All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

tesna wrote: Mon Jan 13, 2025 14:18 turbo jangkrik itu ky gimana ya? pake open filter gitu kah? yg bunyi pssh psshh? maap saya blm paham

di kasus saya, awal2 mau modif udah wanti2 sm tuner, saya mau smokeless, dan ga ada perubahan di suara (suara intake maupun suara knalpot). tenaga ga papa turun dikit asal smokeless... tuner nyanggupin

pas mobil udah jadi, di test, tapi asap membahana di rpm bawah pas belum masuk boost. pas udah diatas rpm 2000 sih asap nya hilang, kayaknya sengaja dibanjirin biar boost cepet naik......... akhirnya di retune, tapi hasilnya masih mirip2, asap nya masih terlalu banyak buat saya....

akhirnya ke tuner lain, di retune, solar bawahnya dikurangin, tapi kompensasi boost cepet naiknya vnt nya di remap. sekarang asap nya masih ada tipis di rpm bawah.. dikitt doang, tadinya cetar membahana kayak metro mini. dan yang paling penting, lulus uji emisi dong... :mky_01: sempet kuatir ga lulus karena yg di test itu opasitas, dan testnya harus digeber2...

ga 100% ilang kayak masih totally stock, masih ada kelihatan asap hitam sedikit klo throttle nya tiba2 dibejek pol dari 0.
ky suara turbin pesawat yg kenceng gini om. entah kenapa suka suara ky gt. haha
nah tp ini pun cumi2 jdnya, asepnya ky org nge-vape




sangat tertarik sm reborn 2gd sih, tp krn daily nya jarang pake mobil kyknya blm worth kl beli 2gd, jd dl belinya 1tr.

tp selama ini kl liat reborn 2gd di modif mesin entah remap dll mostly jadinya cumi2, jd kurang suka. pengennya kl punya 2gd ya modif smokeless gt,nah jd tercerahkan dr modif om yg smokeless tp ttp bs remap/modif performa. keren om :big_exellent:

sambil nunggu momen yg pas buat nendang pintu ganti 2gd, tp default EV yg 0-100 kpj dalam 6.5 detik jg menarik. entahlah :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

pitikkobong wrote: Wed Jan 15, 2025 7:18
tesna wrote: Mon Jan 13, 2025 14:18 turbo jangkrik itu ky gimana ya? pake open filter gitu kah? yg bunyi pssh psshh? maap saya blm paham

di kasus saya, awal2 mau modif udah wanti2 sm tuner, saya mau smokeless, dan ga ada perubahan di suara (suara intake maupun suara knalpot). tenaga ga papa turun dikit asal smokeless... tuner nyanggupin

pas mobil udah jadi, di test, tapi asap membahana di rpm bawah pas belum masuk boost. pas udah diatas rpm 2000 sih asap nya hilang, kayaknya sengaja dibanjirin biar boost cepet naik......... akhirnya di retune, tapi hasilnya masih mirip2, asap nya masih terlalu banyak buat saya....

akhirnya ke tuner lain, di retune, solar bawahnya dikurangin, tapi kompensasi boost cepet naiknya vnt nya di remap. sekarang asap nya masih ada tipis di rpm bawah.. dikitt doang, tadinya cetar membahana kayak metro mini. dan yang paling penting, lulus uji emisi dong... :mky_01: sempet kuatir ga lulus karena yg di test itu opasitas, dan testnya harus digeber2...

ga 100% ilang kayak masih totally stock, masih ada kelihatan asap hitam sedikit klo throttle nya tiba2 dibejek pol dari 0.
ky suara turbin pesawat yg kenceng gini om. entah kenapa suka suara ky gt. haha
nah tp ini pun cumi2 jdnya, asepnya ky org nge-vape




sangat tertarik sm reborn 2gd sih, tp krn daily nya jarang pake mobil kyknya blm worth kl beli 2gd, jd dl belinya 1tr.

tp selama ini kl liat reborn 2gd di modif mesin entah remap dll mostly jadinya cumi2, jd kurang suka. pengennya kl punya 2gd ya modif smokeless gt,nah jd tercerahkan dr modif om yg smokeless tp ttp bs remap/modif performa. keren om :big_exellent:

sambil nunggu momen yg pas buat nendang pintu ganti 2gd, tp default EV yg 0-100 kpj dalam 6.5 detik jg menarik. entahlah :big_biglaugh:
lah kl cuman soal bunyi knalpot, justru 1TR itu lebi gampang d modip

pake aj knalpot 1TR gen awal (non CC), plek plek an tuh ampe ke tail pipe,

rasakan sensasi suara ngebroongg pas di bejeg

masi kurang ngebroong ?? copotin resonator tengah, ganti pake pipa plong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

DOHC wrote: Wed Jan 15, 2025 9:04
lah kl cuman soal bunyi knalpot, justru 1TR itu lebi gampang d modip

pake aj knalpot 1TR gen awal (non CC), plek plek an tuh ampe ke tail pipe,

rasakan sensasi suara ngebroongg pas di bejeg

masi kurang ngebroong ?? copotin resonator tengah, ganti pake pipa plong
bukan suara knalpotnya om, kyknya dr turbonya.ini mungkin yg lebih jelas lg, cb dengerin high note- nya halah high note hahaha :big_biglaugh:

suaranya ky peluit/ suara turbin pesawat om. suara turbo di diesel itu entah kenapa asik aja di denger, ga cm 2gd sih, 1gd atau bmw f30 yg 320D jg

cm ya kl asepnya jd ky semprotan DB jd ga keren aja (preferensi pribadi)

Last edited by pitikkobong on Wed Jan 15, 2025 9:48, edited 1 time in total.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 863
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by tesna »

pitikkobong wrote: Wed Jan 15, 2025 7:18

ky suara turbin pesawat yg kenceng gini om. entah kenapa suka suara ky gt. haha
nah tp ini pun cumi2 jdnya, asepnya ky org nge-vape




sangat tertarik sm reborn 2gd sih, tp krn daily nya jarang pake mobil kyknya blm worth kl beli 2gd, jd dl belinya 1tr.

tp selama ini kl liat reborn 2gd di modif mesin entah remap dll mostly jadinya cumi2, jd kurang suka. pengennya kl punya 2gd ya modif smokeless gt,nah jd tercerahkan dr modif om yg smokeless tp ttp bs remap/modif performa. keren om :big_exellent:

sambil nunggu momen yg pas buat nendang pintu ganti 2gd, tp default EV yg 0-100 kpj dalam 6.5 detik jg menarik. entahlah :big_biglaugh:


ooo yg kayak gitu, saya punya ngga ky gitu sih, nyaris kayak standard klo knalpot, cuman ganti downpipe doang saya, bener2 resonator dll dipertahankan. suara mesin diesel udah berisik jgn ditambah suara knalpot klo saya wkwkwkwk. Ganti piping IC dari karet ke metal aja udah cukup berubah itu suara intake....

EV sih next target saya, klo ada rejeki pengen ganti 1 mobil ke EV buat dalam kota.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 798
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Duvebriliant0 »

pitikkobong wrote: Wed Jan 15, 2025 7:18
tesna wrote: Mon Jan 13, 2025 14:18 turbo jangkrik itu ky gimana ya? pake open filter gitu kah? yg bunyi pssh psshh? maap saya blm paham

di kasus saya, awal2 mau modif udah wanti2 sm tuner, saya mau smokeless, dan ga ada perubahan di suara (suara intake maupun suara knalpot). tenaga ga papa turun dikit asal smokeless... tuner nyanggupin

pas mobil udah jadi, di test, tapi asap membahana di rpm bawah pas belum masuk boost. pas udah diatas rpm 2000 sih asap nya hilang, kayaknya sengaja dibanjirin biar boost cepet naik......... akhirnya di retune, tapi hasilnya masih mirip2, asap nya masih terlalu banyak buat saya....

akhirnya ke tuner lain, di retune, solar bawahnya dikurangin, tapi kompensasi boost cepet naiknya vnt nya di remap. sekarang asap nya masih ada tipis di rpm bawah.. dikitt doang, tadinya cetar membahana kayak metro mini. dan yang paling penting, lulus uji emisi dong... :mky_01: sempet kuatir ga lulus karena yg di test itu opasitas, dan testnya harus digeber2...

ga 100% ilang kayak masih totally stock, masih ada kelihatan asap hitam sedikit klo throttle nya tiba2 dibejek pol dari 0.
ky suara turbin pesawat yg kenceng gini om. entah kenapa suka suara ky gt. haha
nah tp ini pun cumi2 jdnya, asepnya ky org nge-vape




sangat tertarik sm reborn 2gd sih, tp krn daily nya jarang pake mobil kyknya blm worth kl beli 2gd, jd dl belinya 1tr.

tp selama ini kl liat reborn 2gd di modif mesin entah remap dll mostly jadinya cumi2, jd kurang suka. pengennya kl punya 2gd ya modif smokeless gt,nah jd tercerahkan dr modif om yg smokeless tp ttp bs remap/modif performa. keren om :big_exellent:

sambil nunggu momen yg pas buat nendang pintu ganti 2gd, tp default EV yg 0-100 kpj dalam 6.5 detik jg menarik. entahlah :big_biglaugh:
1TR nya aja turboin oom :ngacir: :ngacir:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Satanfield
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Nov 12, 2024 21:59
Daily Vehicle: 2GD

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Satanfield »

Permisi suhu..
Sy ada ANKI 2018 grey. pengen upgrade facelift, kira2 harus siap dana berapa ya?
Adakah bengkel rekomendasi yg biasa nangani upgrade facelift area solo sekitarnya yg bagus?
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

Duvebriliant0 wrote: Wed Jan 15, 2025 15:00
1TR nya aja turboin oom :ngacir: :ngacir:
ayok om swap enjin 1tr nya ke 2jz twin turbo. bisa ncus ncus suaranya. terbang menuju atmosfer, mendekatkan diri kepada Tuhan :ngacir:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

Satanfield wrote: Wed Jan 15, 2025 20:35 Permisi suhu..
Sy ada ANKI 2018 grey. pengen upgrade facelift, kira2 harus siap dana berapa ya?
Adakah bengkel rekomendasi yg biasa nangani upgrade facelift area solo sekitarnya yg bagus?
bantu jawab,

setau saya kl bekas + cat sekitar 4jutaan
kl baru + cat sekitar 7 jutaan

kurang tau kl lokasi solo
Satanfield
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Nov 12, 2024 21:59
Daily Vehicle: 2GD

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Satanfield »

pitikkobong wrote: Thu Jan 16, 2025 10:44
Satanfield wrote: Wed Jan 15, 2025 20:35 Permisi suhu..
Sy ada ANKI 2018 grey. pengen upgrade facelift, kira2 harus siap dana berapa ya?
Adakah bengkel rekomendasi yg biasa nangani upgrade facelift area solo sekitarnya yg bagus?
bantu jawab,

setau saya kl bekas + cat sekitar 4jutaan
kl baru + cat sekitar 7 jutaan

kurang tau kl lokasi solo
Oke om makasih infonya.
BTW ANKI mobil pertama saya. Sy masih bingung kenapa di marketplace Harga part ori new ada yg lebih murah (bedanya sampe 25%) daripada di Beres. Mohon petunjuknya, kaya gt tergolong wajarkah? atau mungkin dr Beres membedakan harga jual customer reseller dg cust. enduser? (Beres Jual ke enduser seperti saya lebih mahal?).
Soalnya kl part motor saya punya bengkel langganan (Beres) harganya selalu dibawah harga marketplace/online.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1498
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by t105erd »

Satanfield wrote: Thu Jan 16, 2025 13:29
pitikkobong wrote: Thu Jan 16, 2025 10:44
Satanfield wrote: Wed Jan 15, 2025 20:35 Permisi suhu..
Sy ada ANKI 2018 grey. pengen upgrade facelift, kira2 harus siap dana berapa ya?
Adakah bengkel rekomendasi yg biasa nangani upgrade facelift area solo sekitarnya yg bagus?
bantu jawab,

setau saya kl bekas + cat sekitar 4jutaan
kl baru + cat sekitar 7 jutaan

kurang tau kl lokasi solo
Oke om makasih infonya.
BTW ANKI mobil pertama saya. Sy masih bingung kenapa di marketplace Harga part ori new ada yg lebih murah (bedanya sampe 25%) daripada di Beres. Mohon petunjuknya, kaya gt tergolong wajarkah? atau mungkin dr Beres membedakan harga jual customer reseller dg cust. enduser? (Beres Jual ke enduser seperti saya lebih mahal?).
Soalnya kl part motor saya punya bengkel langganan (Beres) harganya selalu dibawah harga marketplace/online.
hati2 beli parts di online, banyak yg plasu/imitasi atau orang bilang gebox (genuine box), kemasanya asli tapi isinya sampah wkwk...

Dulu waktu saya ganti shockbreaker di bengkel ada mobil yg sama ganti shockbreaker juga, dia tanya saya beli shockbreaker ori harga berapa? saya bilang dapet harga 1.55jt beli di cempaka mas, katanya saya dapet harga kemahalan, karena dia dapet harga cuma 800rb beli di shopee :big_slap:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

t105erd wrote: Thu Jan 16, 2025 21:27
Satanfield wrote: Thu Jan 16, 2025 13:29
Oke om makasih infonya.
BTW ANKI mobil pertama saya. Sy masih bingung kenapa di marketplace Harga part ori new ada yg lebih murah (bedanya sampe 25%) daripada di Beres. Mohon petunjuknya, kaya gt tergolong wajarkah? atau mungkin dr Beres membedakan harga jual customer reseller dg cust. enduser? (Beres Jual ke enduser seperti saya lebih mahal?).
Soalnya kl part motor saya punya bengkel langganan (Beres) harganya selalu dibawah harga marketplace/online.
hati2 beli parts di online, banyak yg plasu/imitasi atau orang bilang gebox (genuine box), kemasanya asli tapi isinya sampah wkwk...

Dulu waktu saya ganti shockbreaker di bengkel ada mobil yg sama ganti shockbreaker juga, dia tanya saya beli shockbreaker ori harga berapa? saya bilang dapet harga 1.55jt beli di cempaka mas, katanya saya dapet harga kemahalan, karena dia dapet harga cuma 800rb beli di shopee :big_slap:

namanya jg bisnis/dagang om satanfield, tergantung pemiliknya mau ambil untung banyak atau sedikit. logikanya ya harga marketplace harusnya lebih murah dr beres atau offline, krn cost-nya bs ditekan (bs tanpa sewa ruko/gedung dll).

betul kata om t105erd, hati2 kl beli part toyota di marketplace. ga semua tp banyak yg palsu. pastikan bakulnya reputasi terpercaya atau kl mau aman beli part yg vital di bengkel resmi nya aja. skrg tukang duplikat jg udh pinter & canggih, makin susah bedain part asli atau palsu
2kdpelan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by 2kdpelan »

ctopher7 wrote: Mon Jan 13, 2025 6:04
2kdpelan wrote: Thu Jan 09, 2025 14:22
tesna wrote: Thu Jan 09, 2025 1:17

tergantung udah ada apa aja sekarang, kl ditotal sy habis lebih dr itu :big_slap:. belinya dicicil2 biar ga gitu berasa. Jaman dulu upgrade ATF cooler (ini sih walau std wajib pake), dulu pake ultraboost (karena dulu blom bisa remap) lalu upgrade suspensi (std innova kan limbung), lalu upgrade intercooler + piping, filter replacement k&n, terus BBK.

baru setelah itu naik turbo... cek2 ke turbo aja 20jtan, tp ktnya nanggung klo turbo aja, nanti power mentok di 230-240. akhirnya keracun ganti nozzle + stroker (14 jt). lalu nambah ke go trans... nambah lagi ke radiator koyorad (7.5 jt) blom lagi tuningnya.

untungnya ultraboost masih kepake, jd bisa milih map sesuai kebutuhan. buat harian map 0 (250hp), buat keluar kota biasanya sy pake map 1 (300hp), map 2 nya jarang sy pake soalnya cumi2 bgt (340hp or so)

oh ya cari tuner yg bisa remap tcu sm vnt nya juga, karena ini mayan efek bgt. klo tcu ga di remap shifting gigi jedanya terlalu lama klo gaspol. vnt remap juga useful biar boost masuk lebih awal di rpm bawah.
Gw nanyanya kurang spesifik kyknya hahaha.. turbo + supporting (nozzle & fmic & tune) nya only, abis brp om? Diluar suspension & brakes & transmission
masih banyak nih listnya yang bisa di upgrade kalo soal mesin / transmisi aja :mky_02:
- ganti header intake dan exhaust
- downpipe dan front pipe yang free flow
- upgrade intercooler dan pipingnya
- ganti per transmisi pake gotrans + tambah module gotrans jg
- cam in dan ex aftermarket
- connecting rod pake yang forged
- porting and polish
- biturbo speedcraft
- ganti mesin 1 gd
and the list go on and on and on :big_peace:
Kalo uda se extreme itu mblnya ga enak buat harian.. mbl gw cm buat anter jemput anak sekolah biar ga telat :big_weee:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by leogalih »

Satanfield wrote: Thu Jan 16, 2025 13:29
pitikkobong wrote: Thu Jan 16, 2025 10:44
Satanfield wrote: Wed Jan 15, 2025 20:35 Permisi suhu..
Sy ada ANKI 2018 grey. pengen upgrade facelift, kira2 harus siap dana berapa ya?
Adakah bengkel rekomendasi yg biasa nangani upgrade facelift area solo sekitarnya yg bagus?
bantu jawab,

setau saya kl bekas + cat sekitar 4jutaan
kl baru + cat sekitar 7 jutaan

kurang tau kl lokasi solo
Oke om makasih infonya.
BTW ANKI mobil pertama saya. Sy masih bingung kenapa di marketplace Harga part ori new ada yg lebih murah (bedanya sampe 25%) daripada di Beres. Mohon petunjuknya, kaya gt tergolong wajarkah? atau mungkin dr Beres membedakan harga jual customer reseller dg cust. enduser? (Beres Jual ke enduser seperti saya lebih mahal?).
Soalnya kl part motor saya punya bengkel langganan (Beres) harganya selalu dibawah harga marketplace/online.
saya user Reborn 1TR, sebelumnya pakai Suzuki XL7.
Di suzuki emang gampang nyari patokan harga spare parts tinggal cek website suzuki eparts.

kalo di toyota agak susah karena ga di support oleh web katalog dari Toyotanya. Satu-satunya harapan adalah official store di marketplace, seperti Rotiku, selaku distributor resmi produk Astra (CMIIW), tapi ini pun juga harus tau kode partsnya..

kemarin saya mau ganti shockbreaker depan. Saya browsing dan PM satu persatu seller non official dengan top rating, untuk shockbreaker aja, range harga mulai dari 700rb hingga 1,5jt sepasang dan semuanya mengaku original :big_think: belum lagi iseng nanya parts copotan ori, malah dijual harganya 1,8jt sepasang. :big_slap:
akhirnya pilihan jatuh ke aftermarket profender :big_smoking:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:25 ga ngaruh

dari starter cold start paling ketauan, sama aj

FC, tarikan dll mirip samsek

Twin tip ama single tip bedanya jauh om, bsa ampir 150 rebu itu bedanya, awetnya jg beda jauh, bumi bulan bedanya
halo om, sekilas baca di thread busi ada postingan om tentang busi 1tr-nya. saya lanjut disini aja ya.

jadi maksud saya yg beda 60ribuan itu antara denso ikh20 vs ikh20tt. masih galau antara dua itu

gmn om reviewnya pake ikh20 di reborn? cocok ga? ada kendala apa selama pakai & tahan berapa lama?

saya kira DENSO FK20HR-A8 = ikh20tt? sama2 iridium twin tip gt. tp harga bs jauh ya
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

leogalih wrote: Sun Jan 19, 2025 10:35
saya user Reborn 1TR, sebelumnya pakai Suzuki XL7.
Di suzuki emang gampang nyari patokan harga spare parts tinggal cek website suzuki eparts.

kalo di toyota agak susah karena ga di support oleh web katalog dari Toyotanya. Satu-satunya harapan adalah official store di marketplace, seperti Rotiku, selaku distributor resmi produk Astra (CMIIW), tapi ini pun juga harus tau kode partsnya..

kemarin saya mau ganti shockbreaker depan. Saya browsing dan PM satu persatu seller non official dengan top rating, untuk shockbreaker aja, range harga mulai dari 700rb hingga 1,5jt sepasang dan semuanya mengaku original :big_think: belum lagi iseng nanya parts copotan ori, malah dijual harganya 1,8jt sepasang. :big_slap:
akhirnya pilihan jatuh ke aftermarket profender :big_smoking:
pk profender yg mana om? di harga brp? feelnya gmn dibanding ori?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by DOHC »

pitikkobong wrote: Wed Jan 22, 2025 8:19
DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:25 ga ngaruh

dari starter cold start paling ketauan, sama aj

FC, tarikan dll mirip samsek

Twin tip ama single tip bedanya jauh om, bsa ampir 150 rebu itu bedanya, awetnya jg beda jauh, bumi bulan bedanya
halo om, sekilas baca di thread busi ada postingan om tentang busi 1tr-nya. saya lanjut disini aja ya.

jadi maksud saya yg beda 60ribuan itu antara denso ikh20 vs ikh20tt. masih galau antara dua itu

gmn om reviewnya pake ikh20 di reborn? cocok ga? ada kendala apa selama pakai & tahan berapa lama?

saya kira DENSO FK20HR-A8 = ikh20tt? sama2 iridium twin tip gt. tp harga bs jauh ya
ga perlu mikir lg, mending skalian FK20HR-A8 , atau skalian KH20TT kl mo murah dan ngejar twin tip doank

atau skalian K20HR-U11 kl mo ngejar murah meriah muncrat nya

kl pas baru pasang, itu smua COCOK, dan ga ad kendala, CE, atau aneh2

yg bedain jauh tuh justru ketahanan nya

TWIN TIP iridium itu ketahananya beda jauhhh pake banget... IKH20 itu cuman iridium di satu tip, ground tetep besi biasa, jd kalah duluan, kl ud gini, ga beda ama busi nikel yg ud aus, misfiring mulu kl WOT

jadi kl mnurut kita orang, dari smua busi DENSO, either K20HR-U11, atau skalian FK20HR-A8 , knapa ga IKH20TT ?? ini perna nanya sentra denso, ga bsa kasi jawapan memuaskan, tp kl baca2 forum luar, kayanya ada beda sehh antara tu 2 type walaupun sama2 twin tip iridium. Nah kl ud kpalang tanggung mo pake iridium twin tip, skalian aj yg bawaan mobil ud terbukti punya


buat reborn, kl ga doyan ngoprek mesin, mending pake twintip skalian.. itu ganti busi bsa bkin pinggang encok soalnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

DOHC wrote: Wed Jan 22, 2025 9:04
ga perlu mikir lg, mending skalian FK20HR-A8 , atau skalian KH20TT kl mo murah dan ngejar twin tip doank

atau skalian K20HR-U11 kl mo ngejar murah meriah muncrat nya

kl pas baru pasang, itu smua COCOK, dan ga ad kendala, CE, atau aneh2

yg bedain jauh tuh justru ketahanan nya

TWIN TIP iridium itu ketahananya beda jauhhh pake banget... IKH20 itu cuman iridium di satu tip, ground tetep besi biasa, jd kalah duluan, kl ud gini, ga beda ama busi nikel yg ud aus, misfiring mulu kl WOT

jadi kl mnurut kita orang, dari smua busi DENSO, either K20HR-U11, atau skalian FK20HR-A8 , knapa ga IKH20TT ?? ini perna nanya sentra denso, ga bsa kasi jawapan memuaskan, tp kl baca2 forum luar, kayanya ada beda sehh antara tu 2 type walaupun sama2 twin tip iridium. Nah kl ud kpalang tanggung mo pake iridium twin tip, skalian aj yg bawaan mobil ud terbukti punya


buat reborn, kl ga doyan ngoprek mesin, mending pake twintip skalian.. itu ganti busi bsa bkin pinggang encok soalnya
woke om makasih info & sarannya, :big_exellent:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by leogalih »

pitikkobong wrote: Wed Jan 22, 2025 8:21
leogalih wrote: Sun Jan 19, 2025 10:35
saya user Reborn 1TR, sebelumnya pakai Suzuki XL7.
Di suzuki emang gampang nyari patokan harga spare parts tinggal cek website suzuki eparts.

kalo di toyota agak susah karena ga di support oleh web katalog dari Toyotanya. Satu-satunya harapan adalah official store di marketplace, seperti Rotiku, selaku distributor resmi produk Astra (CMIIW), tapi ini pun juga harus tau kode partsnya..

kemarin saya mau ganti shockbreaker depan. Saya browsing dan PM satu persatu seller non official dengan top rating, untuk shockbreaker aja, range harga mulai dari 700rb hingga 1,5jt sepasang dan semuanya mengaku original :big_think: belum lagi iseng nanya parts copotan ori, malah dijual harganya 1,8jt sepasang. :big_slap:
akhirnya pilihan jatuh ke aftermarket profender :big_smoking:
pk profender yg mana om? di harga brp? feelnya gmn dibanding ori?
Profender OEM Series, 1.3juta
Feelnya sama aja kayak shockbreaker standar, tp lebih firm dikit. Nose dive terasa sedikit berkurang waktu di rem
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by iwansiagian »

Kondisi filter solar bawah kijang 2GD pas penggantian kilometer 88K. Terlihat masih tidak terlalu kotor ( full biosolar dari baru) filter atas ganti setiap 10K. Ganti pake Sakura. Harga filter bawah Sakura 1/10 ori di dealer.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:23 Kondisi filter solar bawah kijang 2GD pas penggantian kilometer 88K. Terlihat masih tidak terlalu kotor ( full biosolar dari baru) filter atas ganti setiap 10K. Ganti pake Sakura. Harga filter bawah Sakura 1/10 ori di dealer.
Filter bawah Sakura untuk pemakaian berapa lama?
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by iwansiagian »

saturday wrote: Fri Jan 24, 2025 2:28
iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:23 Kondisi filter solar bawah kijang 2GD pas penggantian kilometer 88K. Terlihat masih tidak terlalu kotor ( full biosolar dari baru) filter atas ganti setiap 10K. Ganti pake Sakura. Harga filter bawah Sakura 1/10 ori di dealer.
Filter bawah Sakura untuk pemakaian berapa lama?
Yang diphoto itu bawaan pabrik masih om setelah pemakaian 88K km. Sekarang baru pake Sakura om, rencananya sih saya pake 40K Km aja atau mungkin 20K km harga nya toh jauh murah di banding ori 1.7 juta.
Hal yang saya rasakan setelah ganti filter bawah, tarikan lebih ringan aja, bisa jadi karena daleman filter sudah kotor(walaupun terlihat tidak terlalu kotor tampak luar di photo) atau kerapatan filter oem Sakura nya tidak serapat yanng ori Toyota
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 3:11
saturday wrote: Fri Jan 24, 2025 2:28
iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:23 Kondisi filter solar bawah kijang 2GD pas penggantian kilometer 88K. Terlihat masih tidak terlalu kotor ( full biosolar dari baru) filter atas ganti setiap 10K. Ganti pake Sakura. Harga filter bawah Sakura 1/10 ori di dealer.
Filter bawah Sakura untuk pemakaian berapa lama?
Yang diphoto itu bawaan pabrik masih om setelah pemakaian 88K km. Sekarang baru pake Sakura om, rencananya sih saya pake 40K Km aja atau mungkin 20K km harga nya toh jauh murah di banding ori 1.7 juta.
Hal yang saya rasakan setelah ganti filter bawah, tarikan lebih ringan aja, bisa jadi karena daleman filter sudah kotor(walaupun terlihat tidak terlalu kotor tampak luar di photo) atau kerapatan filter oem Sakura nya tidak serapat yanng ori Toyota
Mohon nanti di update 40 ribu kilometer pemakaian 🙏🏻

Saya juga tertarik dengan filter solar bawah Sakura; tapi koreksi saya kalau salah: filter solar atas Sakura terkenal lebih cepat mampet kotoran karena lebih rapat, begitu juga dengan filter kabin/udaranya. Karena alasan itu saya belum berani pakai filter solar bawah Sakura.

Selama ini saya gunakan Aspira.
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by NestlePureLife »

Malem gan ijin tanya
Apakah ada yg pernah punya pengalaman 2gd slow respon?
Dalam artian di gas ada delay sekitar 0.3-0.5 detik mesin baru respon?
Kondisi baru purging , ganti filter solar dan oli
Keluar bengkel tidak ada mslh , baru 1 minggu setelah berasa
Di mode pwr maupun normal
Mohon petunjuk gan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22064
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Turboman »

NestlePureLife wrote: Fri Jan 24, 2025 13:31 Malem gan ijin tanya
Apakah ada yg pernah punya pengalaman 2gd slow respon?
Dalam artian di gas ada delay sekitar 0.3-0.5 detik mesin baru respon?
Kondisi baru purging , ganti filter solar dan oli
Keluar bengkel tidak ada mslh , baru 1 minggu setelah berasa
Di mode pwr maupun normal
Mohon petunjuk gan
pasang Super Ground ala A Chien

gugel = A Chien kabel

bisa diliat ulasan2 nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22064
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Turboman »

Review oli ekonomis 10W30 API CK-4

harga di bawah Rp 90 rb / L

Udah jalan 8500 km / 5 bulan, kinerja relatif stabil, suara mesin masih alus

Boleh dibilang ini salah 1 oli buntut 30 harga ekonomis yg enak dipake utk long drain, dan bagi user yg nyetir bejek2 poll juga oli ini kuat, walau udah jalan 8000 km lebih

saya pribadi rencana pake sampe 10 rb km lalu mau test lab

* Bukan endorse *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *