Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
^ TS nya lagi sibuk komparasi kali om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4347
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
jadi ingat oom..dulu sy saat mbangun rumah yg skrg, saya terpaksa ngontrak dulu.ZEXELGRIFONE wrote:Siap om. Dah kepikiran mo cor carportnya saja semua atau ganti keramiknya dgn yg lebih kasar teksturnya.ginting wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 15:22fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..
Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.
Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.
Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.
Keduanya masih pake ban std..
Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
Tapi untk skrg ini, masih bisa diakalin dgn ancang2 mundur, atau nunggu keramiknya kering. Hehe..
nah, rumah kontrakan itu garasinya nanjak dan full keramic licin..
karena pas di pengkolan maka susah masuk ke garasi.
kalau hujan spin spin..
salah satu solusi ngakalinya adalah pakai KESET kaki taruh di bawa roda..supaya ada traksi..
cari yg kasar.
lebih murah..
atau beli karpet kamar mandi, cari bahan rubber..taruh jadi alas..
moga moga gak.perlu babat keramik..
#hemat-uang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Hukum fisika ketiga saja sihpatrickstar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
Aksi = reaksi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Saya malah penasaran sama om “memberbarublabla”.. kok ga post lagi.. ayuk lah om “memberbaru” diskusi lagi disini.. bawa santafee atau fotonya dulu gapapa deh share di SM..b8099ok wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 15:32Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.Memberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:08
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.
Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Last edited by PRBS on Wed May 01, 2019 10:37, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Malah keluar jinnya Om dan dikasih 3 pertanyaan dulu yang harus dijawab.marmut wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:03 sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.
* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
Ane pake SUV FWD monokok, pernah nanjak di jalan kerikil yang agak extrim, emang slip sih, dan yakin kalau RWD bakal lancar, soalnya berat bertumpu di roda belakang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
gerobak mau naik tanjakan gampang ditarik dari depan atau di dorong dari belakang. saya pernah baca gitu si. tapi ga tau apa hubungannya dengan rangka?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Frame ga tahu masuk jenis apa? Tetapi umumnya gerobak FWD, kalau becak RWD
Btw, industri otomotif juga sudah sangat maju lah, kelemahan FWD ataupun RWD sudah banyak yg diantisipasi dengan design dan teknologi
Hampir semua merek punya produk FWD dan RWD. Itu dari sisi mobil,
lalu dari sisi infrastruktur jalan juga ada standar2 Engineering yg diacu dan terus disempurnakan saat bikin jalan
Jadi ya Silahkan dipilih saja, bukan benar salah ini, kalau salah satu RWD atau FWD salah, sudah lama punah dan tidak dipake pabrikan otomotif lah
Btw, industri otomotif juga sudah sangat maju lah, kelemahan FWD ataupun RWD sudah banyak yg diantisipasi dengan design dan teknologi
Hampir semua merek punya produk FWD dan RWD. Itu dari sisi mobil,
lalu dari sisi infrastruktur jalan juga ada standar2 Engineering yg diacu dan terus disempurnakan saat bikin jalan
Jadi ya Silahkan dipilih saja, bukan benar salah ini, kalau salah satu RWD atau FWD salah, sudah lama punah dan tidak dipake pabrikan otomotif lah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
wah..makasih om insightnya dari ex user langsung nih...jakanjc wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 15:12 Mau share pengalaman aja, kebetulan saya ex pengguna santa fe crdi 2014, sekarang pake ANPS. Selama pake keduanya gapernah yang namanya kesulitan di rute jalan nanjak panjang, terjal bahkan dijalan kerikil pun. Hmmm buat ngebandinginnya, saya pernah ke bukit bintang bandung dengan kedua mobil ini, pake santa fe lebih pede, turbo lagnya berasa lebih minim, maticnya juga lebih pinter ngatur giginya, tapi karena d santa fe belum ada vsc+fwd, ada di suatu titik tanjakan yang jalannya rusak dan banyak kerikilnya bbrp kali terjadi wheelspin di roda depan. Pake ANPS gapernah spin, tapi kok lag turbonya lebih berasa, dan terkadang maticnya kaya telat/bingung utk downshift(mungkin krn kebanyakan gigi). Tapi kalo tanjakan panjang kyk di tolcipularang/tol semarang-solo buled enakan santa fe, lebih stabil dan lebih terukur arah steernya.
gimana new santa fe yah, yang udah ada vsc, hsa, hdc, sama 8 speed matic..hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
sempet slip ngga om kemarin??Resta wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 15:38 saya punya pengalaman bawa sedan FWD nanjak ke Bromo diakhir 2015 lalu,,,waktu Bromo erupsi,,,jalanan sebelum Ngadisari putih semua,,,pasir abu euyyy,,,bayangin jalanan licin pasir plus nanjak fwd ,,pula
alhamdulillah sampai juga didepan hotel Lava .
pintar pintar jaga rpm saja supaya roda gak slip
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Baru baca lagi postingan habis menepi 2 hari libur kejepit dan sudah rame
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan .
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama aja boong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa...
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan .
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama aja boong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Baru baca lagi postingan habis menepi 2 hari libur kejepit dan sudah rame
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke saya mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
Sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. Karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama saja bohong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa rasanya
But of course you are all feel free to state and comment here
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke saya mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
Sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. Karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama saja bohong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa rasanya
But of course you are all feel free to state and comment here
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
duh komennya..tipikal netizen indozone di igadityabp wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 4:05Hahahaha, otak di dengkul ya gini jawabannya.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 7:18tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share
Apa hubungan antara jenis sasis mobil dan kuat enggaknya mobil tsb di tanjakan?
om mod, lihat nih, kelakuan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Tipikal netizen asli indozone.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37duh komennya..tipikal netizen indozone di igadityabp wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 4:05Hahahaha, otak di dengkul ya gini jawabannya.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 7:18
tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share
Apa hubungan antara jenis sasis mobil dan kuat enggaknya mobil tsb di tanjakan?
om mod, lihat nih, kelakuan
Gak bisa jawab, malah ngadu.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
hareee geneee masih bahas fwd gak kuat nanjak???????
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...adityabp wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:25Tipikal netizen asli indozone.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37duh komennya..tipikal netizen indozone di ig
om mod, lihat nih, kelakuan
Gak bisa jawab, malah ngadu.
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..PRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:33 intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah
btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Reason loe gak menjawab pertanyaan gue.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:34padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...adityabp wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:25Tipikal netizen asli indozone.krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37
duh komennya..tipikal netizen indozone di ig
om mod, lihat nih, kelakuan
Gak bisa jawab, malah ngadu.
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong
Malah asal main paketin aja antara sasis+penggerak dgn kemampuan nanjak. Sotoy itu namanya.
Mikir aje loe males, kok malah nyuruh orang baca komen loe.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.
Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.
2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.
Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.
Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.
2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.
Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.
Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:40Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..PRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:33 intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah
btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat
Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)
ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
2wd yang close diff apaan, Om?964 wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:28 Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.
Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.
2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.
Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.
Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green