunyai perbandingan kompresi yang lebih rendah di banding N/A dan mempunyai pinston dan stang piston yang lebih kuat. Jadi mesin N/A tidak dapat semena-mena menjadi mesin Forced Induction hanya dengan mencangkok perangkat TC / SC tanpa merubah atau mengganti jeroan mesin.( Bisa dilakukan tapi dengan tekanan induksi terbatas dan resiko umur komponen berkurang ) .Untuk Ilustrasi, mesin (dari keluarga mesin 3S Toyota) 3S-FE dan 3S-GE (N/A) tidak bisa menjadi mesin turbo dengan mencangkok perangkat turbo dari mesin 3S-GTE tanpa mengadopsi jeroanya (lebih baik Swap Engine deh)

CMIIW
Bro, di dalam design selalu ada safety factor. Besar kecilnya safety factor bergantung pada kekritisan fungsinya. Secara design mesin N/A masih bisa dipasangin Turbocharger dengan batasan maksimum boost pressure sebesar 6 PSI. Jika Boost pressure yang dikehendaki lebih besar dari itu ... memang harus mengurangi CR dan mengganti sebagian jeroan mesin.

Memang mesin 3S-FE dan 3S-GE tidak akan mampu mencangkok turbonya 3S-GTE ... karena boost pressure nya antara 14 PSI s/d 20 PSI (udah melebihi batas maksimum kemampuan material dan design 3S-FE dan 3S-GE). Kalaulah 3S-FE dan 3S-GE dipasangin turbo sampai pada 6 PSI saja (Low Pressure Turbo) - bukan turbonya 3S-GTE lhoo - ... gak jadi masalah ... dan sedikit menurunkan CR nya ... dengan hanya nambahin ketebalan head gasket.

Pengalaman mesin B230 yang N/A (standard) ... masih mampu menahan boost pressure sampai 9 PSI (makai turbonya mitsubishi - TD04).
Image
User avatar
mmerz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sat Jun 02, 2007 5:52

Post by mmerz »

boz klo twin charger bisa ga dipasang di innova klo ga SC nya aj