sektor otomotif itu masih mending punya faktor penentu : aftersales dan spare parts. beda dgn industry lain kyk tekstil atau gadgets yang nggak butuh routine aftersales service kalau pengalaman kecewa sama produk nggak ngaruh krn barangnya murah dan disposable.Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 01, 2024 5:08 Depends mbah.
Klo chinese brand casenya spt w betmen, ya gak bs geser jg
Tp chery ini layak dicoba, krn bumn china, jd modal gak main2 dan lbh serius.
begitu collective memory orang wakanda beli mobcin adalah layanan bengkel unprofessional macem warung atau parts yang susah dan ngga mau cariin, ya mau sebagus apapun barangnya 5 thn lagi gulung tiker. saya liat footage GIIAS dah bisa nebak mana yang calon2 gulung tiker. paling sisa betmen sama si membangun mimpi. sisanya OTW gurem.
mobil blm masuk taraf disposable utk warga wakanda, minimal jelek jeleknya aftersales nihon masih ada SOP kita ngerti apa yang sesuai SOP dan tidak.
kalo negri naga ntahlah, consumer buat mereka cuma commodities dan easy cash grab dgn price dumping terus terusan yg bikin orang juga lama lama males adopt produk naga.